Tuesday 24 November 2015

TIPS SUKSES MENJADI FOOD BLOGGER






Saya yang lagi hobby foto-foto makanan seneng banget begitu tahu acara Sunday Sharing kali ini yang temanya mengenai food blogger. Oiya bagi yang belum tahu apa itu Sunday Sharing, Sunday Sharing adalah acara yang diadakan oleh kantor Detik.com setiap satu bulan sekali, temanya bisa macam-macam, yang pasti sih yang berhubungan dengan dunia blogging, yang berlokasi di kantor Detik.com di daerah Warung Buncit yang diadakan pada hari Minggu.

Acara kali ini lumayan banyak pesertanya, semua tampak antusias mengikuti diskusi yang dipandu oleh dua orang nara sumber yaitu mbak Tika Hapsari Nilmada seorang Food Stylist dan mbak Khairunnisa Siregar seorang Food Reviewer. Saya lg keranjingan foto makanan walaupun masih menggunakan kamera handphone hehe..semoga next bisa segera beli kamera Canon SLR huhu mupeng mode on.

 

Narasumber pertama yaitu mbak Tika Hapsari Nilmada segera memulai presentasinya. Mbak Tika aktif di dunia blogging sejak tahun 2010. Mbak Tika menjelaskan saat kita berkomitment ingin menjadi seorang food blogger  yang baik, tentukan apa tujuan dan alasan kita saat mempunyai blog agar bisa memacu kita untuk semangat menulis. Ceritakan kelezatan makanan lewat foto, karena semua berawal dari mata.

Untuk menunjang aktifitas kita sebagai food blogger, banyaklah bergabung di komunitas, dan aktif di media sosial. Jadikan sosial media sebagai portfolio kita, bahkan lewat akun instagramnya mbak Tika banyak mendapatkan pekerjaan dan banyak di-endorse. 
 
Mbak Tika membagi ilmu tentang menulis artikel resep masakan, dimulai dengan memilih resep yang akan kita share, lalu belanja bahan-bahan masakan, selanjutnya kita mulai mempraktekan resep masakan kita dengan memasaknya, setelah masakan matang kita mulai memilih property untuk kelengkapan photo. Setelah proses memfoto obyek makanan selesai tinggal di edit agar hasil foto menjadi lebih bagus, langkah selanjutnya yaitu menulis artikel untuk di post di blog.

Selain berbagi pengalaman, mbak Tika juga berbagi tips dan triks cara menata makanan, dan mencari angle yang pas dari sumber pencahayaan alami yaitu matahari. Untuk mendapatkan pencahayaan yang baik dari sinar matahari yaitu sekitar jam delapan pagi sampai jam empat sore.

 
Para peserta sibuk  ikut kompetisi memotret makanan 

Para peserta Sunday Sharing dibuat berdecak kagum melihat hasil foto makanan yang dibuat mbak Tika, dan sebelum menutup presentasinya para peserta diajak berkompetisi memotret makanan, yang hasilnya dishare ke twitter dengan hastag #SundaySharingBlogdetik.

 


Lanjut di sesi kedua nara sumbernya yaitu mbak Khairunnisa Siregar. Mbak Khairunnisa banyak memberikan tips cara menjadi seorang food blogger yaitu yang berawal dari passion, harus konsisten, fokus, aktif dan jujur. Saat kita menulis review harus mencantumkan nama makanan tersebut, rasa, foto, harga, lokasi restoran, nomer telpon, dan menu makanan yang bisa direkomendasikan di restoran tersebut.

Mbak Khairunnisa juga memberikan tips bagaimana membuat foto menjadi menarik yaitu dengan pencahayaan yang cukup (siang hari lebih natural), styling harus menarik, angle yang pas, menggunakan property tambahan, editing, dan banyak berlatih untuk dapat menghasilkan hasil foto yang bagus.



Keuntungan menjadi seorang food blogger yaitu kita bisa mendapatkan informasi restoran terbaru, menjadi endorsement, mendapatkan undangan dan tentu saja menghasilkan uang. Mengasyikkan ya ternyata jadi seorang food blogger. 

24 comments:

  1. enak jadi food blogger, cuman berat di ongkos.. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. benerr bingittt teh tetty...biaya icip2nya ituuu :D

      Delete
    2. iya mba dian...semoga kantong kita selalu tebal ya hehe..

      Delete
  2. Sebenarnya saya jd food blogger karena seneng makan aja sih.... masih harus banyak belajar nih

    ReplyDelete
  3. Makasih tipsnya...secara saya ga pinter moto

    ReplyDelete
  4. Terima kasih sudah sharing, mba. Saya hobinya makan-makan trus poto-poto aja sendiri. Hehhehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayukk diseriusin hobby mkn2nya mba kan lmyn bs menghasilkan klo jd food blogger :)

      Delete
  5. Enaknya kalo udah jadi foodblogger yang terkenal yaa, icip-icipnya gratis. Kalo masih belajar mah harus ongkos sendiri hihihi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah aq yg msh amatir kmren dpt undangan icip2 gratisan teh amy 😃

      Delete
  6. Mau ikut dicolek juga dong mbak bulan depan :) .

    ReplyDelete
  7. Mau ikut dicolek juga dong mbak bulan depan :) .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh mba dewi add fbku ya ada di kolom sblh kanan, nnti aq colek2 klo udh dpt info acaranya, kita bljr bareng yuk 😄

      Delete
  8. Besok yang ngisi aku video blogging mau pada datang gak yah kira-kira? He he

    ReplyDelete
    Replies
    1. hayukk mas dede nnti aq bantuin promo buat menjaring peserta hehe..

      Delete
  9. Dan juga bisa makan2 enak hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener bgt mas itu slh satunya bonus jd food blogger :)

      Delete
  10. Saya juga, mau gak mau harus belajar food photograpy. Bagaimanapun makanan sehat harus bisa tampil menggiurkan. Masih bersenjata smartphone juga. Ha..ha.. tfs mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setujumba wid,,makanan sehat hrs tmpil menggiurkan,,hayukk smngt mba biar nular ke aq smngt dan ilmunya hehe..

      Delete
  11. Wah, mbak ke acara ini ya... seru ya ternyata dapat banyak pembelajaran.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas ryan...bln ini temanya video blogging, klo mw dtg bs dftr di bligdetik :)

      Delete
  12. Harus mulai dengan passion - bener tuh mbak. Kalau gak nanti di tengah jalan mandek. hihi.

    Salam kenal.

    ReplyDelete

Mohon jangan berkomentar SPAM, terimakasih.