Wednesday 3 October 2018

Mengenal Manfaat Nuklir di Sekitar Kita


Mengenal Manfaat Nuklir di Sekitar Kita


Apa yang terbersit dipikiran kita ketika mendengar kata nuklir?

Sesuatu yang menakutkan seperti bom, perang nuklir atau bahkan stigma negatif lainnya yang berbahaya untuk kehidupan kita dan sekitar. Nah kalian gak sendirian koq yang berpikiran negatif seperti itu, saya pun awalnya berpikir seperti itu, makanya saya tertarik untuk ikut serta ketika Bapeten ( Badan Pengawas Tenaga Nuklir) mengadakan acara Media Gathering pada hari Selasa (25/09/2018) yang pada berlanjut pada kunjungan ke Fasilitas Nuklir Batan, di Puspiptek Serpong pada esok harinya.


Foto: dokumen pribadi

Bapeten sudah berdiri hampir 20 tahun lebih tapi dari sekitar 277 juta masyarakat Indonesia hanya sekitar beberapa persen saja yang baru mengetahui keberadaan Bapeten. Sebenarnya kita gak perlu khawatir sih dengan keberadaan teknologi nuklir dan zat radioaktif, karena sudah ada Bapeten yang ditunjuk pemerintah mengawasi kinerja dan pemanfaatan teknologi nuklir.

Agar masyarakat lebih mengenal keberadaan teknologi nuklir, Bapeten banyak memberikan wawasan kepada masyarakat tentang berbagai manfaat nuklir agar stigma negatif tentang nuklir berangsur hilang dan masyarakat lebih mengenal berbagai manfaat yang bisa didapatkan melalui teknologi nuklir dan radioaktif.

Setiap teknologi pasti ada sisi positif dan negatifnya. Teknologi nuklir biasa digunakan dalam berbagai bidang antara lain media, farmasi, industri, pertambangan minyak dan gas serta peralatan keamanan. Selain itu manfaat nuklir juga bisa menghidupkan perekonomian dan industri nasional, penerapannya melalui iradiasi pada produk-produk pangan.

Menurut ibu Retno Agustyah selaku Kepala Subbagian Hubungan Masyarakat Bapeten, resiko mengenai keberadaan nuklir pasti ada tapi tujuan adalah menjamin keselamatan masyarakat dan memberikan perlindungan untuk lingkungan hidup.

Foto: dokumen pribadi

Beberapa makanan khas nusantara yang sudah tersentuh teknologi seperti pengawetan rendang, gudeg dan sayur mayur yang akan dieskspor. Dengan iradiasi makanan tidak akan busuk dalam rentang waktu yang lama misalnya bisa sampai 6 – 12 bulan. Karena makanan tersebut masuk ke tubuh kita jadi harus aman. Proses iradiasi tidak ada efeknya terhadap manusia, penggunaan tenaga nuklir berfungsi mematikan kuman dan bakteri.


Sumber Radiasi

Sumber radiasi ada dua macam yaitu yang bersumber dari alam dan buatan. Radiasi yang berasal dari alam contohnya sinar matahari, karena matahari adalah reaktor nuklir terbesar di tata surya. Selain itu terdapat juga pada buah-buahan antara lain pisang, wortel, dan kentang. Selain itu juga terdapat pada garam dan daging merah. Tapi kadarnya rendah sehingga aman dan tidak membahayakan untuk dikonsumsi.

Sumber radiasi lainnya yaitu radiasi buatan, contohnya  dipergunakan untuk kesehatan. Fungsi penggunaan tenaga nuklir untuk mematikan kuman dan bakteri. Jenis radiasi yang digunakan adalah x-ray dan gamma ray, contohnya pada alat rontgen gigi, CT scan, dan mamografi.  

Foto: dokumen pribadi

Kenali sticker yang terdapat pada setiap fasilitas kesehatan. Sticker warna hijau berarti aman, sticker warna kuning sebaiknya kita berhati-hati bisa saja ijinnya masih dalam proses. Bila terdapat sticker merah berarti kurang aman sebaiknya tinggalkan saja. Semua peralatan kesehatan tersebut harus dalam pengawasan Bapeten dan petugasnya sudah mendapatkan ijin dari Bapeten untuk memastikan bahwa peralatannya sudah aman.




