Sunday, 27 August 2017

Serunya Ngidam Bersama SGM Bunda


Serunya Ngidam Bersama SGM Bunda


Bagi para pasangan yang baru menikah mempunyai anak adalah impian yang dinanti setiap pasangan. Dimana masa kehamilan hingga menyusui tentunya menjadi momen luar biasa, yang selalu memberikan kejutan. Saya sendiri selalu seru bila ada rekan, saudara maupun perempuan lainnya yang suka menceritakan pengalamannya ketika mengalami ngidam. 
Dari ngidam yang biasa sampai yang terkadang terasa tidak masuk akal atau gak gampang untuk dituruti, misalkan ingin memeluk artis pujaan atau lainnya. Bahkan terkadang banyak para suami yang mengalami ngidam.


Para Narasumber (foto:dokpri)

Kamis siang (24/08/2017) saya antusias sekali ketika mendapat undangan media gathering Festival Ngidam SGM Bunda, baru kali ini saya menghadiri acara festival ngidam dan pastinya banyak ilmu dan informasi bagus yang bisa saya dapatkan dari para narasumbernya. Turut hadir
Dr. Med. dr. Damar Prasmusinto, SpOG (k), Pakar psikologi keluarga Mba Tara dr Thouars, BA, M.Psi dan Ibu Christina Natalia (Marketing Manager SGM Bunda).


Bapak Danish Rahman, Brand Business Unit Director Danone Early Life Nutrition Indonesia (foto:dokpri)

Acara dibuka dengan sambutan dari Bapak Danish Rahman (Brand Business Unit Director Danone Early Life Nutrition Indonesia) memberikan sambutan dan penjelasan tentang keseruan Festival Ngidam SGM Bunda nanti yang akan diadakan pada tanggal 2 - 3 September 2017 di Summarecon mall Bekasi.  Pada sesi pertama Dr. Med. dr. Damar Prasmusinto, SpOG (k) yang menjelaskan tentang kehamilan, tentang  bagaimana perencanaan kehamilan yang baik jangan​ sampai kekurangan nutrisi untuk generasi sehat.

Dr. Med. dr. Damar Prasmusinto, SpOG (k) (foto:dokpri)

Menurut
Dr. Med dr. Damar prasmusinto, SpOG(k), ngidam itu hal  wajar yang dialami  oleh para ibu hamil, ngidam terjadi karena meningkatnya POE (Peptide Opioid Endogen). Dan ini yang menyebabkan ibu hamil jadi ngidam, yang biasanya ditandai dengan keinginan akan suatu hal, pada umumnya terkait konsumsi makanan atau minuman tertentu yang sesuai moodnya. karena pada masa kehamilan ini pola pembentukan janin terbentuk. Mau "dibentuk" seperti apa si calon bayi nantinya, karena 80% ditentukan oleh nutrisi yang diasup oleh sang ibu. Faktor genetik hanya berpengaruh sebesar 20% saja.

foto:dokpri

foto:dokpri

Menurut Riskesdas 2013, angka bayi kecil (<2500gr) yang dilahirkan di Indonesia mencapai 10,2% sedangkan bayi lahir pendek (<48cm) mencapai 20,2%. Angka tersebut menandakan bahwa masih banyak ibu hamil yang kekurangan nutrisi. Sebaiknya ibu hamil walaupun mengalami mood yang kurang baik terhadap makanan, jangan sampai mengabaikan pentingnya nutrisi untuk sang bayi, sedikit apapun harus tetap menjaga pola makan dengan baik dan seimbang, agar bayi dalam kandungan bisa mendapatkan nutrisi yang cukup untuk perkembangannya. 
Minum susu khusus juga bagus buat ibu hamil. Suplemen yang ada dalam kandungan susu dan ditambah dengan kebaikan susu sangat baik untuk ibu hamil.


foto:dokpri

Ngidam ternyata juga berkaitan juga dengan kultur. Menurut hasil penelitian di US, para ibu hamil  di sana lebih banyak menginginkan makanan yang manis-manis, sementara kalau di Indonesia justru lebih menyukai yang asem-asem. Ternyata beda budaya beda keinginan juga ya hehe..

SGM Bunda sangat memahami kondisi yang dialami para ibu hamil, sehingga untuk itulah SGM Bunda mengadakan Festival Ngidam. Festival ngidam ini merupakan festival pertama dan terbesar di Indonesia. Pad festival nanti banyak acara menarik dengan serangkaian aktifitas edukasi nutrisi yang lengkap dan menyenangkan untuk bunda.


