Tuesday, 13 August 2019

Suprasi Solusi Jitu Bagi Ibu Menyusui


Suprasi Solusi Jitu Bagi Ibu Menyusui


Aktifitas menyusui merupakan momen yang paling menyenangkan bagi seorang ibu dimana kita bisa lebih dekat dengan anak dan tentu saja memiliki banyak manfaat bagi ibu dan bayi. ASI (Air Susu Ibu) merupakan nutrisi penting untuk menopang proses tumbuh kembang bayi.

#SayaPejuangASI (foto:dokpri)

Pemerintah juga sudah mencanangkan program pemberian ASI ekslusif di 6 bulan pertama dilanjut dengan masa 12 bulan hingga 24 bulan. World Health Organization (WHO) mengajurkan agar bayi diberikan ASI eksklusif sejak lahir sampai berusia 4 hingga 6 bulan. Artinya, selama periode tersebut, bayi hanya diberi air susu ibu tanpa makanan pendamping lain.

Namun sayangnya tidak semua para ibu menyusui sukses memberikan ASI ekslusif kepada bayinya, banyaknya problema yang muncul pada sang ibu seperti ASI kurang lancar dan lain sebagainya menjadi PR tersendiri bagi ibu menyusui.


Pada Sabtu (10/8/2019) saya berkesempatan hadir di talkshow menarik yang diadakan oleh Sido Muncul Herbal bekerjasama dengan Woop.id dalam rangka memperingati Pekan ASI Sedunia pada tanggal 1 – 7 Agustus dengan mengangkat tema "Don't Give Up, Tetap Menjadi Pejuang Asi" bersama para narasumber antara lain Dr. Raissa Djuanda (Ahli Gizi), Adya Kirana (Parenting & Beauty Influencer), Marissa (Research & Development Sido Muncul), dan Boejong Mulia (Product Manager Sido Muncul Herbal).

Para narasumber (foto:dokpri)

Pada kesempatan kali ini Adya Kirana yang biasa disapa Kenny sharing tentang pengalamannya saat memberikan ASI pertama dimana penuh drama dan horor karena puting payudaranya sampai luka atau istilahnya berdarah-darah hehe.. 

Tapi hanya berlangsung sebentar sekitar 1 sampai 2 hari saja. Setelah 1 - 2 bulan dan seterusnya lancar hingga bisa memberikan ASI eksklusif sampai 1 tahun 2 bulan pada anak pertamanya.

Adya Kirana (foto:dokpri)

Mbak Kenny beruntung punya mertua yang selalu mengingatkan untuk selalu pumping ASI sehingga pemberian ASI pada bayinya tercukupi.

Tips jitu dari mbak Kenny agar ASI lancar:
  • Minum vitamin B12
  • Banyak minum air putih
  • Banyak konsumsi buah dan sayuran, sayur katuk atau jus buah untuk penambah ASI
  • Jangan stress
  • Jangan begadang karena berpengaruh pada kelancaran ASI.
  • Berpikiran positif dan dibawa happy aja karena kalua ibunya happy pasti anak juga jadi ikutan happy. Luangkan waktu untuk me time, dan juga harus rajin pumping agar ASI lancar.

Agar produksi ASI lancar ibu menyusui juga harus tercukupi nutrisinya, hidrasi air minumnya juga tercukupi dan pastinya jangan stress.

Suplemen Suprasi (foto:dok.Hiip)

Ibu menyusui asupan kalorinya boleh ditambah. Bila biasanya makan normal dalam satu hari sebanyak tiga kali makan yaitu pada pagi, siang dan malam, untuk ibu menyusui boleh ditambah satu kali lagi yaitu pada sore hari, karena ibu menyusui suka gampang lapar 😃

Tapi tetep ya tambahan makannya hanya 400 kalori. Misalnya nih nasi 1 cup, 1 potong ayam dan ditambah sayur sudah mencukupi 400 kalori. Sayurannya untuk melancarkan ASI bisa konsumsi daun katuk yang banyak mengandung vitamin A, B, C, kalsium, fosfor, zat besi, protein dan karbohidrat.

Untuk pemenuhan hidrasi (cairan) ibu menyusui bisa dengan konsumsi air putih, sup, buah yang banyak mengandung air. Minimal dalam sehari ibu menyusui konsumsi sebanyak 10 – 12 gelas/hari.
ASI merupakan makanan terbaik, paling penting dan sehat ujar Dr. Raissa Djuanda. 

Dr. Raissa Djuanda (foto:dokpri)

ASI juga mudah dicerna usus bayi. Pada ASI terdapat kandungan anti infeksi untuk meningkatkan imun yang tidak bisa didapat dari sumber makanan lainnya.


Kandungan pada ASI:

Air, Asi mengandung 87,5 persen air. Karenanya pada periode ASI eksklusif selama 6 bulan, bayi  tak perlu diberi minuman atau makanan lain, kecuali dalam kondisi medis tertentu.

Kolostrum, Kolostrum merupakan ASI yang keluar pertama kali pada 1-5 hari pasca melahirkan. Kolostrum yang berwarna kekuningan ini mengandung immunoglobulin A yang tinggi. Jadi, sangat penting menyusui sejak bayi lahir.

Karbohidrat, karbohidrat utama dalam ASI adalah laktosa. Laktosa berfungsi sebagai energi untuk otak.

Protein, Protein penting yang terkandung dalam ASI, yaitu whey dan kasein. Kandungan whey pada ASI lebih tinggi dibanding susu formula. Dalam ASI juga terkandung asam amino taurin yang berperan untuk pertumbuhan otak. Selain itu, terdapat nukleotida yang berfungsi untuk perkembangan usus.