Jika kita ingin melakukan tindakan menggunakan fasilitas kesehatan tersebut misalnya medical chek up, jangan sungkan untuk menanyakan ijinnya tidak mengantongi ijin dari Bapeten, berarti tidak sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.

Radiasi juga bisa kita dapatkan dari dalam tubuh kita sendiri atau disebut juga radiasi internal, sumber radiasi masuk ke dalam tubuh melalui makanan, minuman atau udara.


Manfaat lain dari Nuklir

Pada kunjungan ke Fasilitas Nuklir Batan di Puspiptek Serpong saya juga sempat mendapatkan penjelasan tentang Backpack detector yang berfungsi untuk mendeteksi lingkungan, alat ini sensitif dan bisa deteksi radionuklida.

Foto: dokumen pribadi

Jadi ada detektor ukuran besar yg dimasukkan ke dalam ransel. Sedangkan yg seperti PDA atau EDC itu adalah alat pembacanya. Fungsi mendeteksi keberadaan radiasi, serta mampu untuk mengidentifikasi sumber radiasinya. Pada saat penyelenggaraan Asian Games 2018 lalu alat ini dipergunakan untuk mengamankan acara.

Abdul Qohhar TEP selaku Kepala Bagian Humas dan Protokol

Menurut bapak Abdul Qohhar TEP selaku Kepala Bagian Humas dan Protokol, tugasnya mendeteksi jika ada ancaman selama pelaksanaan event Asian Games. Sebelum upacara pembukaan dan penutupan, pihaknya telah menyisir Stadion Utama GBK (Gelora Bung Karno) Senayan, Jakarta. Bahkan ikut membaur  di tengah keramaian penonton, untuk mendeteksi dengan memakai detektor jikalau ada hal-hal yang membahayakan.


background radiation

Pemantauan background radiasi dilakukan dihampir semua tempat, tidak hanya tempat olahraga atau venue-nya saja, tetapi juga tempat lain yang merupakan fasilitas umum dan menampung orang banyak seperti bandara, wisma atlet, media  center, mal dan lain-lain. Jika sampai terjadi sesuatu tentu saja berimbas tidak baik untuk nama baik negara kita.

Runi Handayani selaku Kepala Biro Hukum dan Organisasi Bapeten

Pada acara media gathering yang berlokasi di hotel harris Vertu, ibu Runi Handayani selaku Kepala Biro Hukum dan Organisasi Bapeten juga mengatakan seharusnya RPM (Radiation Portal Monitor) dipasang di setiap pintu masuk di setiap pelabuhan.

Padahal jumlah pelabuhan yang ada di seluruh wilayah Indonesia mencapai 179 pelabuhan. RPM sendiri berfungsi untuk mendeteksi keberadaan Zat Radioaktif atau Bahan Nuklir serta bahan yang mengandung radioaktif di dalam kontainer tanpa harus membuka kontainer.

Foto:dokumen pribadi

Nah sudah tercerahkan dengan pemanfaatan nuklirkan. Jadi nuklir itu ternyata dampak positifnya lebih banyak untuk kelangsungan hidup kita. jadi nambah ilmu lagikan, semoga bermanfaat. 

Jika ingin mengetahui lebih jauh tentang berbagai info tentang pemanfaatan nuklir bisa kunjungi sosial media instagram Bapeten di www.instagram.com/bapeten dan sosial media instagram Batan ya di www.instagram.com/badan_tenaga_nuklir_nasional 




4 comments:

  1. Aku taunya manfaatnya nuklir hanya sebagai alat detektor misal ada bom dll.

    ReplyDelete
  2. Jadi tahu sumber radiasi ada 2, daei alam dan buatan. Setahu saya selama ini nuklir itu hanya ada saat perang.

    ReplyDelete
  3. Banyak manfaatnya maka akan tahu bahwa nurkil sangat penting dan membantu manusia.

    ReplyDelete
  4. Dipikir2 semua juga gitu ya ri, kalo berlebihan jd mudarat bukan bermanfaat lagi

    ReplyDelete

Mohon jangan berkomentar SPAM, terimakasih.