Thursday 24 January 2019

Koko Olimpiade 2019 Berikan Edukasi di Ajang Kreasi dan Prestasi


Koko Olimpiade Berikan Edukasi di Ajang Kreasi dan Prestasi


Assalamualaikum Bunda...

Sudah menyajikan sarapan sehat apa hari ini ?

Membahas tentang sarapan di pagi hari itu pasti banyak macamnya, terkadang tiap keluarga punya kebiasaan dan sajian favorit di tiap menu sarapan. Sarapan itu sangat penting loh untuk konsentrasi anak-anak kita ketika mereka beraktifitas di sekolah.

Dengan sarapan yang baik dan cukup gizi membuat anak-anak lebih konsentrasi ketika menyerap pelajaran di sekolah. Sarapan yang seimbang sangat baik dan penting untuk pertumbuhan anak.

Dengan sarapan pagi kita yang dewasa juga bisa beraktifitas dengan baik dan konsentrasi dalam bekerja ketika kita sudah sarapan pagi sebelum beraktifitas. Saya pribadi dengan sarapan pagi buat hari saya lebih baik dan lebih semangat ketika bekerja, gak mudah lesu. 
Yang penting sarapannya jangan kebanyakan ya nanti bikin ngantuk. Waktunya bekerja malah tidur deh hehe.

Sebagai orang tua kita harus bisa memberikan sarapan terbaik bagi anak-anak kita. berikan sarapan cereal yang bisa memberikan manfaat lebih untuk kebutuhan nutrisi mereka. Ajak anak untuk ikut mempersiapkan sarapannya, misalnya biarkan anak belajar mengaduk susunya atau mempersiapkan cerealnya.

Selasa (22/01/2019) saya mengikuti acara Nestle Koko Krunch yang membahas tentang program kegiatan Koko Olimpiade 2019 yang dihadiri oleh para narasumber antara lain Alaa Shaaban (Business Executive Officer NestlĂ© Breakfast Cereals Indonesia), Prof. Dr. Ir. Ali Khomsan, MS  (Guru Besar Pangan dan Gizi IPB), Samanta Ananta, M. Psi. Psikolog (Psikolog Anak & Keluarga).

Koko Olimpiade 2019 akan diselenggarakan pada bulan Februari hingga November 2019, akan di selenggarakan di 36 kota. Kegiatan edukasi dan menghibur ini dikemas secara menyenangkan untuk seluruh keluarga. Dengan beragam acara antara lain mulai dari seminar gizi untuk orang tua dan lomba menggambar dan mewarnai untuk anak-anak berusia 6 – 12 tahun, untuk memupuk bakat dan kreativitas anak.

Alaa Shaaban

Mr. Alaa Shaaban mengatakan bahwa sejak tahun 2001 hingga kini Koko Olimpiade telah menjangkau lebih dari 200.000 anak di Indonesia. Koko Olimpiade 2019 yang akan diselenggaraka di 36 kota diperkirakan akan menjangkau lebih dari 45.000 peserta.

Mr Shaaban juga mengucapkan rasa syukur atas sambutan serta semangat anak-anak Indonesia yang luar biasa terhadap Koko Olimpiade ini, diharapkan semangat dan kreativitas tersebut dapat terus berkobar di tahun 2019 nanti.

Kegiatan ini merupakan bagian dari komitmen Nestle KOKO KRUNCH untuk mendorong kebahagiaan anak-anak Indonesia dengan mewujudkan potensi terbaik mereka melalui kebiasaan sarapan seimbang dan bernutrisi setiap hari.


Samantha Ananta

Untuk memupuk kreativitas anak sejak dini melalui karya seni memiliki dampak positif pada kebahagian dan masa depan anak. 
Menurut Samantha Ananta, Anak yang aktif membuat karya seni cenderung lebih banyak mempunyai ide positif dalam kaitan penemuan teknologi. melalui seni anak-anak akan belajar untuk berpikir out of the box sehingga mereka pun terlatih untuk mencari solusi terhadap masalah yang dihadapi.

Jangan pernah mengekang atau menjudge kreativitas anak, contohnya ketika anak cenderung menggambar pada satu obyek saja secara terus menerus, jangan diprotes ya bun, karena bisa jadi selama ini hanya obyek  itu yang mereka lihat dan mereka ketahui. 
Agar anak lebih berkreativitas ajak anak melihat obyek lain bisa melalui televisi atau bisa juga ajak mereka jalan-jalan ke obyek lain yang bisa membuat pengetahuan mereka bertambah.

Samanta menjelaskan bahwa menciptakan dan mengamati seni dapat mengurangi kortisol, ‘hormon stres’. Melakukan sesuatu yang kita sukai juga bisa melepaskan endorfin, ‘hormon yang memberikan rasa bahagia’. Kreativitas yang lebih besar bisa enimbulkan kebahagian yang mendalam. 
Dengan memiliki kreativitas seseorang bisa lebih mampu memecahkan masalah kecil yang menimpanya setiap hari.


Prof. Dr.Ir. Ali Khomsan

Anak-anak yang bahagia, kreatif dan berpikiran positif memulai hari tentunya dengan sarapan yang seimbang dan bernutrisi. Menurut Prof. Dr.Ir. Ali Khomsan, sarapan lebih dari sekedar mengawali hari tapi sarapan adalah dasar untuk mengejar masa depan yang lebih baik. 

