Monday, 22 April 2019

Cilok Ayam Saus Kacang Sambal Andaliman


Cilok Ayam Saus Kacang Sambal Andaliman


Membahas tentang cemilan jadi kepikiran pengen jajan ya, hayukk siapa sih yang gak suka jajan. Nah saya termasuk yang suka iseng uji coba jajanan, salah satunya cilok. 
Walaupun bukan berasal dari Jawa Barat, tapi jajanan yang satu ini sukses suka bikin kangen.

Cilok merupakan makanan khas Jawa Barat yang terbuat dari tapioka yang kenyal dengan tambahan bumbu pelengkap seperti sambal kacang, kecap, dan saus. 
Cilok  biasanya bentuknya bulat-bulat seperti bakso, hanya saja berbeda bahan dasarnya.

Saya sendiri lebih suka mengolah cilok dengan campuran tepung  terigu dan tepung tapioka. Kalau ingin tekstur yang lebih kenyal bisa menggunakan perbandingan bahannya 1:1 antara tepung terigu dan tapiokanya, tapi kalau menginginkan teksur yang lebih lembut bisa menambahkan tepung terigu lebih banyak pada bahannya. 
Semua kembali ke selera masing-masing.

Walaupun masih belajar memasak tetapi saya sudah lumayan sering nih uji coba membuat cilok karena kebetulan suami saya suka dengan cemilan yang satu ini, dan suka iseng dirumah. Jadi daripada jajan diluar yang belum jelas bahan bakunya lebih baik buat sendiri dirumah yang insya Allah sudah terjamin bahan dasarnya dan juga kebersihannya, dan pastinya lebih iritkan dan bisa makan sepuasnya haha..

Cilok isi daging sapi 

Karena untuk konsumsi sendiri jadi saya suka bikin variasi untuk isian atau bahan ciloknya, terkadang buat dengan isian daging atau tetelan daging sapi, terkadang bahan ciloknya dicampur dengan udang. Nah untuk kali ini saya mencoba membuat cilok dengan tambahan bahannya menggunakan daging ayam. 

Cilok udang

Lebih spesialnya lagi untuk cilok kali ini saya mencoba menggunakan tambahan rempah andaliman atau merica batak. 

Baca juga: Andaliman, WarisanKuliner Khas Batak Toba

Untuk kali ini saya ingin membuat cilok yang lebih lembut jadi saya menggunakan tepung terigu lebih banyak.


Bahan:
150 gram tepung terigu
100 gr tepung tapioka
secukupnya air panas, saya menggunakan kaldu ayam
2 batang daun bawang rajang halus
2 siung bawang putih
75 gram daging ayam cincang, atau sesuai selera
secukupnya kaldu bubuk, garam, lada putih halus dan andaliman bubuk 
(bila tidak suka menggunakan kaldu bubuk bisa di skip).


Cara membuat:
  • Campur smua bahan, lalu tambahkan air kaldu panas sedikit demi sedikit hingga adonan menjadi kalis sehingga bisa dipulung, kalau menginginkan adonan yang agak lembek bisa dibentuk menggunakan bantuan sendok.
  • Lalu panaskan air hingga mendidih, cetak atau pulung-pulung adonan hingga menjadi bulat, bisa menggunakan tangan, tapi kemarin saya lagi males buletin adonan jadi saya menggunakan bantuan 2 sendok untuk membulatkan adonan.
  • Bila air sudah mendidih rebus cilok yang sudah dicetak hingga mengambang, biarkan hingga 5 menit, lalu angkat. Lakukan hingga adonan habis.
  • Kukus  cilok selama 30 menit dengan menggunakan api sedang agar cilok matang sempurna.
  • Cilok siap disajikan dengan sambal kacang atau tambahan saos sambal dan kecap, sesuai selera.


Bahan saus:
75 gram kacang tanah
3 buah cabai merah besar, buang biji
5 buah cabai rawit merah
2 sdm sambal andaliman
3 siung bawang putih
Saos tomat secukupnya
Gula merah, iris
Garam secukupnya.

Cara membuat saus:
Campur semua bahan lalu blender (kecuali sambal andaliman dan saos tomat), lalu masak saus sambal hingga mendidih agar tahan lama.
Note: jumlah cabai sesuai selera ya.

Teman-teman jangan lupa ya follow instagram kuliner saya @culinary_ria pasti saya folbek deh. 
Selamat mencoba teman-teman, kalau punya kreasi cilok lainnya bisa sharing ya disini 😍



9 comments:

  1. Asiiik akhirnya ada resep yg simple selama ini gagal bikin cilok, eh kalau yg pakai tetelan, tetelannya di rebus dulu mba? Ngiler akuuuutu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang ka klo bikin cilok sk susah2 gampang pokoknya hati mesti happy dulu hihi..btw iya tetelan direbus dl trus dicincang gt ka jd agak berasa gt. Tp balik ke selera ka mau dicincang apa dihaluskan😋

      Delete
  2. Mantaaaap kak, aku suka banget cilok lho, apalagi ada isian gitu, dicocol sambal ahhh sedaap

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayukk bikin kk Lia buat cemilan anak2' 😍

      Delete
  3. Mauu, enak seperti apalagi ada sensasi andai..

    ReplyDelete
  4. Akuuui suka cilok, taoi belom pernah bikin sendiri duh
    Ini kliatan yummi..jadi pengin bikin

    ReplyDelete
    Replies
    1. hayuukk bikin pakai andaliman mbaa..lebih makyoss

      Delete
  5. Kalau Mpo suka cireng daripada cilok. Mungkin karena beli di Abang Abang jadi rasanya anta.

    Nanti coba bikin deh, kebetulan baru beli sagu.

    ReplyDelete

Mohon jangan berkomentar SPAM, terimakasih.