Monday, 26 June 2017

Mengenal Lebih Dekat Semen Merah Putih Melalui 5 Pilar CSR


Mengenal Lebih Dekat Semen Merah Putih Melalui 5 Pilar CSR

Pernah bekerja dibidang kontraktor dan konsultan Arsitektur sedikit banyak memberikan wawasan kepada saya tentang material bangunan, dan semen merupakan salah satu material yang dibutuhkan pada sebuah bangunan. Mutu dari kualitas semen yang baik selain mudah diaplikasikan tentu saja bisa menghasilkan bangunan yang kuat dan memberikan kualitas bangunan bisa bertahan lebih lama.

Diminggu terakhir ramadhan saya mendapatkan undangan gathering dan berbuka puasa bersama dari Semen Merah Putih (SMP). Semen Merah putih  dibawah naungan PT. Cemindo Gemilang merupakan semen berkualitas premium yang berdiri sejak tahun 2011, yang mempunyai visi ingin menjadi perusahaan global terkemuka dibidang material bangunan dengan mengedepankan solusi inovatif. Sedangkan misi dari Semen Merah Putih yaitu menyediakan produk yang lebih diminati dan layanan terbaik dengan pengelolaan perusahaan yang handal, ramah lingkungan dan memberikan nilai tambah yang lebih untuk seluruh shareholder.



Bapak Sigit Indrayana (Corporate CSR dan PR Semen Merah Putih) mengatakan bahwa pabrik Semen Merah Putih yang terletak di wilayah Banten Selatan dekat objek wisata pantai Sawarna sudah terintegrasi, memiliki kapasitas produksi 4 juta ton per tahun, dilengkapi mesin mutahir berstandar Eropa dan proses supply chain yang lengkap. Selain Pabrik utama di wilayah Bayah Banten, terdapat pabrik penggilingan (Grinding Plant) di Ciwandan, Gresik, Pontianak, Medan dan Bengkulu.

Kenapa Semen Merah Putih berlogo badak ?

karena Semen Merah Putih ingin membumi dengan wilayah berdirinya lokasi pabrik sehingga memberikan simbolik Badak bercula satu. Semen Merah Putih diproduksi di Bayah mulai akhir desember 2015,  namun sebelumnya sudah beredar di pasaran dan diberi ijin import sekalian mengedukasi pasar. Semen Merah Putih hadir sebagai pelopor, sedangkan untuk Kerjasama Opersional (KSO) di Kupang, Semen Merah Putih memasang simbol Komodo yang identik dengan daerah Kupang.

Semen Merah Putih juga bertujuan ingin menampilkan wajah industri yang ramah lingkungan dan sosial. Untuk menunjang kinerja pabrik dan masyarakat sekitar, PT. Cemindo Gemilang juga membangun listrik berkapasitas 60 megawatt. 5 Pilar kegiatan CSR Semen Merah Putih tujuan utamanya adalah ingin mendapatkan ijin sosial dari masyarakat sekitar. Bayah merupakan wilayah ujung yang masuk wilayah kabupaten Lebak. Melalui 5 pilar  CSR Semen Merah Putih secara perlahan ingin menciptakan masyarakat yang lebih mandiri.

Berikut 5 Pilar CSR Semen Merah Putih, antara lain:

PENDIDIKAN
Ada program peningkatan kompetensi masyarakat, program bea siswa berprestasi bagi masyarakat sekitar, program literasi masyarakat. Semen Merah Putih juga bekerjasama dengan kementrian perindustrian dan universitas Tirtayasa. Di Bayah lulusan sarjana kebanyakan adalah sarjana keagamaan, Olah Raga dan Pendidikan, sementara untuk SMK yang ada kebanyakan jurusan administrasi. Semen Merah Putih hadir sebagai bapak asuh me-redesign pendidikan jadi tepat guna. Para lulusan selain nantinya bergabung di Semen Merah Putih, berharap nantinya putra-putri terbaik Bayah yang merantau punya alasan balik kampung untuk menerapkan ilmu yang dimiliki.

