Monday, 14 January 2019

Menikmati Sajian Kulinari Katering (Aerofood ACS)


Menikmati Sajian Kulinari Katering (Aerofood ACS)


Pernah mendengar istilah ‘cinta bisa datang dari lidah turun ke hati’ ?

Setiap kita menikmati sajian makanan yang enak pasti berkesan dan berusaha akan kembali lagi untuk mencarinya. Sama halnya ketika kita menggunakan fasilitas transportasi yang menyediakan sajian plus berupa makanan, baik sekedar snack ataupun fasilitas makan berat seperti makan pagi, siang atau malam.

Yang membuat saya terkesan adalah sajian kuliner yang tersedia di transportasi udara yaitu maskapai penerbangan. Sebelumnya saya tidak pernah terpikirkan kalau untuk menyediakan makanan di pesawat itu akan banyak prosedur dalam pengolahannya. Maklum selama ini saya sebagai pengguna fasilitas yang taunya hanya tinggal makan saja dan menikmati sajiannya.

Di postingan sebelumnya saya sudah membahas bagaimana perjalanan seru saya bersama rekan food blogger lainnya ketika mengikuti acara ‘Blogger Visit & Kitchen Tour’, untuk kali ini saya akan sharing tentang keseruan menikmati sajian menu katering dari Aerofood ACS saat saya mengikuti acara tersebut.


Test food pertama yang saya nikmati adalah sajian cemilan pada saat morning coffee break dimana tersedia aneka minuman dari teh, kopi dan jus dan juga snack pagi berupa croissant dan kue lumpur kesukaan saya yang merupakan bagian dari snack andalan dari Aerofood ACS yang menyajikan aneka kudapan mulai dari makanan tradisional sampai cemilan internasional.


Croissant (foto:dokumen pribadi)


Kue tradisional favorit saya (foto:dokumen pribadi)

Setelah itu dilanjut dengan sharing tentang perjalanan Aerofood ACS yang disampaikan oleh Bapak Afdal Amir selaku Vice President Corporate Marketing Aerofood ACS, dilanjut dengan sesi foto berbagai sajian menu untuk di maskapai penerbangan. Sesi foto-foto obyek makananan memang hal yang paling mengasyikan bagi food blogger, anglenya bisa diambil dari berbagi sisi hehe..


Bapak Afdal Amir, Vice President Corporate Marketing Aerofood ACS

Sebagai informasi Aerofood ACS tidak hanya melayani kebutuhan catering untuk di pesawat Garuda Indonesia dan Citilink saja loh, tetapi juga untuk dibeberapa maskapai penerbangan internasional yang ke Indonesia. Makanya sajian menunya lengkap mulai dari Asian, Japanese, Eropa dan Chinese. Diolah langsung oleh Chef mancanegara sesuai asal negaranya sehingga keontetikan rasanya masih tetap terjaga. Salah satu Chef mancanegara yang berpengalaman yaitu Chef Shuichi Osawa selaku Executive Sous Chef Japanese Cuisine.


Chef Shuichi Osawa, Executive Sous Chef Japanese Cuisine

Dengan dapur besarnya itu Aerofood ACS dalam sehari bisa loh menyediakan makanan hingga 120 ribu porsi, dengan lebih dari 500 jenis makanan belum termasuk special meal by request. Wow banget yah!

Berikut beberapa menu makanan yang biasa disajikan di Business Class Garuda Indonesia, antara lain:

Menu Business Class Garuda Indonesia (foto:dokumen pribadi)

Menu Business Class Garuda Indonesia (foto:dokumen pribadi)

Menu Business Class Garuda Indonesia (foto:dokumen pribadi)

Saat ini Aerofood ACS telah memiliki 9 unit dapur In-Flight Catering yang tersebar di Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, Lombok, Balikpapan, Medan, dan di Pekanbaru. Selain itu juga Aerofood ACS juga memiliki 4 unit Dapur Satelit yang berlokasi di Daan Mogot, Cikarang, Cilegon dan Jatake.


Menu Business Class Garuda Indonesia (foto:dokumen pribadi)


Menu Business Class Garuda Indonesia (foto:dokumen pribadi)


Menu Business Class Garuda Indonesia (foto:dokumen pribadi)

Berikut beberapa penerbangan internasional yang menggunakan jasa catering Aerofood ACS antara lain Singapore Airlines, Cathay Pacific, Qantas, Japan Airlines, Saudia Airlines, Silk Air, Hongkong Airlines, Korean Air, Jetstar, Emirates, Malaysia Airlines, Dragon Air, Asiana Airlines, Air New Zealand, Vietnam Airlines, Philippine Airlines, China Airlines, Virgin Australia, Royal Brunei, Eva Air, Air Niugini, Air Asia, dan lain-lain.