Anak-anak yang sarapan seimbang dan bernutrisi cenderung memiliki konsentrasi, berenergi dan bahagia sepanjang hari.

Berdasarkan hasil penelitian data sarapan anak Indonesia didapatkan:
  • Sebanyak 26,1% anak Indonesia hanya mengonsumsi minuman (air putih, teh, susu)
  • Hanya 10,6% dari sarapan anak yang mencukupi energi >30%



Pola sarapan anak Indonesia, prosentase terbesar makanan yang dikonsumsi adalah karbohidrat saja, yaitu 26,70% (usia 3-5 tahun) dan 23,73% (usia 6-12 tahun).

Di pedesaan masih banyak anak-anak yang pola sarapannya masih KKN - Kerupuk Kecap Nasi, dan asal kenyang. Dulu waktu kecil saya juga pernah nyobain sarapan seperti ini, sepertinya rasa manis dari kecap yang buat anak suka sarapan seperti ini. 
Konsumsi sarapan lengkap dan seimbang adalah yang mencakup karbohidrat, protein, vitamin, mineral dan serat.




Sereal yang terbuat dari gandum utuh mempunyai kandungan serat yang tinggi yang dapat membantu menjaga kesehatan usus dan proses pencernaan di tubuh kita. Tak hanya itu, serat juga dapat mengurangi resiko obesitas, diabetes dan penyakit jantung koroner.

Dan, yang tak kalah pentingnya, sebuah penelitian juga mengungkapkan bahwa anak-anak yang memiliki kebiasaan mengonsumsi sarapan bergizi seimbang memiliki nilai akademis 4,5 kali lebih tinggi dibandingkan yang tidak sarapan.

Nestle Breakfast Cereal dalam mengedukasi nutrisi tidak hanya lewat kegiatan Koko Olimpiade saja, tapi juga ada kegiatan lainnya, antara lain kampanye PESAN (Pekan Sarapan Nasional). 

Nestle Breakfast Cereal Indonesia sejak tahun 2013 telah aktif mengkomunikasikan pentingnya sarapan seimbang dan bergizi melalui kampanye PESAN. Selain itu juga meluncurkan program edukatif dan informatif seperti komik edukasi pentingnya sarapan serta memberikan sereal sarapan untuk anak-anak di wilayah Timur Indonesia.




KOKO KRUNCH yang terbuat dari gandum utuh mempertahankan semua 3 lapisan gandum yaitu lapisan luar, dalam dan inti yang berasal dari biji-abijian yang berperan penting dalam memenuhi kebutuhan akan gizi seimbang karena merupakan sumber vitamin, mineral dan serat.

Ada beberapa pilihan kemasan selain KOKO KRUNCH Combo Pack kini KOKO KRUNCH memberikan akses ke lebih banyak keluarga Indonesia dalam format All-in-One termasuk susu dengan harga yang terjangkau yakni Rp 3.500,-

Pendaftaran peserta Koko Olimpiade 2019 dimulai pada bulan Februari 2019. Formulir pendaftaran dapat diperoleh dengan pembelian minimal 1 produk Nestle KOKO KRUNCH Combo Pack 32 gram di berbagai pusat perbelanjaan seperti mini market, supermarket dan hypermarket. 
Peserta dapat membawa serta struk belanja atau kwitansi pembeliaannya pada saat mendaftar.

Informasi lebih lanjut tentang lokasi dan detil acara nanti, silakan mengunjungi Facebook Page Nestle Breakfast Cereals Indonesia atau menghubungi hotline Nestle di 0800-1821028.


Tentang Nestle Indonesia

Nestle  Indonesia adalah anak perusahaan Nestle S.A, produsen makanan dan minuman terbesar di dunia yang berkantor pusat di Vevey, Swiss. Sebagai perusahaan di bidang gizi, kesehatan dan keafiatan, Nestle ini telah beroperasi selama lebih dari 150 tahun dan hadir di 189 negara dengan lebih dari 2.000 merek yang seluruhnya memiliki tujuan yang sama yaitu meningkatkan kualitas hidup dan berkontribusi untuk masa depoan yang elbih sehat.

Nestle Indonesia didirikan pada tahun 1971 dengan mempekerjakan sekitar 3.700 karyawan. Nestle Indonesia memiliki tiga pabrik di Indonesia yang memproduksi susu, makanan, minuman dengan merek-merek terkenal seperti DANCOW, MILO, NESCAFE, LACTOGROW, CERELAC, KITKAT, BEARBRAND dan lainnya.




4 comments:

  1. Anak pertamaku bisa nih ikutan. Usianya pas ikut Olimpiade Koko Krunch. Sarapan memang jadi modal utama biar anak tambah semangat belajar dan ikut aktivitas seharian.

    ReplyDelete
  2. Aku juga rencana mau ajak anak pertama ikutan Koko Olimpiade mbak. Katanya Katanya bulan besok udah bisa langsung daftar ya! Cukup beli produk Koko Krunch nya kan.

    ReplyDelete
  3. Sarapan itu memang penting banget baik untuk anak maupun orang dewasa. Kalau enggak sarapan nanti siangan dikit suka nge-hang. Hehehehe. Jadi gak bisa ikutan olimpiade, deeeh.

    ReplyDelete
  4. Kokocranch anakku suka bnget mba di gado malah .. jadi mau daftarin k Koko olimpiade nih

    ReplyDelete

Mohon jangan berkomentar SPAM, terimakasih.