Thursday, 3 January 2019

Kitchen Tour Ke Aerofood ACS, Mengenal Lebih Jauh In-Flight Catering Yang Sudah 44 Tahun Berkarya


Kitchen Tour Ke Aerofood ACS, Mengenal Lebih Jauh In-Flight Catering Yang Sudah 44 Tahun Berkary



Ketika naik pesawat, pernah punya kenangan tersendiri dengan makanan yang disajikan oleh maskapai penerbangan gaes?

Kalau saya pernah ketika naik Garuda, saya selalu puas menikmati sajian makanannya. Dan ternyata sekarang saya baru mengetahui bahwa dibalik sajian nikmat ketika saya sedang terbang bersama Garuda Indonesia ada peran Aerofood ACS yang telah mengolah makanan tersebut.

Dengan rasa penasaran saya yang tinggi ingin melihat langsung dapur besarnya Aerofood ACS, makanya saya happy dan antusias banget ketika mendapat undangan untuk mengikuti acara Kitchen Tour ke Aerofood ACS di Cengkareng. Dari jam 6 pagi saya sudah ready meluncur dari rumah menuju kantor Aerofood ACS dikawasan Tebet.

Karena rumah saya lumayan jauh di perbatasan Jakarta Barat, dan harus melewati beberapa titik kemacetan makanya saya mending jalan lebih pagi deh daripada nanti ke jebak macet dan malah telat lebih repot, tapi ternyata alhamdulillah perjalanan saya lancar jaya dan hanya kena macet sebentar jadi jam 6.45 saya sudah sampai di lokasi kantor Aerofood ACS – Tebet.


Bapak Afdal Amir (Vice President Corporate Marketing Aerofood ACS) dan Team

Setelah para blogger dan insta food lainnya ready semua, berangkatlah kita bersama team dari Aerofood ACS menuju ke Cengkareng tempat lokasi kitchen Aerofood ACS
Saya bersama rekan lainnya disambut baik oleh Bapak Afdal Amir selaku Vice President Corporate Marketing Aerofood ACS, disusul juga dengan kehadiran para team Aerofood lainnya antara lain ada Bapak Emil Fadilah selaku Vice President Industrial, Bapak Eko Setiyabudi selaku General Manager Industrial, Bapak Richard P. Haris selaku Senior Manager Brand & Marketing Strategy. 


Chef Shuichi Osawa & Chef Eddy Santoso 

Hadir juga Chef Shuichi Osawa selaku Executive Sous Chef Japanese Cuisine, dan juga Chef Eddy Santoso selaku Sous Chef Hot Kitchen.


Kualitas Merupakan Prioritas Utama Aerofood ACS

Begitu memasuki kitchen Aerofood semua tampak benar-benar steril, bersih dan terorganisir dengan baik, sangat layaklah untuk sekelas perusahaan catering yang sudah internasional. Kehigienisan dan kerapihannya sangat dijaga ketat.


Sterilisasi sebelum Kitchen Tour

Saya sempat masuk ke ruang produksinya. Paling senang saya mengunjungi ruang pastry atau bakery, harum sekali karena semua diproduksi sendiri untuk mendapatkan makanan yang fresh dan healthy
Terdapat juga ruang laboratorium tempat dimana dilakukan mikrobiologi, dimana semua produk tidak akan di release sebelum mendapatkan persetujuan dari pihak laboratorium sampai dinyatakan produk tersebut bebas dari bakteri berbahaya. 
Kontrol yang ketat dilakukan agar food safety terjaga dengan baik.


Pintu Masuk Kitchen Aerofood ACS

Terdapat juga kitchen first class yang mempunyai standarisasi berbeda di-atas standar business class. Proses produksi yang diterapkan oleh Aerofood ACS dilakukan melalui beberapa tahapan, mulai dari proses penerimaan bahan baku (receiving), penyimpanan bahan baku (storage), persiapan produksi, cold kitchen, hot kitchen, bakery dan pastry, hot dishing, penyusunan menu pada tempat perbekalan (meal tray set up), penyimpanan akhir (final holding) hingga transportasi atau distribusi produk.

Tahapan produksi ini dilakukan sedemikian rupa sesuai tahapan untuk menjaga kelancaran proses dan kualitas serta keamanan produk yang dihasilkan. 
Pengaturan dilakukan dengan membedakan ruang proses produksi berdasarkan alur proses dan bahan baku yang digunakan untuk menjaga keamanan produk dan mencegah kemungkinan terjadinya kontaminasi silang selama proses produksi.

Aerofood ACS

Sejak tahun 2000 ternyata Aerofood ACS tidak hanya melayani makanan untuk Garuda Indonesia saja, tetapi juga segala keperluan konsumen pesawat seperti selimut, koran dan majalah semua disediakan oleh Aerofood ACS.

