Wednesday, 5 December 2018

Pentingnya Probiotik Untuk Tumbuh Kembang & Kebahagiaan Anak


Pentingnya Probiotik Untuk Tumbuh Kembang & Kebahagiaan Anak


Sering saya melihat kasus para orang tua khususnya para ibu ketika anaknya menangis menginginkan sesuatu misalkan makanan, padahal belum tentu makanan itu yang biasanya berupa jajanan baik buat kesehatan anaknya, tapi tetap diberikan dengan tujuan agar anaknya berhenti menangis dan  tidak rewel lagi. 
Biasanya ini terjadi diperkampungan yang pengetahuan orang tuanya kurang mendapatkan informasi yang baik tentang pemberian makanan sehat pada anak.

Memang kebahagian anak merupakan prioritas bagi para orang tua, tetapi baiknya diperhatikan juga dari segi stimulasi dan juga asupan nutrisinya, bukan lagi hanya fokus pada jumlah yang diberikan namun lebih utama pada jenis dan kualitas nutrisi yang dikonsumsi.

Pemilihan jenis makanan dan kualitas yang baik pada anak merupakan kunci utama, agar nutrisinya juga bisa diserap dengan baik dan memberikan manfaat bagi tubuh sehingga baik untuk tumbuh kembang anak. Penyerapan nutrisi yang baik tentunya berpengaruh pada saluran cerna, fungsi anatomi pencernaan bukan hanya untuk mencerna makanan tetapi pencernaan yang baik penting sekali agar anak tidak gampang terkena penyakit.

Kesehatan saluran cerna sangat bergantung pada kesehatan mikrobiota usus dimana mikroba usus yang sehat ditunjukkan oleh jumlah bakteri baik (probiotik) yang lebih dominan dibandingkan jumlah bakteri jahat (patogen).


Para narasumber (foto:dokpri)

Kamis (29/11/2018) saya berkesempatan hadir dalam acara Nestle Nutrition Masterclass yang bertema tentang Peranan Probiotik untuk tumbuh kembang anak dan kebahagiaan anak yang berlokasi di Ayana Mid Plaza – Jakarta. Dihadiri oleh para narasumber yang berkompeten antara lain Prof. Yvan Vandenplas (Ketua Pediatri Free University of Brussels Academic Hospital Belgia), Dr. dr Ariani D. Widodo SpA(K) dan dr. Ray Basrowi, MKK (Head of Medical Nutrition Services Nestle Indonesia).

Senang sekali saya bisa hadir di acara ini karena saya bisa dapat tambahan ilmu dan informasi penting tentang kesehatan khususnya tentang peranan Probiotik. Selama ini saya hanya mengetahui probiotik itu biasanya terdapat pada salah satu minuman kesehatan yang sering saya konsumsi. Untuk lebih jelasnya saya akan ulas dulu tentang apa itu Probiotik.


PROBIOTIK

Probiotik adalah bakteri baik yang jika dikonsumsi dalam jumlah cukup dapat memberikan manfaat kesehatan (FAO/WHO. 2001)

Sejak tahun 1990-an Pusat Teknologi Konolfingen  dan Nestle Research Center (NRC) telah mengembangkan probiotik dalam bentuk bubuk. Ilmuan di NRC mengembangkan teknologi yang mampu melindungi probiotik selama pemrosesan, transportasi,  dan penyimpanan. Probiotik biasanya banyak terdapat pada makanan produk berbasis susu.


dr. Ray Basrowi, MKK (foto:dokpri)

Sebaiknya pendekatan yang paling baik dengan memberikan probiotik pada anak melalui susu bukan obat. Terkadang kita sebagai ibu jika mengalami kesulitan memberikan asupan gizi melalui sayuran dan buah pada anak cari gampangnya aja deh dengan memberikan suplemen makanan sebagai pengganti sayur, padahal itu bukan solusi yang tepat ya bunda.


Prof. Yvan Vandenplas (foto:dokpri)

Prof. Yvan Vandenplas mengatakan, memberikan probiotik pada anak sangat penting, sebaiknya diberikan sedini mungkin. Pada anak-anak yang tidak mendapatkan ASI eksklusif perlu diberikan tambahan probiotik yang mendekati yaitu dengan memberikan susu tambahan. Walaupun ini tidak bisa menggantikan ASI tetapi paling tidak anak mendapatkan penggantinya yang hampir mendekati. Nestle merupakan pelopor di bidang Probiotik pada susu pertumbuhan anak.

Fungsi dari pencernaan tidak hanya untuk mencerna makanan tetapi bisa juga untuk :
  • Mengurangi resiko penyakit di awal kehidupan
  • Mengatur mood atau membuat anak bisa tumbuh lebih bahagia
  • Menjaga bakteri baik pada saluran pencernaan
  • Menjaga daya tahan tubuh anak agar tidak mudah sakit.

Foto:dok.Nestle

Untuk diketahui tidak semua Probiotik sama, yang sudah banyak diteliti dan terbukti klinis bermanfaat untuk kesehatan anak antara lain:
  • Lactobacillus reuteri
  • Bifidobacterium lactis
  • Lactobacillus rhamnosus.

Probiotik tersebut tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan saluran cerna pada bayi dan anak-anak, tetapi juga mempunyai peranan penting mendasar untuk mendukung 4 pilar perkembangan anak yaitu sistem daya tahan tubuh yang kuat, perkembangan otak dan pertumbuhan fisik yang optimal sehingga mereka bisa tumbuh dengan lebih bahagia.


Dr. dr Ariani D. Widodo SpA(K) (foto:dokpri)

Dr. dr Ariani D. Widodo SpA(K) menjelaskan bahwa probiotik secara alami terdapat pada beberapa makanan atau ditambahkan dalam makanan dan susu pertumbuhan dengan tujuan untuk membantu kecukupan bakteri baik dalam tubuh dan mendukung daya tahan tubuh. Probiotik terdapat pada susu, keju, yoghurt, pisang, asparagus, ice cream, gandum, dan juga ada pada beberapa jenis bawang antara lain bawang bombay, bawang putih, dan juga bawang daun.


Foto bersama (foto:dokpri)

Sistem kekebalan tubuh bayi di usia 1 – 2 tahun belum berkembang optimal. Berdasarkan riset pada 2013 bahwa suplementasi probiotik terbukti klinis membantu pertumbuhan anak di usia 1 – 6 tahun. 


Produk susu pertumbuhan Nestle yang mengandung Probiotik (foto:dokpri)

Pada tahun 2004 Nestle melakukan suplementasi pertama probiotik ke dalam produk susu. Dan pada 2008 probiotik dalam kemasan Nestle sudah mendapatkan sertifikat aman dari Badan Makanan & Obat di Amerika.



1 comment:

  1. Bener mak, anakku juga nangis kalo liat papanya makan indomie, untungnya melek pengetahuan jd ya gabakal kukasih, hahaa. Tulisannya bermanfaat bgd, thx sharingnya dan salam kenal :))

    ReplyDelete

Mohon jangan berkomentar SPAM, terimakasih.