Monday, 13 March 2017

Talkshow Tentang Hoax, Mitos & Fakta Seputar Kehamilan


Talkshow Tentang Hoax, Mitos & Fakta Seputar Kehamilan


Informasi kesehatan selalu menarik buat saya, begitu mendapat informasi mengenai acara ini dari Komunitas Indonesian Social Blogpreneur (ISB) saya langsung antusias mendaftar. Membahas masalah kesehatan tidak pernah ada matinya, informasi tentang kesehatan selalu menarik untuk dibahas karena sangat  berguna untuk diri sendiri, orang-orang terdekat dan lingkungan sekitar kita. Apalagi kali ini bahasannya tentang seputar kehamilan, buat saya yang belum lama menikah tentu ilmunya sangat berguna untuk saya nanti.

Acara talkshow seputar kesehatan ini diadakan di Beranda Café yang terletak di Jakarta Selatan. Pada acara ini banyak dihadiri oleh para blogger pria juga, karena pria pun wajib mengetahui tentang seputar kehamilan yang tentunya bermanfaat untuk pasangannya, bagi yang belum menikah pun bisa menjadi bekal ilmu ketika menikah nanti. di acara ini diprakasai oleh Mayapada Hospital dan OBSAT (Obrolan Langsat) Beritagar.id ke-190 ini akan membahas tentang hoax, mitos dan fakta seputar kehamilan yang banyak beredar dikalangan masyarakat luas.

Para Narasumber (Photo:Dokpri)

Acara keren ini dihadiri oleh para narasumber yang berkompeten dibidangnya ada dr. Yuslam Edi Fidianto, Sp. OG (Obstetrics & Gynecologist dari Mayapada Hospital), Kinaryosih (artis dan ibu dari anak berusia 5 tahun), Rahne Putri (ibu satu anak, blogger dan social influencer), dan Kartika Susanti (Komunitas TurnBackHoax dan Koordinator Mafindo). Dipandu oleh mba Kristin Amelina dari Beritagar.id acara berjalan dengan meriah, sesekali terdengar derai tawa dari audience ketika pembahasannya mulai agak pribadi menyangkut hubungan pasutri, biar bagaimana pun di Indonesia terkadang masih agak janggal ya dan terkesan vulgar bila membahas masalah ini, tapi ulasan dari dr. Yuslam mengalir dan menarik untuk disimak.

Kinaryosih (Photo:Dok.ISB)

Mitos Seputar Kehamilan


Air Kelapa Hijau

Kinaryosih, model dan peragawati yang kini banyak berkiprah di dunia film menceritakan tentang pengalamannya di kehamilannya yang pertama dan yang kedua ini yang sudah memasuki usia 7 bulan. Kinaryosih bercerita karena ia sudah mengetahui jenis kelamin anaknya yang tengah dikandung ini perempuan, kini tiap hari kinar banyak mengkonsumsi minum air kelapa hijau dan air kacang hijau. Dengan minum air kelapa hijau ini Kinar berharap nanti anak perempuannya memiliki rambut yang tebal, dan anaknya menjadi kuat dan tidak gampang sakit seperti anak pertamanya yang sering terkena flu. Kinar pun menjelaskan kepada suaminya yang berasal dari Australia kenapa ia mengkonsumsi air kelapa hijau.  

dr. Yuslam menjelaskan bahwa konsumsi air kelapa hijau itu baik karena mengandung elektrolit, kalium, glukosa dan vitamin yang terlarut didalamnya, tetapi tidak boleh terlalu sering karena kadar kaliumnya yang tinggi bisa membuat sang ibu menjadi lemas. Elektrolit mempengaruhi gerak otot jantung dan denyut jantung bisa menjadi lambat karena diare, ibu hamil biasanya suka demam dan diare dan berimbas pada daya kerja jantung.  Menurut dokter minimal konsumsi air kelapa hijau 2 atau 3 kali saja dalam seminggu. Menurut dr. Yuslam manfaat dari konsumsi air kelapa hijau adalah agar lebih kuat daya tahan tubuh calon si jabang bayi, padahal mitos yang berkembang di masyarakat luas kalau ibu hamil banyak konsumsi air kelapa hijau bisa bikin kulit calon anaknya nanti menjadi lebih putih dan mulus. Menurut dr. Yuslam warna kulit dan jenis rambut tergantung dari gen kedua orang tuanya, jadi bukan karena meminum air kelapa hijau.