Aerofood ACS melayani lebih dari 37 klien penerbangan dari berbagai negara dengan menu makanan yang berbeda, dengan lebih dari 500 jenis makanan belum termasuk special meal by request. Aerofood ACS memiliki 4 unit dapur satelit yang berlokasi di Daan Mogot, Cikarang, Cilegon dan Jatake.

Aerofood ACS melayani kelas penerbangan mulai dari first class, business class hingga economy class. Saat ini Aerofood ACS telah memiliki 9 unit dapur In-Flight Catering yaitu di Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, Lombok, Balikpapan, Medan dan Pekanbaru yang melayani Jasa Boga Penerbangan untuk Garuda Indonesia, Citilink dan mayoritas perusahaan penerbangan internasional yang terbang ke Indonesia.

Aerofood ACS juga sudah mendapatkan sertifikasi dengan standar mutu internasional ISO 9001 & ISO 22000, Food Safety Management yang mengedepankan unsur HSE (Health, Safety, & Environment), Food Safety HACCP dan pastinya sudah mendapatkan sertifikasi Halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).


Kitchen Tour Aerofood ACS

Info menarik yang saya dapatkan ternyata Aerofood ACS tidak hanya melayani kebutuhan makanan untuk maskapai penerbangan saja tetapi juga menyajikan catering untuk Industrial seperti perkantoran, rumah sakit, pabrik, sekolah, dan lainnya, bahkan untuk special event.

Saya mengalaminya sih ketika masih rutin kerja kantoran, apalagi kalau lagi dikejar deadline kerjaan saya bisa panik dan malas keluar ruangan untuk mencari makan. Menyuruh Office Boy (OB) atau pesan online karena sekarang lagi marak transportasi online yang menyajikan pelayanan pesan antar makanan juga merupakan pilihan jitu untuk memesan makanan.

Tapi terkadang susah sekali kita mencari tempat makan yang menyajikan makanan yang sehat dan higienis. Langganan catering juga merupakan solusi untuk mendapatkan makanan sehat, tentunya dengan catering yang kita sudah ketahui kredibilitasnya.

Nah Aerofood ACS merupakan salah satu pilihan catering yang tepat karena dengan adanya ahli gizi yang berperan, kita akan mendapatkan asupan makanan dengan takaran kalori, gizi yang tepat. Sehingga insya Allah gak ada deh insiden tiba-tiba ngantuk sehabis makan siang ataupun mengalami perut mulas karena mengkonsumsi makanan yang gak healthy.

Aerofood ACS juga menyediakan menu masakan rumahan atau menu-menu yang dapat disesuaikan dengan pesanan customer yang bisa di customize. Ketika kita berlangganan menu catering pasti pengen donk setidaknya sekali dalam 1 minggu kita bisa menikmati makanan dengan menu sehat, atau misalkan mencoba menu vegetarian. 
Saya ketagihan dengan menu vegetarian, kalau diolah dengan ahlinya, ternyata enak loh menyantap menu vegetarian.

Selain itu Aerofood ACS juga harganya bisa disesuaikan antara harga dan jumlah orang, karena ada staff analisnya nanti yang akan menjelaskan langsung.


Sesi foto menu Aerofood ACS

Aerofood ACS juga sudah bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata untuk mengedepankan sajian kuliner nusantara, sekaligus bentuk promosi kita ke dunia luar tentang kuliner kita yang banyak ragamnya. 
Salah satu kegiatan yang juga dilakukan sebagai bentuk support Kementerian Pariwisata ini adalah dalam mempromosikan 5 Signature Dish Indonesia seperti rendang, sate, nasi goreng, soto, hingga gado-gado.


SEKILAS TENTANG AEROFOOD ACS

Perjalanan PT Aerofood Indonesia ternyata sudah lumayan panjang dan sangat berpengalaman, dan beberapa kali melakukan pergantian nama sebelum final menggunakan commercial name Aerofood ACS.


Front desk Aerofood ACS

Awal berdiri dengan nama PT. Aero Garuda Dairy Farm yang didirikan pada tanggal 23 Desember 1974 dan mulai beroperasi di Bandara Kemayoran lalu Bandara Halim Perdana Kusuma bekerjasama dengan perusahaan In-Flight Catering yang berbasis di Hongkong.

Lalu berganti nama menjadi PT. Angkasa Citra Sarana Catering Service yang lebih dikenal dengan singkatan “ACS” yang masih melekat hingga dengan hari ini.


