Friday 17 March 2017

Quilting Workshop Bersama Kriya Indonesia


Quilting Workshop Bersama Kriya Indonesia


Ini kesempatan kedua saya ikut kegiatan menjahit di komunitas Kriya Indonesia. Duh terima kasih banget ya mba Astri Damayanti, Foundernya Kriya Indonesia yang sudah memberikan saya kesempatan belajar dan mengenal dunia menjahit. Mendengar kata quilting selalu menarik buat saya, makanya ketika mendapat info ini saya bergegas mendaftar, dan akhirnya terpilih untuk bisa belajar membuat sarung bantal motif Pinwheel.

Untuk kesekian kalinya saya mendatangi Museum Tekstil tempat berlangsungnya kegiatan quilting workshop membuat sarung bantal. Ternyata acara quilting workshop ini dibagi dalam dua sesi, dengan peserta umum dan blogger. Sebelum acara dimulai teman-teman diajak makan siang dulu dengan sajian pecel komplit yang sambelnya endezz banget, sayangnya saya gak sempat foto terlalu menikmati sajian pecelnya hehe.


Bahan membuat sarung bantal (foto:dokpri)

Setelah puas menikmati makan siang dan coffee break para blogger mulai menempati posisi mesin jahit masing-masing. Mba Diah Woro mulai membagikan kain kepada para peserta sebagai bahan utama membuat sarung bantal. Seperti kegiatan workshop yang pertama setiap menghadapi mesin jahit pasti saya bingung gimana cara memasukan benangnya dan menjahitnya, maklum ketemu mesin jahitnya hanya diacara Kriya Indonesia saja hehe ketauan deh gapteknya. Tapi setelah beradaptasi beberapa menit sudah mulai bisa dan lancar menjahitnya koq.


Salah satu peserta blogger, mba Tati walaupun sempet salah jahit tetap happy ya mba (foto:dokpri)

Seni menjahit ini memang memerlukan kesabaran atau ketelatenan. Serunya kegiatan workshop kali ini tidak saja menarik minat kaum perempuan tetapi ada juga peserta laki-laki yang ikut dalam kegiatan quilting workshop. Di sesi menjahit ini banyak dari para blogger yang mengalami kesalahan dalam menjahit sehingga harus merombak ulang jahitannya, ya maklum semuakan masih amatiran hehe..

Tetapi setelah melewati beberapa tahap menjahit akhirnya sarung bantal saya jadi juga, seneng banget bisa menghasilkan jahitan dari karya sendiri, walaupun masih ada kekurangan disana sini tetap tidak mengurangi rasa bangga akan hasil karya sendiri.


Jadi juga sarung bantal saya (foto:dokpri)

Yang membuat para blogger tiba-tiba bisa ahli menjahit bukannya sim salabim atau abra kadabra ya tapi berkat bantuan mesin jahit Brother GS 2500, karena mesin jahit Brother ini mudah sekali diaplikasikannya sehingga tidak terlalu rumit bahkan oleh orang awam seperti saya. Mau tau  apa aja sih kelebihan mesin jahit Brother GS 2500, antara lain:

25 jenis jahitan.
Memang sih kalau menjahit itu yang banyak dipakai adalah jahitan lurus. Tapi adanya beberapa jahitan variasi seperti gelombang dan lain-lain bisa mempercantik tampilan baju atau kreasi yang kita buat.

Sistem 4 lubang kancing
Dengan hanya mengganti sepatu maka kita bisa membuat lubang kancing yang diinginkan. Ada 4 jenis jahitan lubang kancing yang bisa kita pilih sesuai dengan baju yang akan kita buat.

Pemasangan sepatu yang mudah.
Ada beberapa jenis sepatu yang tersedia dengan fungsi masing masing yang berbeda. Ada sepatu standar untuk menjahit lurus  dan variasi, ada sepatu untuk memasang resleting juga sepatu untuk membuat lubang kancing.
Nah untuk menganti ganti sepatu ini kita hanya tinggal menekan bagian atas sepatu untuk melepas dan menempelkan sepatu yang akan dipasang. Gampang banget kan, gak perlu pakai obeng segala.

Hemat listrik
Mesin jahit Brother GS 2500 ini cuma memerlukan daya listrik sebesar 51 watt saja. Sedikit kan? Gak perlu khawatir bayar listrik mahal buat emak emak irut di masa segalanya serba naik gini.

Pengaturan jahitan
Ada 6 baris gigi yang bisa diatur sesuai dengan tebal tipisnya bahan yang akan kita jahit. Kita juga bisa mengatur panjang jahitan hingga 4,00 cm.

Built in free arm
Jadi ketika menjahit kain yang lebarnya kecil, misalnya ketika membuat tali yang berbentuk silindris, kain bisa berjalan sendiri tetap pada jahitan lurus tanpa dipegang oleh tangan.

Pisau pemotong benang
Di dekat area menjahit kita bisa menemukan sebuah benda yang bentuknya mirip pengait menghadap ke atas. Nah benda ini menempel pada badan mesin dan gunanya untuk memotong benang. Jadi kalau jahitan sudah selesai kita tinggal memasukkan benang ke dalam pemotong tersebut kemudian ditarik, maka benang akan putus. Gak perlu repot repot ambil gunting kan.


Mesin jahit Brother (foto:dokpri)

Oiya ada info menarik nih untuk menjamin agar hasil jahitan kita bagus tentunya menggunakan bahan yang berkualitas, terkadang kita bingung ya mencari tempat membeli kain yang bagus. Belum lagi mesti pusing keliling toko untuk dapat bahan yang berkualitas, sehingga banyak membuang waktu dan juga membuat tubuh menjadi lelah karena banyaknya aktifitas yang kita lakukan diluar untuk mencari toko kain yang berkualitas baik.

Taraaa kini kita tidal perlu repot keluar rumah untuk dapat kain yang bagus untuk bahan utama kita menjahit karena sudah ada toko kain online yang terdapat di Jakarta yaitu Textilezy.com yang bisa mempermudah kita mendapatkan bahan kain yang kita inginkan. Di Textilezy.com banyak terdapat berbagai macam bahan berkualiatas antara lain Golden rami, Cotton Voal, Balloteli, Bubble Crepe, Titanium Saten, Torismo, Muse Crepe, Linen Crepe, Cotton Japan, Premium Crepe, Ballodior, Wolfish.

Belajar menjahit memang bikin nagih, dan hanya ada di komunitas Kriya Indonesia loch yang bisa mewujudkan mimpi belajar menjahit saya. Seru juga kali ya kalau bisa membuat sendiri segala macam jahitan yang bisa dikerjakan sendiri.
  



2 comments:

  1. Kayaknya buat yang newbie kayak aku yang sama sekali belum bisa jahit, mesin ini bisa dipakai buat belajar ya mba?
    Hmm.. soalnya jadi istri sholehah kan harus bisa jahit kan ya hahaha

    ReplyDelete
  2. Waaaahhh...aku kepengen nih ikutan, waktu itu sempat daftar tapi keburu habis kuotanya, hehehe belum jodohnya kali...keren mbak Ria :)

    ReplyDelete

Mohon jangan berkomentar SPAM, terimakasih.