Sunday 6 November 2022

Mengenal Jakarta Bird Land, Wahana Baru di Ancol

 

Jakarta Bird Land Ancol


Paska pandemi masyarakat khususnya kota Jakarta pastinya sudah banyak yang kangen liburan, terutama yang berada di sekitaran Jakarta jadi gak perlu bermacet ria di jalan.

 

Ancol yang merupakan salah satu taman rekreasi terbesar di Indonesia, rupanya menjawab keinginan masyarakat yang sudah rindu berdestinasi wisata di sekitaran Jakarta, dengan menghadirkan wahana baru yaitu Jakarta Bird Land (JBL).

 

 

Jakarta Bird Land - Destinasi Wisata  Baru di Ancol

 

Pada 05 November 2022 Ancol meresmikan beroperasinya wahana Jakarta Bird Land (JBL) bagi pengunjung umum. Bertepatan juga dalam rangka memperingati Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional yang jatuh setiap 5 November, Ancol Taman Impian mengadakan kegiatan Eksplorasi Ragam Satwa Burung di unit rekreasi terbaru yang dimiliki oleh Ancol yaitu Jakarta Bird Land (JBL). Pada kegiatan ini Ancol berkolaborasi dengan Jakarta Birdwatcher Society serta mengundang komunitas Teens Go Green Indonesia, Kids Birdwatcher dan juga siswa sekolah binaan yaitu Sekolah Rakyat Ancol.

 

Jakarta Bird Land menawarkan banyak keseruan yang bisa dinikmati oleh anak-anak hingga orang dewasa. Jakarta Bird Land merupakan destinasi wisata yang sangat menarik menjadi tempat tujuan rekreasi bersama keluarga.

 

Jakarta Bird Land Ancol
foto:dokpri


Dengan luas area sekitar 6.000 M2, dan jumlah burung yang mencapai ratusan ekor dengan 50 spesies yang terdiri dari burung lokal dan juga dari berbagai negara, burung-burung itu tersebar di sejumlah area. Di Jakarta Bird Land pengunjung bisa lebih dekat dengan aneka ragam burung, dan juga bisa berinteraksi.

 

Area di Jakarta Bird Land dibagi menjadi enam Kawasan, yaitu American Macaw Area, Indonesian Cockatoo, Hornbill Family, Aviary Exhibit, Water Bird, dan Free Range Bird Daerah. Taman burung ini didesain semirip mungkin dengan habitat asli burung-burung penghuninya.

 

Jakarta Bird Land Ancol
foto:dokpri


Di area sky bridge, pengunjung bisa melihat lebih dekat dan berinteraksi langsung dengan burung - burung yang sedang terbang bebas dan hinggap di dalam area kandang.

 

Di Jakarta Bird Land bisa ditemui aneka ragam burung  antara lain kakatua jambul kuning, kakatua alba, kakatua raja, burung macaw, bebek Mandarin, rangkong, merak biru dan salah satu jenis burung yang paling unik yaitu elang laut dada putih yang memiliki habitat alami di Pulau Bidadari Kepulauan Seribu.

 

Selain itu terdapat pula burung yang juga merupakan hasil program pengembangbiakan dari Tim Konservasi  Ancol yaitu Jalak Bali. Burung ini merupakan burung endemik Indonesia dan salah satu jenis yang statusnya terancam punah. Tim Konservasi Ancol telah focus menjalankan program ini sejak 2021 dan telah berhasil menghasilkan anakan yang semuanya kini telah menghuni Jakarta Bird Land. 


Jakarta Bird Land Ancol
foto:dokpri


Di Jakarta Bird Land ini memberikan pengalaman baru bagi saya dimana bisa berinteraksi langsung dengan burung-burung, bisa memberi makan langsung dan juga berfoto. Saya juga bisa menyaksikan keunikan perilaku ragam burung. Menyaksikan kehidupan satwa khususnya burung secara langsung akan meningkatkan empati serta kepedulian terhadap alam.

 

“Kami hadirkan Jakarta Bird Land sebagai salah satu wujud komitmen kami dalam memberikan inovasi produk dengan kualitas kelas dunia dan tentu saja sejalan dengan misi kami memberikan edukasi mengenai konservasi pelestarian alam agar setiap pengunjung yang datang bisa mendapat pengetahuan dan pengalaman baru berwisata.” ucap Eddy Prastyo - Direktur PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk.


Berekreasi sambil belajar mengenai burung di Jakarta Bird Land akan semakin seru karena selain terdapat tim education guide yang akan memberikan penjelasan mengenai semua jenis burung yang ada, ada pula #KawanJagaLangit yaitu Angkasa, Langit, Dirga, Cakra dan Inggi. 5 Karakter dengan keunikan masing-masing ini siap mendampingi dan memeriahkan petualangan semua pengunjung di Jakarta Bird Land. 


Di Jakarta Bird Land juga terdapat banyak spot foto yang instagramable, saya paling suka berswafoto di area dinding yang di desain seperti air terjun, selain sejuk disini juga viewnya bagus untuk berfoto.  

 

Jakarta Bird Land Ancol
foto:dokpri


Pengunjung juga bisa menyaksikan bagaimana uniknya perilaku satwa ini dengan menonton bird show yang diadakan di 2 tempat dengan konsep fun education. Ada 2 jenis tribun berukuran besar dan kecil. Masing-masing digunakan untuk menggelar main show dan mini show.

 

Main show digelar di tribun utama yang memiliki kapasitas 850 penonton. Durasi pertunjukannya sendiri 22 menit dengan mempertontonkan atraksi dari 5 spesies burung berbeda. Saat weekday, main show digelar 1 kali. Sedangkan saat weekend digelar sebanyak 2 kali.

 

Di tribun yang lebih kecil berkapasitas 150 orang digelar mini show. Pertunjukan dijadwalkan 3 kali sehari saat weekday dan 4 kali sehari saat weekend. Durasi show ini hanya 10 menit dengan atraksi 1-2 jenis burung.

 

 

Transportasi Menuju Jakarta Bird Land – Ancol

 

Wahana Jakarta Bird Land berada tepat di depan wahana Seaworld, dan di sebelah wahana Ocean Dream. Transportasi menuju Taman Impian Ancol juga mudah, bisa diakses melalui kendaraan pribadi dan juga bisa juga diakses melalui transportasi umum seperti  bus Transjakarta dan juga KRL atau Commuter Line. Untuk penggunaan transportasi bus Transjakarta lebih mudah, karena begitu keluar halte kita bisa menunggu bus wara wiri yang khusus disediakan Ancol untuk pengunjung menuju ke berbagai wahana yang dituju.

 

 

Harga Tiket Jakarta Bird Land

 

Harga tiket wahana Jakarta Bird Land hanya dibanderol kurang dari 100K. pastikan ya dapatkan tiketnya melalui laman resmi Ancol di www.ancol.com klik pada menu Tiket & Promo dan pilih tiket Jakarta Bird Land.

Untuk dapat menikmati wahana Jakarta Bird Land, pengunjung wajib mematuhi protokol kesehatan yaa wahana beroperasi mulai pukul 09.30 hingga pukul 16.00 WIB.

 

Wahana Jakarta Bird Land merupakan destinasi yang tepat untuk mengajak anak-anak dan menjadi opsi terbaik untuk mengenalkan kehidupan alam , dan mengajarkan sikap peduli dan empati kepada alam.

Wahana Jakarta Bird Land juga bisa menjadi pilihan destinasi wisata liburan di akhir tahun nanti bersama keluarga.


No comments:

Post a Comment

Mohon jangan berkomentar SPAM, terimakasih.