Sunday 3 March 2024

DonDong Mengatasi Perut Begah dan Bikin Adem

 

nutrisari dondong

Saya sebagai penikmat makanan nusantara dengan sensasi rasa pedas, apalagi menyantap makanan favorit di saat lagi lapar akut, masya allah surga dunia banget itu. “Nikmat mana lagi yang kamu dustakan.”

Ketemu teman-teman dilanjut acara makan bareng memang menyenangkan, sambil sharing berbagai macam makanan sambil ngobrol tentang kabar masing-masing, gak terasa sambil icip-icip berbagai menu makanan sambil ngupi cantik. Abis itu dilanjut foto-foto aahh serunyaaa ๐Ÿ˜


nutrisari dondong


Sharing cerita sambil sharing makanan dengan pilihan ragam makanan terkadang bikin lupa diri dan lupa kalau ternyata sudah banyak makan hehe, walaupun sekedar icip-icip menu teman lainnya. Terkadang pilihannya tidak sekedar makanan pokok, kudapan atau cemilannya yang banyak ๐Ÿ˜„

Saat sampai rumah baru terasa perut terasa begah karena kekenyangan. Sudah pasti perut jadi terasa tidak nyaman. Perut begah biasanya ditandai dengan perut yang terasa penuh dan kencang. Kondisi ini juga disertai dengan sendawa dan sering buang angin. Perut begah umumnya disebabkan oleh banyaknya gas yang terperangkap di saluran cerna.

 

Cara Mengatasi Perut Begah

Mengalami perut begah tentu bikin aktivitas terganggu dan bikin perut tidak nyaman. Berikut beberapa tips cara mengatasinya, antara lain:

 

1. Cukup Minum atau Tetap Terhidrasi

Cukupi kebutuhan hidrasi harian tubuh kita, dimana lebih dari 70% atau sebagian besar tubuh manusia terdiri dari air. Menjaga hidrasi menjadi hal yang sangat penting untuk kesehatan tubuh. Dengan menjaga tubuh tetap terhidrasi mampu mengurangi kembung. Saat mengalami dehidrasi, organ pencernaan tubuh kita menjadi kurang terlumasi dan akan menganggu proses pencernaan.

2. Tetap Beraktivitas Ringan

Kebiasaan buruk kita setelah makan biasanya akan mengalami ngantuk dan akhirnya malas gerak dan lebih memilih rebahan. Ssetelah makan sebaiknya kita tetap beraktivitas, seperti melakukan pekerjaan rumah yang ringan atau dengan berjalan kaki. Melakukan gerakan jalan kaki ringan setelah makan dapat membuat makanan dapat dicerna lebih baik sehingga terhindar dari kembung dan kekenyangan. Selain itu juga dapat menyeimbangkan gula darah dan menghindarkan penumpukan lemak.

 

3. Berbaring Miring

Berbaring miring memiliki beberapa manfaat untuk pencernaan. Jika perut terasa begah dan kembung, dengan berbaring miring ke kiri, hal ini memungkinkan gravitasi untuk membantu pencernaan, menggerakkan isi lambung dan usus.

 

4. Konsumsi Buah Kedondong

Buah kedondong yang rasanya cenderung asam segar, saya biasanya konsumsi sebagai campuran untuk rujak atau manisan. Dibalik bentuknya yang kecil dan berwarna hijau, buah kedondong mengandung antioksidan dan juga serat yang sangat baik untuk sistem pencernaan, juga dapat mengatasi sejumlah keluhan seperti gastrointestinal yang umum seperti kembung, gangguan pencernaan, begah dan perut kembung.

nutrisari dondong


Buah kedondong juga kaya nutrisi esensial, menjaga kesehatan kulit dan mencegah penuaan dini. Selain itu buah kedondong juga bisa menurunkan berat badan, cocok banget nih buat yang lagi diet. Manfaat lainnya buah kedondong juga bisa untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Banyak sekali ya manfaat dari buah kedondong.

Namun sayangnya buah kedondong termasuk buah musiman, yang ketika sedang tidak musimnya terkadang cukup sulit ditemukan.

 


DonDong, Minuman Manis Kaya Manfaat

 

Mengkonsumsi minuman manis memang menyegarkan, apalagi di minum saat cuaca terik. Tetapi terkadang saya suka merasa bersalah kalau keseringan konsumsi minuman manis yang minim manfaat karena efeknya kurang bagus untuk tubuh.

