Sunday 21 July 2019

Nostalgia ke Era 90-an di film Koboy Kampus


Nostalgia ke Era 90-an di film Koboy Kampus


Setelah sempat booming dengan karya novelnya yang diadaptasi ke film yaitu Dilan 1990 dan Dilan 1991, kini Pidi Baiq karyanya kembali menghiasi perfilman Indonesia dengan judul Koboy Kampus.

Di film Koboy Kampus ini Pidi Baiq tidak hanya berperan sebagai penulis naskah bersama  Tubagus Deddy saja tetapi juga sebagai sutradara. 



Film Koboy Kampus ini persembahan dari 69 Production, Bianglala Production dan MNC Pictures yang berkisah tentang kehidupan Pidi Baiq saat kuliah.

Film ini mengisahkan tentang perjalanan masa kuliah Pidi Baiq di Era 90-an, dengan mengambil lokasi syuting di kota kembang Bandung. 
Saya cukup terhibur bisa melihat lagi telepon koin dan wartel, jadi inget zaman centil dulu suka banget telpon ke telepon koin atau wartel 😁


Film Koboy Kampus

Film Koboy Kampus menceritakan tentang sekumpulan mahasiswa  nyeleneh Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB, pada pemeritahan Orde Baru. Dimana kebanyakan mahasiswa banyak melakukan aksi turun ke jalan alias demo mengkritisi kepemimpinan presiden Soeharto, tapi berbeda dengan Pidi dan teman-temannya.

Pidi dan teman-temannya lebih memilih melakukan protes dengan membuat negara imajinasi  yaitu Negara Kesatuan Republik The Panasdalam (NKRTPD), negara seukuran ruang studio di kampusnya.

The Panasdalam merupakan akronim. The-nya dari Atheis, Pa-nya dari Paganisme, Nas-nya dari Nasrani, Da-nya dari Hindu Buddha, Lam-nya dari Islam.

Adegan film drama komedi ini sukses bikin saya tiba-tiba bisa ngakak, tapi juga diselingi suasana romantis perjalanan cinta Ninu yang suka dengan mahasiswi baru dikampusnya bernama Santi, dan juga Rianto yang sulit mengungkapkan perasaannya kepada Nia.



Pemilihan sang imam negara fiktif "The Panasdalam", Pidi Baiq, diperankan oleh Jason Ranti. Sedangkan sang presiden akan diperankan oleh Bisma Karisma yang berperan sebagai Deni.  Bisma sharing bahwa sejak tahun 2008 sudah suka nongkrong bareng Pidi Baiq jadi sudah kenal banget dengan sosok Pidi Baiq sehingga mempermudah memerankan perannya di film Koboy Kampus.

Peran Pidi Baiq yang dibawakan oleh Jason Ranti menurut saya pas banget. Nyelenehnya dapat, dibalik wajah coolnya tapi kalau bicara suka kocak.

Buat penggemar Jason Ranti, di film Koboy Kampus ini kamu bisa banget menikmati suara khas dari Jason Ranti yang menyanyikan lagu-lagu dari The Panasdalam band.

Dalam film ini kita bisa bernostalgia loh ke masa tahun 90-an, dilihat dari cara berbusana para mahasiswanya maupun property lainnya yang mengingatkan akan masa itu. Make-up pemeran wanitanya juga pas gak terlalu mencolok jadi terkesan natural.



Awalnya Koboy Kampus ini saya kira tentang mahasiswa yang suka berantem atau sok jagoan gitu, tapi ternyata Koboy Kampus ini lebih ke para mahasiwa yang lebih suka bermain atau ngoboy daripada mengikuti pembelajaran di kampus. 
Alhasil pada telat lulus hehe..

Selain Jason Ranti  dan Bisma, film ini turut diramaikan kehadiran Ricky Harun (Ninu), David John Schaap (Erwin), Miqdad Addausy (Dikdik), Anfa Safitri (Rianto), Jennifer Lepas (Inggrid), Vienny JKT48 (Nia), Christina Colondam (Santi), Steffi Zamora (Rosi), dan Danilla Riyadi (Nova) bahkan ada 2 artis lawas yang berperan sebagai ibu yaitu Chicha Koeswoyo (Ibunya Pidi) dan Ria Irawan (Ibunya Nia).

Film ini cocok banget loh ditonton buat kalian yang ingin bernostalgia ke masa kuliah dulu, cocok juga pastinya ditonton oleh calon mahasiswa baru atau pun kalian yang masih kuliah.



Makin penasarankan... catet tanggalnya ya film Koboy Kampus serentak tayang nanti tanggal 25 Juli 2019, jadi siap-siap deh buat nonton di bioskop terdekat.

1 comment:

  1. Wah iya film ini aku jadi ingat tahun 90 aku masih kecil, sering dengar kata Koboi. Koboi identik dengan topi dan kuda. Jadi pengen nonton film ini mulai tayang hari inibya tgl 25 Juli 2019.

    ReplyDelete

Mohon jangan berkomentar SPAM, terimakasih.