Monday 2 August 2021

Tips Pemenuhan Nutrisi untuk Ibu Hamil dan Menyusui

 



Di masa pandemi seperti saat ini sangat penting menjaga kesehatan, agar imun kita tetap terjaga. Terutama bagi ibu hamil dan menyusui, agar pertumbuhan janin dan bayi bisa lebih optimal. Apalagi kondisi saat ini sedang tidak baik-baik saja, dimana pentingnya kita menjaga kesehatan keluarga dengan pemenuhan gizi yang seimbang. Semoga kita semua bisa melewati masa pandemi dengan tetap sehat jiwa dan raga.



Dalam rangka menyambut Pekan Asi Sedunia pada tanggal 1 – 7 Agustus, Hometown Dairy mengadakan rangkaian seri Instagram Live “Happy at Home with Hometown.” Alhamdulillah saya bisa mengikuti sesi IG Live terakhir pada hari Sabtu (13/07/2021) yang bertemakan tentang “Tips Pemenuhan Nutrisi untuk Busui” bersama narasumber dr. Attila Dewanti, Sp.A. (K) selaku dokter spesialis anak dan komunitas ibu2canggih dan di pandu oleh Jean Girsang (TV Host & Mom Influencer).

 


Pentingnya ASI untuk Tumbuh Kembang Anak


Newborn sampai dengan usia 6 bulan sangat penting mendapatkan ASI eksklusif, atau hingga usia 12 bulan dan maksimal hingga usia 24 bulan. Karena pada ASI banyak terkandung berbagai macam zat gizi seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin, garam dan mineral.


Pemberian ASI tidak hanya bermanfaat untuk bayi tapi juga untuk ibunya. Dengan pemberian ASI dapat mengurangi risiko kanker payudara dan ovarium, serta menjadi cara yang paling efektif bagi ibu untuk bonding dengan bayinya sejak dilahirkan.




Pada awal melahirkan, payudara menghasilkan cairan kental dan kekuningan yang disebut kolostrum. Cairan ini memiliki protein yang tinggi, rendah gula, dan sarat dengan senyawa yang bermanfaat untuk menunjang perkembangan otak bayi yang baru lahir. ASI dengan kolostrum berwarna putih kekuningan, dan menjadi salah satu ciri ASI berkualitas. Jumlah kolostrum itu tidak banyak hanya bebera[a cc saja sekitar  5-10 cc saja.


Di dalam kolostrum terkandung sel darah putih dan zat pembentuk kekebalan tubuh yang disebut imunoglobulin. Kedua kandungan ini berperan penting dalam membantu tubuh bayi melawan bakteri, jamur, dan virus penyebab infeksi. Kolostrum juga mengandung nutrisi penting, seperti karbohidrat, lemak, protein, air, vitamin A, B, dan K, serta kalium, zinc, dan kalsium yang dibutuhkan oleh bayi untuk menunjang proses tumbuh kembangnya.

 

Manfaat Kolostrum untuk Bayi:

  • Meningkatkan daya tahan tubuh
  • Mendukung kesehatan pencernaan
  • Mencegah penyakit kuning
  • Mendukung tumbuh kembang yang optimal.

 

Pentingnya menjaga asupan gizi yang baik bagi ibu hamil bisa dimulai sejak masa  1000 hari pertama kehidupan (1000 HPK), terdiri atas 270 hari selama kehamilan dan 730 hari pada dua tahun pertama kehidupan si kecil. Dampak pada masa periode emas akan sangat berpengaruh terhadap tumbuh kembang si kecil hingga dewasa nanti.



Pemenuhan nutrisi dan gizi yang baik salah satunya bisa kita dapatkan dari susu. Salah satu susu favorit di keluarga saya adalah Hometown Dairy Fresh Milk yang minim proses. Dimana Hometown Milk menjaga proses seminimal mungkin dengan suhu rendah 75͒ C dalam 15 detik. Selain kandungan nutrisi alaminya terjaga, rasanya pun jadi lebih enak.




Hometown Dairy Fresh Milk bisa menjadi pilihan sebagai sumber protein dan kalsium untuk ibu menyusui. Agar produksi ASI meningkat, kondisi psikis ibu juga harus diperhatikan selain harus juga konsumsi makanan yang kaya kandungan makronutrien dan mikronutrien.


Asupan nutrisi tepat untuk ibu menyusui:

  • Karbohidrat Kompleks, untuk mencukupi kebutuhan energi selama menyusui
  • Protein, sangat baik untuk perkembangan otak bayi dan pemulihan setelah hamil dan melahirkan
  • Kalsium, sangat baik untuk pertumbuhan tulang bayi
  • Zat Besi, sangat baik untuk perkembangan otak bayi dan pembentukan sel darah merah
  • Lemak Baik, untuk perkembangan mata dan otak bayi.

 

Setelah asupan ibunya terpenuhi dengan baik, bayi juga perlu mendapatkan pemenuhan tahapan perkembangannya dengan baik agar pertumbuhannya bisa optimal, antara lain:

  • Berikan ASI eksklusif selama 6 bulan
  • Berikan MPASI
  • Minum susu
  • Lengkapi imunisasinya.

 

Kesehatan si kecil 75 – 80% terdapat pada saluran cerna, sehingga tumbuh kembangnya bisa maksimal. Moms, selamat mengASIhi dan nikmati prosesnya.


No comments:

Post a Comment

Mohon jangan berkomentar SPAM, terimakasih.