Tuesday 14 February 2023

Mengenal Lebih Dekat Kuliner Gorontalo di Peluncuran Buku Sambal Roa

 

buku sambal roa



Makan tanpa sambal buat saya seperti ada yang kurang, karena apapun lauknya jika ditemani sambal rasanya lebih menguggah selera, tanpa terasa stok nasi pun menipis karena sambal dengan sensasi rasa pedasnya mampu membangkitkan selera makan.

 

Sambal merupakan bagian dari budaya kuliner Nusantara. Indonesia yang terdiri dari berbagai pulau mempunyai varian sambal yang berbeda pada setiap daerah. Saya yang dibesarkan di keluarga Jawa sejak kecil lebih banyak mengenal olahan sambal tangan ibu saya antara lain ada sambal terasi, sambal tomat dan sambal bawang. Beranjak dewasa mulai lebih banyak mengenal varian rasa sambal dari berbagai wisata kuliner yang saya temui, salah satunya sambal roa.

 

Pertama kali mengenal sambal roa ketika saya makan di restoran Manado, sejak itu kalau mendengar atau melihat sambal roa saya teringat kota Manado. Tapi perkiraan saya salah ketika hadir di peluncuran buku kecil Sambal Roa. Ragam, Resep dan Rupiah, ternyata sambal roa ada juga di Gorontalo dan Maluku dengan nama yang berbeda.

 

 

Launching buku kecil dengan judul Sambal Roa. Ragam, Resep dan Rupiah

 

Omar Niode Foundation, sebuah organisasi nirlaba yang bergerak dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia, citra budaya, dan kuliner Nusantara, khususnya Gorontalo, menyelenggarakan acara Icip-icip Kuliner Gorontalo dan Peluncuran Buku Berjudul “Sambal Roa. Ragam, Reep dan Rupiah,” pada Minggu (12/02/2023) lalu bertempat di restoran Nusa Indonesian Gastronomy.

 

buku sambal roa
Para Narasumber


Turut hadir beberapa narasumber, antara lain Ade Putri Paramadita (Cullinary Storyteller), Lidia Tanod ( Moderator Komunitas Jalansutra), Tantry Soetjipto (Komisaris Utama Independen PT Bank Panin Dubai Syariah Tbk) dan juga ambu Maria G. Soemitro (rekan Blogger Senior). Acara di pandu oleh ibu Amanda Katili (Ketua Omar Niode Foundation).

Saya hadir di acara ini bersama teman-teman blogger dari Komunitas Food Blogger Indonesia, yang beberapa di antaranya merupakan kontributor buku Sambal Roa. 

 

buku sambal roa
Para Kontributor Buku Sambal Roa


Diterbitkannya buku "Sambal Roa, Ragam, Resep dan Rupiah" ini berawal dari acara yang diadakan di IG Live @omarniode tentang sambal roa. Buku sambal roa memiliki 100 halaman, selain mengupas tentang asal-usul sambal roa hingga proses pembuatannya, ada juga info resep sambal roa dari berbagai sumber, hingga kiat tentang bisnis sambal roa yang menguntungkan.


buku sambal roa
ikan roa

buku sambal roa
pisang goroho didatangkan langsung dari Gorontalo


Sambal Roa adalah sambal dengan bahan dasar ikan roa asap. Ikan roa yang juga dikenal sebagai julung-julung dengan nama Latin Hemirhamphus sp. ini banyak ditemui di perairan laut Utara Pulau Sulawesi sampai dengan Kepulauan Maluku.  Sambal roa digemari di berbagai daerah di Indonesia karena rasa gurih yang khas dengan aroma asap, sehingga menambah nafsu makan. Di Manado di sebut Sambal Roa, sedangkan di Gorontalo namanya Sambal Sagela, dan di Maluku istilahya adalah Sambal Galafea, meskipun semuanya terbuat dari jenis  ikan yang sama.

 

buku sambal roa
sambal roa


Ternyata membuat sambal roa tidak serumit yang saya bayangkan, bahannya sangat simple yaitu ikan roa asap, cabai, bawang merah dan garam saja. Tingkat kepedasan bisa disesuaikan dengan selera masing-masing, jika menginginkan tingkat level pedas tinggi bisa ditambahkan cabai rawit. Dan penggunaan ikan roa bisa disuwir atau ditumbuk sesuai selera. Jika ingin tekstur yang halus bisa menggunakan food processor. Next saya mau coba bikin sambal roa versi saya, tinggal pilih recook dari beberapa resep yang ada di buku sambal roa.

 

Buku "Sambal Roa - Ragam, Resep, dan Rupiah" bisa di order melalui Penerbit Diomedia dengan akun instagramnya @penerbitdiomedia atau bisa juga melalui WA di no. 0856-4376-2005. Harga bukunya dibanderol sekitar Rp75.000,00 (belum termasuk ongkos kirim).

 

 

Icip-icip Kuliner Khas Gorontalo

 

Kuliner Gorontalo belum terlalu familiar buat saya pribadi, dan mungkin juga untuk masyarakat umum juga. Beda dengan kuliner Manado dan Padang. Mungkin ini yang menjadi ide cemerlang ibu Amanda Katili untuk menerbitkan buku "Sambal Roa - Ragam, Resep, dan Rupiah” agar kuliner Gorontalo lebih banyak dikenal masyarakat.

 

buku sambal roa
tumpeng Gorontalo

buku sambal roa
kue cara isi

buku sambal roa
kue tobu'u atau kue perahu


Acara icip-icip kuliner Gorontalo yang mengenyangkan ini menampilkan Tumpeng Gorontalo dengan nasi kuning Gorontalo, ayam iloni, sate balanga, ihu tilinanga, acar, dan sambal sagela (roa) serta kudapan cara isi, dan kue tobu’u atau kue perahu, ini favorit saya hehe. Kumpulan Resep Rasa Gorontalo dapat dilihat di blog www.omarniode.org/blogreads-327.php

 

buku sambal roa
sajian Chef Ragil Imam Wibowo


Selain itu Chef Ragil Imam Wibowo sebagai pemilik Nusa Indonesian Gastronomy juga menyajikan cita rasa sambal roa dengan padanan singkong goreng, panada, pisang goreng, lalampa, dan pizza roa. Omar Niode Foundation juga mendatangkan pisang goroho dari Gorontalo yang biasa dinikmati dengan sambal roa.

 

buku sambal roa
sajian Chef Ragil Imam Wibowo


Keunikan sambal roa ini tidak hanya bisa sebagai teman makan nasi saja, tapi juga bisa sebagai pelengkap berbagai camilan. Untuk pertama kali coba mungkin terasa aneh tapi semakin diresapi enak loh, saya sukak, kalian yang belum pernah merasakan keunikan sambal roa wajib coba yaa!

 

buku sambal roa
Blogger dari KomunitasFood Blogger Indonesia


Rasa smoky dari ikan roa yang diasap kering menjadi ciri khas sambal roa. Selain dibikin sambal, ikan roa juga bisa diolah menjadi menu makanan lain. Info dari Chef Ragil, ikan roa asap cocok dengan kuliner yang memiliki rasa asam atau bersantan. Rasa yang unik dari ikan roa akan menambah kaya rasa saat menikmatinya.

 

Hmm makin penasarankan saya, mumpung punya stok ikan roa asap nanti saya mau olah makanan spesial yang bersantan, duh jadi gak sabar pengen mengolahnya.

No comments:

Post a Comment

Mohon jangan berkomentar SPAM, terimakasih.