Friday 24 March 2023

Kini Sirop Obat Aman Untuk Anak, Gunakan Sesuai Aturan Pakai

 

Sirop Obat Aman Untuk Anak

Kesehatan menjadi hal yang sangat penting buat saya, apalagi semenjak mengalami sendiri kondisi harus kehilangan kepala keluarga karena imbas pandemi Covid-19. Kalau melihat keluarga sakit terutama anak-anak membuat semua pikiran hilang fokus, terkadang berpikir mending saya yang sakit deh daripada anak-anak.

Paska kasus pandemi, kembali kita dikejutkan dengan masalah besar ketika kasus Gagal Ginjal Akut Pada Anak (GGAPA) muncul. Ini menjadi pertama kalinya dalam sejarah di Indonesia, terjadi lonjakan penderita secara masal selama periode Januari 2022 hingga Oktober 2022.


Kasus GGAPA yang disebabkan oleh tercemarnya sirop obat diumumkan pada Oktober 2022 lalu, seluruh instansi dan organisasi terkait telah melakukan investigasi dan evaluasi ulang secara menyeluruh dan menyimpulkan bahwa satu-satunya penyebab kasus GGAPA yang terjadi adalah karena adanya cemaran bahan pelarut Propilen Glikol (PG) atau Propilen Etilen Glikol (PEG) yang diganti dengan Etilen Glikol (EG) atau Dietilen Glikol (DEG) oleh satu oknum perusahaan supplier kimia.

 

Kasus ini tentu saja meresahkan para orang tua di seluruh Indonesia, terutama para ibu. Kita sebagai orang tua menjadi resah, bingung dalam memberikan obat ketika anak sakit, karena pemberian obat sirop menjadi hal yang menakutkan, di usia balita agak sulit dalam pemberian obat puyer atau tablet. Bahkan Per-tanggal 18 Oktober 2022, kasus GGAPA sudah ada sebanyak 189 kasus telah dilaporkan, paling banyak didominasi anak usia 1-5 tahun.

 

 

Dialog Interaktif Kesehatan - Sirop Obat Aman Untuk Anak

 

Alhamdulillah pada Selasa lalu (21/03/2023) saya berkesempatan hadir pada acara Dialog Interaktif yang diadakan oleh Gabungan Perusahaan Farmasi Indonesia atau GPFI yang mengangkat tema menarik yaitu ‘Sirop Obat Aman Untuk Anak’ yang diadakan di hotel Royal Kuningan – Jakarta. Turut hadir beberapa narasumber yang berkompeten di bidangnya yang siap memberikan informasi terkini yang terkait dengan Sirop Obat yang Aman untuk Anak.

 

Sirop Obat Aman Untuk Anak

Gabungan Perusahaan Farmasi Indonesia (GPFI) sangat mengapresiasi langkah pemerintah dalam menangani isu Gagal Ginjal Akut pada Anak. Alhamdulillah dalam acara ini saya mendapatkan pencerahan atas masalah yang selama ini jadi pertanyaan besar para ibu.  

 

Sirop Obat Aman Untuk Anak
Elfiano Rizaldi – Direktur Eksejutif GP Farmasi Indonesia



Peran Pemerintah dalam Kasus Gagal Ginjal Akut Pada Anak (GGAPA)

 

Kasus kematian kasus GGAPA menanjak sejak Agustus 2022, lalu pada 18 Oktober 2022 Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyatakan, EG dan DEG sebagai penyebab kasus gagal ginjal akut misterius yang terjadi pada ratusan anak di Indonesia.

 

Pada 18 Oktober 2022 Kemenkes mengeluarkan surat edaran untuk stop penghentian sementara penggunaan obat sirop yang mengandung cemaran etilen glikol (EG) yang melebihi ambang batas aman, pada pelayanan kesehatan, PSEF dan toko obat, agar tidak ada lagi korban-korban berikutnya.

 

Sirop Obat Aman Untuk Anak
Dr. Dra. Agusdini Banun Saptaningsih, Apt., M.A.R.S.,

Dr. Dra. Agusdini Banun Saptaningsih, Apt., M.A.R.S., (Direktur Produksi Dan Distribusi Kefarmasian, Direktorat Jenderal Kefarmasian Dan Alat Kesehatan, Kementerian Kesehatan RI), mengatakan, sirop obat yang sudah diverifikasi ulang dan dirilis oleh BPOM adalah sirop obat yang aman. Sehingga masyarakat bisa kembali menggunakan sirop obat dengan mengikuti anjuran pakai.