Selain itu juga ada Domestic Commercial Airlines grup antara lain:
Garuda Indonesia
Citilink
NAM Air

Domestic Reguler Charter HLP Airport antara lain:
Pelita Air
Travira Air
AIRFAST Indonesia.

Domestic Charter Flight HLP Airport antara lain:
Air Culinaire
Premiair
TransNusa
Any Other Unscheduled Flight

Selain itu juga ada special flight seperti pesawat Kepresidenan Republik Indonesia, VVIP & VIP, untuk Haji & Umrah dan juga Private Jet.

PT Aerofood Indonesia, atau yang lebih dikenal dengan Aerofood ACS sebagai commercial brand-nya, merupakan perusahan In-Flight Catering (Jasa Boga Penerbangan) bertaraf internasional dengan pengalaman dalam bisnis ini lebih dari 4 dekade, yang saat ini telah berusia 44 tahun.

Aerofood ACS merupakan bagian dari holding company PT Aerowisata sebagai anak perusahaan dari Flag Carrier Indonesia yaitu PT Garuda Indonesia (Persero), Tbk.

Aerofood ACS hadirkan catering dengan beragam menu makanan dengan kandungan gizi seimbang dengan mengutamakan keamanan pangan sebagai aspek utama industri pangan.

Menu dessert di Business Class Garuda Indonesia (foto:dokumen pribadi)

Menu dessert di Business Class Garuda Indonesia (foto:dokumen pribadi)

Aerofood ACS tidak hanya melayani kebutuhan makanan untuk maskapai penerbangan saja tetapi juga melayani catering untuk Industrial Services seperti perkantoran, rumah sakit, pabrik, sekolah, dan lainnya, bahkan untuk special event.

Contoh klien-klien di Industrial Services saja ada seperti Grup Rumah Sakit Pondok Indah, Mayapada Hospital, perusahaan Oil Mining Gas seperti Pertamina, BP, belum lagi perusahaan manufacture seperti Federal Oil, Blue Scop, Holcim, dan masih banyak lagi lohhh..

Layanan Catering Industrial juga dapat menyediakan menu seperti menu masakan rumahan atau menu-menu lainnya yang dapat disesuaikan untuk special occasion yang tentu saja bisa disesuaikan dengan kebutuhan customer dengan takaran asupan yang tepat dari ahli gizi yang dimiliki.

Perjalanan kitchen tour saya bersama rekan food blogger lainnya sangat menyenangkan bisa menambah wawasan dan juga ilmu dibidang industri kuliner, dan keseruannya sudah saya tuliskan di postingan sebelumnya ya.

Setelah selesai kitchen tour kita makan siang bersama dengan menu spesial catering Aerofood ACS donk yang pastinya endess banget.

Untuk infomasi lebih detil seperti apa, coba lihat di sosial media dan website Aerofood ACS.
Website: www.aerowisatafood.com
LinkedIn: www.linkedin.com/company/aerofoodacsindo
Instagram: @aerofoodacsindo
Facebook: @aerofoodacsindo 




49 comments:

  1. Tampilannya menggugah selera dan pastinya soal rasa juga jempolan ya, Mba.... Lha yang ekonomi aja menurutku udah enaak, hehehe. Pastinya kepuasan pelanggan jadi yang utama.

    ReplyDelete
  2. Menu menunya mantab, ada kue tradisional, lontong sate juga. Jadi laper lagi padahal barusan makan.

    ReplyDelete
  3. wah banyak juga ya mbak maskapai yg pake catering ini. hmmmm pasti enak deh kalau pelanggannya banyak dan yg terkenal-terkenal gitu. Dan makanannya kesukaanku semuaaaaaa

    ReplyDelete
  4. Aku pikir untuk maskapai penerbangan saja, ternyata untuk umum juga ya. Kebayang deh menunya enak-enak dan lengkap.

    ReplyDelete
  5. Kita jadi tambah ilmu dan mengetahui bahwa sajian kuliner catering akan membantu kita dalam urusan perut.

    Biarpun penerbangan sebentar dan tekan udara mempengaruhi selera makan maka kalau lihat penampakan makanan yang cantik pastinya lapar juga

    ReplyDelete
  6. Makanannya enak2 ini, mantul lah :)

    ReplyDelete
  7. masih penasaran apa betul ya klo makanan disajikan di darat nanti beda rasa saat dinikmati di pesawat saat mengudara.