Tampak luar gedung Aerofood ACS

Tahun 1991 PT. Angkasa Citra Sarana Catering Service mengganti commercial name-nya menjadi Aerowisata Catering Service (ACS), lalu di tahun 2010 kembali melakukan rebranding menjadi PT. Aerofood Indonesia dengan commercial name Aerofood ACS.

PT. Aerofood Indonesia atau yang lebih dikenal dengan Aerofood ACS sebagai commercial brand-nya merupakan perusahaan In-Flight Catering (Jasa Boga Penerbangan) bertaraf internasional dengan pengalaman dalam bisnis lebih dari 4 dekade.

Aerofood ACS merupakan bagian dari holding company PT. Aerowisata yang merupakan anak perusahaan dari Flag Carrier Indonesia yaitu PT. Garuda Indonesia (Persero), Tbk.

Di tahun 2002 Aerofood ACS melakukan ekspansi ke pasar di luar Jasa Boga Penerbangan dengan mendirikan Industrial Catering, melayani jasa catering untuk para karyawan pabrik, perkantoran, pasien rumah sakit, learning center, sekolah serta perusahaan minyak, tambang dan gas.

Untuk kalian yang ingin mengetahui lebih jauh tentang Aerofood ACS bisa mengunjungi website dan akun sosial medianya ya.


AEROFOOD ACS
Instagram: @aerofoodacsindo
Facebook: @aerofoodacsindo



26 comments:

  1. Aerofood membuat penerbangan menjadi nyaman dan makan enak. Apalagi kalau dipesawat makan yang wangi, seluruh ruangan udara tercium aroma . hahaha jadi lapar

    ReplyDelete
    Replies
    1. menu favorit mpo ratna apa nih kalau lagi naik pesawat :)

      Delete
  2. wii keren ternyata isi dapurnya. pantas udah dapet sertifikasi internasional jadi yang disajikan di pesawat bukan makanan biasa

    ReplyDelete
  3. Wuih, itu keren banget yah. Kalo dapur aku kayak gitu, gimana jadinya yaaak. Btw wajar deh kalo udah kek gitu. Top

    ReplyDelete
    Replies
    1. wuihh dapur rumah mba milda kalau seperti kitchennya Aerofood bisa buat bisnis donk mba hehe

      Delete
  4. Enak banget dong bisa langsung melihat proses memasak makanan untuk inflight ini ya, koq jadi pengen mencicipi makanan inflight

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuklah terbang ke Jakarta kk naik Garuda pasti nnti ikut mencicipi πŸ˜€

      Delete
  5. Beruntung banget bisa berkunjung kesini. Dulu sempet pengen ngincer magang disini, eh gak kesampean. Baca2 tulisan ini jadi terobati deh sedikit kekepoannya. Hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah semoga next mba Lulu dpt kesempatan ya :)

      Delete
  6. Kl aku kadang ilang selera kl makan dlm penerbangan yg jauh.. Keburu stres he he norak yah 😁😁

    ReplyDelete
  7. Kl aku kadang ilang selera kl makan dlm penerbangan yg jauh.. Keburu stres he he norak yah 😁😁

    ReplyDelete
  8. Bener2 kudu steril ya, Mba kalau masuk ke dalam dapur raksasa sekelas aerofood. Moment paling suka ya saat nyobain masakannya.. hahaha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi aq terkadang gt deh nyium wanginya aja udah seneng pas nyobain udh berasa kentangnyaπŸ˜€

      Delete
  9. Jadi Aerofood ACS ini yang mengakomodir makanan di semua penerbangan Garuda ya mba ri?

    ReplyDelete
  10. Jadi Aerofood ACS ini yang mengakomodir makanan di semua penerbangan Garuda ya mba ri?

    ReplyDelete
  11. Jadi ngerti seluk beluk catering di pesawat ya Mak.
    SERUUUUUU!
    kindly visit my blog: bukanbocahbiasa(dot)com

    ReplyDelete
  12. Duh beruntung babget mbak bisa kitchen tour ke Aerofood.. mupeng 😍

    ReplyDelete
  13. Ih keren ya tempatnya, steril banget bok. Masuk ke sana mesti make pakaian steril gitu

    ReplyDelete
  14. Belum pernah naik pesawat nih aku kak Ria. Jadi belum pernah nyobain masakan dari Aerofood ACS tapi pastinya makanan yang disajikan berkualitas ya.

    ReplyDelete
  15. Kita masak sendiri aja belum tentu sampe sebegitu sterilnya ya, Mba Ria, haha... Semua bahan2nya masuk lab dulu untuk diperiksa ada bakteri atau enggak. Jadi nggak cuma enak, tapi kesehatannya pun terjaga. Love deh Aerofood :)

    ReplyDelete

Mohon jangan berkomentar SPAM, terimakasih.