Friday, 3 March 2017

Airbus A320NEO, Pesawat Terbaru Citilink Indonesia


Airbus A320NEO, Pesawat Terbaru Citilink Indonesia


Selama perjalanan menuju kantor Citilink terlintas bayangan saya tentang adegan film yang berfoto di turbin pesawat, dan itu menambah rasa penasaran saya tentang pesawat Airbus A320NEO. Bayangan selintas itu membuat perjalanan saya menuju area Bandara Soekarno Hatta terasa lebih cepat, sehingga tidak berapa lama saya dan rekan lainnya sudah sampai di Hangar 4 Garuda Maintenance Facility (GMF).

Jumat (24/02/2017) saya turut menjadi saksi kedatangan pesawat Airbus A320NEO pertama dari total 6 pesawat yang akan didatangkan oleh Citilink Indonesia pada tahun 2017. Pada acara ini banyak dihadiri oleh para tamu undangan dan pejabat Citilink Indonesia, antara lain Bapak Mega Satria (Direktur Citilink Indonesia), Bapak Daryatmo (Komisaris Citilink Indonesia).

Citilink Indonesia sebagai Maskapai berbiaya murah (LCC) selalu berusaha memberikan pelayanan yang terbaik. Pesawat Citilink yang ke-45 ini didatangkan langsung dari pabrik Airbus di Toulouse, Perancis. Dan Citilink merupakan maskapai pertama di Indonesia yang mengoperasikan pesawat Airbus seri A320NEO. Menurut bapak Mega, Airbus A320NEO dipilih karena dianggap tepat untuk menjawab tantangan ekspansi Citilink untuk ke kawasan regional, dan karena hemat bahan bakar juga sehingga Airbus A320NEO ini cocok menerbangi langit di Timur Indonesia yang jaraknya cukup jauh dari kota hub penerbangan utama Citilink di Jawa dan Sumatera.

Tarian tradisional menyambut kedatangan Airbus A320NEO (foto:dokpri)

Sebelum pesawat Airbus A320NEO mendarat, hadirin dihibur oleh aneka tarian tradisional dengan hentakan musiknya  yang riuh. Tidak lama kemudian pesawat yang ditunggu datang memasuki lokasi acara disambut dengan  guyuran water salute dari dua penjuru. Wow, dan saya pun terpukau!


Sambutaan kedatangan Capt. Arry Kalzaman yang membawa Airbus A320NEO (foto:dokpri)

Tidak lama kemudian Capt. Arry Kalzaman keluar dari pesawat menuruni anak tangga yang disambut oleh bapak Mega Satria dengan kalungan bunga ronce. Pilot Arry Kalzaman yang membawa pesawat Airbus A320NEO langsung dari Toulouse, Perancis menuju Jakarta dengan perjalanan selama 15 jam. Dan acara pun dilanjuti dengan penyerahan Mock Up pesawat kepada para frequent flyer.

Penyerahan mock up pesawat kepada para frequent flyer (foto:dokpri)


Berikut beberapa foto di area interior dalam pesawat Airbus A320NEO:

Area Kokpit (foto:dokpri)


Area kabin pesawat (foto:dokpri)



Area bagasi di kabin pesawat (foto:dokpri)


Toilet pesawat (foto:dokpri)

Ini keunggulan pesawat Airbus A320NEO sehingga menjadi pilihan Citilink:
  • Mesin modern dan irit bahan bakar, dengan menggunakan mesin dan teknologi terbaru A320NEO menjadi airbus pertama yang memiliki jarak tempuh lebih panjang. Karena memiliki keunggulan dimesinnya maka bisa menghemat bahan bakar hingga 15 persen dan dapat menghemat biaya hingga 8 persen.
  • Daya Angkut lebih besar, Airbus A320Neo ini bisa menampung hingga 180 penumpang dewasa dan 10 bayi antara usia 0 – 2 tahun. Dilengkapi dengan 4 pintu darurat dan 4 jendela besar.
  • Tingkat kebisingan yang rendah, dan tentu saja ini bisa memberikan kenyaman bagi penumpang, sehingga kita sebagai penumpang bisa menikmati perjalanan dengan nyaman.
  • Ramah Lingkungan, pesawat Airbus A320NEO mendukung teknologi ramah lingkungan dengan kadar emisi yang lebih rendah.

Waw! Jadi gak sabar pengen cepet-cepet merasakan terbang bersama Airbus A320NEO nih. Oiya infonya sesuai jadwal Citilink Indonesia akan mendatangkan total 10 unit pesawat Airbus A320NEO hingga tahun 2018.

 
Foto bersama Capt. Arry Kalzaman (foto:dokpri)


SEKILAS TENTANG CITILINK INDONESIA

Citilink Indonesia sebagai anak perusahaan dari PT. Garuda Indonesia (Persero) Tbk telah melayani lebih dari 234 frekuensi penerbangan harian ke 27 kota tujuan di tanah air.  Sebagai bukti keberhasilan dalam komitmen meningkatkan pelayanan pada pelanggan, Citilink telah meraih beberapa penghargaan sepanjang tahun 2016 antara lain Asia Best Employer Brand Award dari Employer Brand Institute, Indonesia Original Brand dan Middle Class Brand Champions dari Majalah Swa, Best eMark Award dari Telkom University dan Top IT Innovation Award on Transportation dari Kemenkominfo, dan Strategy-into-Performance Execution Excellence (SPEx2) Award dari GML Consulting dan Tempo Media Grup. 
Sedangkan dari Travel and Tourism Foundation Citilink meraih untuk kategori Indonesia Leading Low Cost Airlane selama 6 tahun berturut-turut sejak 2011.


7 comments:

  1. Bagus y mba,, pesawatnya mdh2an di sertai pelayanan yg Ok juga,,, tp slm ini sih naik citylink gk ada masalah..

    ReplyDelete
  2. Jadi penasaran pengen naik Citilink terbaru...bagus bgt mb Ria, ceritanya ��

    ReplyDelete
  3. Masuk ke dalam gak Mba? Apa bedanya dengan pesawat-pesawat sebelumnya ?
    Jadi penasaraannn


    www.mwulan.com

    ReplyDelete
  4. Suka naik Citilink. Murah dan pelayanannya OK.

    ReplyDelete
  5. I hope you have enjoyed you voyage! I see that airplanes are of a good condition and quality!

    ReplyDelete

Mohon jangan berkomentar SPAM, terimakasih.