Thursday 28 March 2019

Danone-AQUA Dukung Gaya Hidup Sehat Dengan Aksi Hidrasi Sehat


Danone-AQUA Dukung Gaya Hidup Sehat Dengan Aksi Hidrasi Sehat


Suasana Car Free Day pada Minggu (24/03/2019) sedikit berbeda dan lebih meriah dari biasanya, karena bertepatan dengan acara Fun Walk yang digelar Danone-AQUA dalam rangka memperingati hari ginjal sedunia (World Kidney Day)yang diperingati setiap tanggal 14 Maret 2019.


Peserta Fun Walk (foto:dokpri)

Suasana sangat meriah karen Fun Walk diikuti oleh ribuan peserta yang terlihat sangat antusias. Selain masyarakat umum acara Fun Walk juga diikuti oleh para artis ibukota dan juga para selebgram yang turut memeriahkan acara.

Pada kesempatan ini juga Danone-AQUA juga mengadakan berbagai rangkaian kegiatan interaktif dan edukatif yang bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat luas tentang pentingnya menjaga hidrasi untuk kesehatan ginjal.


Apa sih hidrasi sehat?

Hidrasi sehat merupakan suatu istilah yang digunakan agar kita menjaga kebutuhan cairan tubuh kita dalam sehari. Normalnya dalam sehari kita harus minum 8 gelas untuk ukuran orang dewasa dengan aktifitas normal atau yang tidak terlalu berat.


foto:dokpri

Tapi ternyata kebutuhan cairan pada setiap orang itu berbeda-beda, tergantung pada usia, aktifitas yang dijalani, kodisi seperti ibu hamil atau ibu meyusui pasti lebih banyak membutuhkan cairan.

Jujur nih secara pribadi sebenarnya saya termasuk orang yang suka malas minum, apalagi bila sedang dalam perjalanan atau sedang melakukan aktifitas diluar rumah. Biasanya sih antisipasi agar gak gampang BAK (Buang Air Kecil) yang terkadang agak susah ditemui bila menghadiri acara secara outdoor.

Sering menahan pipis atau BAK (Buang Air Kecil) juga gak baik loh, karena bisa menyebabkan anyang-anyangan atau bisa juga terkena infeksi saluran kencing.

Tapi ternyata cara saya itu salah gaess, jangan dicontoh ya karena bisa menyebabkan tubuh kita kekurangan cairan. Dan imbas dari kekurangan cairan itu banyak banget akibatnya yang berefek gak baik untuk kesehatan tubuh kita.

67% dalam tubuh kita adalah berupa cairan, dengan kita kekurangan asupan minum bisa menghambat kinerja ginjal.


Sayangi Ginjal Dengan Banyak Konsumsi Air Putih

Ginjal adalah organ tubuh yang terletak di dekat bagian tengah punggung pada kedua sisi tulang belakang, tepat di bawah tulang rusuk bagian belakang.

Ginjal terdiri dari sepasang organ, yaitu ginjal kiri dan ginjal kanan. Tiap ginjal berukuran sekitar 10-12 cm atau sebesar kepalan tangan, dan mengandung sekitar satu juta nefron, yaitu saringan darah yang sangat kecil. Fungsi ginjal sangat penting dalam menjaga kelangsungan hidup.

Diperkirakan ada 3.800 penderita penyakit ginjal kronis per satu juta penduduk Indonesia. Tingginya angka ini menunjukkan bahwa kesadaran masyarakat terhadap kesehatan ginjal masih rendah.

Berdasarkan riset kesehatan dasar tahun 2018 angka prevalensi naik dari 2,0 dari tahun 2013 menjadi 3,8 di tahun 2018. Sedangkan berdasarkan data dari World Kidney Day ada 850 juta orang yang diperkirakan menderita penyakit ginjal di seluruh dunia. 
Jumlah ini bahkan mencapai setidaknya dua kali lipat lebih tinggi dari jumlah orang yang mengidap penyakit diabetes (422 juta) dan 20 kali lebih banyak dari prevalensinkanker (42 juta) di dunia.

Penyakit ginjal kronis menyebabkan 2,4 juta orang meninggal dalam setiap tahunnya, sedangkan gangguan ginjal akut, yang juga merupakan salah satu penyebab penyakit ginjal kronis, mempengaruhi lebih dari 13 juta orang di seluruh dunia.


Para Narasumber (foto:dokpri)

Penyakit ginjal kronis dapat dihindari dengan hidrasi yang cukup. Jika dibiarkan, dehidrasi kronik akan mengakibatkan penyakit ginjal kronis.


Dr. dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB (foto:dokpri)

Menurut Dr. dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, Dekan FKUI, kekurangan konsumsi air putih bisa menyebabkan:
  • Kekurangan cairan pada tubuh kita bisa menyebabkan dehidrasi. Dan dehidrasi  bisa menyebabkan cairan di otak akan menurun, asupan oksigen yang harusnya mengalir ke otak pun berkurang. Akibatnya, sel-sel otak menjadi tidak aktif dan berkembang, bahkan bisa menciut.
  • Dehidrasi bisa menyebabkan gejala mulai dari yang ringan dan sedang seperti lelah, haus, tenggorokan kering, badan panas, sakit kepala, air kencing pekat, denyut nadi cepat, hingga gejala berat seperti halusinasi dan kematian.
  • Jika kita kurang minum, kulit mulut akan menjadi kering, lidah dan mulut bisa terkena sariawan, bahkan bau mulut.
  • Kurang minum saat makan juga bisa menyebabkan sendawa atau begah.
  • Kekurangan cairan atau dehidrasi juga bisa menyebabkan orang jadi mudah emosi.
  • Saat kita kurang minum juga bisa menyebabkan konstipasi atau susah BAB (Buang Air Besar), dengan susah buang air besar tentunya bisa juga mengakibatkan ambein. Bahkan  bisa terkena kanker.
  • Resiko terbesar yaitu bisa terkena gagal ginjal dan bisa menyebabkan cuci darah.

