Tuesday, 14 November 2017

Tips Cara Menyajikan Makanan Bernutrisi Bersama Masako Dari Dapur Umami


Tips Cara Menyajikan Makanan Bernutrisi Bersama Masako Dari Dapur Umami


Hi mom, apa kabar! Semoga kabar baik ya..

Saya membawa kabar baik nih, diawal november lalu sekitar tanggal 08 November 2017 saya bersama mom blogger lainnya berkesempatan mengunjungi Dapur Umami di kantor pusat Ajinomoto. 



Ketika diundang acara ini saya surprise banget, iyes saya selalu antusias bila berhubungan dengan dunia memasak, secara ya kita ibu-ibu pengennya selalu memberikan makanan terbaik buat keluarga kita. walaupun memasaka sendiri itu agak merepotkan tapi saya senang melakukannya, selain kebersihan dan bahan bakunya terjamin dari sisi materi juga lebih iritkan daripada jajan makanan di luar. 

Apa sih yang terlintas dibenak kalian ketika mendengar kata Ajinomoto! Buat saya Ajinomoto ini legendaris banget, saya sudah sering liat iklannya sejak saya kecil. 
Karena PT. Ajinomoto sudah ada di Indonesia sejak tahun 1969, perusahaan yang bertagline Eat Well Live Well ini pada tahun 1970 mendirikan pabriknya di Mojokerto – Jawa Timur. 
Dan pada tahun 2012 PT. Ajinomoto mendirikan pabriknya lagi di Karawang.




Sebagai perusahaan pertama yang menciptakan bumbu penyedap makanan jadinya produknya melegenda, masyarakat banyak menyebutnya micin. 
Walaupun kini banyak produk bumbu penyedap lainnya orang tetap menyebutnya micin. Namun belakangan ini banyak orang menyalah artikan fungsi dan manfaat dari micin. 
Berawal dari kata yang berawal dari guyonan sekedar untuk lucu-lucuan hingga anggapan serius dari kata micin.

Ibu Yani Herlyani

Di awal acara Ibu Yani Herlyani (Consumer Food & Seasoning Departemen Manager Ajinomoto Indonesia) memberikan kata sambutan dan menjelaskan lebih detail tentang acara diskusi tentang masakan sehat. 
Masakan yang sehat dan peran Masako yang bisa membuat makanan sehat menjadi lebih lezat dan enak.

Apa sih MSG itu?

Pada dasarnya rasa utama itu hanya ada rasa manis, asam, asin dan pahit. Rasa umami atau gurih didapat pada glutamat yang memberikan rasa enak. 
Yang ditemukan oleh ilmuwan Jepang bernama Prof. Kikunae Ikeda pada tahun 1908. Umami meningkatkan rasa makanan secara keseluruhan.

Bapak Haris Fadillah

Bapak Haris Fadillah (PR Manager Ajinomoto Indonesia), banyak menjelaskan tentang MSG. MSG itu singkatan dari Mono Sodium Glutamate, Kandungan utama pada MSG adalah asam glutamat atau asam amino. 
Asam amino diperlukan oleh mahluk hidup sebagai penyusun protein atau sebagai kerangka molekul-molekul penting dalam tubuh. 
Asam glutamat termasukAsamAmino Non-Essential yang juga terkandungdi dalam sumber makanan alami yaitu seperti tomat, jamur, kol, keju, ikan laut, daging dan bahkan ASI (Air Susu Ibu). Komposisi monosodium glutamate adalah natrium 12 %, glutamate 78 % dan air 10 %. Sehingga MSG adalah unsur nutrisi bukan unsur kimia berbahaya. MSG diperoleh melalui proses fermentasi dari bahan tetes tebu.



Balik lagi ke Dapur Umami, ternyata produk Ajinomoto ini banyak banget loch, saya selama ini sering menggunakan produknya seperti Masako, Sajiku tepung bumbu dan bumbu siap saji, Mayumi, Saori dan baru terjawab kini ternyata itu termasuk produk Ajinomoto ya. 
Oiya ada juga varian terbaru yaitu bumbu pasta Delito.

