Tuesday, 25 September 2018

Merencanakan Liburan Seru Di Hari Libur Nasional


Merencanakan Liburan Seru Di Hari Libur Nasional

Beberapa hari ini saya berdua suami lagi seneng bahas tentang liburan nih, secara tahun ini belum pernah liburan berdua keluar kota selain mudik. Padahal kalau inget masa lajang dulu sebulan sekali selalu ada waktu buat menikmati liburan entah sendiri, bareng keluarga ataupun bareng teman-teman.

Dari obrolan saya berdua, biasanya nih bahasannya mulai nyambung kalau menjelang waktu tidur selain waktu itu mana sempat hehe. Rencana liburannya sih tahun depan jadi masih bisa deh untuk menabung dulu.


Pilihan tempat libur antara lain ke Magelang, Pontianak dan Yogyakarta. Ketiga kota ini merupakan favorit kami berdua dan masing-masing punya keistimewaan tersendiri. Magelang adalah kota tempat tinggal keluarga suami yang hampir tiap tahun selalu kami kunjungi untuk mudik menjelang hari raya.

Sedangkan Pontianak merupakan tempat yang selalu saya jadikan acuan berlibur juga karena disana tempat tinggal kakak laki-laki saya. Dan Yogyakarta merupakan kota destinasi favorit kita berdua. Nah buat menikmati liburan yang asyikk dan gak pernah bosan untuk kembali ke kota ini, akhirnya kita memilih Yogyakarta,,yeayy

Setelah tujuannya sudah jelas mulai deh cari waktu yang tepat untuk menentukan waktunya. Secara suami saya rada ribet kalau harus meninggalkan pekerjaan dikantornya, beda banget dengan saya yang waktunya fleksibel secara ya sayakan kerjanya freelance jadi bisa banget ngatur waktu sesuka saya hehe


Kenapa Yogya?

Di bulan November 2019 nanti kebetulan bertepatan dengan hari libur nasional yaitu Maulid Nabi Muhammad SAW. Yang membuat saya antusias ke Yogya karena dikota ini selalu ada pesta rakyat yaitu acara Sekaten dan Grebeg Maulid yang selalu diadakan oleh Kesultanan Yogya. Bertempat di Alun-alun Utara Keraton Yogyakarta, acara ini ada berbagai jenis hiburan menarik, dari berbagai stand makanan, minuman, suvenir dan juga berbagai permainan ala pasar malam.


Selain karena ingin melihat acara tradisi unik yang biasa diadakan di Yogyakarta, saya juga ingin mengunjungi destinasi wisata lainnya yang berada di kota Yogyakarta antara lain Kalibiru, kemeriahan kawasan Malioboro yang selalu ngangenin, taman sari dan pantai Indrayanti. Kalau candi Borobudur sudah sering karena letaknya di sekitaran Magelang dekat rumah keluarga.


Tentukan Perjalanan

Diperkirakan saya dan suami bisa berlibur dibulan November, dan sekitar saya cek tanggalan ada hari libur nasional yaitu hari Maulid Nabi Muhammad SAW yang jatuh di sekitar tanggal 10 November 2019. Dan 10 November sepertinya jatuh dihari weekend yaitu hari Minggu, biar amannya untuk berlibur saya ambil dari hari Sabtu sampai hari Senin yaitu dari tanggal 9 November sampai 11 November 2019. Suami saya cukup ambil cuti sehari saja.

Salah satu yang gak boleh terlewatkan ketika ingin liburan tentunya pemesanan transportasi dan penginapannya. Biar waktunya cepat saya pilih naik pesawat saja. Kebetulan suami saya sudah mencari berbagai tiket dan penginapan diberbagai travel tapi koq ya harganya kalau dihitung-hitung jadi lumayan tinggi. Biar budgetnya bisa digunakan untuk lainnya saya sarankan sama suami saya untuk mencari yang paket saja antara transportasi dan penginapannya jadi lebih menghemat budgetkan.

Setelah menjelajah ke berbagai travel agent untuk cek harga tiket dan hotel akhirnya saya menemukan juga tempat cari tiket pesawat ke Yogya lihat disini yang harganya lebih miring alias lebih murah daripada pesan yang terpisah. Bahkan hematnya bisa sampai 20% tanpa kode promo apapun. 

Happy banget donk saya secara ya dananya bisa dialokasikan buat yang lain. Sistem pembayarannya juga gampang banget dan tersedia dengan banyak metode pembayaran.


Hmm udah kebayang donk sisanya budgetnya pastinya saya pergunakan untuk wisata kuliner selama di Yogya. Duh jadi gak sabar kebetulan saya dan suami punya hobby yang sama yaitu senang menjelajah berbagai kuliner unik di setiap daerah.

Nah buat kalian yang punya rencana liburan di tahun depan cepetan deh rencanakan dari sekarang, selain kita bisa menentukan tujuan dengan penuh persiapan tentunya secara budget kita juga masih ada waktu untuk menabung biar liburannya makin seru. 

Hayukk mulai ceki-ceki kalender cari moment di hari libur nasional biar liburannya bisa makin menyenangkan dengan keluarga tercinta.

Jangan lupa juga untuk mencoba paket akomodasi yang tadi saya coba, asyikkan kalau liburan dapat harga yang ramah dikantong.




8 comments:

  1. Pengin juga deh liburan ke jogja mba, tapi tahun ini kayaknya belom bisa kemana2 dulu hiks, soalnya yang bungsu mau masuk SD *eh malah curhat wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gpp thn depan aja say jd bs nabung dulu

      Delete
  2. Wah pas banget nih November nanti aku mau liburan ke Yogya sama anak-anak dan suami. Aku coba deh paket akomodasinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayukk coba mom lebih mudah pstinya jd mengurangi budget

      Delete
  3. Wah toss.. jogja ini Kota seribu kenangan.. aku bisa setahun sekali ke Jogja.. saking nggak bosan bosannya.. boleh ah Cobain paket akomodasi yg ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayukk dicoba jd lebih murah pstinya

      Delete
  4. Wah Jogja kota yg selalu dirindukkan dan gak pernah bosen kesana, sekarang makin bnyak ya mba tempat kece disana yg bisa di explore

    ReplyDelete
  5. Bangettt say jd selalu pengen kembali

    ReplyDelete

Mohon jangan berkomentar SPAM, terimakasih.