Friday 7 July 2023

Penggunaan Atap Dingin Solusi Mengatasi Fenomena Urban Heat Island

 

Tatalogam Lestari

Tinggal di perkotaan menjadi solusi pilihan banyak orang karena semua ada, roda perekonomian tidak pernah tidur. Namun daerah perkotaan kerap memiliki suhu udara yang lebih tinggi dibandingkan daerah sekitarnya. Fenomena ini dikenal dengan nama Urban Heat Island (UHI) atau pulau panas perkotaan.

 

Urbanisasi masyarakat dari desa ke kota dan pembangunan kota yang kontinue banyak mengubah tata ruang kota, sehingga berakibat pada peningkatan suhu panas perkotaan. Ruang terbuka hijau serta infrastruktur hijau dijadikan sebagai solusi mengatasi masalah tersebut. Salah satunya dengan pemilihan material bangunan yang ramah lingkungan.

 

 

Indobuildtech 2023 yang berlokasi di ICE BSD City

 

Pada event Indonesia Building Technologi (Indobuildtech) 2023 yang diadakan di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City dan berlangsung dari tanggal 5 – 9 Juli 2023, PT. Tatalogam Lestari atau Tatalogam Grup mengadakan acara seminar bertema  Sustainable Construction atau Green Building, bertujuan untuk mengupas secara tuntas apa itu Sustainable Construction, yang berkaitan dengan industri konstruksi di Indonesia.  Disampaikan oleh beberapa pakar di bidangnya yaitu dari kalangan akademisi, birokrasi, praktisi dan pelaku industri. 

 

Tatalogam Lestari

Seminar diadakan di Pre Function Hall 10, dengan para narasumber antara lain:

  • Dr. Eng Beta Paramita – Asisten Prof. Prodi Arsitektur UPI dan Founder Becool Indonesia
  • Yodi Danusastro, GP – Founder dan Direktur Yodaya Hijau Bestari
  • Ir. Nicodemus Daud, M.Si – Direktur Kelembagaan dan Sumber Daya Konstruksi, Dirjen Bina Konstruksi Kementerian PUPR
  • Octavianus Bramantya, S.Kom – General Manager Kadin Nett Zero
  • Ir. Herman Supriyadi, M.M – Kepala Pusat Industri Hijau, Badan Standardisasi dan Kebijakan Jasa Industri Kementerian Perindustrian.

 

Sustainable Construction merupakan konsep pembangunan berkesinambungan, menciptakan lingkungan yang nyaman berdasarkan efisiensi sumber daya alam dan desain yang ramah lingkungan.

 

Bangunan Hijau merupakan bangunan yang secara life cycle-nya di mulai sejak tahap perencanaan, pembangunan, pengoperasian, pemeliharaan, renovasi, hingga pembongkarannya memperhatikan dampak negatif dan menciptakan dampak positif terhadap iklim dan lingkungan alam. Bangunan hijau merupakan alat untuk meningkatkan efisiensi sumber daya bangunan berupa energi, air dan bahan sekaligus mengurangi dampak bangunan pada kesehatan manusia dan lingkungan. Sedangkan arsitektur berkelanjutan merupakan arsitektur yang membantu mengurangi dampak negatif dari bangunan ke lingkungan dengan memperhatikan bahan atau material yang ramah terhadap lingkungan.

 

Perlu kerjasama yang baik dengan berbagai pihak karena memiliki pengaruh yang besar terhadap lingkungan di masa kini dan nanti. 

 

 

Mengenal Produk Atap Dingin PT. Tatalogam Lestari

 

Penggunaan atap dingin semakin meningkat untuk sektor bangunan tidak hanya di perkotaan tapi juga hingga pedesaan. Atap dingin memiliki karakteristik memantulkan sinar matahari dan panas dari bangunan, mengurangi suhu atap sehingga suhu menjadi lebih sejuk. Penggunaan atap dingin mampu membantu atap menyerap lebih sedikit panas dan bertahan hingga 50–60°F (28–33°C) lebih dingin daripada bahan konvensional selama puncak cuaca musim panas.

