Sunday, 3 November 2019

Sentuhan Ibu Menstimulasi Imajinasi Anak Melalui Dongeng


Sentuhan Ibu Menstimulasi Imajinasi Anak Melalui Dongeng


Mendongeng bisa menstimulasi imajinasi anak...

Iyess melalui mendongeng bonding kita kepada anak terasa sekali, dimana anak akan banyak mengekspresikan rasa gembiranya, dimana akan banyak terjadi interaksi antara kita dengan anak.


Dunia anak memang penuh dengan imajinasi, ketika anak berimajinasi yang kita rasa seperti kurang masuk akala tau berlebihan ya biarkan saja, banyak orang tua yang suka mematahkan imajinasi anak, padahal namanya anak-anak mereka bebas saja berimajinasi sesuai daya nalar mereka. Kita sebagai orang tuanya tugasnya hanya meluruskan atau menjelaskan apa yang anak ingin tahu.




Sebagai orang tua kita seharusnya harus membiasakan diri kita untuk meluaskan daya imajinasi agar lancar ketika diminta sang anak untuk mendongeng. Seperti tips mendongeng yang disampaikan oleh Kak Aio (Mochamad Ariyo Farid Zidni) pendiri Komunitas Ayo Dongeng Indonesia dalam acara "Kelas Dongeng Bersama Nivea Sentuhan Ibu 2019" yang diadakan pada tanggal 1 November 2019 di D-Labs Building Jakarta.




Berikut tips dari Kak Aio untuk para ibu yang akan memulai sebuah Story Telling (mendongeng) :
  • Bebaskan cerita dari pesan moral, biarkan si kecil berimajinasi menggunakan mindset nya
  • Pilih cerita yg disuka oleh mereka
  • Lakukan dan ciptakan pengalaman bersama
  • Jangan membandingkan diri kita dengan pendongeng profesional, tetap percaya diri saat mendongeng.


Mendongeng itu seru dan kita sebagai ibu harus bisa larut dalam cerita agar terlihat natural hehe.. aktivitas mendongeng ini tidak hanya bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan otak, namun juga dapat mempererat ikatan emosi yang lebih hangat dan menyenangkan.

Akan lebih baik lagi jika sambil membacakan cerita, ibu juga dapat memberikan stimulasi berupa sentuhan lembut pada anak, karena sentuhan dapat memberikan rasa nyaman dan menenangkan bagi buah hati.



Psikolog Vera Itabiliana Hadiwidjojo, M.Psi mengatakan bahwa mendongeng tidak hanya memperkuat bonding anatara ibu dan anak tetapi memiliki manfaat lainnya dalam mengembangkan kemampuan berfikir anak, melatih daya imajinasi juga sebagai proses menanamkan nilai-nilai tertentu.

Melalui mendongeng kita bisa menyampaikan pesan-pesan moral ataupun adab-adab baik kepada anak. Memasukan nilai tersebut melalui alur cerita yang sedang kita dongengkan.

Saat mendongeng sebaiknya kita juga harus ekpresif seperti sambil menggerakkan anggota badan, gak usah jaim moms biar ceritanya menarik dan mengajak anak-anak untuk ikutan meniru. Seperti yang dicontohkan Kak Ario Zidni dalam event Kelas Dongeng kemarin. Berekspresi menjadi daya tarik agar cerita atau dongeng yang kita sampaikan bisa lebih hidup, anak-anak juga akan memperhatikan secara seksama sehingga pesan baik yang ada didalam cerita tersebut bisa menyerap ke dalam ingatan mereka.



NIVEA Sentuhan Ibu 2019

Pada tahun 2019 ini NIVEA melalui NIVEA Creme Tin, krim perawatan tubuh bagi seluruh anggota keluarga yang telah diwariskan secara turun temurun dari generasi ke generasi, kembali mengukuhkan komitmennya dalam membantu menghadirkan bonding time antara ibu dan anak di Indonesia dengan menghadirkan program NIVEA #SentuhanIbu 2019 yaitu sebuah inisiatif untuk membantu para ibu di Indonesia dalam mempererat ikatan dengan buah hati mereka. Kelas Dongeng ini adalah salah satu bagian dari Kampanye NIVEA Sentuhan Ibu 2019.




NIVEA percaya bahwa setiap kali kita menyentuh kulit dengan penuh kelembutan, tubuh akan merasakan sensasi yang menenangkan (the power of touch). NIVEA terus berupaya mengajak masyarakat untuk menjadikan rutinitas merawat kulit sebagai salah satu waktu untuk menciptakan bonding tak hanya dengan diri sendiri melainkan juga dengan keluarga tercinta, salah satunya antara ibu dan anak.



Brand Executive NIVEA Body and Creme, Brigitta Dewi Pricillia yang hadir di acara Kelas Dongeng Bersama Nivea mengatakan, Saat ini kegiatan mendongeng sudah semakin jarang dilakukan oleh para ibu. Meskipun mendongeng baik untuk tumbuh kembang anak, namun para ibu masih belum percaya diri untuk mendongeng karena merasa kurang imajinatif dan kreatif, sebagai kelanjutan dari kampanye #SentuhanIbu 2018, di tahun ini kami pun mengajak para ibu dan anak untuk saling menstimulasi daya imajinasi masing-masing melalui kegiatan mendongeng.

NIVEA akan menggelar acara seru untuk para ibu dan anak yang akan digelar bertepatan dengan peringatan Hari Ibu di bulan Desember mendatang, yaitu sebuah acara seru hasil kolaborasi Wahana Interaktif dengan teknologi (Video Mapping) dan beberapa misi yang harus dilakukan oleh ibu dan anak dengan usia 6-9 tahun di Allianz Ecopark Ancol. Tunggu informasi lengkapnya di akun instagram @nivea_id dan jadikan momen mendongeng lebih fun dengan sentuhan ibu.

No comments:

Post a comment

Mohon jangan berkomentar SPAM, terimakasih.