Tuesday, 14 August 2018

Belajar Food Photography Menggunakan Smartphone


Belajar Food Photography Menggunakan Smartphone


Saya lagi senang mengisi konten salah satu akun sosial media instagram saya yang khusus untuk memajang foto makanan, beragam foto makanan yang saya posting di akun instagram saya mulai dari hasil foto masakan saya yang masih ala kadarnya, maklum masih belajar masak hehe sampai foto makanan ketika saya sedang wisata kuliner dengan teman-teman atau dengan keluarga.


Foto: dokumen pribadi

Berhubung hasil jepretan saya masih amatiran makanya saya lagi senang nih belajar foto dengan siapa saja yang lebih berpengalaman. Ketika diundang untuk hadir pada workshop yang diadakan oleh @foody.id saya senang banget apalagi yang bakal sharing ilmu adalah mas Bona dari @jajanbeken. Workshop “Capturing Good Photos with Smartphone” diadakan di kantor Foody Indonesia yang berlokasi di Gedung Pacific Century Place Tower, Kawasan SCBD Jakarta.

Setelah saling berkenalan antar peserta, mas Bona langsung memulai acaranya. Acaranya berjalan seru dan mas Bona berbagi pengalamannya mengembangkan akun @jajanbeken yang kini sudah banyak mempunyai klien. Tipsnya mantep bangetkan, mau bangetkan kalau hobby foto bisa menghasilkan pundi rupiah.

Ada 4 point dasar yang di ajarkan mas Bona ketika kita menginginkan hasil foto makanan yang keren dan bisa menggugah selera, antara lain mengenai Food Styling, Best Angle, Timing dan Editing.


FOOD STYLING


Element

Unsur element pada foto makanan akan membuat tampak makanan lebih menarik yaitu dengan memperlihatkan beberapa bahan dasar dari makanan yang akan kita tampilkan. 

Foto: dok.Foody Indonesia

Contohnya, bila kita ingin menampilkan foto roti. Sebagai elementnya kita bisa menampilkan bahan-bahan yang ada dalam roti seperti tepung, mentega, telur, gilingan roti dan lainnya.


Composition

Memfoto makanan gak bisa asal jepret saja, dengan menata makanan dan juga segala pernak-pernik propertinya dalam komposisi yang menarik tentunya bisa menghasilkan foto yang lebih cantik. 


Foto: dok.Foody Indonesia

Contohnya nih dengan meletakkan komposisi jumlah ganjil biasanya lebih menarik. Misalnya dengan jumlah 3.


Rule of Third

Biasa juga disebut garis-garis cinta. Foto tampak menjadi lebih hidup jika di sajikan dengan ketentuan ini. 


Foto: dok.Foody Indonesia

Letakkan objek foto makanan di sisi garis kotak yang biasanya ada dalam layar kamera smartphone untuk menghasilkan foto yang lebih fokus dan tajam.


Rule of Colour

Sajian foto makanan akan lebih menarik dengan pemilihan warna yang menarik. Paduan warna yang kontras atau berseberangan bisa juga dipadukan. 


Foto: dok.Foody Indonesia

Misalnya untuk garnish bisa cari warna yang berseberangan.


BEST ANGLE

Angle foto makanan bisa diambil dari 3 sudut dengan keunggulan masing-masing sesuai dengan objek makanan yang akan di foto.
  • Eye level -  bisa di gunakan untuk jenis makanan yang tinggi seperti burger atau kue lapis, untuk minuman misalnya seperti susu, sirop atau minuman lain yang menggunakan dalam wadah bening.
Foto: dok.Foody Indonesia
  • 45 degree - adalah sudut yang paling banyak dipakai untuk memotret makanan secara detil dan paling mudah. Saya juga paling sering mengambil foto dengan angle ini karena lebih dapet angle makanannya.
Foto: dok.Foody Indonesia


  • Top Shot - adalah sudut untuk memotret makanan yang bentuknya flat atau datar, dengan angle ini biasanya kita bisa memfoto makanan dengan lebih banyak jumlah objeknya. Biasanya dengan objek makanan seperti pizza, bubur atau yang menggunakan properti piring lebar.


TIMING / LIGHTING

Dalam Foto makanan saya lebih suka dengan bantuan cahaya matahari agar hasilnya lebih natural atau alami. Untuk praktek makanan dengan hasil yang menarik kita harus mengetahui timing waktu yang pas. 



Waktu yang tepat biasanya antara jam 9 pagi sampai jam 3 sore. Penting juga untuk mengetahui posisi datangnya cahaya agar tidak terjadi backlight.


EDITING

Aplikasi edit foto di handphone bisa menggunakan VSCO, Lightroom dan Snapseed. Foto yang di ambil dengan warna aasli lebih gelap biasanya lebih mudah untuk di edit daripada yang terlalu terang.


Tips Memotret Makanan:
  • Bila ingin memotret di siang hari untuk menghasilkan foto yang bagus pencahayaanya sebaiknya pilih lokasi dekat jendela.
  • Gunakan background foto berwarna untuk menghasilkan foto yang menarik, misalnya warna putih dan biru kalau untuk makanan.
  • Bila ingin memfoto objek susu sebaiknya gunakan background foto berwarna gelap seperti hitam agar hasil foto lebih bagus.

Menyenangkan banget workshop bersama Foody Indonesia, jadi tambah ilmu dan teman. Semoga bisa gabung lagi di acara Foody Indonesia yang lainnya. 
Oiya jangan lupa follow akun instagram kuliner saya ya @culinary_ria dan juga instagram lifestyle saya @riabuchari pastinya akan saya follback deh kaka hehe..


Tentang Foody Indonesia

Foody Indonesia (www.foody.id) atau PT Foody Direktori Indonesia didirikan sejak Agustus 2015. Ekspansi Foody Corporation yang berbasis di Vietnam ke Indonesia, merupakan kesempatan baik bagi Foody Indonesia untuk menjadi platform utama direktori restoran dan makanan terbaik di tanah air, khususnya DKI Jakarta.

Download Aplikasi Foody untuk bisa memberikan review di berbagai restoran, menemukan rekomendasi makanan terbaik di sekitar, serta redeem voucher menggunakan Foody Coupon (FDC) yang diperoleh saat beraktivitas menggunakan aplikasi Foody. Klik bit.ly/foodyandroid atau bit.ly/foodyios untuk download aplikasinya.

Mengukuhkan kekuatannya di ibukota, Foody Indonesia memiliki basis komunitas yang sangat kuat. Tidak hanya di Jabodetabek, tapi juga di Bandung, Jogjakarta, Malang, Surabaya, dan Bali.




2 comments:

  1. Wah informasinya kece banget ini, selama ini aku asal jepret aja gak dapet feelnya.

    ReplyDelete

Mohon jangan berkomentar SPAM, terimakasih.