    ReplyDelete
  8. Wah baru tahu tenang aero food ini.. Terima kasih infonya..

    ReplyDelete
  9. Gilak. Lihat gambarnya aja dh ngiler gtu. Pntas naik garuda mahal. Mkannnya enak sih

    ReplyDelete
  10. Pantasan ya makanan di Garuda enak-enak rasanya. Disiapkan secara detail begini dan diawasi ketat. Jaminan mutu mereka juga pasti ketat.

    ReplyDelete
  11. Aish menu makanannya menggoda, terbang tetap nyaman ya, kualitas gizinya terpenuhi

    ReplyDelete
  12. Ada harga ada kualitas ya mb, gak heran harga tiket garuda lebih mahal dari yg lain, makanannya aja yummy gitu

    ReplyDelete
  13. Kayaknya enak deh, ngiler

    ReplyDelete
  14. Kalau Garuda sih ngak perlu dipertanyakan kualitas makanannya. Sudah pasti eunaaak tenan

    ReplyDelete
  15. Bangganya liat makanan Indonesia tersaji cantik gini ya. Next mau yang business class akh, Aamiin hahaha

    ReplyDelete
  16. Whoaaa,,, ternyata Aerofood ACS ini menyediakan jasa di mana-mana, bahkan sampe airlines mancanegara juga. Keren!
    Pasti kualitasnya oke banget nih. Jadi ikutan bangga lho aku, ada produk Indonesia oke punya begini.

    ReplyDelete
  17. Hampir semua maskapai internasional pakai jasa Aerofood ACS ya.
    Emang makanannya super duper yummyyyyyy!
    Kindly visit my blog: bukanbocahbiasa(dot)com

    ReplyDelete
  18. Aku baru tahu kalo ACS bukan cuma melayani garuda. So far memang enak-enak sih rasanya meski light, mgkin mengikuti selera bule kali ya.

    ReplyDelete
  19. Iiihhh...menggoda lidah nih. Jadi pengen.. hehehehe

    ReplyDelete
  20. Kalau Garuda udah nggak diragukan lagi ya mba menunya pasti enak-enak bikin ngiler. Beruntungnya mba bisa tahu dan lihat proses Aerofood ACS ini :)

    ReplyDelete
  21. Waah sehari bisa masak 120 ribu porsi? Banyak banget. Pasti crew di dapur Aerofood ACS ini sibuk sekali ya Mbak. Btw menu business classnya menggoda juga ya

    ReplyDelete
  22. Nom nom nom nom. So yumm ya mendadak saya jadi ngiler ngelihat menu-menu yang disajikan oleh pihak catering Aerofood ACS nih. Sekelas business class tetap menghidangkan kuliner lokal pilihan ya? Benar-benar bercitarasa nusantara.

    ReplyDelete
  23. Aahhh seru banget mba pengalamannya. Bisa mencicipi kukiner ala pesawat di darat. Waktu naik citilink sempat penasaran dulu soalnya makan siangnya enak. Ternyata dari chef di ACS ya.

    ReplyDelete
  24. kesempatan yang langka ini mba, bisa masuk ke dapur katering pesawat dan mencoba makananan yang disajikan dan mencicipi makanan yang biasa disajikan di kelas bisnis

    ReplyDelete
  25. Sempat mikir kalau makanan di pesawat itu ya dimasak di pesawat heheheh....

    ReplyDelete
  26. Beruntung banget nih kak Ria bisa masuk sini, karena jarang2 ACS mau buka-bukaan kaya gini. Dulu kami mau PKL aja susah izinnya. Makasih yaa sharingnya 🙂👍

    ReplyDelete
  27. Duuhhh...kalau naik pesawat, makanannya model begini, bener2 jaga mata biar ga ketiduran deh

    ReplyDelete
  28. Sedetail gitu ya mba cara penyajiannya pantes enak bnget klo Naik pesawat,, aku juga salah satu pnggemar kulinerna menu pesawat nih baru bbrp kali sih

    ReplyDelete
  29. Tampilannya cakep tampak lezat lezat tambah nyaman deh kalau sedang dalam perjalanan naik pesawat

    ReplyDelete
  30. Enak banget kalo menu lezat begini kalo naik pesawat aq kemaren kejepang aja biasa apa karena naik pesawat biasa yah hahaha. Ini mah enak banget

    ReplyDelete
  31. Makanan Garuda memang enak-enak. Mantap pokoknya

    ReplyDelete
  32. Nampak enak semua uy menunya. Padahal biasanya pilihannya kalo ga chicken, fish, beef. Chefnya harus kreatif yah...Supaya konsumen engga bosen

    ReplyDelete
  33. Dari dulu tertarik banget dengan dunia penerbangan. Baca artikel ini jadi nambah wawasan lagi. Thanks for sharing yaa Mbaa

    ReplyDelete
  34. Duh beruntungnya bisa ke Aerofood. Melihat langsung ke dapurnya.Tampilannya aja udah bikin ngiler, rasanya pasti juara.