 

Material atap dingin digunakan diberbagai sektor bangunan baik komersial, industri, dan juga perumahan. Produk dapat dipasang di atap dengan kemiringan rendah (seperti atap datar atau landai yang biasanya ditemukan di gedung komersial, industri, dan perkantoran) atau atap miring yang digunakan di banyak tempat tinggal dan bangunan ritel. Produk atap dari PT Tatalogam Lestari sudah terkenal kualitasnya.

 

 

Atap Metal

 

Atap metal Simantap buatan PT. Tatalogam Lestari selalu menjadi pilihan terbaik di kelasnya. Produk ini memiliki keunggulan dibanding dengan produk lain. Setiap lembar atap Simantap terbuat dari material  zinc dan aluminium berkualitas sesuai standar SNI sehingga memiliki daya tahan tinggi terhadap cuaca, karat, juga rayap.

 

Tatalogam Lestari

Produk atap metal Tatalogam Lestari selalu menyertakan spesifikasi produk dan tebal atap per-lembar dengan jelas.

Produk atap metal terdiri dari:

  • Sakura MX (Atap Gelombang Instan)
  • Sakura Lite (Atap Polycarbonate Gelombang)
  • Soka (Atap Metal)

 

 

Genteng Metal

 

Produk genteng metal PT. Tatalogam Lestari atau dikenal dengan Simantap memiliki banyak model, bentuk gelombang, profil, dan berbagai macam ukuran, serta berbagai variasi warna yang indah.

 

Tatalogam Lestari

Produk genteng metal PT. Tatalogam Lestari di antaranya:

  • Sakura Roof
  • Multi Roof
  • Surya Roof
  • Fancy

 


Baja Ringan

 

PT. Tatalogam Lestari selalu menciptakan produk baja ringan terbaik di kelasnya. Produk Simantap selalu jadi pilihan karena keunggulan kualitasnya.

 

Tatalogam Lestari

Produk baja PT. Tatalogam Lestari menggunakan perpaduan material baja galvanis, zinc atau seng, aluminium, serta bahan lain yang memenuhi standar SNI sehingga dapat menghasilkan rangka bangunan yang kuat dengan pemasangan yang mudah.

Produk baja ringan ini terdiri dari:

  • Taso (Kaso Metal)
  • Praktis (Kolom Metal Instan)
  • Purlin (Rangka Metel Galvanis)

 


Domus (Rumah Cepat Instan)

 

DOMUS adalah rumah permanen yang dibangun dengan sistem yang dikembangkan oleh PT. Tatalogam Lestari dimama memungkinkan dapat membangun rumah dengan cepat yakni dengan perencanaan yang matang, material yang tepat serta teknik pengerjaan yang benar, efektif, dan efisien.

 

Tatalogam Lestari

 

Sekilas Tentang PT. Tatalogam Lestari

 

PT. Tatalogam Lestari merupakan perusahaan yang bergerak di bidang infrastuktur yang berfokus kepada genteng metal dan baja ringan. ini dibuktikan dengan diraihnya penghargaan oleh lembaga independen ReBi (Rekor Bisnis Indonesia). PT Tatalogam Lestari diakui oleh konsumen dan industri di Indonesia dengan mendapatkan ISO9001-2015, sertifikasi untuk Quality Management System sejak tahun 2003.

 

Tahun 2016, PT Tatalogam Lestari meraih penghargaan OCI (Outstanding Corporate Innovator) dari badan independen di Amerika Serikat yaitu PDMA (Product Development Management Association) atas inovasinya dalam menyediakan produk-produk inovasi yang ramah lingkungan.

 


Penggunaan material yang baik seperti baja dan atap dingin dari PT. Tatalogam Lestari jadi salah satu upaya untuk menekan laju perubahan iklim karena sifatnya yang sejuk sehingga tidak menyerap banyak panas dari sinar matahari dan bisa mengurangi penggunaan AC serta menghemat energi dan memberikan kenyamanan untuk penggunanya.

 

No comments:

Post a Comment

Mohon jangan berkomentar SPAM, terimakasih.