Tara dr Thouars, BA, M.Psi (foto:dokpri)

Pada sesi kedua ada psikolog cantik mba Tara dr Thouars, BA, M.Psi yang memberikan sharing tentang keunikan masa kehamilan yang sering dialami para bunda. Menurut mba Tara, pada saat kehamilan diharapakan ibu hamil bisa mengontrol perubahan psikologis yang terjadi para dirinya. Terkadang rasa cemas dan khawatir yang dialami para ibu hamil dapat dipicu oleh berbagai faktor, baik internal maupun ekternal, dan juga tergantung pada tahapan trismester kehamilannya juga.


foto:dokpri

Terkadang suka ada mitos yang suka saya dengar, katanya kalau ibu hamil keinginannya tidak terpenuhi nanti ketika anaknya lahir akan ileran atau suka ngeces gitu. Sampai saat ini sih saya juga belum tau kalau itu benar atau tidak hehe.. ketika ngidamjuga biasanya rasa ingin disayang dan dimanja lebih dominan sehingga emosi bunda cenderung fluktuatif.


foto:dokpri

Menurut mba Tara de Thouars, BA, M.Psi, ibu hamil memang cenderung lebih sensitif berkaitan dengan segala perubahan yang  terjadi pada dirinya. Ibu hamil biasanya cenderung sensitif dan "moody", gampang ngambek, gampang marah, dan gampang tersinggung, jadi jangan terlalu diambil hati. Orang-orang di sekelilingnya sebaiknya memahami ini dan membantu calon ibu untuk melewati masa-masa ini dengan nyaman, jangan ikutan sensi juga donk ahh hehe..


foto:dokpri

Bagi ibu hamil, biasakan untuk mengkomunikasikan hal-hal yang membuatnya kurang nyaman. Kalau perlu, cari teman sharing, jangan memendam masalah sendiri, jangan galau sendiri. Perempuan terkadang hanya butuh didengar. Peran suami siaga sangat diharapkan, agar bunda mendapatkan tempat sharing yang baik sehingga dapat menjalani masa kehamilan dengan rileks dan menyenangkan.


Festival Ngidam SGM Bunda


Ibu Christina Natalia selaku Marketing Manager SGM Bunda (foto:dokpri)

Ibu Christina Natalia selaku Marketing Manager SGM Bunda menjelaskan tentang apa sih Festival Nyidam SGM Bunda. Festival Ngidam SGM Bunda sebelumnya pernah diadakan di Surabaya. Di area Jawa dan Sumatera banyak tersebar kegiatan “Edukasi Nutrisi & USG Gratis” dan berhasil diikuti oleh 34,790 bunda di 900 lokasi. Kegiatan tersebut telah berhasil memecahkan rekor MURI untuk jumlah foto USG Bunda Hamil Terbanyak.


foto:dokpri

foto:dokpri

Dalam rangkaian kegiatan Festival Ngidam nanti dapat dihadiri oleh para bunda yang sedang program hamil, bunda yang sedang hamil maupun para bunda yang masih menyusui. Nanti para bunda dan ayah dapat aktif berkonsultasi seputar kehamilan dan nutrisi. 


foto:dokpri

Untuk menambah pengetahuan kita juga bisa mengikuti talkshow edukatif bersama para ahli. Berbagai tema ada di Festival Ngidam, mulai dari Ngidam Jajan, bakal ada beragam sajian kuliner yang lezat dan bergizi tentunya. Ngidam Dimanja, disini para bunda bisa melakukan berbagai perawatan mulai dari perawatan kecantikan, pijat relaksasi, hingga terapi musik hamil. Ngidam Ketemu Artis, bunda bisa ketemu artis idola dan hiburan lainnya. Ngidam Eksis, bunda bisa mengikuti fashion show untuk bunda hamil, dan masih banyak lagi yang lainnya.  


foto:dokpri

Dan yang penting event ini gratis loch bun ;)
Yukk jangan lupa untuk datang di  Festival Ngidam SGM Bunda nanti, jangan lupa ajak suami dan informasikan ke rekan lainnya. Agar bisa mendapatkan informasi dan hiburan menarik untuk para bunda.


foto:dokpri

3 comments:

  1. Gagal fokus sama Bapak Danish Rahman hehehehe. Ayo kita datang ke Festival Ngidam SGM Bunda. Penasaran pingin tahu keseruannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aishh bumil ga bs liat yang bening,,,hayukk mba aq jg penasaran sm festival ngidam

      Delete
  2. Amazing article. I am so impressed. I think you have a great knowledge especially while dealings with such subjects. Thanks for your publication; wild style. Many thanks sharing your article.

    ReplyDelete

Mohon jangan berkomentar SPAM, terimakasih.