Ketika sedang berada diruangan ber-AC biasanya kita suka malas minum ya, dan beranggapan aman karena tidak haus. Padahal resikonya kulit kita bisa menjadi lebih kering.

Air minum yang baik adalah tidak berwarna, tidak berbau dan tidak berasa, ujar Dr. Tria Rosemiarti, Hydration Science Director Danone-AQUA. Suhu air yang , kalium dan baik dikonsumsi sebaiknya tidak dalam kondisi hangat maupun dingin, yang sedang saja.


foto:dokpri

Sumber air yang baik yang sudah mengandung mineral secara alami dari alam seperti kandungan natrium, kalium, florida, kalsium dan magnesium yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Semua kandungan ini terdapat dalam minuman kemasan Aqua.


Adinia Wirasti (foto:dokpri)

Adinia Wirasti berbagi tips dan sharing, dulu ia pun suka malas minum ketika berolahraga sehingga sering mengalami kram. Dan kini ditengah aktifitasnya yang padat Adinia Wirasti selalu menyempatkan untuk konsumsi minum air putih lebih banyak hingga pipinya terasa dingin.


Tips menjaga hidrasi sehat:
  • Minum secara teratur setiap sebelum dan setelah makan
  • Sebelum dan setelah beraktifitas
  • Sebelum tidur dan setelah bangun tidur
  • Ada baiknya selalu sedia botol minum agar kita tidak lupa minum.

Dr. dr. Diana Sunardi, M.Gizi, SpGK (foto:dokpri)

Ketua Indonesia Hydration Working Group (IHWG) Dr. dr. Diana Sunardi, M.Gizi, SpGK., menjelaskan IHWG dibentuk dengan misi untuk menyediakan dan berbagi pengetahuan terkait pentingnya hidrasi yang tepat dalam kehidupan sehari-hari kepada masyarakat.




foto:dokpri

Pada kesempatan ini Danone-AQUA juga meluncurkan AQUA Hydration Calculator - sebuah metode untuk menghitung kebutuhan hidrasi perorangan, serta membagikan stiker urine meter  yang disebarkan untuk edukasi akan pentingnya menjaga kebutuhan hidrasi harian.

Sebelum terlambat mulai dari sekarang yuk bersama-sama kita jalani gaya hidup sehat dengan mengenali tubuh kita dan sistem kekebalan tubuh kita masing-masing karena kebutuhan tiap orang berbeda.


foto:dokpri

Jika mempunyai hobby atau kebiasaan konsumsi minuman berwarna seperti teh atau kopi, sebaiknya konsumsi minuman jernihnya atau air putihnya lebih diperbanyak ya agar tubuh tidak kekurangan cairan.

Gerakan ‘Ayo Minum Air’ untuk anak-anak yang yang dilakukan oleh Danone-AQUA bekerjasama dengan FKUI yaitu memberikan anjuran kepada anak-anak kita agar dibekali minum sekitar 200 – 400ml agar fungsi memori dan visual mereka baik ketika disekolah.




15 comments:

  1. Ternyata efek kurang minum banyak yang menyeramkan ya, padahal aku selama ini suka males bgt dan suka lupa minum air putih. Yuk mulai biasakan minum air putih

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sama aku pun juga gitu,,,yukk mesti semangat minum air putih nih

      Delete
  2. iya mba. anakku yg paling kecil kalau kurang minum, pup-nya jadi keras. makanya selalu diingetin minum, terutama abis makan. kasihan dia juga kalau pup keras, pasti capek ngedennya. memang penting banyak minum.

    ReplyDelete
    Replies
    1. duh kalau anak kena konstipasi kasihan ya mba, mesti biasakan anak minum air putih mba biar lancar BABnya

      Delete
  3. Emang ngeri yaa banyak banget bahayanya kalau kekurangan cairan. Makanya di rumah sengaja sedia aqua botol, soalnya si Adek ga mau minum kalau bukan air mineral.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah si adek pinter ya sudah rajin minum air putih :)

      Delete
  4. Inilah yang bikin kita takut sakit gagal ginjal. Menyerikan.

    Bahaya sekali apalagi kalau sampai cuci darah. Peran ginjal membantu kita lebih sehat .

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya serem mpo kalau udah kena ginjal, makanya banyak minum mpo :)

      Delete
  5. Aisssh, jangan sampai kena ginjal ya mbak Ri. Ayo, minum air putih juga. Aku selalu sedia air putih di botol minumanku

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya harus selalu sedia minum dibotol tis biar gak lupa minum

      Delete
  6. Saya ga ngitung sehari minum berpa gelas, semoga cukup 8 gelas, syukur2 lebih

    ReplyDelete
    Replies
    1. selalu sedia minum mba dibotol atau digelas biar gak lupa minum :D

      Delete
  7. kalau liat efeknya kurang minum air takut jg ya kalo genial kita kenapa2

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya ginjal ya pak?
      iya kasian ginjal kita akan kerja keras kalau kita kurang minum dan nnti efeknya gak baik buat kesehatan ginjal kita

      Delete
  8. Nah ini dia manfaat minum yang sering kulupaaa..hiks.
    Kadang mengabaikan minum karena males sering pipis nantinya. Padahal ga boleh banget yaa
    Keren nih sosialisasi Danone AQUA dalam aksi Hidrasi Sehat di Hari Ginjal Sedunia

    ReplyDelete

Mohon jangan berkomentar SPAM, terimakasih.