Saturday 30 January 2021

Hometown Dairy Fresh Milk, Solusi Hidup Sehat di Masa Pandemi

 


Adanya wabah pandemi bisa kita ambil hikmahnya, tidak hanya sisi negatifnya yang kita keluhkan antara lain kebebasan yang terbelenggu dan berbagai akibat yang ditimbulkan dengan adanya kemunculan virus corona.

Dengan mengambil sisi positifnya, setidaknya kita tetap bisa waras dalam menyikapi kondisi saat ini. Sisi positif apa aja sih yang bisa kita ambil di masa pandemi saat ini?

 

Salah satunya dengan lebih menyayangi diri kita sendiri, antara lain dengan melakukan perawatan, lebih banyak waktu bersama keluarga dan tentu saja bisa menyajikan berbagai sajian menu makanan istimewa untuk keluarga, dan yang pasti kita bisa lebih menjaga pola hidup dengan lebih baik, dengan banyak konsumsi makanan yang lebih sehat yaitu yang kaya nutrisi dan pola gizi seimbang dan juga menerapkan system 3M (Memakai Masker, Mencuci Tangan dan Menjaga Jarak).

 

Asupan Bernutrisi dari Hometown Dairy Fresh Milk

 

Menjaga kesehatan di masa pandemi itu penting banget agar imun tubuh kita menjadi lebih kuat, tidak mudah terserang penyakit. Apalagi cuaca juga masih kurang bagus terkadang hujan tapi bisa tiba-tiba panas, cuaca seperti ini mudah sekali membuat tubuh kita drop, mudah terkena sakit apalagi anak-anak yang daya tahan tubuhnya masih lemah.

 


Susu merupakan salah satu asupan bernutrisi yang sangat penting untuk tubuh kita. Susu sangat sehat karena mengandung banyak protein, vitamin, dan mineral. Makanya susu wajib dikonsumsi untuk semua usia, mulai dari anak-anak,remaja, ibu hamil hingga lanjut usia, tentunya dengan komposisi yang berbeda. Susu juga banyak ragamnya, dan banyak diolah dengan berbagai rasa.

 

Susu yang paling baik adalah susu segar fresh milk karena susu tersebut diproses langsung dari sapi dan diproses dengan teknologi canggih tanpa tersentuh tangan.

 

Saya jadi teringat masa kecil saya di sekitar tahun 80-an, upss jadi ketahuan deh usianya wkwkwk, iya deh saya ngaku saya seangkatan sama Krisdayanti, Reza Artamevia dan bunda Maia Estianti Etdah padahal gak ada yang nanya 😁😆😂

 

Jadi ceritanya pada masa itu, ragam susu kemasan belum banyak seperti saat ini, jadi saya inget banget tuh tiap pagi ibu saya masih suka menyuruh saya minum susu segar yang sebelumnya kadang suka dipanaskan dulu. Iya sekarang sudah agak susah ya mencari penjual susu segar di sekitaran Jakarta raya dan sekitarnya.

 


Etapi syukur Alhamdulillah nih akhirnya saya menemukan susu fresh milk Hometown Dairy, yang rasanya mirip banget seperti susu segar yang dulu suka saya konsumsi di masa kecil. Dan Alhamdulillah lagi keluarga kecil saya juga menyukai susu Hometown Dairy Fresh Milk ini. Rasanya enak, segar,  creamy dan yang pasti gak bikin eneg, beda banget deh sama susu kemasan lainnya. TASTE REALLY GOOD AND FRESH! 

 

Hometown menyajikan kesegaran dan kemurnian susu murni di setiap tetesnya. Sesuai dengan taglinenya “From our Farm to your Home.” Hometown mempunyai Peternakan sendiri yang berlokasi di Terbanggi Lampung.