Kali ini saya mau mengulas sedikit tentang Masako. Saya ketika memasak juga menggunakan Masako loch tentunya dengan takaran seperlunya, dalam 1 sachet Masako saya bisa pergunakan beberapa kali pemakaian. 
Berarti saya generasi micin juga ya haha..segala sesuatu yang dipergunakan secara tidak berlebihan gak apa-apa koq, yang berbahaya itu bila pemakaiannya berlebihan. 
Memang sudah ada peraturannya segala sesuatu yang dipakai secara berlebihan memang tidak baik, bukan saja dalam pemakaian MSG tapi dalam berbagai hal.

Masako adalah bumbu ekstrak daging ayam atau sapi yang dibuat dengan perpaduan tepat antara daging segar berkualitas, bumbu dan rempah pilihan. 
Sehingga secara praktis menyempurnakan kelezatan masakan kita sehari-hari dengan rasa dan aroma dari daging asli sama seperti kaldu buatan di rumah.

Ibu Eurli Asria

Ibu Eurli Asria (Brand Manager Masako) menjelaskan bahwa Masako dibuat dengan menggunakan daging ayam dan sapi segar, disertai bumbu rempah pilihan. 
Kunci utama dari pembuatan Masako rasa ayam adalah dibuat dari ayam pedaging yang masih berusia sekitar 40 – 45 hari yang kandungan lemaknya sedikit. 
Untuk Masako rasa daging sapi juga dibuat dari daging sapi pilihan yang hanya diambil bagian paha depannya saja yang diketahui dagingnya paling banyak, daging sapi terbaik yang memiliki kadar lemak rendah, bebas penyakit, dan telah lolos uji kualitas mikrobiologi & kimia.
Masako telah mendapatkan sertifikat HALAL dari Majelis Ulama Indonesia. Kita juga bisa melihat cara pembuatan Masako secara livestreaming disini

Keunggulan Masako adalah:
1) Terbuat dari bahan alami dan lengkap
2) Praktis
3) Ekonomis
4) Dapat digunakan untuk menu berkuah, tumisan, dan gorengan
5) Masako adalah bumbu kaldu no.1 di Indonesia

Masako dibuat dalam bentuk granule atau bubuk. Dalam 1 butir Masako mengandung semua bahan baku. Bentuk bubuk memungkinkan produk lebih awet dan tahan lama
Kemasannya juga dibuat berupa plastik berlaminasi sehingga aman. Terdiri dari 2 variant rasa, yaitu terdiri dari rasa ayam dan rasa sapi
Favorit saya sih rasa ayam karena rasanya bisa masuk kesemua resep masakan, untuk rasa sapinya saya pakai sesekali ketika memasak dengan bahan dasar daging sapi, sehingga bisa membuat masakan saya lebih lezat.

Dr. Rita Ramyulis DCN, M. Kes,  

Setelah dapat info menarik tentang MSG dan produk Masako, sesi selanjutnya ada pemaparan ilmu tentang strategi mengatasi obesitas pada anak yang dibawakan oleh Dr. Rita Ramyulis DCN, M. Kes,  Pengurus Dewan  Persatuan Ahli Gizi Indonesia. 
Senang banget deh sudah beberapa kali ketemu ibu cantik ini, usianya sudah 46 tahun tapi tetap fresh dengan body yang slim. Jadi pengen seperti Dr. Rita, sepertinya harus mengubah kebiasaan makan nih biar singset seperti ibu Rita hehe..

Kita kalau melihat anak kecil gemuk pasti pada gemas pengen nyubit pipinya yang montok, tapi ternyata diluar itu anak gemuk itu tidak bagus buat kesehatannya apalagi kalau sampai ada tanda hitam dibelakang lehernya. 
Terkadang pola asuh jaman dulu kalau melihat anak makan banyak senang biar sehat dan gemuk, sehingga berlomba-lomba memberikan berbagai makanan kesukaan anak. 
Padahal kelebihan berat badan itu gak bagus untuk tumbuh kembang anak dan bisa membuat anak rentan terhadap berbagai penyakit.