Air Rebusan Kacang Hijau

Air rebusan kacang hijau pertama banyak mengandung vitamin, setelah kacang hijaunya pecah banyak mengandung karbohidrat dan sangat bagus untuk ibu hamil dan boleh dikonsumsi setiap hari. Tapi kebanyakan para ibu hamil konsumsi air rebusan kacang hijau dicampur gula, itu yang tidak baik karena kandungan gulanya bisa menambah berat badan.


Minum Minyak Kelapa

Ada lagi mitos tentang minum minyak kelapa akan memudahkan sang ibu dalam persalinan nanti, sebenarnya belum ada penelitian yang bisa membenarkan mitos tersebut. Yang ada malah reaksi pada asam lambung bagi yang punya penyakit lambung, persalinankan lewat vagina sedangkan meminum air kelapa ke saluran cerna jadi sebenarnya tidak nyambung juga sih ya antara jalan lahir dengan usus. Fakta yang ada menurut dr. Yuslam ketika beliau bertugas di daerah pedalaman, pada saat persalinan para bidan di daerah memperbolehkan mengoleskan minyak kelapa hangat dijalan lahir yaitu disekitar vagina. Hal ini masih dianggap lazim karena di daerah masih agak sulit sarana dan prasarana kelengkapan untuk persalinan.


MSG

Lalu bagaimana tentang larangan mengkonsumsi MSG bagi ibu hamil. Menurut dr. Yuslam larangan bagi ibu hamil dalam konsumsi MSG terlalu berlebihan dan terkesan lebay, karena mengkonsumsi MSG dalam jumlah tertentu masih diperbolehkan karena baik untuk otak janin. Tetapi kalau dikonsumsi secara berlebihan itu yang dilarang karena bisa menyebabkan kanker. Bila ibu hamil terlalu dipantang nanti bisa menjadi stress, padahal ibu hamil tidak boleh stress karena bisa mempengaruhi pertumbuhan sang jabang bayi.


Daging Kambing

Satu lagi mitos yang banyak beredar adalah larangan mengkonsumsi daging kambing. Padahal menurut penelitian daging kambing lebih aman dikonsumsi bagi ibu hamil daripada daging sapi. Daging kambing memiliki kadar kolesterol yang lebih rendah dibanding daging sapi, dr. Yuslam menyarankan ada baiknya ibu hamil lebih memilih konsumsi steak daripada sate. Steak diperbolehkan karena tingkat kematangannya bagus, lebih baik pilih yang well done. Kenapa sate tidak baik dikonsumsi oleh ibu hamil, karena proses pematangannya dengan cara dipanggang, dengan cara dipanggang protein akan rusak. Karena dipanggang dekat dengan api terkadang pada dagingnya yang terbakar menjadi arang yang bisa menyebabkan kanker.
Kopi

Ibu hamil dilarang minum kopi?
Ibu hamil harus happy tidak boleh stress, bila ibu hamil adalah pecinta kopi yang rada sulit untuk menghilangkan kebiasaannya untuk mengkonsumsi kopi tentunya akan terasa berat bila diharuskan berhenti total minum kopi. Sebenarnya ibu hamil masih diperbolehkan untuk mengkonsumsi kopi asal tidak melebihi kadarnya.

