Thursday 17 September 2015

KABUT ASAP KIAN PEKAT, SISWA DI PONTIANAK MELAKSANAKAN SHALAT ISTISQA





Para siswa melakukan shalat istisqa (dok. pribadi)


Hari ini dampak kabut asap di kota Pontianak, Kalimantan Barat semakin mengkhawatirkan. Jarak pandang di kota Pontianak hanya 20-50 meter. Akibat jarak pandang di jalan raya yang semakin pendek hingga para pengguna kendaraan bermotor harus menyalakan lampu di siang hari. Sekolah-sekolah sudah mulai diliburkan, dapat info dari keponakan saya yang berdomisili di kota Pontianak, hari Rabu kemarin (16/09/2015) disekolah para siswa beserta para guru yang berada dibawah Kementrian Agama melaksanakan sholat istisqa atau shalat meminta hujan secara bersamaan.

Bencana kabut asap di beberapa daerah di Indonesia memang sangat mengganggu aktifitas para warga, terutama yang berdomisili di kepulauan Kalimantan dan Sumatera. Bahkan imbas kabut asap sudah sampai ke negara tetangga yaitu Singapura dan Malaysia. 


Kabut asap di Singapura 
Bencana kabut asap terjadi bertahun-tahun tanpa ada solusi terbaiknya, bencana kabut asap terbesar terjadi pada tahun 1997. Dampak kabut asap menyebabkan pencemaran udara yang sangat berbahaya untuk kesehatan.

Kebakaran hutan terjadi karena adanya aksi pembakaran yang dilakukan untuk membuka lahan baru. Memang kegiatan pembakaran hutan adalah merupakan cara termudah dan cara yang paling murah untuk pembukaan lahan baru, tapi apakah dampak panjangnya ini pernah terpikirkan oleh para pelaku pembakaran hutan ini, semoga pemerintah bisa segera mengatasi situasi buruk ini.

Imbas pembakaran hutan ditambah cuaca yang panas membuat kepekatan kabut asap semakin hari semakin tebal. Upaya pemadaman titik api yang dilakukan masyarakat tidak akan berjalan maksimal karena tidak menjangkau keseluruh lokasi lahan yang terlalu luas, diperlukan teknologi semacam water bombing untuk hasil maksimal untuk memadamkan titik api hingga kesumbernya. Karena yang terbakar kebanyakan adalah lahan gambut yang sangat sulit dipadamkan, kondisi udara yang berkabut asap akan berlangsung lama apabila hujan yang diharapkan tidak segera turun. 

Suasana di daerah Putussibau Kalimantan Barat (dok.pribadi)

Kegiatan di bandara udara Supadio Pontianak juga nyaris lumpuh, karena ketebalan asap yang semakin parah hingga mengganggu penerbangan. Begitu juga para nelayan yang tidak berani melaut karena dampak kabut asap ini sangat membatasi kinerja mereka. Hal ini sangat berdampak buruk pada sektor perekonomian pada wilayah yang terkena dampak kabut asap.


dok.pribadi

Dampak lain dari bencana kabut asap ini juga sudah mulai berjatuhan dengan banyaknya masyarakat setempat, terutama anak-anak yang sangat rentan menderita ISPA (Infeksi Saluran Pernafasan Akut) yang harus segera mendapatkan penanganan medis dirumah sakit terdekat.

Semoga segera ada solusi terbaik untuk mengatasi bencana nasional ini yang selalu terulang. Semoga ditahun depan tidak ada lagi bencana kabut asap menimpa negara kita. Semoga pemerintah bisa memberikan solusi terbaik bagi para pembuka lahan tanpa harus melakukan pembakaran hutan.
 
#SaveHutanIndonesia
#BloggerMuslimah
#SpecialBlogWalking



20 comments:

  1. Semoga permasalahan asap akan segera selesai dan kehidupan disana bisa menghirup udara yang bersih lagi ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. .semoga ya mba titis kasian mereka terutama anak2 yg msh rentan bgt phisiknya.. trimakasih mb titis n mba fathin :)

      Delete
  2. Sedih ya.
    Kasian anak-anak pun jadi korban karenanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia kasian bgt mb angga, smoga bs cpt teratasi ya :)

      Delete
  3. semoga ini asap yg terakhir dan segera ditemukan solusinya ya mba...amiiinnn...

    ReplyDelete
  4. kasihan aku dengan keadaan masyarakat yang terkena asap ini. tapi baru tahu kalau asap nya juga sampai ke negeri tetangga singapura loh. ckckckk.. #indonesia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sampe jg ke malaysia & singapore mba asti, bahkan masyarakat malaysia smpe membuat meme utk sindiran mengenai kabut asap,,tp ada kbr jg yg melakukan pembakaran slh satunya prshaan malaysia wktu itu prnh dbhs wktu pertemuan wakil presiden yusuf kalla dg petinggi malaysia sy lupa siapa, blm tau bnr tdk kbr itu, klo benar psti ada tindakn..smoga cpt selesai mslh kabut asap ini yah :)

      Delete
  5. Ya Rabb.. aku gak kebayang sodara2 kita disana, semoga senantiasa di berikan kesehatan dan perlindungan. Semoga asap tebalnya segera hilang. Amiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin smoga kabut asap segera berlalu ya han, kbr terakhir hr ini kabut msh tebal say..kasian bgt pd susah beraktifitas :(

      Delete
  6. Assalamualaikum mba ria salam kenal dari banjarmasin.. disini jg msh kabut tp msh ga tentu kdg tebel kdg ga ada.. mudah2an segera hilang ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wasalaikumsalam mba ruli slm knl jg yaa dr jkt..semoga segera hujan ya mba ruli biar menghapus kabut asapnya :)

      Delete
  7. Semoga hujan disana segera turun, mematikan pembakaran lahan. Semoga yang melakukan pembakaran juga segera sadar, dan tak ada lagi yang melakukan pembakaran hutan hanya demi keuntungan diri sendiri. Aamiin...

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin teh amy..smoga ya..mksih teh sdh berkunjung :)

      Delete
  8. Semoga asap disana cepat hilang ya.

    Terima kasih sudah ikutan BW

    ReplyDelete
    Replies
    1. trimaksih jg teh lis sdh meninggalkan jejak :D

      Delete
  9. Sedih banget liatnya....kapan ya pemerintah menyelesaikan masalah kabut asap ini...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kita doakan saja mb ika smoga cpt hilang kabut asapnya supaya sodara2 kita disana bs menghirup udara bersih lg ya :)

      Delete
  10. Ada anak kecil yang kena radang paru-paru gegara kabut asap ini, sedih pastinya. Mengapa enggak ditindak tegas saja mereka ini, pemerintah kurang cepat bekerja, jadi gemes

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang bikin gemes ya mba nunggu korban berjatuhn dl baru respon dh :(

      Delete

Mohon jangan berkomentar SPAM, terimakasih.