Obesitas adalah kelebihan lebihan lemak non esensial. Prinsip berat badan ideal adalah adanya keseimbangan antara makanan yang kita konsumsi dan aktifitas yang kita lakukan. Mari kita terapkan prinsip 3M (move, model, meet) agar berat badan seimbang.

Move: harus banyak bergerak, pada anak dan remaja yang sedang tumbuh dengan sering bergerak akan membantu pertumbuhan tulang dan otot.

Model: kita harus jadi contoh yang baik pada anak, ketika anak tidak suka sayur kita harus menjadi contoh yang baik dengan banyak konsumsi sayur juga. Tidak ada kata terlambat untuk memulai menjadi model.

Meet: ajak anak terlibat dengan segala aktifitas kita untuk memulai perubahan yang lebih baik, misalkan pada perubahan pola makan dan aktifitas.


Penyebab anak bisa obesitas antara lain:
  • Penambahan berat badan pada Ibu hamil mempengaruhi jumlah lemak janin
  • Pemberian susu formula, bayi usia baru lahir hingga usia 6 bulan bila diberikan susu formula mempunyai resiko mengalami obesitas lebih besar, terkait tidak mengenal rasa kenyang.
  • Pemberian makanan padat terlalu dini, biasanya banyak mengandung gula dan lemak sehingga meningkatkan sel lemak.


Cooking Demo Bersama Chef Yunita

Demo masak bersama Chef Yunita Princess yang cantik dan kocak bikin seru, kompak banget sama MC Ridho hehe.. 
Chef Yunita banyak memberikan tips cara memasak sayuran agar tetap crunchy dan warnanya menarik agar anak-anak jadi suka makan sayur.


Chef Yunita, MC Ridho 

Chef Yunita membuat 2 menu makanan yang dibantu oleh 3 mom kece, yaitu mom Ade, Tika dan Tetty. Mom ade membantu chef Yunita membuat menu Brokoli Saus Telur Asin


Menu Brokoli Saus Telur Asin

Nah ini tipsnya menarik agar brokoli tetap hijau cantik warnanya sebaiknya direbus dulu agar saat dimasak warnanya tetap menarik dan nutrisinya juga terjaga. 
Dalam pengolahan masaknya juga jangan terlalu lama agar brokoli tetap crunchy, gunakan api yang besar sesaat dan makanan segera diangkat. Untuk penggunaan penyedapnya gunakan sebelum sayuran matang.

Menu Siomay Jamur Masako

Pada menu yang kedua yaitu menu Siomay Jamur Masako, chef Yunita dibantu mom Tika dan Tety. Untuk makanan yang direbus gunakan kulit pangsit yang lebih tebal agar tidak cepat robek. Sedangkan pengolahan Siomay ini dikukus jadi chef Yunita menggunakan kulit pangsit sama dengan makanan yang digoreng yang lebih tipis.

Pada saat cooking challenge saya masuk dalam team Jamur bersama mom Irma, mom Ria Bilqis, Mom Nunu halimi, dan mom Eva. 

Team Jamur

Kita membuat menu Bayam Mentega. Yeayyy berkat kerjasama yang kompak alhamdulillah team kita menang.


Menu Bayam Mentega

Berikut resep Bayam Mentega:
Bayam Mentega

Bahan-bahan:
2 ikat daun bayam
100 gr udang segar, kupas
2 sdm mentega
3 siung bawang putih, cincang
¼ sdt merica hitam bubuk
1 sdt air jeruk lemon
2 sdm air matang
Masako rasa ayam

Cara memasak:
Panaskan mentega sampai meleleh dan tumis bawang putih hingga harum. Masukkan udang, masak hingga warnanya berubah kemerahan. Tambahkan air, air jeruk lemon, dan merica kemudian masak hingga mendidih. 
Setelah itu masukkan bayam, tumis hingga sedikit layu, beri Masako secukupnya, bila terlihat sudah matang segera di angkat. 
Sajikan.



Buat para mom yang ingin ikut berkunjung ke Dapur Umami bisa juga koq, gabung saja di Fanpage Asli Masako. 

