Tuesday, 24 November 2020

Siapkan Anak Mengawali Hari Dengan Sarapan KOKO KRUNCH Nutrismarta

 



Mau sarapan apa pagi ini!

Hal pertama yang saya tanyakan ketika pagi hari kepada semua penghuni rumah. Sarapan pagi walaupun terkesan sepele tapi bisa berakibat lumayan fatal jika di abaikan. Tidak hanya mengganggu metabolisme tubuh yang bisa mengakibatkan seperti kepala pusing, tubuh lemas dan sebagainya  tetapi juga bisa mengakibatkan berkurangnya konsentrasi. Membiasakan sarapan bagi anak-anak mampu meningkatkan prestasi mereka di sekolah.

Biasanya aktivitas pagi cukup melelahkan bagi saya, menyiapkan sarapan yang berbeda menurut selera masing-masing anggota keluarga, dan harus berpacu juga dengan waktu agar mereka tidak terlambat sampai ke lokasi aktivitas masing-masing. Sehingga terkadang ada saja yang melewatkan aktivitas sarapan paginya karena diburu waktu.


Di masa pandemi ini lumayan membantu saya lebih enjoy untuk menyiapkan sarapan untuk keluarga tercinta. Apalagi semua aktivitas lebih banyak dilakukan dirumah, seperti anak-anak yang belajar jarak jauh dari rumah.

 

Selama pandemi Covid-19, anak-anak melakukan Pembelajaran Jarak Jauh, dan rata-rata siswa menghabiskan 5 sampai 7 jam belajar secara daring, karenanya mereka perlu selalu fokus dan berkonsentrasi agar tetap dapat mengikuti pembelajaran dengan baik. Dampak penggunaan teknologi yang berlebihan dapat menyebabkan pola makan yang tidak teratur dan tidak sehat. 


Orang tua perlu memahami bagaimana dapat membantu anak-anak agar fokus pada pembelajaran daring mereka setiap hari, dengan menyediakan dan memahami pentingnya asupan gizi seimbang dan teratur, yang dimulai dengan sarapan, dan meluangkan waktu untuk mengajak anak-anak mempunyai gaya hidup sehat dan aktif, guna membantu anak-anak fokus dan bersemangat selama waktu belajar.

 

Saya tetap membiasakan keluarga khususnya anak-anak untuk tetap rutin sarapan pagi agar mereka tetap bisa melakukan aktivitas dengan lebih semangat. Alhamdulillah pengetahuan saya tentang pentingnya sarapan pagi bagi anak-anak mulai tercerahkan setelah mengikuti zoom meeting bersama KOKO KRUNCH NUTRISMARTA PRESS CONFERENCE yang dilaksanakan pada hari Kamis, 19 November 2020. Menghadirkan para narasumber antara lain Liena Desbi (Brand Manager Nestlé Breakfast Cereals Kids), Dr. Rita Ramayulis DCN, M. Kes ( Ahli Gizi ) dan Celebrity Mom Donna Agnesia.

 


Nestle meluncurkan KOKO KRUNCH Nutrismarta yang mengandung gandum utuh, vitamin B, dan zat besi, dapat membantu memenuhi kebutuhan gizi seimbang anak-anak.


Mr. Alaa Shaaban selaku Business Executive Officer Nestlé Breakfast Cereals Indonesia mengatakan, KOKO KRUNCH Nutrismarta adalah salah satu wujud nyata komitmen Nestlé untuk membantu anak-anak di Indonesia menjalani kebiasaan hidup yang lebih sehat.


Selain memiliki kandungan gizi yang diperlukan tubuh, KOKO KRUNCH Nutrismarta memiliki kombinasi gandum utuh yang mengandung serat, Vitamin B kompleks salah satunya vitamin B2 yang berperan sebagai sebagai koenzim perubahan karbohidrat menjadi energi, dan zat besi yang merupakan komponen hemoglobin dalam sel darah merah untuk membawa oksigen ke seleuruh tubuh untuk mendukung anak siap untuk sekolah dan menceriakan harinya.


