Friday 26 October 2018

Pesona Lebah Pada Karya Wan Sosa by Lenny Agustine di JFW 2019


Pesona Lebah Pada Karya Wan Sosa by Lenny Agustine di JFW 2019


Selalu menarik bila melihat karya dari Lenny Agustin, Perancang busana yang mempunyai ciri khas dengan warna rambutnya. Di ajang Jakarta Fashion Week (JFW) 2019 ini Lenny Agustin mengangkat lebah yang identik dengan kepulauan Sula yang dikenal dengan hasil madunya yang terbaik.





Tema Wansosa (sebutan Lebah dlm bahasa Sula) dipilih Lenny Agustin karena mengandung filosofi bekerja keras bersama-sama untuk menghasilkan sesuatu yang manis. Seperti kerjasama dengan Pemda Sula yg kini melahirkan 23 perajin Batik yang mulai aktif mengembangkan motif-motif khas Sula.

Sebagai orang awam saya tidak pernah terpikirkan kalau dari seekor lebah bisa menjadi suatu desain busana yang sangat menarik dan unik. Lewat tangan dinginnya Lenny Agustin menciptakan ikon lebah untuk menjadi identitas batik Kabupaten Sula.


Selama 7 bulan Lenny Agustin memberikan pelatihan kepada masyarakat Sula yang ingin membatik. Pesertanya tidak hanya para ibu-ibu atau remaja tapi juga ada para bapak yang berminat boleh bergabung. Disini Lenny Agustin ingin membuktikan bahwa batik tidak hanya identik dibuat oleh orang-orang di pulau Jawa saja tapi di luar Jawa juga bisa.

Komitmen Lenny Agustin yang selalu melibatkan budaya nusantara dalam setiap karyanya, tentunya memberikan keuntungan untuk masyarakat Sula. Dengan kolaborasi ini Kepulauan Sula yang belum memiliki ciri khas batik asli bisa meningkatkan kreatifitas dan ekonomi.




Lebah yang identik dengan madu dan berkembang biak, mampu diterjemahkan oleh Lenny Agustin melalui model busana blus ber-cutting unik , rok bervolume dan asimetris, Oversized Jacket dan juga aksesoris bunga.

Saya pribadi kagum banget melihat hasil karya batik Sula, dengan warna yang dominan gelap seperti hijau, biru, ungu, pink, hitam, oranye yang merupakan gambaran dari lebah bisa memancarkan pesona batik yang unik dan cantik.


Lenny Agustin memang selalu menampilkan karya yang unik, playful, menginspirasi, tapi tetap fashionable saat dikenakan. Selain itu karyanya juga menampilkan kearifan lokal dengan mengolah busana dan kain tradisional yang sudah menjadi konsep rancangannya.

Untuk melihat berbagai karya busana Lenny Agustin, bisa dilihat melalui websitenya di lennyagustin.com atau melalui akun sosial media Instagram di lennyagustin18

9 comments:

  1. Suka banget sama karya baju Lenny Agustin. Kreatif banget di ambil konsepnya dari lebah dan memajukan skill daerah setempat.

    ReplyDelete
  2. Colorfull banget ya mbak ,aku pertama kali lihat koleksinya dan suka.
    Inspirasinya bisa datang dr mana saja, termasuk alam liar.

    ReplyDelete
  3. Klo orang cerdas busa aja ya berkreasi otak kanan jeren bngt menciptakan sesyati yg gk terpikir oleh kita��

    ReplyDelete
  4. Ulalaaa... keren buangeeett ini mah
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  5. Saya baru tahu batik Sula warnanya cantik banget hijau, biru, ungu, pink, hitam, oranye. Gak hanya batiknya hasil desainnya juga saya suka cutting nya unik , rok bervolume dan asimetris, saya mau oversized jacket nya

    ReplyDelete
  6. Unik banget ya designnya bikin penasaran sepertinya bakal seru design yang ceria ini. Jadi kepo dengan karya Lenny Agustin lainnya

    ReplyDelete
  7. Lucu y tapi cakep hasilnya warna warni di padu dengan hitam kreatif dan menghasilkan

    ReplyDelete
  8. Cute cute banget kak. Itu mah keren ih, cute tapi tetep elegan ya. Aku suka deh kaka

    ReplyDelete
  9. Gemes bangett ama desainnya.
    Unik dan beda dari yang lain.
    Jadi pengen make

    ReplyDelete

Mohon jangan berkomentar SPAM, terimakasih.