Thursday, 22 July 2021

Kreasi Creative Handcrafting Bersama Hometown & @GanaraArtStudio

 




Rizky: “Bun, gabut ih!!”

           “Bun, keluar bentar yaahh!”

Bunda: “Gak boleh!!!!”

 

Itu sekelumit percakapan saya bersama anak lanang saya yang remaja. Selama pandemi memang kita semua harus mengerem keinginan untuk banyak beraktifitas di luar rumah. Sebisa mungkin segala sesuatu di lakukan dirumah saja.

 

Berbeda dengan adiknya yang anak rumahan, ketika harus menjalani sekolah secara online agak jarang mengeluh. Tapi sesekali mengeluh juga ketika si ade kangen pengen tatap muka dengan teman sekolahnya, kangen juga sekolah offline. Apalagi semenjak kasus covid agak tinggi, saya sangat membatasi kegiatan mereka walaupun sekedar bermain di luar bersama teman sebaya di lingkungan rumah.

 

Sebagai seorang ibu yang lebih banyak berinteraksi dengan anak-anak terkadang saya buntu juga harus melakukan kegiatan apa lagi agar anak-anak tidak bosan melakukan aktifitas dirumah saja. Biasanya memanjakan mereka dengan berbagai cemilan sesuai request mereka agak membantu anak-anak lupa dengan kebosanannya. Salah satu olahan makanan favorit anak-anak dirumah yaitu yang berbahan susu.

 

Biasanya kalau mereka bosan minum susu yang begitu saja, dengan diolah menjadi bahan makanan favorit mereka, membuat mereka happy. Susu favorit anak-anak yaitu susu fresmilk Hometown Dairy.

 


Alhamdulillah saya dapat pencerahan nih tentang bagaimana menciptakan kreasi bersama anak di rumah agar mereka tidak bosan dirumah saja. Setelah mengikuti sesi live Instagram Hometown Live “Kreasi Creative Handcrafting” yang diadakan oleh Hometown Dairy yang dipandu oleh Jean Girsang (TV Host & mom Influencer) dengan narasumber @titadjumaryo selaku founder @GanaraArtStudio. Pada acara live ini @titadjumaryo membuat kreasi creative hanscrafting menggunakan bahan utama berupa botol bekas wadah susu Hometown Dairy.

 

Dengan memanfaatkan barang-barang yang ada di sekitar rumah kita bisa mengasah kemampuan motorik anak. Bahkan pada kasus anak yang mempunyai kesulitan atau terlambat berbicara bisa diransang dengan kegiatan melukis, sehingga motorik halusnya terbantu. Dengan memanfaatkan waktu bersama anak dirumah bisa menambah bonding antara orang tua dengan anak.

 

Foto: dokpri


Anak yang suka melakukan kegiatan mewarnai biasanya berdampak positif kelak pada sifatnya, misalnya anak akan lebih sabar. Karena kegiatan mewarnai melatih anak untuk fokus, mengasah skill anak sehingga tanpa sadar anak-anak sudah meluangkan waktunya dan bisa mengisi waktu luangnya dengan melakukan kegiatan yang kreatif walaupun dirumah saja.

 

Foto: dokpri



Kegiatan menggambar dan mewarnai bersama bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan untuk mengusir kejenuhan anak. Selain mengajari anak untuk berkreasi dengan warna dan bentuk, menggambar dan mewarnai juga bisa membangun rasa percaya diri anak, melatih imajinasinya, dan bisa membuatnya gembira.

 

Cara membuat anak happy melakukan kegiatan dirumah:

  • Lakukan dengan cara yang mudah dipahami anak-anak
  • Bisa menggunakan bahan-bahan yang ada disekitar rumah, seperti barang-barang bekas yang bisa dipakai untuk anak berkreasi dan pastinya aman untuk anak-anak.
  • Membuka diri, dengan menerima pendapat anak dan sesuaikan dengan kemampuan mereka berimajinasi, misalnya ketika anak berimajinasi dalam memilih warna yang diluar nalar, biarkan saja dan kita bisa ajak anak diskusi dengan menanyakan apa sebabnya anak memilih warna tersebut.
  • Gunakan peralatan yang aman dan ramah anak.

 

Foto: dokpri


Dan pastikan nutrisi anak tercukupi, makanya saya selalu stok freshmilk Hometown Dairy untuk memenuhi gizi dan nutrisi keluarga dirumah. Hometown Dairy 100% susu segar pasteurisasi dari peternakan sapi terintegritas yang dirawat sepenuh hati. Dan diolah dengan minim proses tanpa pengawet, gula, air atau bahan tambahan lainnya. Pastinya aman untuk keluarga saya.


No comments:

Post a Comment

Mohon jangan berkomentar SPAM, terimakasih.