Monday, 12 September 2016

4 Objek Wisata di Cianjur yang Tidak Boleh Dilewatkan


                                          Sumber Gambar : nurarinahidayah.blogspot.com 

Mendengar mengenai kota Cianjur yang terbersit dibenak saya adalah hasil padinya, yup sebagai kota agraris pekerjaan utama penduduk kabupaten Cianjur ada disektor pertanian, sejak dahulu kota Cianjur memang terkenal dengan hasil padinya yang berkualitas.

Kali ini saya ingin mengeksplor kawasan utara kota Cianjur yaitu utamanya wilayah Cipanas yang identik dengan daerah dimana terdapat Istana Presiden. Di Istana tersebutlah Presiden dulunya bisa mengerjakan tugas negaranya secara lebih rileks untuk sejenak karena berada di wilayah yang tenang dan asri jauh dari keramaian padatnya ibu kota. Meskipun saat ini istana tersebut sudah tidak digunakan sebagaimana fungsi awalnya, tapi masih terjaga dengan baik.

Ke kabupaten Cianjur hanya utuk melihat istana presiden ini? Tentu saja tidak, Jangan sia-siakan perjalanan kita ke Cianjur dengan hanya berkunjung ke satu tempat wisata saja. Karena Cianjur memiliki banyak tempat wisata yang bisa masuk ke dalam daftar list kita setelah atau sebelum mengunjugi istana presiden yang memiliki nilai sejarah tinggi.

Kemana saja? Yuk simak berikut beberapa tempat wisata di Cianjur yang bisa kita jadikan pilihan untuk berwisata antara lain :


Istana Presiden

Ke Cianjur tanpa berkunjung ke Istana Presiden ini bagai makan sayur tanpa garam, loch koq bisa, karena Cianjur juga ternyata punya kebun raya yang asri loch namanya Kebun raya Cibodas, Cianjur ini berada diatas tanah yang memiliki luas 25 hektar.

Istana Presiden Cipanas ini memiliki lingkungan sekitar yang asri dan hawa yang sejuk karena berada di kaki gunung Gede Cipanas. Pemandangan sekitar istana sungguh memanjakan mata para pengunjungnya, ada sayuran, tanaman hias, pohon buah dan tumbuh-tumbuhan lainnya yang berada di sekeliling istana. Istana presiden Cipanas ini dapat kita kunjungi karena terbuka untuk umum, namun harus melalui izin dari sekretaris Negara ya. Izin masuk ini kemungkinan diberlakukan untuk menjaga bangunan dan lingkungan istana yang dibangun Van Heuts pada tahun 1740 ini.

Jika kita berkunjung ke Cipanas dari luar kota tentu perlu waktu yang lama ya diperjalanan sehingga tidak mungkin pulang hari, jika ingin merasakan pengalaman menginap tidak jauh dari Istana Presiden ini, maka hotel yang bisa kamu pilih adalah Berlian Resort. Letaknya strategis dan tidak jauh dari istana presiden, hanya sekitar 1 kilometeran saja. Berlian Resort juga hotel pilihan yang ideal karena lokasinya tidak jauh dari Kebun Raya Cibodas (2,7 kilometer), Perkebunan Teh Puncak (6,33 kilometer) dan Taman Safari Indonesia (8,5 kilometer). Untuk melihat hotel lainnya di Puncak kamu bisa melihat di situs travel online seperti traveloka misalnya.

                                                          Sumber Gambar: tempatwisataseru.com 

Kebun Raya Cibodas

Jika di Bogor ada kebun raya Bogor yang terkenal, maka Cianjur juga memiliki Kebun Raya Cibodas. Kebun Raya ini menyuguhkan pemandangan yang sangat asri dengan tumbuh-tumbuhan hijau beraneka ragam dan pohon-pohon yang tinggi dan kokoh. Asrinya Kebun Raya ini menjadikan suasana sangat teduh dan sejuk. Tentunya membuat kita bersama teman-teman, pasangan atau keluarga akan menikmati waktu yang berkualitas dan menyenangkan dengan berpiknik di kebun raya ini. Bagaimana tidak, karena Kebun Raya Cibodas memiliki fasilitas sangat lengkap loch seperti toilet, area bermain anak, ruang informasi, shelter, balai pendopo, camping ground dan teater terbuka.

