Sunday 2 September 2018

Mengabadikan moment Asian Games 2018 Dengan Smartphone Samsung J8


Mengabadikan moment Asian Games 2018 Dengan Smartphone Samsung J8



Asian Games sebagai ajang olahraga terbesar setelah olimpiade tentunya membuat mata dunia tertuju ke Indonesia khususnya Jakarta dan Palembang yang menjadi tempat diselenggarakan berbagai cabang olahraga yang akan dipertandingkan.  


maskot Asian Games (dok.pribadi)

Ada sekitar 40 cabang olahraga yang akan dipertandingkan, 32 cabang olahraga Olimpiade dan 8 olahraga non Olimpiade. Ada 45 negara yang turut berpartisipasi dan ada sekitar 15.000 atlet yang ikut bertanding.

Alhamdulilah ya akhirnya Indonesia bisa masuk peringkat keempat dengan perolehan 98 medali antara lain 31 emas, 24 perak, dan 43 perunggu. Hasil ini menjadi pencapaian tertinggi Tim Merah Putih selama ikut serta di Asian Games.

Mendapatkan kesempatan untuk bisa menonton langsung pertandingan cabang olahraga favorit tentunya sangat berkesan. Dan saya alhamdulillah mendapatkan kesempatan itu khususnya cabang olahraga atletik lari pada hari Selasa (28/08/2018) atas undangan dari VIVA.co.id #1Newstainment, portal berita online yang selalu memberikan berita dan informasi terkini dan terpercaya.

Menyaksikan sebuah pertandingan apalagi di event besar sekelas Asian Games tentunya harus diabadikan. Di acara ini VIVA.co.id bekerjasama dengan brand smartphone Samsung memberikan kesempatan kepada para blogger untuk mencoba fitur yang ada pada smartphone Samsung seri J. Saya bersama mba Anisa yang merupakan rekan team saya mendapatkan kesempatan untuk mengeksplore fitur yang ada pada smartphone Samsung tipe J8.


Workshop Mobile Photography Like A Pro

Sebelum mengeksplore fitur-fitur yang ada di smartphone Samsung J8, saya bersama rekan blogger lainnya diberikan kesempatan mengikuti workshop bagaimana  pengambilan foto yang baik bersama bang Rino, team dari VIVA.co.id 
Dengan smartphone kita juga bisa menghasilkan foto yang bagus seperti menggunakan kamera professional asal kita bisa memanfaatkan berbagai fasilitas yang ada di smartphone.

Foto:dok.pribadi

Bang Rino banyak memperlihatkan berbagai koleksi fotonya yang menggunakan kamera smartphone, keren-keren banget deh. Salah satunya yaitu jenis foto Arsitektural, dimana ketika kita ingin membuat fotonya tidak harus selalu berupa gedung saja tapi bisa juga kita mengambil sisi lainnya seperti kaca, jendela atau tangga dari sebuah bangunan. 
Hasil foto arsitektural harus full atau mengisi semua ruang.

Foto Tangga (foto:dok.pribadi)

Selain itu ada juga jenis foto black and white atau hitam putih, hasil foto hitam putih bisa lebih dramatis. Salah satu dasar dari photography mobile yaitu komposisi. Komposisi sangat berpengaruh pada hasil foto. Bila komposisinya dan pencahayaannya sudah bagus, ketika di edit jadi lebih mudah.
Bang Rino banyak mengajarkan bagaimana penggunaan beberapa fitur smartphone seperti mode pro, HDR dan panorama dan juga pemakaian white balance pada foto.

(foto:dok.pribadi)

Berikut beberapa tips dari bang Rino untuk bagaiman cara mengambil foto yang baik:
  • Usahakan mengatur nafas, selain itu posisi kaki juga harus baik dan nyaman. Ketika mulai membidik foto usahakan jangan bergerak, yang bergerak hanya bagian pinggang saja.
  • Ketika mengambil foto harus simetris.
  • Jangan pernah menggunakan digital zoom, lebih baik mendekati objek fotonya.
  • Hindari menggunakan pakaian atau baju bergaris terutama ketika di video.
  • Usahakan menggunakan shoot horizontal karena ketika editing atau cropping lebih mudah. Untuk shoot vertikal lebih terbatas, biasanya digunakan ketika kita ingin membuat insta story.
  • Ekplore komposisi lebih berani agar hasil foto terlihat unik.
  • Matahari atau sumber cahaya lebih baik dibelakang kita agar hasil foto objeknya lebih baik.
  • Usahakan ketika kita ingin membuat foto sudah ada konsep atau planningnya.
  • Pilih atau download aplikasi yang bisa membantu hasil foto menjadi lebih bagus, misalnya Snapseed.

Setelah workshop selesai dilanjutkan dengan makan siang bersama sebelum melanjutkan acara selanjutnya ke Stadion Utama Gelora Bung Karno. Senang banget karena di area Gelora Bung Karno ini banyak spot foto cantik yang bisa diabadikan.


Eksplore Kamera Samsung Seri J8

Saya bersama mba Anisa mulai mengeksplore kecanggihan dari kamera handphone Samsung J8, wow hasil jepretannya bening banget hasilnya bikin saya naksir berat nih sama Samsung J8. Kameranya 16 MP+5 MP LED flash, panteslah kalau hasil jepretan fotonya bikin saya terlihat lebih cling walau tanpa di edit.

Dengan layar Tipe Super AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors dan ukuran 6.0 inches, 79.9 cm2 Body handphone Samsung J8 slim banget dan stylist. Handphone Samsung J8 dilengkapi dengan memory Internal 64 GB, 4 GB RAM dan Eksternal microSD, up to 256 GB (dedicated slot) rekomen bangetkan.

Ini hasil jepretan foto saya menggunakan kamera handphone Samsung J8:

Foto:dok.pribadi

Foto:dok.pribadi

Atlet India (foto:dok.pribadi)

Atlet Qatar (foto:dok.pribadi)

Euforia penonton (foto:dok.pribadi)

Suasana nobar di GBK (foto:dok.pribadi)

Interior Stadion GBK (foto:dok.pribadi)

Api Abadi (foto:dok.pribadi)

Eksterior Stadion GBK (foto:dok.pribadi)

Sebuah moment yang tidak akan terlupakan nih, terima kasih VIVA.co.id dan Samsung. Sampai jumpa di event selanjutnya.

1 comment:

  1. Asik bisa foto sama atlet india. Kalau atlet india menang piala pasti mereka menari nari

    ReplyDelete

Mohon jangan berkomentar SPAM, terimakasih.