    ReplyDelete
  35. Catering di beberapa maskapai, keren juga ya. Kebayang berapa banyak masakan yang harus dibuat setiap harinya. Bisnis yang menggiurkan dan keren.

    ReplyDelete
  36. ngeliatnya aja ngiler mba, apalagi makanan yg business class ya

    ReplyDelete
  37. Selama ini kukira Aerofood ACS itu katering buat penerbangan saja, ternyata dia terima buat perusahaan lain juga toh.
    Sajian makanannya Aerofood memang salah satu yang menurut saya enak tuh meski di ketinggian. Soalnya kan menurut penelitian, saat kita berada di ketinggian, indra pengecap kita akan sedikit kehilangan rasa, jadi makanan akan sering terasa hambar kalau di pesawat.
    Tapi makanan dari aerofood tetap enak aja ya.
    apa mereka makanannya memang sengaja dilebihin bumbunya ya buat yang penerbangan?

    ReplyDelete
  38. MasyaAllah mba Ria, makanannya semuanya enak banget yakin hehehe
    betah ini nggak mau turun dari pesaawat kalo dimanjakan dengan masakan seenak ini. Lontongnya aduh, sego kuningnya dan semuayang ditawarkan Aerofood sungguh menggoda.

    ReplyDelete
  39. Waw dari penyajiannya aja udh catchy bgt ya mba
    Pasti rasanya juga enak :D

    ReplyDelete
  40. Sebagai pengguna garuda, dah hafal bgt nih cita rasa masakan dan menunya mereka.
    Masih ttp kental selera nusantaranya meskipun di jalur internasional

    ReplyDelete
  41. Dan...aku salfok dengan menu dari ACS ini. Endeees bangets memang.
    Dan baru dari artikel ini kalau ternyata layanannya tidak hanya untuk penerbangan Garuda saja. Tapi juga di maskapai lainnya pun layanan catering di sektor industri ternama.
    Pantas saja ya kan berkualitas.
    Dan, itu salah satunya yang membuat banyak orang Indonesia tetap memilih maskapai Garuda meski dalam penerbangan tute internasional lantaran makanan olahan chef Aeorofood ACS ini pas dengan lidah Nusantara.

    ReplyDelete
  42. Jadi kangen deh makanan dan minuman di Aerofood ini, terutama Jus Kacang Ijonya, haha... Ini minuman kok enak banget ya. Sate lilit dan Soto ayamnya juga juara banget.

    ReplyDelete
  43. Enak2 semua y mba,,jadi kepingin Cobain dslah satu menunya mba moga Ada rezeki ya bisa kesana

    ReplyDelete
  44. Jadi kangen naik kelas bisnis Garuda hahaha nom nom!

    ReplyDelete
  45. Mbak, itu masaknya apakah di dalam pesawat atau sudah matang dan siap dihidangkan? Hihi..maklum nih belum pernah naik pesawat. Ngelihat makanannya jadi ngiler, kebayang enak dan nikmatnya.

    ReplyDelete
  46. Baca ini jadi laper. Kadang pengen pesan makanan di atas pesawat, cuma masih ragu-ragu. Takut mahal atau kurang enak, hehe.. Tapi sensasinya pasti beda ya, makan di udara. Rasanya gimana gitu. Besok-besok mau nyoba beli makanan di pesawat aahh..

    ReplyDelete
  47. lihat gambarnya jadi lapar. padahal habis makan. menunya banyak banget ya...kapan ya bisa naik garuda..

    ReplyDelete
  48. Nyaaamm enak kyknya menu2nya. Jd kangen nih makan di atas pesawat. Ternyata selain punya klien maskapai mereka jg punya klien industrial ya mbak?

    ReplyDelete
  49. Saya baru tahu kalau aerofood ternyata melayani pesanan untuk rumah sakit juga.


    Makanan ini memang penting. Salah satu alasan saya suka naik Garuda ya karwna makanannya memang enak. Kalau mau dibandingkan dengan makanan dari penerbangan domestik sebelah ya jauh bangettt

    ReplyDelete

Mohon jangan berkomentar SPAM, terimakasih.