Sumber Gambar: wisatacibodas.com



Pantai Jayanti

Ingin ke pantai di Cianjur yang wilayahnya berkesan sejuk dan berada di kaki gunung? Tenang, Cianjur juga memiliki pantai yang bisa kita kunjungi. Salah satunya Pantai Jayanti. Letak keistimewaan Pantai Jayanti adalah letaknya yang bersebelahan dengan pelabuhan dan perkampungan nelayan serta Cagar alam Bojonglarang.

Sumber Gambar : beritadaerah.co.id

Pantai ini masih sangat alami dan relatif bersih sehingga layak untuk menjadi pilihan kita jika sedang ke Cianjur dan ingin menikmati senja indah di bibir pantai. Wow keren bangetkan :-)


Taman Bunga Nusantara

Di Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Cianjur ada wisata taman bunga nan eksotis yang kecantikannya akan memukau panca indera penglihatan kita, gimana gak cerah dan seger jika kita disuguhkan pemandangan aneka bunga nan indah, semua bisa kita lihat di Taman Bunga Nusantara.

Luas taman bunga ini mencapai 23 hektar dengan pemandangan 300 jenis bunga yang berasal dari seluruh dunia. Udara yang sejuk mengakibatkan bunga-bunga dari daerah non tropis beberapa berhasil di tanam di taman bunga ini. Tidak perlu khawatir jika kita merasa lapar saat keletihan berjalan-jalan mengelilingi taman bunga, kita bisa menemukan restoran dan fasilitas lain untuk para pengunjung yang datang untuk menikmati kecantikan bunga di taman bunga nusantara ini.

Sumber Gambar: www.indonesiakeren.xyz

Taman bunga nusantara berdiri pada masa pemerintahan presiden Indonesia yang kedua yaitu pada era Orde Baru di zaman presiden Soeharto berkuasa, dan taman bunga ini dirawat dengan baik hingga saat ini. Lihat saja fotonya, menarik minat kita untuk berkunjung bukan?

Sumber Gambar : beritagar.id

Demikian 4 objek wisata yang bisa kita kunjungi di wilayah Cianjur yang akan membuat kunjungan wisata kita semakin berkesan. 
So are you ready to explore Cianjur?



23 comments:

  1. Dari destinasi wisata Cianjur di atas, Saya belum pernah ke Pantai Jayanti,Mbak Ria. Insya Allah ke sampeyan kesana nanti. Amin

    ReplyDelete
  2. Saya baru pernah ke kebun raya cibodas saja 😀

    ReplyDelete
  3. ya ampun aku udah lama banget ga ke puncak trus lurus ke cianjur, dulu sering banget ke Ciloto. EH iya katanya di taman bunga nusantara sekarang ada wahana baru little Venice yah mba?

    ReplyDelete
  4. Dari keempat tempat wisata di atas, aku baru pernah mengunjungi Kebun Raya Cibodas. Kapan ya nyobain main ke Pantai Jayanti? Semoga disegerakan. Aamiin.

    ReplyDelete
  5. yuuuuuuuuuuuuk kesini mbak Ri :p

    ReplyDelete
  6. Huwaaa, cianjur, saya pengin kesitu. Semoga kesampaian ke Taman Bunga Nusantara sama Istana Presiden.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mba ety smoga disegerakan ya wisata ke sana mba say :)

      Delete
  7. Aduh... jadi kangen Cianjur. Terakhir kali ke sana itu lima tahun yang lalu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aih teh nia apa kabar, hayukk ke Cianjur lg :)

      Delete
  8. Jayanti itu jauh banget, kmrn baru lewat sana dan lelah buanget hahaha

    ReplyDelete
  9. Saya pengen sekali mbak ke kebun raya bodas soalnya sudah lama belum pernah ke sana jadi penasaran deh saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayukk atuh kang mumpung wiken :)

      Delete
  10. kelihatannya sih menarik, bulan depan insyaAllah kalau ada waktu coba mampir ah. Keliahtannya seru ya hehe

    ReplyDelete
  11. Wow beautiful place,. pingin lah ke cianjur

    ReplyDelete
  12. kalo aku belum pernah dateng ke taman bunganya

    ReplyDelete
  13. padahal aku orang sukabumi (deket banget sama cianjur) tp belum pernah maen ke temapt2 itu, huhu
    kurang piknik nih

    ReplyDelete
  14. Cianjur emang enak banget sih udaranya, apalagi pas pagi sama sore, beuh!

    Salam,
    Shera.

    ReplyDelete

Mohon jangan berkomentar SPAM, terimakasih.