Thursday, 3 October 2019

Tips Memasak Sehat Menggunakan Happycall Double Pan


Tips Memasak Sehat Menggunakan Happycall Double Pan


Assalamualaikum…

Siapa yang hobby masak?

Kalau yang hobby makan saya ikutan mengacungkan jari deh. Sebenarnya sih saya juga suka masak tapii kadang kalau hasil masakannya kurang menarik suka bikin saya mager buat masak lagi. Saya termasuk yang suka berinovasi makanan, dikala berkreasi gitu kadang ada aja masa errornya mulai dari makanan kurang matang, gosong dan lain sebagainya.

Nah kalau makanan gosong jadi PR banget buat saya, karena saat membersihkannya butuh ekstra kesabaran karena kalau salah membersihkannya bisa bikin peralatan masak jadi rusak. Saya tipe yang gak sabaran kalau menghilangkan kerak pada peralatan masak akibat gosong, alhasil peralatan saya banyak yang tergores dehšŸ˜ž

Alhamdulilah pada hari Sabtu (28/9/2019) saya mendapatkan kesempatan mengikuti event Healthy Cooking Happycall Bersama Chef mba Adetyaa yang juga pemilik catering Trfhomemade.id

Bahan Masakan (foto:dokpri)

Di acara demo masak ini mba Tya juga banyak sharing tentang pengalamannya kenapa akhirnya memilih pola hidup sehat. Selain itu mba Tya juga memberikan tips-tips yang bermanfaat dalam menghasilkan masakan sehat.

Konsumsi makanan sehat itu bukan diet tetapi lebih ke clean eating menganti bahan makanan yg lebih sehat tanpa mengurangi. Karena kalau dietkan kita mengurangi asupan makanan yang masuk ke tubuh kita, ujar mba Tya.

Setelah mengubah pola makan sehat mba Tya merasakan beberapa perubahan antara lain:
  • Otomatis badan lebih sehat dan jarang terkena penyakit
  • Imun tubuh lebih bagus
  • Berat badan juga berkurang.

Padahal 7 tahun yang lalu mba Tya sering sekali terkena sakit typus karena sering jajan diluar. Duh mak jleb banget pengalaman mba Tya pernah juga saya rasakan dimasa single sering masuk rumah sakit karena typus, makan tidak teratur, sering telat makan akibat sering jajan diluar.

Saya pun dulu pernah menjalani pola makan sehat dengan cara food combining, lebih banyak konsumsi buah dan sayur. Tapi sekarang pola makan saya sudah kacau lagi. Mendengarkan sharing mba Tya saya jadi terpacu lagi pengen merubah pola makan sehatšŸ˜


Memasak makanan sehat bisa dilakukan dengan 3 cara, antara lain:
  1. Pemilihan bahan masakan. Misalnya dengan mengganti bahan makanan organik.
  2. Cara memasaknya atau pengolahannya. Misalnya ketika menggoreng dengan mengganti bahan baku minyaknya dari minyak kelapa sawit menjadi minyak kelapa murni.
  3. Peralatan masaknya. Pemilihan peralatan masak juga bisa mempengaruhi hasil masakan dan rasa masakannya. Misalnya dengan menggunakan produk Happycall yang terbuat dari keramik yang bisa menghantarkan panas lebih cepat, sehingga memasak bisa lebih cepat matang dengan sempurna.


Demo Masak Sehat

Mba Tya membuat 2 resep masakan yaitu Nasi Hainan dan Ikan Saba Teriyaki yang dibuat Nasi Bento. Spesialnya nih pada demo masak kali ini menggunakan peralatan masak Happycall yaitu Happycall Titanium Double Pan dan Vacuum Pot.
Waw mata saya tambah berbinar-binar pengen banget punya 2 alat masak yang kece ini.
Ternyata produk Happycall juga bisa digunakan dengan kompor induksi.

Foto:dokpri

Saba Fish Teriyaki Bento Marinate

Bahan:
2 sdm kecap asin
2 sdm kecap manis
3 garlic cincang
1 ruas jahe cincang

Untuk tambahan sajian nasi Bento:
Nasi putih
Telor Dadar, iris
Buncis, dipotong bulat

Cara membuat:
1. Cuci bersih ikan dan bumbui selama 10-15 menit / overnight
2. Tumis bombay tanpa minyak di Happycall Double Pan.
3. Masak ikan yg sudah di bumbui. Balik sisi ikan masing-masing 10 menit menggunakan Titanium Double Pan sampai kecoklatan.
4. Angkat dan sajikan.


