Friday 16 November 2018

Polda Metro Jaya Luncurkan Portal Berita PMJNews.com Untuk Menangkal Berita Hoax


Polda Metro Jaya Luncurkan Portal Berita PMJNews.com Untuk Menangkal Berita Hoax


Maraknya berbagai berita hoax yang tersebar ditengah masyarakat sudah sangat meresahkan yang tentunya sangat berpengaruh negatif bagi persatuan dan kesatuan bangsa. Contoh salah satu kasusnya tentang maraknya penculikan anak, dan ini ikut menghebohkan juga karena pastinya akan membuat resah para orang tua. Sebenarnya waspada boleh tapi jangan terbawa panik dan terlalu percaya dengan berita yang terlanjur tersebar, sebaiknya ditelusuri dulu kebenarannya.

Foto:dokpri

Yang lebih memprihatinkan lagi beredarnya berita Hoax seolah sudah menjadi konsumsi sehari-hari masyarakat, dan telah dianggap sebagai informasi atau berita yang benar adanya. Sementara masyarakat tidak memiliki pengetahuan dan sumber yang cukup untuk membedakan informasi atau berita yang diperolehnya adalah benar sesuai fakta atau malah sebaliknya.

Hadirnya berbagai kasus yang disebarkan melalui berita Hoax tentu saja membuat Polri sebagai salah satu Institusi publik ingin terus meningkatkan kinerjanya. sekaligus tantangan bagi Polri untuk membuka akses seluas-luasnya kepada publik untuk menyampaikan informasi yang sesuai kebutuhan publik.


Foto:dokpri

Untuk menangkal berbagai berita Hoax, Polda Metro Jaya menghadirkan terobosan baru dengan meluncurkan portal berita online yaitu PMJNews.com pada hari Kamis (15/11/2018), berlokasi di gedung Promoter Polda Metro Jaya. Turut hadir Ketua Dewan Pers, Bapak Yosep Stanley Adi Prasetyo, Ketua Komisi Penyiaran Indonesia, Bapak Yuliandre Darwis, Kepala LAN, Kepala Humas Kementerian dari Menkominfo, Menpora, Menhub,  Ka Pangdam, Ketua PWI DKI, dan Humas Bea Cukai.

Dalam upaya  memberikan informasi dan edukasi secara cepat dan akurat kepada publik, Kehumasan Polda Metro Jaya membenahi diri dengan mengikuti tren terbaru yang menggunakan teknologi canggih. Apalagi kita sudah memasuki era revolusi industri 4.0.

PMJNews.com adalah program Polri yang harus berjalan untuk memberikan informasi terdepan dan terpercaya, dan juga sebagai acuan kalau ada berita Hoax atau pemberitaan miring bisa kita luruskan, ujar Kapolda, Irjen Pol. Drs.  Idham Aziz Msi.


Kapolda Irjen Pol. Drs.  Idham Aziz Msi (foto:dokpri)

PMJNews.com juga diharapkan bisa menjadi media rujukan pemberitaan media mainstream sesuai dengan fakta dan data yang akurat dan dari sumber terpercaya di Polda Metro Jaya.

Kapolda juga mengintruksikan semua kesatuan di jajaran Polda Metro Jaya, Polres hingga Polsek untuk bersinergi dan bekerja sama dengan PMJNews.com dalam menginformasikan berita kepada masyarakat. Khususnya yang berkaitan dengan informasi publik dari kepolisian.



Kapolda juga mengajak serta untuk mendukung bersama PMJNews.com untuk berkembang bersama, dan menjadi tanggung jawab kita semua agar masyarakat benar-benar mendapat informasi yang benar dan tepat.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan pembentukan PMJNews.com sebagai prakarsa Divisi Humas Polda Metro Jaya. Penggunaan format portal berbasis android akan dapat menopang kinerja Humas Polda Metro Jaya.


Kabid Humas Argo Yuwono (foto:dokpri)

Peran Kehumasan adalah membangun citra baik (image building) bagi organisasinya, sebagai mediator antara organisasi dengan warga masyarakat dan komunitas, sebagai distributor informasi dari organisasi kepada publik serta menampung dan menindaklanjuti feedback dari masyarakat kepada organisasi.