Gandum utuh terdiri dari kulit luar, endosperma, dan inti. Bagian dari gandum ini memiliki fungsi yang berbeda-beda karenaa mengandung vitamin, karbohidrat, dan protein. Sarapan dengan gizi yang seimbang dapat mendukung anak bersemangat dan siap belajar dari rumah.

 


KOKO KRUNCH Nutrismarta dapat membantu memenuhi zat gizi yang diperlukan oleh otak anak. Zat gizi yang diperlukan otak antara lain :

  • Glukosa, sebagai sumber energi otak.
  • Vitamin B1, B2, B3, B6 membantu metabolisme energi untuk siap digunakan otak dan fungsi normal sistem syaraf.
  • Asam Folat ( Vitamin B5 ), untuk membangun alat transpor oksigen dan zat gizi ke otak serta meningkatkan perkembangan syaraf otak dan motorik anak.
  • Zat Besi, untuk membangun alat transpor oksigen dan zat gizi ke otak serta meningkatkan perkembangan fungsi normal kognitif dan kesehatan mental.

 

Untuk memnuhi kesimbangan zat gizi sebagai variasi lengkap gizinya, kita bisa menambahkan makanan yang mengandung karbohidrat komplek, protein, susu, gula, minyak, sayuran dan buah-buahan.

 

Kenapa sarapan sangat penting untuk anak?

Di saat tidur anak menggunakan banyak energinya untuk pembentukan hormon pertumbuhan yang akan bertugas merangsang pertumbuhan dan perkembangan anak serta meregenerasi berbagai sel. Dan akan terjadi penurunan kadar glukosa darah yang signifikan setelah 5jam tidak makan.



Apabila anak tidak sarapan maka anak tidak mempunyai energi dan zat gizi yang cukup untuk mendukung proses belajarnya serta berpengaruh terhadap indeks massa tubuhnya.


Membiasakan anak untuk sarapan sehat, maka pola makannya akan cenderung lebih baik. Sehingga, meskipun mereka belajar dari rumah, sarapan tetap tidak boleh terlewatkan ya moms!


Agar anak bisa menangkap pelajaran dengan baik, maka harus terpenuhi zat-zat yang dibutuhkan oleh otak melalui makanan yang dikonsumsi. Kita juga harus memperhatikan dalam memilih sumber energi karbohidrat yang menjadi sumber energi utama anak. Salah satu sumber karbohidrat yang baik adalah karbohidrat kompleks, misalnya serealia utuh seperti gandum utuh.


Gandum utuh ini adalah gandum yang belum diolah sehingga masih memiliki lapisan luar, lapisan dalam, dan inti gandum. Gandum utuh mengandung karbohidrat pati dan serat, protein, berbagai vitamin B, vitamin E, antioksidan, dan mineral lainnya.

 

Pada kesempatan kali ini, Donna Agnesia juga memberikan beberapa tips bagaimana caranya mendampingi ketiga anaknya Pembelajaran Jarak Jauh. Kita sebagai orang tua jangan panic yang akhirnya bisa menyebabkan stress, justru itu gak baik bagi anak, kita harus sabar mengajari anak belajar secara online.


Yang penting komunikasi harus baik, jangan lupakan untuk menyiapkan kebutuhan anak untuk sarapan, menyesuaikan metode belajar dengan karakter anak, memberikan motivasi anak agar selalu semangat, dan melakukan kegiatan bersama yang disukai anak-anak.

Anak-anak happy tentunya juga bisa membuat kita sebagai orang tua ikutan happy 😊

 

Website:  www.nestle.co.id  - www.nestle-cereals.com

Instagram: @nestle  - @nestlebreakfastcerealsid


No comments:

Post a comment

Mohon jangan berkomentar SPAM, terimakasih.