Buat yang punya komunitas atau kelompok ibu-ibu pengajian atau arisan bisa banget ikutan tapi harap bersabar karena banyak yang daftar, jadi tunggu sampai dapat info selanjutnya dari Ajinomoto. Terima kasih Ajinomoto atas undangannya, sampai ketemu lagi semoga dapat kesempatan lagi.

Fanpage Facebook: ASLI Masako

28 comments:

  1. Suka sekali resep bayam Mentega ya , mudah cara memasaknya. Sebaiknya masak sendiri di rumah jadi tahu takaran penggunaan MSG.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya lbh terjamin lg ya mba kebersihannya :)

      Delete
  2. Bayam mentega itu resep paling mudah ya buat anak-anak dirumah. Jd pengen coba bikin deh

    ReplyDelete
  3. Aku jg masak pake Masako Mbak, soalnya enaaak.. kalo cuma gulgar masih hambar deh.

    ReplyDelete
  4. Wah ibu ibu semua nih yang komen hehe
    alamsyah project

    ReplyDelete
  5. Yang paling saya ingat dari ajinomoto ini adalah mangkok bakso hehehe...
    Selain buat penyedap, ajinomoto ini juga bagus lho buat tanaman cabe. Sebagai salah satu bahan campuran yang disemprotkan ke tanaman cabe, membuat tahan hama dan cepat berbuah.
    Tadinya saya juga pakai ajinomoto, tapi sejak suami pakai ini buat menyemprot tanaman cabe, saya pindah ke masako rasa ayam.

    Resep bayam menteganya makasih ya mbak, harus dicoba nih. Soalnya anak-anak susah makan sayur.

    Maaf komentarnya agak panjang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah dpt ilmu baru.. terima kasih mb Nanik..slm knl 😁

      Delete
  6. Yang ku ingat "ajinomoto cap mangguk merah, cup... Cup"

    ReplyDelete
  7. Masako ternyata prosesnya matang dan lengkap ya, apalagi didukung dengan alat2 yang canggih dan tenaga profesional plus ga perlu diragukan lagi kehalalannya. Makasih sharing infonya ya.

    ReplyDelete
  8. Aku kalau kebanyakan micin pasti teler. Tetapi lebih enak pakai Masako dari berbagai bumbu pilihan dan ayam yang bagus ya Kakak.
    Ternyata tidak salah selama ini aku menggunakan masako pada masakanku.

    ReplyDelete
    Replies
    1. toss sm donk kita..aq jg lbh sk yg ayam :)

      Delete
  9. Jadi tambahan menu ya untuk keluarga di rumah plus dapat tambah pngetahuan tentang msg

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya informasi yg bagus krna selama ini kebanyakan masyarakat agak keliru menilai MSG :)

      Delete
  10. Aku pake masako buat bikin nugget juga mbak, rasanya jadi lebih enak dan gurih

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh donk ajarin bikin nugget teh :)

      Delete
  11. Waaah 3M nya boleh ditiru nih mba. Utk yg Model.. duh.. agak susah deh dengan sayur. Padahal dah diajak masak bersama. Tetep aja ga mau.. hiks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hayoo tgs mba ade buat bikin anak2 sk makan sayur ..bikin inovasi baru mba :)

      Delete
  12. Aku generasi micin, kentang goreng aja harus ditaburin masako biar gurih hahaa.. paling suka pake masako rasa sapi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh mb neisia pinter masak jg yaa..yukk bljr masakan lainnya 😊

      Delete
  13. Aku pakai saori buat penyedap rasa, emang sih sedang menghindari msg tp kadang perlu juga yg penting penggunaannya gak berlebihan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sesuatu yang berlebihan memang tidak baik buat apa aja say tp kalau sesuai takaran ya gpp malah bikin makanan lezat :)

      Delete
  14. itu resep bayam menteganya jadi disukain anak2ku di rumah tuh mbaakk... gampang dan sehat yak

    ReplyDelete
  15. Tipsnya bermanfaat banget ya, Mbak

    ReplyDelete

Mohon jangan berkomentar SPAM, terimakasih.