Bila ibu hamil sehat tidak mempunyai penyakit tertentu yang berhubungan dengan kopi seperti hipertensi atau penyakit maag yang bisa mengakibatkan fatal. Ibu hamil masih boleh koq konsumsi kopi 300 mg dalam sehari, ujar dokter Yuslam. Tetapi bila ingin sehat sih sebaiknya perbanyak saja minum air putih dan jus buah segar.

dr. Yuslam banyak menjelaskan tentang trimester kehamilan, dimana pada trimester pertama adalah fase organogenesis yaitu dimana fase pembentukan organ tubuh janin baru dibentuk dimana ibu hamil banyak membutuhkan karbohidrat agar tubuh tidak mudah lemas. Bila ibu hamil mengalami gangguan nafsu makan diperbolehkan untuk mengkonsumsi susu, lebih baik susu putih. Ibu hamil tidak wajib koq mengkonsumsi susu hamil yang banyak beredar di pasaran.

Di trimester kedua, perkembangan janin pesat sehingga membutuhkan banyak protein, dan biasanya pola makan sang ibu sudah mulai membaik karena sudah mulai bisa beradaptasi. Dan di trismester ketiga perlu keseimbangan asupan karbohidrat dan protein. Ibu hamil tidak boleh melakukan diet terlalu ketat, selama kehamilan selama Sembilan bulan mengalami kenaikan berat badan sekitar 9 – 16 kg masih normal.

Bahasan semakin hangat ketika banyak dari audience mengajukan pertanyaan tentang cara berhubungan yang baik agar segera bisa mempunyai keturunan. Dokter Yuslam menjelaskan sebaiknya berhubungan pasutri dilakukan minimal 2 sampai 3 kali dalam seminggu. Dan posisi berhubungan juga menentukan, bila ingin segera mempunyai anak sebaiknya posisi wanita dibawah ketika berhubungan. Walau agak membikin pipi merona tapi bahasannya berguna sekali tips dari dr. Yuslam. Bila kita menginginkan jenis kelamin anak juga ada trik dan metodenya loch.


Hoax Seputar Kesehatan

Konten negatif media sosial meningkat setiap tahunnya dan negara kita terbesar masuk diurutan nomor 4 sebagai pengguna internet aktif, sehingga segala berita mudah dijangkau dan bila kita tidak pandai memilih segala informasi yang ada maka kita gampang terkena imbas dari informasi bohong alias hoax.

Mba Kartika dari Mafindo (Masyarakat Anti Fitnah Indonesia) menjelaskan  bahwa berita hoax itu lebih berbahaya karena informasi bohong dibuat untuk mengambil keuntungan tertentu. Jangan pernah menerima berita hoax secara mentah-mentah dan langsung menyebarkannya, lebih baik ditelusuri dulu kebenarannya sebelum kita menyebarkannya ke orang lain. Hoax itu lebih ke fitnah yang akan dibalas lagi dengan fitnah hingga menjadi lingkaran setan, apa lagi di masa hangatnya perpolitikan banyak sekali masyarakat yang mudah sekali terprovokasi berita bohong sehingga bisa menimbulkan kesalah pahaman yang berujung pada pertikaian yang sering terjadi ditengah masyarakat belum lama ini.

Sebagai pengguna internet aktif kita harus kritis, hati-hati dan lebih cerdas dalam menyaring berita ungkap mba Tika. Mafindo menciptakan prinsip 6P dalam menangkal berita hoax, yaitu:
  • Prinsip hati-hati, ketika kita mendapatkan berita jangan langsung diterima secara bulat, lebih baik pikirkan dulu secara nalar apakah berita itu benar atau tidak.
  • Potong rantai, saat ini media berita yang paling banyak menyebarkan berita hoax yaitu dari platform facebook, pesan singkat BBM dan Whatsapp. Sering bangetkan kita menerima berita berantai yang mengharuskan kita menyebarkan berita tersebut demi kebaikan keluarga tercinta dan alas an lainnya. Ada baiknya kita jangan mudah menyebarkannya sebelum mengetahui kebenarannya.
  • Periksa sumbernya, dengan kita cek sumbernya kita bisa mengetahui berita tersebut benar atau sekedar hoax saja.
  • Periksa Redaksi, ketika kita melihat sebuah situs yang terlihat kredibel, tampak artikelnya rapi dan bagus tapi ternyata hoax.
  • Pakai akal sehat kita ketika mendapatkan informasi, waspada dan hati-hati yang paling efektif.
  • Jangan mudah percaya, orang cenderung menyebarkan berita berdasarkan informasi dari orang yang terpercaya, biasanya keluarga terdekat karena alasan care atau peduli terhadap orang terdekat.