SOSIAL
Program donasi Semen Merah Putih pada bidang sosial antara lain dengan mengadakan perbaikan fasilitas umum seperti perbaikan jalan, renovasi kantor pemerintahan dan instansi, dan juga fasilitas MCK untuk masyarakat sekitar. Selain itu juga ada program renovasi untuk tempat ibadah mushola dan masjid di Banten dan sekitarnya. Belum lama ini Semen Merah Putih juga mengadakan program bedah rumah untuk 83 hunian tidak layak di wilayah Cilincing, Jakarta Utara dengan menjalin MOU dengan Gubernur Jakarta bapak Djarot Saiful Hidayat. Untuk di kota Bengkulu Semen Merah Putih bermitra dengan Yayasan Polres kota Bengkulu untuk melakukan bedah rumah tidak layak huni.




EKONOMI
Pada bidang ekonomi Semen Merah Putih memberdayakan masyarakat sekitar untuk memanfaatkan lahan kosong milik perusahaan untuk kegiatan pertanian jagung dan karet. Selain itu juga Semen Merah Putih aktif membina para UKM untuk pengrajin makanan ringan tradisional khas Bayah yaitu Keripik Pisang, dan usaha kreatif pengrajin batik khas Lebak, baik dari segi pembinaan keterampilan maupun pemasarannya.

Selain itu di kota Bengkulu juga Semen Merah Putih pada bidang pariwisata mendonasikan bis pariwisata untuk mendukung aspek pendidikan dan pengenalan objek-objek wisata alam dan sejarah kota Bengkulu.

KESEHATAN
Untuk program kesehatan Semen Merah Putih ada program donor darah, pemeriksaan dan pengobatan gratis serta  program bantuan fasilitas kesehatan bagi warga Bayah dan sekitarnya.

LINGKUNGAN HIDUP
Ada program penghijauan yaitu penyerahan bibit tanaman ke masyarakat Lebak, Banten. Lalu ada program Green Cleaning yaitu dimana warga masyarakat berpartisipasi dalam aksi bersih-bersih di pantai Sawarna – Bayah. Dan juga ada program perawatan jalan bagi tenaga kerja lokal.

Salut saya dengan Semen Merah Putih, program sosialnya sangat bermanfaat untuk warga Bayah dan sekitarnya. Bila diberikan kesempatan pengen banget saya bisa mengunjungi pabrik Semen Merah Putih. Semoga Semen Merah Putih makin maju sehingga ke depannya lebih banyak lagi aksi sosialnya untuk masyarakat sekitarnya.


10 comments:

  1. Wah, pabriknya deket pantai Sawarna, asik banget ya ... abis kerja, mampir ke pantai hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keren ya ka klo lg boring sm kerjaan bs liat view pantai aja udh ilang dh bt nya :)

      Delete
  2. Dampaknya buat masyarakat cukup bagus Mba, dengan adanya kerjasama dengan UKM semoga bisa membantu mensejahterakan ekonomi Indonesia. Oy salam kenal Mba hehe :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya semoga ya mba
      Salam kenal juga mba Septia 😊

      Delete
  3. Enak paling kerja di pabrik..
    Pulang kerja langsung di manja in.. Sama pantai

    ReplyDelete
  4. program CSRnya bagus banget untuk meningkatkan produktivitas masyarakat sekitar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya programnya keren banget ya mba, sangat bermanfaat buat Masyarakat sekitar😊

      Delete
  5. Terima kasih atas liputan Program CSR Semen Merah Putih. Kami sangat senang teman-teman Blogger dapat memberikan apresiasi positif terhadap 5 pilar CSR di PT. Cemindo Gemilang selaku produsen semen di Indonesia dan pemegang merek Semen Merah Putih. Kami dengan senang hati dapat mengundang teman-teman Blogger untuk mengunjungi pabrik semen kami, khususnya pabrik semen terintegrasi di Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Banten. Pabrik semen tersebut berdiri di dekat area wisata Pantai Sawarna dan tepat menghadap Samudera Hindia yang menawarkan keindahan alam yang fantastis, bahkan posisi pabrik Bayah tepat menghadap lokasi matahari terbenam (sunset), jadi teman-teman Blogger bisa mengabadikan momen indah di pabrik kami dengan latar belakang warna kuning keemasan dan merah menyala pada saat sunset. Amazing

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih pak Nugraha Amijaya
      Wah asikk Alhamdulillah kalau bs ikutan visit ke pabrik,,keren bgt itu view-nya ya pak ;)

      Delete

Mohon jangan berkomentar SPAM, terimakasih.