 

Susu Hometown Dairy Fresh Milk ini, susunya alami  tanpa tambahan apapun. Hometown Dairy Fresh Milk merupakan susu Sapi murni yang di ambil langsung atau diperah dari ambing (puting) dan dilakukan pasteurisasi, tidak ada zat aditif atau pengawet, tidak ada yang diambil dari susunya juga, jadi dibuat seperti aslinya sehingga saat kita buka kemasan kita akan menemukan gumpalan creamy susu. Dan ini yang paling saya suka gumpalan creamynya, hmm lezat.

 


Hometown Dairy kaya akan nutrisi, mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh seperti Vitamin C, D, E, selenium, Vitamin A, B1, B2, B12, calcium, magnesium, protein, natrium, kalium, phosporus, dan iodine.

 

Kandungan krim pada susu Hometown Dairy tidak diambil saat proses produksi, ini bisa terlihat pada permukaan susu, saat susu didiamkan. Sebaiknya sebelum mengkonsumsi Hometown Dairy, kemasan harus terlebih dahulu dikocok, agar krimnya tercampur dengan rata.

 

Kandungan selenium pada susu Hometown Dairy berperan sebagai anti kanker dan antioksidan. Susu Hometown Dairy rendah kolesterol sehingga aman dikonsumsi setiap hari.

 

Saran Penyimpanan Susu Hometown Dairy Fresh Milk


Hometown Dairy Fresh Milk tidak mengandung bahan pengawet sehingga mempunyai ketahanan atau masa kedaluwarsa lebih singkat dari susu lainnya. Susu pasteurisasi seperti Hometown Dairy hanya bisa bertahan 4-5 jam dalam suhu ruang.

 

Sebaiknya ketika kita membeli susu fresh milk ini segera di simpan dalam lemari es. Simpan selalu dalam keadaan dingin (0-4 celcius).


Jika kemasan masih tersegel, bisa tahan sekitar 7 hari di dalam lemari es. Dan setelah kemasan dibuka hanya tahan maksimal 3 hari dalam lemari es dan 2 jam di suhu ruang. Susu segar Hometown Dairy memiliki expired date 12 hari dari waktu produksi.

 

Susu segar yang sudah dibuka kemudian disimpan di luar lemari es akan memicu pertumbuhan bakteri karena sudah terjadi kontak dengan udara. Hal ini akan menyebabkan perubahan rasa pada susu. Nah jika sudah ada perubahan rasa sebaiknya jangan dikonsumsi lagi.

 

 

Hometown Dairy Fresh Milk bisa didapatkan dimana saja?


Susu Hometown Dairy Fresh Milk tersedia di Lulu hypemart, Aeon, Ranch Market, Farmers Market, Lotte Mart, Kemchicks, Foodhall, Superindo, Jakarta Fruit Market, Duta Buah, Hero, Hypermart dan Rumah Buah.

 

Buat yang lebih suka belanja melalui online, gak perlu ragu memesan susu segar Hometown Dairy secara online. Hometown Dairy akan diantar oleh kurir khusus yang menyimpan produknya tetap dalam kondisi dingin selama dalam perjalanan hingga sampai ke tangan kamu, jadi gak perlu khawatir susu akan rusak dalam perjalanan. Segera kepoin di official di e-commerce Shopee GGL Official Shop atau official di Tokopedia GGF Mart.

 

Kemasan Hometown Dairy Fresh Milk


Susu segar Hometown Dairy dikemas dalam botol plastik tebal berwarna putih yang masing-masing memiliki tutup ulir bersegel warna biru. Saat dibuka terdapat seal aluminum foil untuk memastikan produk dalam kondisi baik dan untuk menjaga kualitas susu agar tidak rusak.

 




Kemasan Hometown Dairy juga dilengkapi dengan informasi cara menyimpan, terdapat logo halal, informasi expired date, dan juga tanggal produksi yang mudah dibaca konsumen.

 

 

Kisaran harga Hometown Dairy Fresh Milk

Harga Hometown Dairy Fresh Milk dibanderol di kisaran harga Rp. 35.000,- untuk ukuran 1L, dan Rp. 70.000,- untuk ukuran 2L.

 

 

Bolehkah Hometown Dairy Fresh Milk di Panaskan?