 

 

Tindakan BPOM Terkait Sirop Obat yang Aman

 

Pelaku pencemaran obat sudah ditemukan dan ditangkap, BPOM secara perlahan melakukan rilis sejak November dan Desember 2022 hingga rilis terakhir di februari 2023. Ada sekitar 616 produk obat dan vitamin atau sekitar 50%, yang sudah dirilis dan sudah dinyatakan aman. Gunakan obat yang sudah dirilis dan dinyatakan aman sesuai anjuran.

 

Sirop Obat Aman Untuk Anak
Dra. Tri Asti Isnariani, Apt, M.Pharm

Dra. Tri Asti Isnariani, Apt, M.Pharm (Direktur Standardisasi Obat, Narkotika, Psikotropika, Prekursor & Zat Adiktif (ONPPZA) dan Plt. Direktur Registrasi Obat, Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia) menjelaskan,  bahwa dalam penanganan kasus cemaran EG/DEG yang ditemukan dalam sirop obat sejak Oktober 2022, BPOM telah melakukan langkah-langkah antisipatif, seperti intensifikasi surveilans mutu produk, penelurusan dan pemeriksaan terhadap sarana produksi dan distribusi, hingga pemberian sanksi administratif, termasuk melakukan verifikasi pemastian mutu terhadap sirop obat yang beredar. Upaya-upaya penindakan juga terus dilakukan terhadap sarana produksi dan distribusi jika terdapat unsur pidana bidang kesehatan.

 

Kini daftar obat yang aman bisa di lihat di website, sosial media BPOM atau melalui kanal publikasi BPOM lainnya. Masyarakat, pasien, fasilitas kesehatan dan dokter diminta untuk tidak lagi khawatir dan ragu, ujar Dra. Tri Asti Isnariani, Apt, M.Pharm.

 

BPOM merilis daftar obat yang dinyatakan aman dengan penuh kehati-hatian sehingga perlu waktu untuk mengupdate informasinya.

 

Sirop Obat Aman Untuk Anak
dr. Piprim Basarah Yanuarso, Sp.A(K)

Turut hadir juga dr. Piprim Basarah Yanuarso, Sp.A(K) (Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Dokter Anak Indonesia) menyampaikan hal yang hampir sama, GGAPA sebenarnya sudah ada sejak lama, sehingga perlu investigasi mengenai penyebab GGAPA jika kasus yang terjadi hanya individual. Fakta sudah berbicara bahwa hasil verifikasi ulang produk sirop obat oleh BPOM per November 2022 lalu sudah aman, sehingga produk sirop obat yang sudah dirilis kembali oleh BPOM, bisa diresepkan kembali oleh dokter dan bisa dikonsumsi masyarakat dengan tenang selama mengikuti aturan pakai.

 

Sirop Obat Aman Untuk Anak
apt. Noffrendi Roestram, S.Si

apt. Noffrendi Roestram, S.Si selaku Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Apoteker Indonesia mengemukakan, pengalaman apoteker dalam menerima keluhan masyarakat yang kesulitan mendapatkan akses sirop obat yang belum boleh beredar dan panjangnya proses mendapatkan obat puyer, selama periode penarikan sementara sirop obat tahun lalu. Namun dengan tidak adanya lagi kasus GGAPA masal sejak dirilisnya produk sirop obat oleh BPOM bulan Desember tahun lalu membuktikan keamanan produk tersebut. Dengan demikian pasien dan orangtua tidak perlu lagi khawatir dan dianjurkan untuk membeli sirop obat di apotek resmi, baik yang berdasarkan resep dokter ataupun untuk pembelian obat bebas.

 

Sirop Obat Aman Untuk Anak
Prof. apt. I Ketut Adnyana, Msi., Ph.D

Tanggapan dari sisi akademis dalam kaitannya dengan GGAPA, Prof. apt. I Ketut Adnyana, Msi., Ph.D selaku Guru Besar farmakologi – Farmasi Klinis, Institut Teknologi Bandung, menjelaskan bahwa kasus GGAPA pada tahun lalu terjadi karena adanya intoksikasi obat yang tercemar oleh EG/DEG yang melebihi ambang batas sehingga berdampak masal. Namun perlu diketahui bahwa GGAPA bisa disebabkan oleh berbagai faktor lainnya (multifactorial) seperti status kesehatan pasien (riwayat penyakit), alergi terhadap suatu bahan tertentu, infeksi (termasuk Covid-19), status nutrisi (dehidrasi), obat, makanan, logam berat, toksikan (EG/DEG dari berbagai sumber), dan lain sebagainya.