Lemak, Kadar lemak pada ASI berfungsi untuk pertumbuhan otak. ASI kaya akan lemak omega 3 dan omega 6. ASI juga mengandung zat penting untuk otak, yaitu DHA dan ARA. ASI juga mengandung asam lemak jenuh dan tak jenuh yang seimbang dibanding susu sapi.

Karnitin, Kartinin yang terkandung dalam ASI memiliki peran membantu proses pembentukan energi. Hal ini diperlukan untuk memertahankan metabolisme tubuh.

Vitamin dan Mineral. Vitamin E berfungsi untuk ketahanan sel darah merah. Vitamin A untuk kekebalan tubuh dan pertumbuhan si kecil. Terdapat pula vitamin yang larut dalam air seperti vitamin B, C, dan asam folat yang berfungsi untuk perkembangan otak dan daya tahan tubuh. Untuk kandungan mineralnya, antara lain kalsium yang berfungsi untuk perkembangan tulang dan otot, serta mengandung zinc untuk membantu metabolisme.

Menurut penelitian dilihat jangka panjangnya, bayi yang diberi ASI lebih sedikit resiko terkena obesitas dan juga diabetes. Bayi yang diberikan ASI biasanya beratnya stabil sehingga tidak terlihat terlalu gemuk.


Kenali Kualitas ASI

Koq ASI saya encer banget!

Harus diketahui dulu ASI itu ada 2 jenis, antara lain:

Foremilk
Foremilk adalah ASI matang yang keluar setelah ibu tidak lagi memproduksi kolostrum, bentuknya encer namun mengandung laktosa dan protein tinggi. Sehingga bisa memuaskan dahaga bayi tanpa mengurangi nutrisi yang bayi dapatkan. Foremilk juga berperan dalam perkembangan otak bayi.

Hindmilk
Setelah foremilk, tubuh ibu akan mengeluarkan hindmilk  yang lebih kental karena mengandung lebih banyak lemak yang bermanfaat bagi tumbuh kembang fisik bayi dan memberikan efek kenyang pada bayi.


Manfaat Sido Muncul Suprasi

Sejak zaman nenek moyang kita dahulu daun katuk sudah dikenal sebagai sajian wajib bagi ibu menyusui. Karena sejak dahulu salah satu manfaat daun katuk terkenal untuk memperlancar ASI yang disarankan dikonsumsi oleh ibu menyusui.

Daun katuk atau Sauropus androgynus Folium merupakan tanaman yang tumbuh diberbagai negara di Asia. Saya biasanya konsumsi daun katuk dimasak dan dijadikan sup segar tapi ada juga yang mengkonsumsinya dengan cara dijadikan lalapan, bahkan ada yang dibuat menjadi jamu atau merebusnya dan meminum air rebusannya.

Manfaat daun katuk untuk meningkatkan produksi ASI bukan hanya isapan jempol belaka karena beberapa penelitian sudah menunjukkan hasil yang serupa salah satunya penelitian yang diterbitkan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Kementrian Kesehatan RI tahun 2004.

Daun katuk mengandung steroid dan polifenol yang dapat meningkatkan kadar prolactin, hormone pelancar ASI. Daun katuk juga menyimpan banyak nutrisi penting seperti vitamin A, B, C, kalsium, fosfor, zat besi, protein dan karbohidrat.


Ingin memberikan ASI ekslusif tapi tidak doyan sayur?

Ibu Marissa (Research & Development Sido Muncul) menjelaskan adanya data yang menyebutkan hanya sekitar 35,7% bayi di Indonesia yang mendapatkan ASI eksklusif dan masih jauh dibawah standar rekomendasi WHO sebesar 50% membuat Sido Muncul meluncurkan suplemen Suprasi yang dikemas dalam bentuk kapsul sehingga lebih praktis dikonsumsi para ibu menyusui.

Marissa - R&D Sido Muncul (foto:dokpri)

Suplemen Suprasi juga merupakan solusi bagi ibu-ibu yang tidak menyukai sayuran agar produksi ASI tetap lancar.

Suplemen Suprasi diproduksi di pabrik berstandar GMP (Good Manufacturing Practice) dan dianalisis pada laboratorium yang telah terakreditasi. Sido Muncul Suprasi dibuat dengan bahan alami terstandarisasi dan telah bersertifikat halal MUI. Tiap kapsulnya mengandung ekstra daun katuk 300 mg dan diperkaya dengan vitamin B12 yang berfungsi untuk membantu pembentukan sel darah merah sehingga ibu menyusui tetap sehat dan bugar.

Dengan konsumsi suplemen Sido Muncul Suprasi sangat praktis kita gak perlu repot lagi untuk merebus atau memasak daun katuk karena kandungan suplemen ini sudah mencukupi kebutuhan bagi para ibu menyusui. Sangat cocok untuk ibu yang bekerja atau yang kegiatannya sangat padat.

Boejong Mulia - PM Sido Muncul Herbal (foto:dokpri)

Pada kesempatan kali ini juga bapak Boejong Mulia (Product Manager Sido Muncul Herbal) turut memperkenalkan produk terbaru dari Sido Muncul yaitu jamu lifestyle yang sudah diolah secara modern dengan kemasan botol cantik. 
Benar kata bapak Boejong orang ketika mendengar kata Sido Muncul  pasti yang terlintas pasti tentang Jamu dan Tolak Angin, padahal produk Sido Muncul banyak sekali mulai untuk anak-anak, dewasa dan juga khusus untuk pria dan wanita.

Semangat ya untuk para ibu menyusui.
#SayaPejuangASI

1 comment:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Mohon jangan berkomentar SPAM, terimakasih.