Friday 1 April 2022

BPJS Kesehatan Terus Berinovasi Untuk Mempermudah Pelayanan Bagi Peserta Melalui Online

 



Sehat menjadi nilai penting dalam kehidupan kita, dengan diberikan kesehatan kita bisa bebas melakukan berbagai aktivitas sehari-hari. Tapi namanya sakit datang tidak pernah di undang ya, jadi penting banget kita menjaga kesehatan.

 

Biaya rumah sakit mahal sudah bukan rahasia umum lagi, makanya pemerintah menggalakkan masyarakat untuk mengikuti program BPJS. Saya awal mengenal BPJS saat masih menggunakan nama JAMSOSTEK. Dan alhamdulillah penggunaannya mudah karena saya semua tercover dari perusahaan tempat dulu saya bekerja.

 

Saya mulai mengalami sedikit kesulitan ketika awal menggunakan pelayanan BPJS. Waktu itu saya pernah mengalamisakit yang cukup serius dan cukup sering harus berobat ke rumah sakit. Lima tahun yang lalu saya pernah sih mengalami kesulitan ketika mengajukan surat rujukan untuk berobat ke rumah sakit, dokter faskes puskesmas tempat wilayah saya tidak mengijinkan saya untuk mendapatkan surat rujukan karena mereka berasumsi penyakit saya bisa diatasi melalui puskesmas setempat, sedangkan saya yang mengalami dan sebagai pasien yang merasakan sakitnya sudah merasakan kalau saya memang harus butuh penanganan langsung. Singkat cerita saya akhirnya berobat dengan dana sendiri demi untuk mendapatkan pelayanan yang lebih tepat.

 

Tapi itu hanya sekelumit pengalaman awal saya menggunakan BPJS. Semakin kesininya sudah mengalami kemajuan dan semakin baik. Alhamdulillah kemarin saya mendapatkan pencerahan tentang inovasi terbaru BPJS kesehatan yang semakin mempermudah pesertanya, ketika mengikuti kegiatan Ngopi Bareng dengan tema Inovasi BPJS Kesehatan Bagi Kemudahan Layanan Peserta, dengan menghadirkan Irfan Humaidi, Deputi Direksi Bidang Pelayanan Peserta.

 


Layanan JKN-KIS ada 2 macam, yaitu Layanan Tatap Muka dan Layanan Tanpa Tatap Muka.

Layanan Tatap Muka itu, antara lain :

  • Kantor cabang – kantor kab/kota
  • Mobile customer service
  • Mal pelayanan publik
  • PIPP Faskes (FKRTL & FKTP)

 

Sedangkan layanan tanpa tatap muka, antara lain:

  • Mobile JKN
  • Lapor!
  • Chatbot Interaktif (CHIKA) 08118750400
  • Pandawa 08118165165
  • Website
  • Care Center 165
  • Media Sosial BPJS Kesehatan.

 

 

Inovasi Pelayanan BPJS Kesehatan Secara Online

 

Masa pandemi mempersulit kita untuk beraktivitas di luar rumah, alhamdulillah BPJS Kesehatan mempermudah segala urusan terkait penggunaan kepersertaan. Untuk mengetahui informasi mengenai layanan BPJS Kesehatan bisa melalui Kantor Cabang, mobile JKN, website, Care Center 165, dan juga sosial media BPJS Kesehatan.

 


Untuk kalian yang belum mendaftar BPJS Kesehatan, bisa melalui aplikasi mobile JKN. Setelah melakukan pendaftaran, kita akan menerima tagihan iuran pertama dan membayarnya, setelah itu kita akan mendapatkan identitas peserta. Pendaftaran selain melalui mobile JKN, bisa juga melalui Care Center 165, layanan PANDAWA, Mobile customer service, atau kantor cabang. Sedangkan untuk pembayaran iuran pertama PBPU bisa dilakukan melalui bank (autodebet / non autodebet), PPOB maupun e-wallet.

 

Jika masih bingung untuk mengetahui apa aja nih hak dan kewajiban kita sebagai peserta, kita bisa cari infonya melalui kantor cabang, mobile JKN, website, Care Center 165, dan sosial media. Setelah itu kita akan bisa menggunakan manfaat pelayanan kesehatan di FKTP ( Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama) atau FKRTL (Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan ), serta dukungan dari petugas PPIP (Petugas Pemberi Informasi Dan Penanganan Pengaduan) untuk layanan informasi.

 


Kemudahan Layanan Administrasi Kepesertaan Melalui Mobile


Beberapa contoh terobosan dan inovasi baru dari BPJS Kesehatan dalam rangka meningkatkan mutu layanan kepada peserta adalah melalui berbagai kanal layanan pendaftaran, pemberian informasi, perubahan data dan pengaduan seperti Mobile JKN, CHIKA (layanan interaktif di 08118750400), VIKA, Pandawa di 08118165165 dan Care Center 165.

 

Untuk layanan PANDAWA yaitu pelayanan melalui media Whatsapp, peserta bisa mendapatkan layanan administrasi kepesertaan di no 08118165165 yang beroperasi dari Senin-Jumat mulai pukul 08.00- 15.00.

 

Layanan Pelayanan Administrasi Melalui WhatsApp (PANDAWA), antara lain:

  • Pendaftaran Baru
  • Penambahan Anggota Keluarga
  • Pindah Jenis Kepesertaan Pekerja Penerima Upah (PPU) Non Aktif menjadi PBPU
  • Pengaktifan Kembali Kartu
  • Perubahan/Perbaikan Data
  • Perubahan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP)
  • Pengurangan Anggota Keluarga
  • Perubahan Kelas Rawat Bagi Peserta Yang Belum Membayar Iuran Pertama.

 

Layanan CARE CENTER 165 adalah pengganti nomor pusat pelayanan yang lama yakni 1500400. Layanan CARE CENTER 165 dapat diakses selama 24 jam.


Melalui BPJS Kesehatan Care Center 165, diharapkan akan memudahkan peserta mendapatkan informasi terkait Program JKN-KIS. Adapun sejumlah fitur yang dapat diakses masyarakat melalui BPJS Kesehatan Care Center antara lain permintaan informasi dan pengaduan, layanan administrasi perubahan dan penambahan data, konsultasi kesehatan dengan dokter umum melalui pelayanan Tanya Dokter yang tersedia di BPJS Kesehatan Care Center. Peserta juga dapat memanfaatkkan layanan Chat Assistant JKN (CHIKA) berupa chatting yang direspon oleh robot, dan layanan Voice Interactive JKN (VIKA) yakni rekaman audio dalam berinteraksi dengan peserta.

 

Alhamdulillah pelayanan peserta JKN – KIS semakin mudah ya, dan jika kartu JKN – KIS hilang juga tidak perlu bingung karena bisa menggunakan NIK untuk mendaftar layanan kesehatan. Semua inovasi kemudahan ini diberlakukan pemerintah untuk mempermudah masyarakat.

 

Kemarin kepesertaan saya yang mendaftar kelas satu secara mandiri sempat bermasalah dikarenakan sempat vakum beberapa lama saat saya mengalami sakit, lalu kehilangan pekerjaan tetap, dan kehilangan suami karena pandemi covid. Semoga saya bisa mengurus ulang kepesertaan BPJS Kesehatan saya.

Salam sehat semua ya..


No comments:

Post a Comment

Mohon jangan berkomentar SPAM, terimakasih.