 

Sirop Obat Aman Untuk Anak
Mona Ratuliu

Mona Ratuliu yang mewakili Moms Influencer bertanya pada perwakilan BPOM, bagaimana jika kita sudah terlanjur stok obat dirumah. Berikut tipsnya moms ketika kita sudah terlanjur stok obat sirop anak di rumah:

  • Pastikan obat yang kita stok yang sudah dirilis oleh BPOM sehingga boleh dikonsumsi.
  • Cek stok obat, jika termasuk obat yang dilarang bisa segera di buang.
  • Cara membuang obat juga harus hati-hati jangan sampai disalahgunakan oleh orang lain dan jangan sampai merusak lingkungan.
  • Jika stok obat kita belum termasuk yang dirilis, ada baiknya disimpan dengan identitas sendiri dengan ditandai.

 

Sirop Obat Aman Untuk Anak

Sirop Obat Aman Untuk Anak


Tirto Kusnadi selaku Ketua Umum GP Farmasi menutup acara dengan memberikan kesimpulan: 

  1. Ada 2 faktor penyebab GGAPA. Yang pertama adalah GGAPA individu yang terjadi karena faktor medis individu tersebut dan yang kedua adalah gagal ginjal anak masal yang ditandai dengan terjadinya sejumlah besar kasus secara bersamaan, yang disebabkan karena terjadinya pencemaran.
  2. Dengan sudah dinyatakannya oleh otoritas kesehatan yang berwenang bahwa sirop obat yang sudah melalui verifikasi ulang dan sudah dirilis oleh BPOM adalah sirop obat yang aman, maka Dokter Spesialis Anak tidak perlu ragu lagi untuk meresepkan sirop obat kepada pasien dan masyarakat juga bisa kembali menggunakan sirop obat dengan mengikuti aturan pakai.
  3. Tirto Kusnadi kembali mengingatkan kepada anggotanya agar tetap disiplin dalam menerapkan Cara Pembuatan Obat yang Benar (CPOB) dan Cara Distribusi Obat yang Benar (CDOB).

 


Semoga kedepannya tidak ada lagi ya kasus seperti ini, semoga para konsumen khususnya para ibu Indonesia sudah bisa lebih tenang mendapatkan informasi sirop obat yang aman untuk anak. 

Pastikan cek berkala ya moms obat yang akan diberikan untuk anak, bisa bertanya pada dokter atau cek langsung di website https://www.pom.go.id/new/view/direct/sirup_obat_aman atau sosial media BPOM.



8 comments:

  1. Alhamdulillah banget badai udah berlalu ya mba Riiii. Setelah kemarin kebingungan minumin obat puyer dan tablet ke anak. Alhamdulillah sekarang dah bisa balik ke sirop obat yaaaa maaak

    ReplyDelete
  2. Semoga ke depannya makin banyak sirop obat yang aman untuk anak dan kita semua. Tidak ada lagi kasus gagal ginjal pada anak yang bikin prihatin. Legaa jadinya nih gak khawatir lagi

    ReplyDelete
  3. Alhamdulillah jadi gak terlalu khawatir lagi kalo lagi butuh obat sirop, apalagi anak-anakku agak susah minum puyer atau tablet

    ReplyDelete
  4. Alhamdulillah sirop obat sudah aman ya Mba..jadi tenang para emak nih saat anak sakit minum sirop obat sesuai aturan pakai. Dan bener nih cek berkala obat yang akan diberikan untuk anak..kadang terlupa tuh.

    ReplyDelete
  5. Alhamdulilah, sudah kelimpungan cari obat alternatif buat anak yang sakit batuk pilek soalnya . Infonya sangat melegakan hati semua orang tua di Indonesia

    ReplyDelete
  6. Waktu dibilang sirup obat bahaya untuk anak aku langsung buang, Alhamdulillah kalau sekarang sudah aman kembali lega rasanya

    ReplyDelete
  7. Bagus banget ini yaa, dengan adanya list obat sirop aman dari bpom. Kita tidak perlu khawatir lagi pastinya. Asal dipakai sesuai dengan aturan pakai.

    ReplyDelete
  8. akhirnya obat sirup sudah aman untuk dikonsumsi ya :D

    ReplyDelete

Mohon jangan berkomentar SPAM, terimakasih.