Tuesday 14 January 2020

Optimalkan Peran Media Sosial Untuk Bisnis Rumahan


Optimalkan Peran Media Sosial Untuk Bisnis Rumahan


Gadget atau gawai mempunyai peran penting dalam kehidupan kita di era digital ini. Hanya dengan jentikan jari kita bisa mengakses berbagai informasi melalui gadget. Mulai dari memenuhi kebutuhan pangan, transportasi hingga hiburan bisa kita dapatkan hanya lewat smartphone.

Smartphone atau telepon pintar saat ini menjadi barang yang teramat penting, sampai ada istilah kata lebih baik kita ketinggalan dompet daripada ketinggalan smartphone. Karena melalui smartphone kita sudah bisa memesan transportasi online, dan juga bisa melakukan berbagai transaksi tanpa harus menggunakan uang cash.

Untuk menjunjang berbagai aktivitas sehari-hari kita juga bisa berkomunikasi dengan banyak orang bukan hanya antar daerah bahkan hingga ke berbagai negara melalui media sosial yang terdapat di dalam smartphone. Banyak orang jadi mudah terkenal karena keaktifannya menggunakan media sosial. Ternyata media sosial juga bisa kita manfaatkan untuk kegiatan positif yang menghasilkan yaitu bisa jadi sarana untuk berbisnis.

Sabtu (11/01/2020) saya mendapatkan kesempatan untuk mengikuti kelas usaha yang diadakan oleh Layanan komunitas kewirausahaan online MAPAN yang bertajuk Gelar MAPAN 2020 yang berlokasi di mal Gandaria City . Pada kesempatan ini saya mengikuti 2 sesi kelas usaha yang berhubungan dengan media sosial.


Konten Kreatif untuk Sosial Media

Pada sesi pertama tentang Konten Kreatif untuk Sosial Media dengan narasumber Elisa Koraag, rekan blogger senior saya yang membahas tentang bagaimana cara kita membuat konten yang menarik dan mengupas lebih jauh tentang konten dan segala manfaatnya.



Konten adalah informasi yang tersedia melalui media atau produk elektronik. Konten digunakan untuk mengidentifikasi beragam format sebagai nilai tambah media. Sedangkan tujuan konten untuk menarik audiens yang tepat sasaran dan mendorong mereka menjadi pelanggan atau customer.

Sebuah gambar tanpa konten yang menarik tidak akan membuat orang tertarik. Konten bisa berupa postingan kita di media sosial, blogpost, ebooks, template, infografis, video dan lainnya.


Konten yang menarik bertujuan:
  • Memancing percakapan atau diskusi
  • Mengajak melakukan tindakan
  • Memberi nilai lebih
  • Pikirkan orang lain atau berempati.



Manfaat konten:
  • Brand Awareness
  • SEO (Search Engine Optimissation)
  • Memperluas target konsumen
  • Mempengaruhi konversi
  • Membangun loyalitas.



Optimalisasi Media Sosial dalam Bisnis Rumahan

Di sesi kedua kelas usaha membahas tentang Optimalisasi Media Sosial dalam Bisnis Rumahan dengan narasumber Dya Loretta yang berprofesi sebagai dosen, Iinfluencer Communication Digital Expert dan juga sebagai Founder Sahabat Grup Media.




Mengikuti sesi kelas usaha Bersama Dya Loretta mengingatkan saya akan bisnis online shop saya yang sudah mati suri. Saya mulai menjalankan bisnis online shop yang bergerak di bidang fashion busana muslim sekitar tahun 2012 dimana saat itu belum ada fasilitas aplikasi Whatsapp. Menjalankan online shop Saya lebih banyak menggunakan aplikasi BBM dan Facebook, khususnya Fanpage Facebook.

Kini peran BBM sudah tergantikan dengan Whatsapp. Biasanya aplikasi Whatsapp digunakan sebagai database, member dan promo. Sehingga banyak para pelaku bisnis yang memposting produknya baik melalui media sosial Facebook atau Instagram, pasti suka memberikan link ke aplikasi Whatsapp untuk mengkonfirmasi lebih lanjut tentang produk yang diinginkan oleh customer.




Penggunaan media sosial harus disesuaikan dengan segmentasi atau target pasar. Kini banyak orang lebih suka menggunakan media visual berupa gambar yang menarik. Sehingga tampilan visual pada media sosial Instagram dan Youtube lebih menarik customer.




Untuk menyempurnakan gambar atau visual produk kita juga bisa menggunakan editing dengan mengunduh berbagai aplikasi yang bisa menunjang visual gambar agar menarik. Menggunakan aplikasi editing sebaiknya tidak mengubah warna asli produk sehingga tidak mengecewakan customer.

Etika pergaulan umum dalam menggunakan media sosial, antara lain:
  • Buatlah status atau postingan yang positif, tidak mengundang ujaran kebencian.
  • Buatlah postingan yang menarik dan bukan berupa curhatan yang berlebihan atau konten yang terkesan nyinyir atau menyudutkan orang lain.
  • Jangan menyebarkan berita hoax, yang belum bisa dipercaya kebenarannya.
  • Sebaiknya pergunakan media sosial untuk promosi penjualan, berbagi tips dan trik dalam menjalankan usaha.


Dengan mengoptimalkan media sosial dengan baik, semoga bisa menjadi ladang bisnis yang bisa meningkatkan penghasilan.

4 comments:

  1. Media sosial seakan ga terpisahkan dengan kehidupan kita yah mba, duh aku sendiri rasanyae hampa hidup tampa megangr HP heheh.. tapi bener.. harus yang bijak dalam menggunakan nya.. yang baik, yange bagus, yang bisae memberikan manfaat yang baik untuk orang laine juga

    ReplyDelete
  2. Wah bermanfaat banget ni mba ria artikelnya aku jadi mau seriusin lagi online shop aku dengan aplikasi gadget yg sudah makin modern

    ReplyDelete
  3. Acaranya super keren dan padat berisi, ilmunya pasti bermanfaat banget ya mba

    ReplyDelete
  4. Wuiih isinya berdaging ya. Kalau ade tau pengumumannya, ikutan nih.

    ReplyDelete

Mohon jangan berkomentar SPAM, terimakasih.