Tuesday, 6 October 2015

[REVIEW NOVEL]: INSYA ALLAH, SAH!




Judul Buku : Insya Allah, Sah!
Penulis : Achi TM
Pernerbit: Gramedia Pustaka Utama
Cetakan : April 2015
Tebal: 319 halaman

Novel ini menceritakan tentang perjalanan cinta seorang gadis cantik berusia dua puluh Sembilan tahun yang bernama Silviana Harini yang biasa disapa dengan nama kecil Silvi. Perjuangannya dalam mempersiapkan keperluan pernikahannya penuh dengan rintangan, hingga akhirnya menemukan pasangan sejatinya.
Perjuangannya dalam menemukan hidayah hingga memutuskan berhijab penuh dengan jangan berliku, berawal keinginannya dalam memenuhi nazarnya yang tanpa sengaja terucap ketika ia terjebak dalam lift bersama pria asing yang kemudian dikenalnya bernama Raka, yang ternyata adalah rekan kerja Dion, tunangan Silvi.




Silvi mempunyai sahabat sejati yang bernama Kiara, yang tidak pernah bosan untuk selalu menjadi penasehatnya dikala Silvi melakukan kesalahan dalam menjalani kesehariannya. Kiara tak ubahnya seperti Raka yang selalu menjadi “penceramah” diantara kehidupan Silvi dan Dion.

Sebagai pemilik Silviana Sexy Boutique Imagenya sebagai desainer terkenal dengan rancangan baju-baju sexy beromset milyaran rupiah membuatnya tidak menyukai style pakaian muslimah, apalagi ketika sahabatnya Kiara yang tiba-tiba merubah desain baju sexynya menjadi desain pakaian muslimah, membuat Silvi marah besar.

Kedekatannya bersama Raka semakin intens, ketika kekasihnya Dion tidak bisa menemani Silvi untuk mempersiapkan keperluan pernikahannya karena pekerjaan. Dari sinilah segala masalah selalu timbul dikala kesibukan Silvi mempersiapkan pernikahannya. Lelah dengan masalah yang selalu menderanya, Silvi lalu teringat akan nazarnya sewaktu terjebak di lift. Namun ketika silvi mulai merubah penampilannya dengan berhijab, ia justru mendapatkan kenyataan pahit, tunangannya yaitu Dion tidak menyetujui perubahannya. Bahkan Dion meninggalkannya dan menikah dengan wanita lain yang bernama Anna, yaitu wanita yang dulu pernah membully-nya dimasa SMA.


Bersama mba Achi TM di acara launching novel Insya Allah, Sah!

Jodoh memang rahasia Allah, pasangan yang selama ini kita anggap sudah menjadi bagian hidup kita bahkan sudah bertunangan, ternyata bisa mengkhianati kita dan menikah dengan perempuan lain. Dan kini hanya Raka, laki-laki terdekat dalam hidup Silvi, walaupun sempat merasakan rasa yang tidak bisa diungkapkan ketika dekat dengan Raka. Apakah Raka jodoh yang didatangkan Tuhan untuk Silvi, cowok nyebelin yang suka kasih ceramah dan mengkritik penampilannya?

Novel islami ini terasa segar dengan gaya bahasa yang mudah dimengerti dan diselipi humor membuat pembaca betah membaca hingga tuntas, ending dari cerita juga tidak terbaca karena saya juga tidak mengira kalau tokoh utamanya ternyata tidak jadi menikah dengan tunangannya. Ada banyak nilai moral yang bisa pembaca temui di novel ini.

Tentang penulisnya, mba Achi TM yang saya tahu adalah penulis skenario TV (serial,sinetron dan FTV), dan pendiri RUMAH PENA sebuah lembaga kursus menulis baik secara offline maupun online. Novelnya ini adalah karya novelnya yang ke-25. Novel Insya Allah, Sah! Adalah novel pertama mba Achi yang diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama.


4 comments:

  1. seru ceritanya. penasaran ma cerita keseluruhannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. biar ga penasaran baca langsung novelnya mas roni :)

      Delete
  2. This novel tells of the love of a beautiful girl from the twenty-nine-year-old Sylvie. Her struggle in preparation for the wedding, full of obstacles.

    ReplyDelete
  3. As far as I understood, this novel coincidences with the style of language that is pretty easy to understand, thanks so much for the review.

    ReplyDelete

Mohon jangan berkomentar SPAM, terimakasih.