Wednesday, 4 April 2018

Tidur Berkualitas Sangat Penting Untuk Kesehatan


Tidur Berkualitas Sangat Penting Untuk Kesehatan



Tidur memiliki peran penting bagi tubuh karena pada saat tidur tubuh akan merawat kesehatan fisik dan mental kita. Fungsi ini sangat penting agar kita dapat kembali fresh disaat bangun sehingga bisa menjalani aktivitas sehari-hari dengan nyaman. 
Selain itu tidur juga ikut menunjang pertumbuhan tubuh, terutama  pada anak-anak dan remaja, karena pada saat tidur hormon pertumbuhan dikeluarkan.


Beberapa tahun yang lalu sebelum menikah saya punya ritme tidur yang kurang baik, bahkan jika sedang ada deadline proyek pekerjaan kantor yang harus segera selesai, sering sekali saya begadang hingga waktu menjelang subuh. 

Habis sholat subuh saya tidur sejenak dan sekitar jam 9 pagi saya sudah harus kembali bekerja. Dengan pola tidur yang tidak teratur dan terbilang jauh dari cukup tentu saja berimbas pada kesehatan saya., membuat saya lemas dan gak konsen kerja.





Posisi Tidur Menentukan Kenyaman Tidur?

Posisi tidur sekilas terlihat sepele ya, tapi ternyata menentukan juga loh buat kualitas tidur kita. kalau saya lebih suka tidur terlentang dan kadang suka miring ke samping juga sih. 
Dulu saya pernah mendengar tentang rahasia awet mudanya Eyang Titik Puspa, yang ternyata salah satu rahasianya membuat awet muda karena eyang Titik suka tidur dengan posisi terlentang. Karena menurut info yang saya dengar katanya tidur telentang dianggap baik karena dapat mencegah terjadinya kerutan di wajah, hal ini masuk akal juga sih mengingat tidak ada yang menekan wajah saat seseorang tidur.

Sedangkan tidur dengan posisi miring merupakan posisi tidur yang dianjurkan bagi seorang wanita yang sedang mengandung. Tidur miring juga dianggap baik bagi mereka yang menderita sakit nyeri ulu hati, terutama jika miring ke arah kiri. Namun jika miring ke arah kanan, dapat memperburuk kondisi tersebut.

Menurut Bapak Mukti Argo, selaku Group Brand Manager PT. Duta Abadi Primantara (DAP), 30% usia kita ada di tempat tidur atau 1/3 hidup kita adalah tidur, dan kualitas waktu tidur kita yang baik dan cukup bisa membuat mood kita menjadi baik dalam menjalani aktifitas sehari-hari. Tidur yang baik adalah 8 jam dalam sehari.


Alvin Hartanto

Hidup kita bisa dibilang sehat bila kita sudah menerapkan SMS, loh apa sih SMS itu?
Menurut Alvin Hartanto selaku Nutritionist, pola hidup kita bisa dibilang sehat bila kita telah menerapkan Sleep, Mealt dan Sport (SMS) dalam kehidupan sehari-hari kita. 
Dengan tidur yang berkualitas dan konsumsi makanan dan minuman bernutrisi serta melakukan olahraga atau gerakan yang bisa mendukung hidup sehat, dijamin deh kita bisa menjalani rutinitas aktifitas sehari-hari dengan bugar dan gak gampang sakit.

Ketika tidur malam kita nyenyak, bangun pagi kita juga dapat menikmati sarapan dengan enak. Tetapi terkadang sarapan enak tapi tidur kita tidak nyenyak pastinya berimbas pada rutinitas kita sehari-hari. Jangan meremehkan waktu kurang tidur ya, karena efeknya banyak selain bikin konsentrasi hilang tentunya bisa memicu banyak hal seperti kecelakaan kerja atau pun kecelakaan di jalan raya.




Tips agar tidur nyenyak:
  • Jangan makan malam mendekati waktu tidur, kalau saya sih dibiasakan makan malam gak lebih dari jam 7 malam.
  • Mandi air hangat sebelum tidur, ini rutinitas yang sering saya lakukan apalagi ketika seharian banyak beraktifitas.
  • Mengatur suhu kamar
  • Menyiapkan segala keperluan esok hari, ini sering saya terapkan agar besok paginya kita tidak perlu terburu-buru menyiapkan segala keperluan.


Selain point diatas pemilihan matras atau spring bed yang baik kualitasnya kunci dari tidur nyenyak anda, contohnya matras SERTA. Matras itu memiliki dua bagian yaitu Comfort dan Support. 
Comfort itu bagian atas untuk memberikan kenyaman maksimal, dan Support yaitu bagaimana matras itu dapat menopang berat tubuh kita dan memberikam kenyaman. Karena titik berat tubuh setiap konsumen itu berbeda.




SERTA merupakan produk unggulan di dunia dengan kualitas nomor 1, khususnya di Amerika. Jaringan hotel di dunia sudah menggunakan produk SERTA seperti hotel Hilton, hotel Marriot dan hotel-hotel terkemuka lainnya.




Bagaimana sih cara memilih produk matras yang baik, semua ada di matras SERTA. 
Melalui kualitasnya yang sudah terjamin dan pemilihan materialnya, mulai dari kain, dengan memilih kualitas terbaik. Matras SERTA juga memiliki keunggulan lainnya yaitu ketika teman tidur kita bergerak tidak mengganggu matras bagian lainnya.


Bapak Mukti Argo

Salah satu tips cara memilih matras yang baik dari Bapak Mukti Argo adalah dengan cara mencobanya terlebih dahulu minimal 5 menit, karena kebiasaan tidur tiap orang berbeda-beda ada yang suka matras lembut atau keras. Mencobanya dengan menidurinya ya bukan sekedar ditekan-tekan saja atau diduduki.

Nah buat yang lagi mencari matras atau spring bed baru sekiranya sudah ada bayangan belum, gak usah repot pilih aja SERTA yang sudah terjamin kualitasnya.

SERTA
Website: www.serta.co.id
Instagram : @sertamattressid






1 comment:

  1. Kualitas kasur memang mempengaruhi kualitas tidur. Kalau udah gak enak, saya juga suka gak nyenyak tidurnya

    ReplyDelete

Mohon jangan berkomentar SPAM, terimakasih.