Dokter Yuslam dan mba Kinaryosih pun pernah mengalami terjebak berita hoax, kalau pak dokter terjebak ikut menyebarkan berita hoax ketika keisengan disela kemacetan disaat menyetir, kalau mba Kinaryosih sebagai penyuka traveling sempat terjebak berita hoax ketika mendapatkan berita mengenai tiket gratis dan sempat ikut menyebarkan berita tersebut yang ternyata adalah hoax. Mba Rahne Putri berbagi cerita kalau ia sering mendapatkan berita hoax justru dari keluarga, memang sih biasanya karena rasa share is care terkadang kita ikut menyebarkan berita kepada orang-orang terdekat kita karena kita mempunyai rasa peduli yang tinggi sehingga ingin berbagi informasi.
Berita hoax sendiri kebanyakan berasal dari orang yang terpercaya sehingga kita sebagai penerimanya sering gampang turut menyebarkannya. Orang menyebarkan hoax sebagai bentuk kepedulian tapi ternyata salah. Ada baiknnya kita turut memberikan edukasi dilingkungan keluarga terdekat dengan cara mencari tahu dulu kebenarannya. Pada dasarnya semua orang ingin menjadi hero atau pahlawan untuk orang lain sehingga turut menyebarkan info-info yang dikira bisa bermanfaat untuk orang lain tapi sayangnya ternyata hoax.

Bisakah berita hoax tersebut sampai diproses hukum?
Mari kita saling mengingatkan satu sama lainnya agar tidak mudah terprovokasi berita-berita yang tidak jelas kebenarannya, jangan sampai kita malah bisa terjerat hukum karena sekarang sudah ada undang-undang ITE yang sudah mulai diberlakukan. Sosial media facebook merupakan salah satu platform yang paling banyak digunakan menyebarkan berita hoax. Bila kita menemukan situs hoax atau berita hoax yang dirasa mengganggu jangan segan untuk melaporkan ke trustpositif.kominfo.go.id atau ke data.turnbackhoax.id

Banyaknya mitos mengenai kehamilan dan kesehatan reproduksi perempuan sering kali menyesatkan. Inisiatif masyarakat untuk saling mengingatkan merupakan cara termudah yang dapat dilakukan dalam menghadapi hoax. Kita perlu waspada karena hoax tidak hanya tersebar melalui media sosial tapi juga melalui website. Filter terbaik dalam menyangkal hoax yaitu ada pada diri kita sendiri, kalau diri kita menganggap hoax itu tidak benar ya jangan di share kepada orang lain. Mulai sekarang janganlah kita menjadi pembaca pasif, gunakan media sosial kita secara bijak.


Mempersiapkan Kesehatan Sejak Dini Untuk Investasi Masa Tua Nanti

Kebiasaan buruk kita adalah baru berobat ketika sakit sudah parah dan baru mulai memikirkan kesehatan ketika merasakan ada yang tidak beres pada tubuh kita, atau bahkan ketika usia kita sudah dewasa. Padahal masa krusial yang bisa menentukan kualitas kesehatan manusia dewasa justru semenjak kita masih didalam kandungan atau masa dimana sang ibu mengandung kita.

