Monday, 24 August 2015

SINYAL HARUS MOVE ON DARI PEKERJAAN





Bagaimana suasan kerja di tempat kerja kamu, apakah menyenangkan, semoga ya, bagaimana kalau tidak? Apakah kita sudah ada di zona nyaman, kalau iya pasti menyenangkan ya, lingkungan kerja ibarat rumah kedua bagi kita, waktu delapan jam di tempat kerja juga tidak akan berasa lama kalau suasana ditempat kerja kita nyaman. Tapi menjalani pekerjaan selama bertahun-tahun dengan rutinitas yang sama terkadang membawa kejenuhan, yang tentu saja akan berimbas pada kinerja kita ya. 

Tapi bagi kalian yang menyukai tantangan, tentunya berjam-jam bekerja dibelakang meja tidak akan membuat rasa nyamankan. Apa sih zona kenyaman itu bagi kamu, apakah ruang kerja yang nyaman, pekerjaan yang tidak terlalu sibuk bisa memberikan zona kenyaman bagi kamu dan karier kamu, bisa iya bisa tidak sih. Tapi bila kamu mulai merasakan tanda-tanda seperti berikut ini berarti sudah saatnya kamu untuk move on dari pekerjaan kamu sekarang.




MATERI

Memang sih inti dari kita bekerja adalah untuk mencari materi, tapi terkadang materi bisa jadi nomor kesekian bila ada faktor lain yang membuat kamu tidak nyaman di dunia kerja, misalkan ada rekan kerja yang gak kooperatif, ada indikasi sikut menyikut dilingkungan kerja, buat apa kita kerja dengan gaji besar tapi lingkungan kerja tidak mendukung,  kalau saya sih bakal cepet cabut dari tempat kerja yang seperti ini. Kalau waktu yang paling kamu tunggu adalah saatnya menerima gaji, karena sudah terbayang tuh di otak kita segala macam cicilan, tagihan, kebutuhan sehari-hari, bayar arisan bahkan budget khusus untuk shopping. Ketika masa gajian berlalu, tidak ada lagi semangat kerja, apalagi untuk meningkatkan potensi diri dalam pekerjaan. Bila hal ini terjadi pada diri kamu, coba renungkan kembali apakah kamu layak atas gaji yang telah kamu terima selama ini?




MULAI TIDAK SEMANGAT

Bagaimana cara untuk mengetahui kalau kita sudah tidak bersemangat pada pekerjaan? Kita bisa lihat dari seberapa sering kita melakukan kesalahan dalam bekerja, sering gagal fokus ketika kerja. Dengan banyak melakukan kesalahan tentunya tidak baikkan untuk masa depan karier kita.

TIDAK MENDAPAT APRESIASI DARI ATASAN

Sudah sifat dasar manusia bila ingin mendapat pujian dan dihargai hasil kerja kerasnya. Bila hal ini tidak terjadi pada diri kamu, jangan ragu untuk menyadarkan atasan kita dikantor bahwa kamu sudah melakukan yang terbaik untuk pekerjaan. Jika kerja keras kamu tidak juga mendapat tanggapan positif, sepertinya sudah waktunya kamu mencari pengakuan di tempat lain.

DIGAJI TIDAK SESUAI

Kebutuhan hidup setiap saat semakin mahal, tetapi gaji yang kamu terima tidak pernah mencukupi semua kebutuhan hidup kamu dalam satu bulan. Gaji yang kita terima haruslah sesuai dengan tugas pekerjaan yang kita terima. Sebenarnya seberapa layak sih gaji yang harus kita terima, sebenarnya ini diri kita sendiri yang bisa mengukurnya, coba cari pembanding di tempat kerja lain dengan bidang yang sama berapa kisaran gaji yang mereka terapkan. Yang perlu dipertimbangkan juga yaitu seberapa besar kenaikan gaji yang kita terima setiap tahun.



TIDAK ADA TANTANGAN DAN TIDAK BERKEMBANG

Kita pasti membutuhkan tantangan dalam sebuah pekerjaan, jika dalam bekerja tidak lagi ada tantangan tentunya sangat membosankan. Dan juga tidak ada kesempatan untuk berkembang baik dalam karier maupun penghasilan, tentunya sangat monoton ya dan membuat semangat kerja menurun. Bila ini terjadi dalam diri kamu, sudah saatnya untuk mencari tantangan baru yang membuat hidup kita lebih berkualitas.

Bila sinyal ini terjadi pada diri kamu, coba dipikirkan masak-masak deh, apakah tetap masih mau bertahan ditempat kerja yang sekarang atau sudah saatnya mencari lingkungan kerja yang baru. Semua keputusan ada ditangan kamu. Pikirkan lebih matang lagi plus minusnya bila kamu berniat resign dari pekerjaan kamu, dan pastikan dulu bahwa kamu sudah mendapatkan pekerjaan penggantinya, jangan sampai kamu resign tapi malah jadi penggangguran.

Semoga bermanfaat :-)




10 comments:

  1. sesuatu yang nyaman itu adalah hal yang penting...

    ReplyDelete
  2. so pastinya ya..trimakasih sdh berkunjung :)

    ReplyDelete
  3. tapi kalau pegawai negeri susah banget mbak,,,tidak semangat, monoton, dan tidak berkembang itu sudah pasti, tapi mau berhenti susah banget, bakalan banyak kontra dr keluarga :-(

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh jgn berhenti mba sayang nnti ga dpt uang pensiun loch..kalo ky gini kasusnya dibawa happy aja mba izzawa, bikin suasana kantor jd menyenangkan gt, nnti berbagi cerita lg ya mba..salam knl :)

      Delete
  4. wis kalo aku mah yang penting dinikmati aja semuanya :D walaupun alasan buat nyari tempat yang lebih baik mah pasti ada ya haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuhuu mba arifinda teuteup semangatt yo tp teuteup usaha jg ya hihi..salam ;)

      Delete
  5. haai mba Ria jadi semangat baca artikelmu ini, intinya semua tergantung yang menjalani dan bagaimana harus bisa mengambil sikap ya :) Salam hangat dari Kudus (@cputriarty).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haii jg mba christanty trimakasih ya sdh berkunjung.. slm hangat jg dr jakarta ;)

      Delete
  6. Yah mba semua pasti ada titik jenuhnya tinggal gmn orngnya biar tetep semangat hehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yupp pstinya..trimakasih mas rio atas kunjungannya :)

      Delete

Mohon jangan berkomentar SPAM, terimakasih.