Sunday, 11 April 2021

Konsumsi Berkesadaran untuk Pilihan Asupan Lebih Sehat dan Lebih Baik

 


Kini pola hidup sehat sudah banyak menjadi acuan banyak orang termasuk saya pribadi. Karena ketika kita sakit akan sangat banyak yang harus dikorbankan. Mulai dari waktu, tenaga, pekerjaan bahkan materi.

 

Tapi jujur gak sih, kalau kita terkadang masih suka tergiur sama berbagai tampilan makanan yang mengiurkan tetapi sebenarnya kurang sehat untuk dikonsumsi apabila keseringan seperti gorengan, junk food dan serba instan lainnya. Dengan niat yang kuat dan berani memulai untuk merubah pola makan menjadi lebih sehat insya Allah bisa membantu kita untuk menerapkan konsumsi berkesadaran. Dimulai dari diri sendiri dahulu baru ke orang lain di sekitar kita.

 


Itu sih yang menjadi motto saya saat ini ketika mendapat pencerahan dan edukasi yang sangat bermanfaat pada acara webinar lalu yang berlangsung pada Selasa (06/04/2021), yang diadakan oleh Frisian Flag Indonesia bersama Komunitas Mom Blogger Community (MBC).

 

Webinar bertajuk ‘Konsumsi Berkesadaran untuk Pilihan Asupan yang Lebih Sehat dan Lebih Baik, Investasi Kesehatan untuk Masa Depan.’ Diadakan dalam rangka menyambut hari kesehatan sedunia yang diperingati setiap tanggal 7 April.




Turut hadir para narasumber antara lain Dra. Rita Endang., Apt., M.Kes (Deputi Bidang Pengawasan Pangan Olahan BPOM),   Seala Septiani, S. Gz, M. Gizi (Nutrisionis) dan Andrew F. Saputro (Corporate Affairs Director Frisian Flag Indonesia).

 

Pentingnya Menjaga Asupan Lebih Sehat di Tengah Keberagaman Produk Pangan Menjelang Ramadhan

 

Tidak terasa kita akan segera menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Sadar gak sih moms biasanya kalau di bulan Ramadhan tuh menu makanan yang kita sajikan di saat waktu berbuka dan saat sahur lebih banyak variannya.

 

Memang puasa di bulan penuh berkah ya, mendadak akan banyak bermunculan pedagang takjil yang menguggah selera. Dan biasanya nih saat perut lapar kita juga jadi laper mata, yang melihat semua jenis makanan itu terasa enak di santap. Jadilah kita membeli atau membuat berbagai sajian menu pembuka.

 

Berbuka dengan yang manis memang perlu ya untuk meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh, sehingga proses metabolisme dapat kembali normal. Tetapi asal tidak berlebihan.


Terasa gak sih moms kalau selama pandemi ada yang berubah pada pola makan kita, kalau saya sih merasa mengalami perubahan karena memang aktifitas saya lebih banyak di rumah. Sehingga agak kurang gerak karena lebih sering mager, mencari gampangnya saja dengan lebih sering order makanan secara online, dan akibatnya berat badan bertambah deh!

 

Solusinya saya akan menerapkankan asupan makanan sesuai gizi seimbang yaitu sesuai porsi “Isi Piringku” yang dicanangkan oleh Kemenkes. Dimana makanannya terdiri dari makanan pokok, sayuran, lauk pauk, buah-buahan, dan tentu saja tetap diselingi konsumsi susu yang kaya akan protein, kalsium, dan fosfor yang baik untuk tubuh agar nutrisi keluarga tetap terpenuhi.

 

Yang penting konsumsi gula, garam dan minyak sesuai takaran. Dalam sehari konsumsi gula 4 sendok makan, garam 1 sendok teh dan minyak 5 sendok makan. Mengganti asupan asam lemak dengan asam lemak tak jenuh. Yang kita konsumsi saat ini akan berdampak pada kualitas kesehatan dan kehidupan kita di masa yang akan datang,

 


Frisian Flag Indonesia Terapkan Logo ‘Pilihan Lebih Sehat’ Pada Kemasan Produk Susu Siap Minum


Dari sejak saya kecil hingga berkeluarga pilihan saya memang kalau minum susu ya produk Frisian Flag, dan sampai kini tetap jadi favorit keluarga kecil saya. Terutama untuk susu kemasan siap minum. Ini solusi banget buat saya, selain praktis dan kebutuhan gizi keluarga juga tetap terpenuhi.

