Tuesday, 17 April 2018

Dukung Si Kecil Tumbuh Dengan Tanggap Yang Lengkap


Dukung Si Kecil Tumbuh Dengan Tanggap Yang Lengkap


Sebagai orang tua ketika melihat perkembangan si kecil aktif dan pintar pasti sangat menyenangkan. Tetapi ternyata pintar saja secara intelektual saja tidak cukup. Banyak faktor lain agar si kecil bisa tumbuh dengan tanggap yang lengkap, ciri-ciri anak cerdas antara lain bisa lebih mudah berinteraksi, punya rasa peduli dan mudah bersosialisasi.

Setiap anak harus melalui beberapa tahapan perkembangan emosional yang nantinya berkaitan dengan bagaimana cara ia mengendalikan dirinya dalam berinteraksi dan belajar.

Bila perkembangan emosional berkembang dengan optimal, maka anak akan tumbuh menjadi pribadi yang cerdas, optimis, percaya diri, tidak mudah menyerah, dan penuh rasa empati. Hal ini akan membantu proses belajar anak menjadi anak hebat dengan tanggap yang lengkap.




Pendidikan anak di jaman now memang agak sedikit beda ya dengan jaman kita dulu. Saya jadi teringat dengan salah satu sepupu saya, dimana dulu dia di didik oleh orang tuanya harus pintar dalam berbagai bidang mata pelajaran di sekolah sehingga waktunya hanya banyak untuk belajar, tidak boleh bersosialisasi diluar sehingga tidak banyak mengenal lingkungan karena tidak pernah berbaur.

Dan ini berimbas pada pergaulannya hingga dewasa sehingga sepupu saya mempunyai sifat agak introvert dan lebih banyak menyendiri. Memang dalam bidang intelektual IQ-nya tinggi sehingga sering menjadi bintang kelas, hanya ia tidak pandai bersosialisasi dan agak kurang peka dengan lingkungan sekitar.

Duh saya gak mau anak saya nantinya tumbuh seperti sepupu saya itu. Saya ingin anak saya berhasil di bidang intelektual tapi juga bisa tumbuh dengan rasa peduli yang tinggi pada lingkungan sekitar dan mudah bersosialisasi.

Saya sempat menyaksikan LIVE BebeTalk Event di sosial media Bebeclub dan mendapatkan tips langsung dari dokter nutrisi, psikolog, dan Ibu Bebelac, Gisela Anastasia.

Dokter Nur Aisyah Widjaja, SpA, atau biasa disapa dengan panggilan dokter Nuril, mengatakan bahwa betapa pentingnya pemberian nutrisi pada anak sejak masih dalam kandungan. Karena proses pertumbuhan itu gak instan.

Menurut dokter Nuril kita harus bisa membedakan proses pertumbuhan dan perkembangan pada anak. Nutrisi sangat penting untuk stimulasi otak. Memberikan gizi seimbang sangat baik bagi tumbuh kembang anak, agar anak tumbuh tanpa kekurangan gizi atau mengalami obesitas.

Mom Gisella Anastasia, sebagai mombassador Bebelac sharing tentang tumbuh kembang putri kecilnya yang lucu yaitu Gempita Nora Marten yang biasa disapa Gempi. Pasti mom semua sudah mengenal Gempi kan, bawaannya gemes kalau liat Gempi. Saat ini mom Gisel lagi melatih Gempi untuk dibiasakan tidur sendiri.

Dokter Roslina Verauli, MPsi, Psikolog juga banyak memberikan masukan kepada para mom yang hadir, tentang bagaimana cara kita menanamkan pola pikir positif pada anak. Ada baiknya kita lebih banyak memberikan semangat dan berikan motivasi pada anak dengan mengeluarkan kata-kata positif pada anak.

Ibu Roslina Verauli juga menjelaskan tentang tanggap yang lengkap terdiri dari tiga aspek, yaitu:
• Cepat Tanggap, cepat merespon secara intelektual atau kognitif.
• Tanggap emosional, memahami emosi diri dan orang lain, empati, peka, penyayang, dan peduli.
• Tanggap bersosialisasi, bisa main bersama dan pintar bersosialisasi.




Ibu Andi Airin, selaku Head of Brand Bebelac, menjelaskan tentang Bebelac baru dengan formula lebih lengkap yang disempurnakan, mengandung Minyak Ikan dan Omega 6 yang ditingkatkan, FOS:GOS 1:9 yang dipatenkan, 13 vitamin dan 9 mineral untuk mendukung si kecil menjadi Anak Hebat dengan Tanggap yang Lengkap.

Tanggap yang Lengkap dimulai dari perkembangan otak yang baik. Jika perkembangan otak si Kecil baik, maka Ia mampu menerima dan mengolah stimulasi yang mom berikan dengan optimal.

Susu merupakan  nutrisi penting bagi anak. Nutrisi dan gizi yang terkandung dalam Bebelac baru sangat penting di masa emas pertumbuhan si kecil. Anak masih membutuhkan nutrisi optimal untuk perkembangannya karena mengandung minyak Ikan dan Omega 6 lebih tinggi, FOS:GOS 1:9 yang dipatenkan, serta 13 vitamin & 9 mineral.

Jadi di jaman now seperti sekarang ini anak tumbuh pintar saja tidak cukup. Agar si kecil jadi Anak Hebat, dia harus memiliki “Tanggap Yang Lengkap”. Tidak hanya cepat tanggap, tetapi juga punya rasa peduli dan tanggap bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya.




Kita sebagai orang tua mempunyai peranan penting dalam kecerdasan anak dengan memberikan stimulasi tepat dalam menumbuhkan mereka menjadi pribadi dengan Tanggap yang lengkap.


Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai Tanggap yang Lengkap, moms bisa langsung kunjungi website Bebelac di https://bebeclub.co.id/article/moms-pedia/tanggap-yang-lengkap-sebagai-ciri-anak-hebat/




No comments:

Post a Comment

Mohon jangan berkomentar SPAM, terimakasih.