Jujur deh ikut acara ini saya jadi tambah ilmu tentang nama-nama ikan salah satunya ikan Saba, yang baru kali ini saya dengar. Ikan Saba ini berasal dari Jepang, yang sering disajikan di restoran Jepang terkenal. Bila kesulitan mencari ikan Saba bisa digantikan dengan ikan lokal misalnya ikan Sarden.

Ikan Saba juga durinya besar sehingga aman bila dikonsumsi anak-anak. Dan menu Ikan Saba Teriyaki ini andalan banget, cocok disajikan untuk anak yang GTM alias susah makan.

Ikan Saba marinate (foto:dokpri)

Saya juga dapat tips menarik nih dari mba Tya bagaimana cara menghilangkan bau amis ikan yaitu dengan menggunakan susu UHT.
Caranya rendam ikan dengan susu UHT semalaman, simpan dalam lemari es dengan ditutup wrap atau bisa juga menggunakan wadah tertutup.
Tips ini sebaiknya hanya digunakan untuk menghilangkan ikan yang bau amisnya agak tajam seperti ikan Salmon.

Memasak ikan Saba menggunakan Titanium Double Pan praktis sekali karena tidak perlu menggunakan tambahan minyak goreng.


Foto:dokpri


Chicken Hainan Rice

Bahan:
2 cup Beras
500 ml kaldu ayam
350 ml air matang
4 lembar daun bawang di potong 2
5 siung bawang putih cincang
3 ruas jahe cincang
2 sdm minyak
3 sdm kecap asin
1 sdt garam
4 buah ayam dada /paha

Nasi Hainan (foto:dokpri)

Bahan untuk membuat 3 saus Nasi Hainan:

Saus Kecap:
Saus tiram
Kecap asin
Madu

Saus sambal:
Cabe bubuk/ulek
tomat
garam
Minyak ikan
Lemon

Saus Jahe:
Minyak wijen
Jahe
Gula kelapa

Cara memasak:
1. Masukan semua bahan di Vacuum Pot Happycall, masak selama 30 menit
2. Buka lid dan angkat ayam, tambahkan air 150 ml. Masak kembali 15 menit sampai nasi matang.
3. Angkat dan sajikan.

Vacuum Pot (foto:dokpri)

Ternyata masak Nasi Hainan praktis banget ya menggunakan Happycall Vacuum Pot, bahannya tinggal dicemplung-cemplung aja. Cocok banget nih buat saya yang gak suka masak ribet.
Hanya mengolah sausnya aja yang perlu waktu agak lama karena ada pilihan 3 macam saus untuk menemani menyantap menu masakan Nasi Hainan.
Happycall Vacuum Pot ini pengganti presto, sangat simple untuk memasak Nasi Hainan, bahkan bisa untuk memasak nasi Briyani.

Chef Adetyaa (foto:dokpri)

Duh asli melihat sajian menu Nasi Hainan ini bikin saya ngileerr, duh jadi menyesal dulu pernah diajak bos kantor saya makan Nasi Hainan di Singapura yang katanya paling enak, tapi saya tolak dan saya memilih keliling Orchard Road cari nasi padangšŸ˜€

Melihat produk Happycall Double Pan ini sukses buat saya tergoda ingin memilikinya, biar masak jadi lebih gampang dan praktis. Sebelumnya sih pernah juga kepengen beli tapi belum sempat terlaksana, terkadang suka tergiur juga pengen beli kalau melihat iklannya di sosial media ketika ada yang menawari dengan harga miring.

Tapi saya bersyukur belum sempat beli ternyata eh ternyata produk Happycall itu banyak yang dipalsukan, mungkin karena banyak peminatnya ya sehingga menggoda produsen nakal berbuat curang.


Foto:dok.Happycall


Cara Mengenali Produk Happycall Yang Asli & Palsu

Di luaran banyak banget beredar produk Happycall yang ditawarkan dengan harga miring, dan ternyata itu palsu. Agar tidak mudah terkecoh yuk kenali ciri-cirinya, antara lain:

Foto:dokpri


Berat

Double Pan asli beratnya mencapai 5 kilogram, sedangkan yang palsu beratnya kurang dari 3 kilogram. Produk asli lebih berat karena dilengkapi dengan lapisan anti lengket.

Foto:dok.Happycall

Desain

Perhatikan baik-baik, Happycall Double Pan asli terdapat hak paten Made in Korea (From Happycall).

Produk asli (foto:dokpri)

Produk palsu (foto:dokpri)


Tulisan timbul Made in Korea terlihat jelas pada pegangan pan. Untuk produk palsu bisa dipastikan tidak ada desain tersebut.