Banyak ibu hamil yang tidak menyadari dimasa-masa awal kehamilannya, bahkan teman saya ada yang baru mengetahui kalau dirinya hamil ketika sudah memasuki usia kandungan 4 bulan. Padahal pemeriksaan kehamilan sejak dini dimasa trimester pertama sangatlah penting, dimana masa sang ibu mengalami susah makan atau sering mual justru disaat mulai terbentuknya janin yang memerlukan karbohidrat tinggi agar ibu hamil tidak lemas. Faktor resiko kurang terpenuhi gizinya bagi ibu hamil terkadang juga disebabkan banyaknya pantangan yang dipengaruhi oleh mitos yang banyak beredar ditengah masyarakat, sehingga banyak memberikan pantangan tertentu yang terkadang justru baik untuk kesehatan ibu hamil.

Bila ibu hamil memiliki keraguan tenang berbagai pantangan atau perlunya masukan untuk perkembangan janin, ada baiknya konsultasikan ke dokter, agar ibu hamil tidak mengalami stress dan bisa merasa aman dalam mengkonsumsi berbagai asupan gizi untuk pertumbuhan janin. Dari sekian banyak lembaga kesehatan Mayapada Healthcare Grup hadir untuk dapat memuaskan dan memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia tanpa perlu ke luar negeri untuk mendapatkan perawatan medis. Mayapada Hospital merupakan rumah sakit yang telah berstandar internasional yang telah dilengkapi dengan state-of-the-art fasilitas medis, peralatan bedah mutakhir, layanan darurat yang efisien dan professional medis yang berpengalaman. Saat ini telah hadir dua rumah sakit yaitu Mayapada Hospital Lebak Bulus yang terletak di Jakarta Selatan, dan Mayapada Hospital Tangerang.

Mayapada Hospital Lebak Bulus, terletak di Jalan Lebak Bulus 1 Kav. 29, Cilandak – Jakarta Selatan yang terdiri dari 10 lantai dengan luas sekitar 3.8 ha. Beroperasi selama 24 jam dengan team yang sangat baik yang terdiri dari para ahli dan spesialis ditunjang dengan peralatan bedah mutakhir. Sebagai bagian yang berkomitmen untuk menyediakan layanan kesehatan dengan kualitas tinggi di Indonesia, Mayapada Hospital Jakarta Selatan memberikan 11 pusat keunggulan termasuk Tahir Neuroscience Center, Tahir Uro-Nefrologi Center, Obstetri dan Ginekologi Pusat dan Cardiovascular Center, dan juga dilengkapi dengan peralatan seni of-negara bagian, termasuk 1,5 Tesla MRI dan 128-slice MSCT mesin scan. Sedangkan untuk Mayapada Hospital Tangerang, terletak di Jalan Honoris Raya Kav. 6 Modernland – Tangerang.

12 comments:

  1. Wah banyak juga ya mitos terkait kehamilan, mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. mba alida pasti lbh byk pengalaman nih, yuk berbagi info mba :)

      Delete
  2. makasih shraingnya.. mga makin sukses

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih..salam sukses juga :)

      Delete
  3. Wah pencerahan banget nih, soalnya selama ini kalo hamil selalu dijejali banyak mitos. Pas udah baca ini jadi tercerahkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah kalau bermanfaat mba :)

      Delete
  4. Banyak sekali mitos2 kehamilan, sebaiknya tak usah percaya. Yang terpenting selalu jaga kesehatan kandungan

    ReplyDelete
    Replies
    1. yupp betul banget, yg penting telusuri dulu kebenarannya dan bila ada keluhan bisa segera konsultasikan ke dokter :)

      Delete
  5. Jadi nambah dech ilmu tentang mitos kehamilan, untuk bekal anak kedua nanti.. Aamin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aaminn.. Smoga keysa cpt punya ade :)

      Delete
  6. thanks for your advice of how to be pregnant and happy! it helps me a lot!

    ReplyDelete
  7. Kadang kepercayaan terhadap mitos mengalahkan ilmu biologi. Hahaha

    ReplyDelete

Mohon jangan berkomentar SPAM, terimakasih.