Friday, 18 May 2018

Menjaga Pola Makan Seimbang Selama Ramadhan


Menjaga Pola Makan Seimbang Selama Ramadhan


Tidak terasa ya kita sudah memasuki bulan Ramadhan di tahun 2018 ini. saya selalu bersuka cita bila memasuki bulan ramadhan, bulan dimana kita sebagai umat islam dapat beribadah puasa selama satu bulan penuh, tapi buat perempuan pasti ada masa spesialnya jadi biasanya gak bisa full sebulan hehe..

Dari sudut ilmu gizi berpuasa itu sebagai upaya detoksifikasi dalam tubuh dimana selama kurang lebih 14 jam tubuh kita tidak mendapatkan asupan makanan dan minuman. Saat berpuasa beberapa organ pencernaan tubuh tidak bekerja, mendapatkan kesempatan untuk beristirahat, sehingga terjadi proses re-generasi dalam organ hati dan adanya  pemulihan  di lambung, pankreas, ginjal dan beberapa zat organ empedu.

foto: dokumen pribadi

Karena disaat puasa kita tidak makan dan minum di siang hari, maka kita harus menjaga pola makan kita dengan baik di saat berbuka dan sahur. Agar tidak kekurangan cairan konsumsi air putih sebanyak 2 liter dengan cara 2 gelas saat berbuka, 4 gelas saat malam dan menjelang tidur dan 2 gelas saat sahur dan menjelang imsak.

Seharian berpuasa terkadang membuat kita lapar mata, banyak keinginan untuk melahap berbagai makanan ketika berbuka, dan gorengan selalu jadi menu favorit kebanyakan orang ketika menanti berbuka puasa. Padahal kita semua pasti sudah mengetahui kalau gorengan itu kurang baik buat kesehatan. Jadi alangkah baiknya konsumsi gorengannya diganti dengan olahan makanan lainnya.

Ketika berpuasa jam makan kita akan bergeser sehingga pola makan pun berubah, sebenarnya sih gak ada bedanya antara saat berpuasa dan tidak berpuasa. Hanya waktunya saja yang membedakan, bila sedang tidak berpuasa dibulan ramadhan jam makan kita lebih panjang.

Kebanyakan ketika berpuasa berat badan berubah, yang kurus menjadi lebih berisi , yang gemuk akan menurun berat badannya. Selain itu glukosa darah dan tekanan darah akan stabil, dan puasa juga akan membuat kita semakin aktif dan produktif. Bila terjadinya kebalikannya berarti ada yang salah dalam pola makan kita.


Tips berpuasa sehat


Saat Berbuka Puasa

Ketika kita berpuasa kita banyak kehilangan cairan dan elektrolit, makanya ketika tiba waktunya berbuka saatnya kita mengembalikan cairan tubuh dan elektrolit terlebih dahulu kemudian menaikkan kadar glukosa darah menjadi stabil, karena ketika kita menjelang berbuka puasa biasanya kadar glukosa darah menurun.


foto: dokumen pribadi

Ada istilah berbukalah dengan yang manis, tapi diusahakan berbuka dengan makanan manis yang alami seperti buah atau olahan buah seperti jus buah yang dibuatnya tanpa tambahan gula agar manfaatnya lebih baik.

Kurma merupakan cemilan yang bagus untuk berbuka, bahkan ketika sahur pun terkadang kalau masih ada jeda waktu sebelum imsak saya sering konsumsi kurma. karena dalam kurma banyak terdapat zat gula, fruktosa, sukrosa, serat, kalium, mikronutrien, vitamin dan mineral. 

Ternyata sejak zaman dahulu nabi Muhammad juga saat berbuka puasa dengan kurma, saya sih terbiasa konsumsi 3 buah kurma saja sudah cukup mengenyangkan karena banyaknya  kandungan gizi pada buah kurma. Setelah shalat magrib barulah kita makan malam dengan yang mengandung karbohidrat.


Saat Sahur

Sebaiknya saat sahur kita mengkonsumsi makanan yang bisa memenuhi energi dan zat gizi, pilih protein yang rendah lemak, karena mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak tinggi membuat kita cepat lelah. Jadi hindari gorengan, karena gorengan lebih lama dicernanya.