 



Kini ada yang berbeda pada kemasan Frisian Flag. Kemasan Frisian Flag merupakan pilihan lebih sehat dibanding produk sejenis, yaitu hadir dengan logo "Pilihan Lebih Sehat" yang ditandai dengan tanda contreng berwarna hijau pada kemasan depan produk susu siap minum.


Dra. Rita Endang., Apt., M.Kes, menyatakan, “Ada syarat yang harus dipenuhi oleh produk siap minum untuk bisa mendapatkan logo ‘Pilihan Lebih Sehat’ dengan contreng hijau pada bagian utama label, yakni kandungan gula maksimum adalah 6 gram per-100ml.”

 

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Republik Indonesia melahirkan kebijakan positif penerapan logo ‘Pilihan Lebih Sehat’ pada bagian utama label produk, yang bertujuan untuk memudahkan konsumen dalam memilih asupan pangan yang lebih sehat. Inisiatif tersebut dilakukan demi mewujudkan ketersediaan, keterjangkauan, pemenuhan konsumsi pangan yang cukup, aman, bermutu dan bergizi seimbang, yang sejalan arahan dengan badan kesehatan dunia, sesuai UU No. 18 tahun 2012 tentang pangan.

 

Kebijakan BPOM disambut positif oleh Andrew F. Saputro selaku Corporate Affairs Director Frisian Flag Indonesia. Dimana kebijakan tersebut sejalan dengan visi perusahaan Frisian Flag Indonesia yaitu Nourishing by Nature, serta komitmen jangka panjang kami untuk membangun masyarakat Indonesia yang sehat, sejahtera, dan selaras.

 

Apa saja sih keunggulan kemasan Baru Frisian Flag?


Frisian Flag Indonesia selain menghadirkan kemasan logo baru, juga berkomitmen untuk menghadirkan produk dan kemasan yang lebih ramah lingkungan, yang ditandai dengan logo Forest Stewardship Council (FSC). Dimana bahan baku untuk kemasan karton yang digunakan berasal dari sumber yang dikelola dengan cara yang bertanggung jawab dan berkelanjutan. Ditambah juga dengan inovasi sedotan kertas pada rangkaian produk susu siap minum rendah lemak.

 



Logo ‘Pilihan Lebih Sehat’ pada rangkaian susu cair siap minum Frisian Flag Purefarm terdapat pada pilihan ukuran terlengkap yaitu ukuran 225ml, 450ml dan 900ml. dan juga dalam berbagai varian rasa yaitu Full Cream, Coconut Delight, Ketan Hitam, dan Sweet Delight, juga varian rendah lemak rasa French Vanilla dan Californian Strawberry. Bahkan, untuk varian Full Cream, penerapan tanpa gula tambahan juga telah diberlakukan.

 


Susu cair siap minum Frisian Flag rasa Coconut Delight ini favorit keluarga saya. Keluarga di rumah lebih suka konsumsi dalam keadaan dingin, hmm seger banget deh!

 

Makanya saya selalu sedia stok  di kulkas, saya juga suka kreasikan untuk tambahan bahan olahan minuman lainnya.

 

Menurut Seala Septiani, S. Gz, M. Gizi, adanya logo ‘Pilihan Lebih Sehat’ dapat membantu memudahkan seseorang yang ingin menerapkan mindful consumption atau konsumsi berkesadaran dalam mempertimbangkan dengan matang keputusannya sebelum mengonsumsi atau membeli suatu produk.

 

Ketika bicara mindful consumption, yang dipikirkan bukan hanya kepentingan diri sendiri, tapi juga berpikir bagaimana dengan nature, bagaimana dampaknya terhadap keluarga, kemudian dampaknya pada lingkungan, di lingkup generasi yang akan datang akan seperti apa dampaknya, jadi kita berpikir di lingkup komunitas yang lebih besar.

 

Tips menjadi konsumen cerdas:

  • Teliti sebelum membeli barang atau jasa yang diperlukan
  • Teliti saat memilih barang
  • Baca label secara cermat, cek kemasan, kandungan bahan, izin edar, masa kadaluarsa dan petunjuk penggunaan.

 

Pencantuman logo pilihan lebih sehat di produk-produk susu siap minum Frisian Flag Indonesia, diharapkan dapat memudahkan masyarakat dalam memilih produk yang lebih sehat, produk yang lebih baik, sesuai dengan kebutuhan.


Dengan banyaknya pilihan produk yang beragam kita memang harus lebih cermat, bijak dan berkesadaran dalam mengonsumsi produk pangan moms.

Yukk mulai sekarang terapkan konsumsi berkesadaran, agar keluarga Indonesia lebih sehat.


*** 


#FFPilihanLebihSehat


No comments:

Post a comment

Mohon jangan berkomentar SPAM, terimakasih.