Tulisan timbul Made in Korea produk asli (foto:dokpri)

Produk palsu tidak ada (foto:dokpri)

Karet silikon produk asli (foto:dokpri)

Karet silikon produk palsu (foto:dokpri)

Magnetic handle produk asli (foto:dok Happycall)

Karet silikon dan magnetic handle yang kuat memberikan kerapatan sempurna saat memasak sehingga tidak ada kebocoran baik asap ataupun cairan.
Ini hanya dimiliki oleh Happycall Double Pan yang Asli.


Lapisan Titanium

Produk asli, sudah jelas tidak akan lengket sewaktu digunakan untuk memasak. Misalnya, saat digunakan untuk membuat pisang bakar susu keju yang mengandung gula. Saat dipanggang, pisang akan mengeluarkan semacam getah yang bisa membuat Double Pan palsu menjadi lengket.
Namun, bila dipanggang dengan Happycall, pisang justru akan mengeluarkan citarasa yang legit dan matang secara merata.
Saat disantap bersama keju dan kental manis, rasanya jadi semakin sempurna.

Lapisan Titanium produk asli (foto:dokpri)


Lapisan teflon produk palsu (foto:dokpri)

Masakan bisa merata kematangannya karena lapisan titaniumnya sangat kuat, lalu dilengkapi teknologi anti gores dan anti lengket terbaik.
Untuk produk palsu, lapisan anti lengketnya tidak sebaik lapisan titanium Happycall dan ketahanan anti goresnya amat sangat diragukan.
Bisa dipastikan, efek oven titanium Double Pan tidak dimiliki oleh Double Pan lainnya.


Hasil Masakan

Double Pan saat digunakan untuk memanggang sate Maranggi yang tipe dagingnya tebal. Bila dipanggang dengan Happycall asli, tingkat kematangannya akan merata dari bagian luar sampai bagian dalam daging.

Memasak menggunakan produk asli (foto:dokpri)

Sementara jika, menggunakan Happycall palsu, hanya bagian luar daging yang akan terpanggang dan berubah warna menjadi kecokelatan. Bagian dalamnya terkadang masih belum matang, meskipun di luarnya sudah gosong. Hal itu bisa terjadi karena lapisan anti lengket yang buruk akan membuat hasil masakan tidak sempurna dan tidak merata kematangannya.


Warna

Ini hal yang harus diperhatikan sebelum membeli Double Pan. Happycall Titanium Double Pan dilapisi dengan warna COKELAT bukan warna MERAH. Jadi, jangan sampai salah saat membeli produk Happycall yang berwarna merah. Pan berwarna merah sudah tidak didistribusikan lagi di Indonesia sejak tahun 2017.

Produk asli (foto:dokpri)

Produk palsu (foto:dokpri)

Selain itu bisa juga dicek pada bagian silikon dan gagangnya. Silikon yang berfungsi untuk merapatkan kedua sisi penggorengan ini hanya ada di Happycall dan sudah memiliki hak paten. Lalu pada bagian gagangnya, sudah dilengkapi magnet yang akan membuat kita semakin mudah dan nyaman sewaktu memasak.

Nahkan jadi jelaskan mana saja perbedaan produk asli dan produk palsu. Biar tidak ragu dan was-was lagi saat membeli produk Doubel Pan dari Happycall sebaiknya beli ditempat yang terpercaya saja. 
Produk Happycall terdapat di SOGO, SEIBU, ruparupa.com, dan blibli.com.

Untuk lebih lengkapnya sebelum membeli bisa kunjungi akun sosial media Happycall:
Website: www.happycall.co.id
Facebook: Happycall Indonesia Official
Instagram: Happycall_ID





4 comments:

  1. Wah makasih infonya mba ria, nanti mau ngecek happycall punya ibuku, asli apa enggak. Resep nasi hainannya juga simple kaoan kapan oingin aku praktekin.
    Oya aku sama papanya nayla salfok sama foto cheffnya,kirain itu aku kalo dr samoing wkwkwkwk

    ReplyDelete
  2. Ya ampuuun..ternyata banyak beredar Happycall palsu ya. Jadi tahu cara membedakannya nih aku.
    aku masih punya yang warna merah Mbak, karena belinya tahun 2017. Awet dipakainya Happycall ini. Meski dah minta ganti keknya ini. Baiklah lebih aman beli di distributor resmi aja ya
    Dan itu nasi hainannya bikin kutergoda, kesukaan anak-anakku ini :)

    ReplyDelete

Mohon jangan berkomentar SPAM, terimakasih.