Untuk konsumsi karbohidrat sebaiknya nasi merah, karena beras merah itu seratnya tinggi sehingga mengenyangkan lebih lama. Bila belum terbiasa konsumsi nasi merah, pada pengolahannya bisa dicampur dengan beras putih. Konsumsi beras merah bisa juga digantikan dengan roti gandum. Pada saat sahur juga kalau bisa hindari teh atau kopi.


foto: dokumen pribadi

Pada saat sahur juga harus banyak konsumsi sayuran hijau yang diolah dengan mengandung banyak kadar air, seperti menu sayur sop, dan juga harus banyak konsumsi buah yang mengandung air, seperti melon. Karena suami saya penggemar makan sayur yang berkuah jadi selama berpuasa saya selalu berusaha menyajikan olahan sayur yang berkuah bening. 
Usahakan konsumsi makan sahur kurang lebih 30 menit sebelum imsak.

Karena saat puasa kita harus banyak konsumsi sayur dan buah, tentunya kita harus bisa menyimpan persediaan buah dan sayur ditempat yang baik. Lemari es merupakan tempat yang tepat untuk penyimpanan bahan makanan mulai dari sayur, buah dan bahan makanan lainnya seperti daging, ayam dan ikan.

Kebetulan dirumah saya menggunakan 2 lemari es untuk tempat penyimpanan bahan makanan dan minuman. Ketika datang keacara talkshow di acara Woman Talk bersama Polytron dengan tema "Healthy Plan For Ramadhan" saya terkesima pada desain lemari es Belleze 3 dari Polytron.



Para Narasumber (foto.dok pribadi)

Acara dihadiri oleh Jocevlyn Halim dari Klinik Medifit, mbak Diana dan Fifi Alvianto ini berlangsung meriah. Sugiat dan Sasha perwakilan dari Polytron, banyak memberikan informasi tentang kelebihan lemari es Belleze 3. 
Polytron sebagai brand yang paling mengerti masyarakat Indonesia, meluncurkan Polytron Belleza 3 yang mampu menjaga kualitas gizi makanan, khususnya buah-buahan dan sayur mayur.

Fifi Alvianto juga sharing tentang pengalamannya ketika menjalankan ibadah puasa, dan memberikan  tips tentang bagaimana menyimpan bahan makanan yang baik dengan menggunakan wadah foodprep, dengan saling membedakan antara wadah untuk sayur-sayuran, bahan makanan dan bumbu-bumbu.

Selain itu juga ada talkshow tentang Healthy Snack dengan narasumber Joanita Ary pemilik Healthy Catering Kangen Langsing sharing mengenai pembuatan Chia Seed Puding dan seluruh peserta juga diajak untuk membuat sama-sama topingnya.


Lemari Es Polytron Belleza 3

POLYTRON BELLEZA 3 hadir dengan unsur ‘Zen Design’ kaca tempered yang merupakan keseimbangan antara penyempurnaan interior dan eksterior dengan sentuhan desain Borderless dan pilihan motif baru yang lebih memukau, sehingga tampil lebih elegan dan mewah.