Saya termasuk yang suka lupa makan kalau sudah sibuk dikejar deadline kerjaan. Saya tipe orang yang panikan dan efeknya saya jadi suka telat makan dan keseringan makan tidak teratur, sehingga terkadang jadi suka saya rapel makannya. Akibatnya bikin perut saya begah dan kembung, jadi nano-nano deh rasanya.

nutrisari dondong


Kini alhamdulillah saya sudah menemukan solusinya nih sejak konsumsi DonDong, DonDong merupakan satu-satunya minuman dari buah kedondong dalam bentuk serbuk yang bukan sekedar minuman biasa, tapi kaya manfaat yang baik untuk pencernaan. Membantu mengatasi masalah perut begah dan kembung. DonDong merupakan minuman dari sari buah kedondong yang bikin Perut Adem No Begah Dong!” 

nutrisari dondong


DonDong rasanya segar dan kaya akan vitamin C. DonDong kandungannya terdiri dari perpaduan buah kedondong, ekstra pepaya dan yogurt. Cocok nih buat saya sebagai penyuka minuman manis tapi bermanfaaat, rasanya enak dan bikin nagih!

 

DonDong bisa diminum dalam keadaan dingin atau panas, sesuai selera. Saya sih lebih suka minum yang dalam kondisi dingin, ditambah batu es, duh seger banget apalagi pas diminum di siang hari yang  panas.

nutrisari dondong


Saya biasa konsumsi minuman DonDong saat selesai makan, habis berolahraga, saat santai bahkan terkadang saat menjelang tidur, membuat perut rileks sehingga bisa tidur nyenyak. DonDong juga praktis buat dibawa saat bepergian agar tetap terhidrasi.

Nah kalian yang suka dikejar deadline, atau suka lembur sehingga suka lupa makan yang akhirnya suka makan barbar biar tidak mengalami begah karena kekenyangan ada baiknya selalu stok minuman DonDong ini. Saya sendiri suka stok juga di tas saat bepergian, buat jaga-jaga kalau saya makan di luar rumah. Praktis tinggal seduh DonDong, karena DonDong saat ini satu-satunya minuman buah kedondong dalam bentuk serbuk yang baik untuk perut agar tidak begah setelah makan.

Bulan Ramadan sudah tinggal hitungan hari nih, sudah terbayang nih waktu berbuka bakal segar bikin kreasi minuman dong. DonDong ingin saya kreasikan jadi minuman segar yang bisa dipadukan dengan kelapa muda, biji selasih dan tentu saja es batu. Hmm sudah terbayangkan segernyaa ๐Ÿ˜

Buat kalian yang pola makannya masih berantakan, yuk mulai terapkan makan dengan teratur agar metabolism tubuh tetap terjaga dengan baik. Menunda waktu makan bisa merusak pola makan, karena makan di saat lapar akut bisa membuat makan berlebihan yang tentu saja bisa memicu rasa begah dan kembung efek dari kekenyangan.

 


#dondong #kedondong #dinginsegar #panasnikmat #perutadem #nobegahdong #nutrisari #antibegah #minumansegar #minumansehat #buahkedondong


14 comments:

  1. Wah baru tahu buah kedondong mengatasi perut begah. Aku suka banget nih sama kedondong. Selalu beli dan dicemilin plus dirujakin

    ReplyDelete
    Replies
    1. ternyata manfaatnya banyak banget ya mba, kalau lagi susah cari kedondong minum DonDong ajaa :)

      Delete
  2. Wahh baru Tau kedondong mengatasi perut begah bisa yah mba ri?

    ReplyDelete
  3. Baru dengar nih, sudah bisa dibeli di toko kelontong dan minimarket apa blm ya

    ReplyDelete
  4. Aku juga suka makn peda walau ga yang pedes banget mbak Ri. Ini solutif banget buat yang keaseman oalo makan keodndong tapi tetap dapat manfaatnya lewat DonDong๐Ÿ˜

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya solusi jitu, aq klo mkn dondong kdg lbh sk yg putihnya ga kuat asam, alternatif minum DonDong lbh aman hehe

      Delete
  5. Aku tuh orangnya pengentutan Mbak Ria. Kenalpot nih keknya udah kendor hahahaha. Menarik juga nih mengkonsumsi DonDong. Siapa tahu cocok. Kebetulan pulak saya juga penggemar juice kedondong yang memang enaknya jempolan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahh juice kedondong emang seger bgt cm kan musiman buahnya jd lbh aman stok DonDong btw mba Annie ky alm suamiku sk buang gas hahahaha

      Delete
  6. Hmmm kebayang langsung ngeces rasanya liat minuman sari dondong, aku suka banget sama dondong buat rujakan, ternyata bisa meredakan begah perut ya, thanks infonya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyesss aq pun jd nambah ilmu btw karena buah kedondong musiman jd ama nya stok DonDong ka

      Delete
  7. Selama ini makan kedondong biasanya di padukan jadi rujak atau asinan. Ternuata manfaat buahnya jg bisa meredakan perut begah.
    Apalagi ada kemasan instan gini lwbih praktis konsumsinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. yess selama ini suka mengabaikan kedondong klo di buah rujak tp aq suka jus kedondong, segeerr btw klo gak ada tgl seduh DonDong aja, praktis yaa

      Delete

Mohon jangan berkomentar SPAM, terimakasih.