Thursday 23 July 2020

Sedekah Daging Kurban di tengah wabah Covid-19


Sedekah Daging Kurban di tengah wabah Covid-19


Perayaan hari raya Idul Adha atau hari raya Qurban atau disebut juga lebaran haji tahun ini sedikit berbeda seperti halnya Hari Raya Idul Fitri yang lalu. Kita merayakan dalam kesederhanaan di tengah pandemi, tidak semeriah tahun-tahun sebelumnya.

Hari raya Idul Adha diperingati setiap tanggal 10 Dzulhijjah, tahun ini jatuh pada tanggal 31 Juli 2020 dan spesialnya jatuh pada hari Jum’at.

Banyak keutamaan di bulan Dzulhijjah yang bisa kita lakukan sebagai bentuk amalan kita, seperti puasa sunah, memperbanyak sholat sunnah seperti tahajud, dhuha, sedekah, membaca Alquran dan juga tentunya berkurban.




Berkurban atau menyembelih hewan kurban yang dilakukan setelah melakukan shalat Idul Adha, menjadi salah satu amal kebaikan yang disukai oleh Allah. Selain untuk meningkatkan ketaqwaan dan keimanan pada Allah SWT, berkurban adalah bentuk rasa empati pada sesama.

Di tengah masa pandemi banyak yang terkena imbas perekenomiannya, karyawan banyak yang dirumahkan bahkan kena PHK. Keinginan untuk berkurban semakin sulit, sedangkan masih ada masyarakat di pelosok sana yang hanya bisa menikmati makan daging hanya setahun sekali, bahkan ada yang belum pernah merasakan makan daging.



Sedekah Daging Bersama Dompet Dhuafa

Sedekah daging merupakan program dari Dompet Dhuafa yang saat ini mulai dilaksanakan di bulan Dzulhijjah untuk menyambut momentum hari raya Qurban. Apalagi ditengah pandemi ini banyak yang tidak bisa ikut berkurban karena perekonomian kita lagi terpuruk.

Dengan sedekah daging ini Dompet Dhuafa mengajak #OrangBaik yang belum memiliki kesempatan untuk berkurban, namun ingin ikut berbagi dan membantu masyarakat kurang mampu untuk bisa merasakan nikmat dan berkahnya daging kurban, terutama di wilayah pelosok melalui Sedekah Kurban.



Nantinya melalui sedekah daging kurban donasi akan dikonversikan menjadi hewan kurban yang akan disalurkan ke masyarakat kurang mampu di berbagai wilayah di pelosok Indonesia. Dengan nominal donasi adalah Rp. 100.000,-

Untuk berdonasi program sedekah daging ini bisa melalui situs KitaBisa.com yang merupakan program Sedekah Daging Kurban bersama Dompet Dhuafa, info lengkapnya bisa diakses dengan klik sedekah daging

Melalui program Sedekah Daging ini walaupun kita belum bisa melaksanakan kurban tahun ini insya Allah tetap bisa bersedekah daging untuk yang membutuhkan. Walaupun niat dan dalilnya berbeda dengan berkurban, dengan bersedekah daging insya Allah amalan kita pahalanya terus mengalir jika dilaksanakan secara ikhlas dan dengan niat yang tulus.

"Dan orang yang disempitkan rezekinya hendaklah memberi nafkah dari harta yang diberikan Allah kepadanya. Allah tidak memikulkan beban kepada seseorang melainkan (sekedar) apa y ang Allah berikan kepadanya. Allah kelak akan memberikan kelapangan sesudah kesempitan." [QS. At Thalaq: 7]

1 comment:

  1. Semoga yang tahun ini baru bisa sedekah daging, kita dimampukan untuk berkurban tahun depan.
    Aamiin.

    ReplyDelete

Mohon jangan berkomentar SPAM, terimakasih.