Susu Hometown Dairy Fresh Milk sudah di Pasteurisasi (dihangatkan 72 Celcius), untuk mematikan bakteri. Jika dimasak Hometown Dairy Fresh Milk akan  membuat masakan kita makin enak dan gurih.

 

Proses pasteurisasi akan membunuh bakteri jahat dan mempertahankan bakteri baik, sekaligus menjaga kandungan gizi alami susu tetap lengkap. Selain itu, susu Hometown juga tanpa pengawet dan  gula.

 

Hometown Dairy Fresh Milk boleh dikonsumsi oleh semua kalangan, termasuk ibu hamil dan menyusui, untuk menambah asupan kalsium pada tubuh, dengan catatan konsumen tidak mempunyai alergi susu sapi atau lactose intolerant.

 

Dan yang pasti Hometown Dairy Fresh Milk ini sudah diuji kehalalannya karena sudah terdaftar di BPOM dan sudah mendapatkan sertifikasi Halal dari MUI (Majelis Ulama Indonesia), jadi aman dikonsumsi.

 

Mengolah Cemilan Lezat Berbahan Hometown Dairy Fresh Milk


Walaupun susu Hometown Dairy Fresh Milk sudah enak dikonsumsi secara langsung, tapi kali ini saya akan coba mengolahnya menjadi cemilan sehat yaitu berupa pudding. Menyajikan sajian cemilan sehat penting bangetkan di kondisi seperti saat ini, agar anak tidak jajan sembarangan.

 


Kali ini saya coba mengkreasikan susu Hometown Dairy Fresh Milk menjadi olahan cemilan berupa pudding ala Turki yaitu Turkish Milk Pudding with Caramel Sauce ala saya, yang saya adaptasi dengan bahan yang ada di rumah.

 

Turkish Milk Pudding with Caramel Sauce

Bahan:

750 ml susu cair atau sekitar (50 sdm)

90 gr tepung terigu atau sekitar (9 sdm)

75 gram margarin atau butter, atau sekitar (6 sdm)

60 gr gula atau sekitar (4 sdm)

1/2 sdt vanili (optional)

 

Bahan saus Karamel:

75 gram gula halus atau sekitar (5sdm)

1 sdm maizena, cairkan dengan air sekitar 175ml air

 

Cara membuat:

  1. Masak margarin atau butter hingga meleleh, tambah tepung terigu, aduk terus hingga tercampr rata dengan api kecil.
  2. Tuangkan susu Hometown Dairy sedikit demi sedikit, aduk terus hingga tercampur rata. Matikan api, cek kondisi bila masih ada tepung bergerindil, bisa disaring.
  3. Masukan gula dan vanili, masak dengan api sedang dan aduk terus. Masak hingga kental dan meletup-letup, lalu angkat. Dalam kondisi adonan panas, tuang segera ke dalam loyang atau cetakan. Sisihkan. Diamkan hingga 30 menit atau sampai uap panas hilang dan adonan pudding padat.
  4. Masak saus karamel, masukan gula ke dalam wajan masak dengan api kecil hingga menjadi karamel, hati-hati jangan sampai karamel hangus. Ketika karamel sudah berwarna masukkan larutan maizena, masak dan aduk terus dengan api kecil hingga karamel larut dan menjadi lebih kental. Lalu angkat.
  5. Tuang segera ke atas lapisan susu, ratakan.
  6. Dinginkan, lalu simpan dalam lemari es kurang lebih sekitar 2 jam. Lalu sajikan.

 


Ini enak banget di nikmati disaat cuaca panas, rasanya creamy dan lembut banget 😋

 

Selamat berkreasi, kalian boleh banget loh kalau mau recook olahan pudding ini. Jangan lupa jaga kesehatan ya teman-teman 😍


2 comments:

  1. Pengen cobain deh resepnya mba Ria karena anakku doyan bgt nyemil akhir-akhir ini

    ReplyDelete

Mohon jangan berkomentar SPAM, terimakasih.