foto.dokumen website Polytron

Berikut Beberapa keunggulan dari lemari es Belleza 3, antara lain:
  • Dilengkapi fitur anti karat sehingga bisa mencegah keropos yang sering timbul pada bagian bawah pintu lemari es.
  • Perfect Door Sealed, karet bingkai pintu yang lebih kuat, terbuat dari karet yang mudah dibersihkan, sehingga lemari es selalu bersih, higienis terhindar dari jamur, pintu menutup dengan sempurna untuk menjaga makanan dan minuman agar segar lebih lama.
  • Crystal Rack with Adjustable Setting, rak Kristal yang elegan dan modern, dirancang untuk dapat di pindahkan serta diatur sesuai kebutuhan sehingga lebih fleksibel dan memudahkan penyimpanan makanan.
  • Big Freezer Compartement, yaitu Kompartemen freezer yang lebih luas, memberikan keleluasaan mengatur penyimpanan makanan beku.
  • Fitur Twist and Ice, yang memberikan kemudahan dalam mengeluarkan es dari kotaknya, hanya dengan memutar panel Twist and Ice, dalam sekejap, es pun langsung keluar.
  • Teknologi Smart Cooling System yang mampu mengatur temperatur lemari es secara digital dengan sensor suhu yang presisi, serta Photocatalytic Deodorizer yang mampu menyerap dan menetralkan bau tak sedap.
  • Shielded Moisture Compartment, yang tidak ditemui di lemari es merek lain. Shielded Moisture Compartment mampu mencegah udara luar masuk ke dalam wadah penyimpanan buah sehingga buah tetap segar 2X lebih lama dan tidak cepat keriput.
  • Humidity Control Crisper diciptakan agar kelembaban di dalam crisper bisa diatur, sehingga sayur tetap segar, tidak cepat mengering serta membuat makanan dapat segar lebih lama.
  • Dilengkapi dengan Deodorizer yang berfungsi untuk menyerap dan menetralkan bau tidak sedap. Terbuat dari bahan berkualitas tinggi yang bisa dicuci dan digunakan kembali, praktis banget ya.
  • Dengan lampu LED lebih mewah, terang lebih merata serta hemat energi sampai dengan 70%.
  • Garansi 10 tahun untuk kompresor Belleza 3.
  • Hemat energi, dengan kompresornya yang ramah lingkungan.


foto.dokumen website Polytron

Yang uniknya pada lemari es Belleza 3 jenis 2 pintu (240 liter) ada 2 box yang terpisah antara sayur mayur dan buah. Box bawah khusus untuk menyimpan sayuran ,dan box atas di desain khusus kedap udara agar terjaga kesegeranya. Untuk sayur mampu bertahan selama 7 hari, sedangkan untuk buah-buahan mampu bertahan hingga 15 hari. Keren banget ya, box buah dan sayur tersedia sendiri.

Saya suka desain lemari es Polytron karena terkesan elegan. Kebetulan lemari es lama saya Belleza series pertama dan sampai sekarang  masih bagus kualitasnya. Semoga dapat rezeki lebih nih biar bisa ganti lemari es Polytron Belleza 3 agar muatnya lebih banyak, saya mupeng banget sama keunggulannya.




17 comments:

  1. Wah iya unik ya, boxnya ada 2 punyaku dirumah cuma ada satu boxnya.Box untuk menyimpan sayur.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  3. Wah tips nya menarik bgt nih cocok utk bulan Ramadhan

    ReplyDelete
  4. nahh bikin hidangan yg sehat untuk ramadhan penting banget ya mbak, aku ngalamin waktu baru nikah tiap buka puasa di rumah ibu mertua.. blio jago masak yg ribet2 terutama masakan bersantan... akunya gak doyan, tiap abis makan di sana, pulangnya pasti pusing haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aq sk sh masakan bersantan tp gak bs keseringan kk hehe

      Delete
  5. Pake belezza jd lebih irit belanjanya ya alias gosah tiap hari, mahal ga sih ri kulkasnya?

    ReplyDelete
  6. Wah tips nya manfaat banget nih kak. Btw Jadi tertarik dengan belezza nih aku ��

    ReplyDelete
  7. Aku mupeng banget nih lihat lemari es Belezza ini, beda banget dari kulkas yang di rumah hehehe. Garansi kompresornya aja 10 tahun ya mbak, mantab banget

    ReplyDelete
  8. Toss mba. Ade juga lebih suka berbuka dengan di dahului makan kurma. Manisnya pas. Memang manisnya harus dr manis alami. Bukan manis gula asli.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yapp jd gak nmbah BB setelah puasa usai ya mba 😍

      Delete
  9. suka sama kompartmen buah dan sayur yang terpisah, harganya juga affordable ya, Mbak.

    ReplyDelete
  10. Iklannya sering liat, designnya memang apik ya dan keliatannya juga cukup besar kapasitasnya. Jadi bisa nyimpen bahan utk masak/makan

    ReplyDelete

Mohon jangan berkomentar SPAM, terimakasih.