Humas Polda Metro Jaya dalam menjalankan amanah program Promoter Kapolri adalah Managemen Media, kami terus melakukan inovasi. Humas Polda Metro Jaya harus mampu mengelola informasi dengan baik dan mengemas informasi menjadi sebuah berita yang bermanfaat untuk masyarakat. 

PMJnews memiliki beberapa keunggulan yang menjadi kekuatan penyebaran informasi, yakni pertama keunggulannya adalah aktual karena berisi informasi aktual dan ada kemudahan dan kecepatan penyajian informasi. Kedua adalah Cepat, begitu diposting atau diupload, langsung bisa diakses semua orang. Ketiga adalah Update atau pembaruan informasi dapat dilakukan dengan cepat baik dari sisi konten maupun redaksional.


Foto:dokpri
PMJnews juga dapat  memuat atau berisi tentang kegiatan sosialisasi program setiap satker di Polda Metro Jaya secara cepat dan komprehensif. Selian itu juga dapat memberikan wawasan kepada publik tentang kegiatan dan hasil kinerja Kepolisian di wilayah hukum Polda Metro Jaya. Mewartakan segala aspek berita yang dapat menjadi penyeimbang berita yang ada di media mainstream, baik berita politik,  ekonomi, sosial, olahraga dan hiburan, secara eksklusif, tercepat dan terpercaya.


Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Yuliandre Darwis (foto:dokpri)

Sementara itu,  Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Pusat Yuliandre Darwis mengatakan PMJNews.com merupakan sebuah platform untuk mendapatkan informasi yang benar serta menangkal Hoax. Saat ini segala macam informasi semakin mudah diakses oleh banyak orang, namun arus informasi yang tidak terkontrol membuat opini negatif di masyarakat.


Foto bersama (foto:dokpri)
Upaya Divisi Humas Polda Metro Jaya, merupakan bagian dari upaya mewujudkan polisi yang profesional, modern dan terpercaya. Sehingga dapat melayani publik secara prima dan meningkatkan kepercayaan publik terhadap Polri dari waktu ke waktu.




14 comments:

  1. Berharap pengunjung portal ini banyak Dan bertumbuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bang semoga ya bs jadi portal berita pilihan masyarakat agar gak ada lagi korban berita Hoax

      Delete
  2. hoax ini kayaknya makin menjamur dan nekad ya
    pemerintah harus tegas menindak penyebar hoax

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mba makanya diluncurkan PMJNews.com semoga bisa jadi portal berita terpercaya untuk masyarakat

      Delete
  3. Kalau baca berita di PMJNEWS.COM benar-benar terpercaya ya. Mana berani berita hoax mampir kesini, Yee kan?

    ReplyDelete
  4. Yeayy info2 valid dan penting bisa di share via portal ini ya

    ReplyDelete
  5. Bagus mbak polisi punya portal online kayak gini, moga updatenya cepet dan ada akun twitternya jg. Kalau cari info baiknya ya langsung ke web2 kyk gini drpd ke portal2 yg keseringan nyebarin hoax ya?

    ReplyDelete
  6. Wah keren kalo polisi kit punya portal berita untuk mengangkal hoax. In syaa Allah netral.

    ReplyDelete
  7. Portal berita yang keren dong, aku pernah dapat info hoax dari web berita resmi, sedih banget rasanya, gak habis pikir kenapa mereka bisa begitu hanya demi jadi yang tercepat

    ReplyDelete
  8. Berita hoax kian meresahkan aja ya mba. Beruntungnya karena pemerintah dan banyak pihak yang menggunakan sosmed juga sudah aware untuk membasmi ini.

    ReplyDelete
  9. Mantappp, dengan begini bisa mengurangi keresahan masyarakat atas semakin maraknya Berita hoax

    ReplyDelete
  10. pelaku penyebar hoax adalah sejahat jahatnya orang kata gw

    ReplyDelete
  11. Mantep nih. Emang butuh banget berita" terpercaya yang anti hoax. Sebel banget soalnya kalo dapet berita hoax,apalagi sampe banyak yg nyebarin. Kan kesel

    ReplyDelete
  12. Aku seneng ada PMJNEWS ini, minimal hoax yang bikin resah ada jawabannya di sini...

    ReplyDelete

Mohon jangan berkomentar SPAM, terimakasih.