Saturday, 3 September 2016

Ika Kartika Sosok Tangguh Dibalik Kesuksesan Keke Busana


Ika Kartika Sosok Tangguh Dibalik Kesuksesan Keke Busana

Pertama kali saya mengenal fashion muslim anak Keke Busana identik dengan pakaian muslim untuk anak-anak dengan desain warna warni yang menarik. Desain pakainnya beda dengan pakaian muslim anak-anak lainnya, dengan paduan corak dan desain yang menarik Keke Busana hadir dengan warna tersendiri ditengah banyak persaingan. Kehadirannya ditengah fashion muslim anak yang tergolong masih belum terlalu banyak langsung menarik perhatian. Ketika saya mendapatkan info akan ada gala premier film dokumenter tentang perjalanan sepak terjang Owner Keke Busana yang difilmkan saya langsung tertarik untuk ikut hadir karena saya juga penasaran dengan sosok ibu Ika Kartika sebagai orang yang ada dibalik kesuksesan Keke Busana.




Kamis (01/09/2016) malam bertempat di Epicentrum kawasan Kuningan, saya bersama rekan blogger lainnya mendapat undangan untuk menghadiri gala premier film dokumenter ‘Dua Kodi Kartika The Heritage of Love”. Menurut saya pribadi ini merupakan film yang sangat inspiratif dimana dalam film dokumenter ini  dimuat kisah perjalanan jatuhnya bangunnya seorang Ika Kartika dalam menjalani bisnisnya dalam bidang fashion muslim yang berawal dari kalangan anak-anak dan kini semakin berkembang dengan membidik pakaian untuk dewasa juga.

Foto Bersama Bunda Ika Kartika, Owner Keke Busana (dok.Cahyanto)
Perempuan cantik yang sangat humble ini biasa disapa dengan sapaan akrab “Bunda” ternyata telah menjalani bisnisnya selama 18 tahun, bukan sebuah waktu yang singkat dalam menjalani sebuah bisnis. Bunda Ika mengawali karir bisnisnya dari titik nol, memulainya dengan 2 kodi pakaian yang ia jajakan secara door to door ternyata membuahkan hasil, tentunya dengan perjuangan yang pantang menyerah.

Preskon Film Dua Kodi Kartika The Heritage of Love (dok.Pribadi)

Berawal memulai bisnis di tahun 2008 disaat krisis moneter tengah melanda negeri kita, sebuah langkah yang berani dan anti mainstream ya. Ternyata awal mula pemberian nama Keke Busana berasal dari kata Keukeuh yang dalam bahasa Sunda berarti pantang menyerah. Menurut penuturan ayahanda bunda Ika, seorang Ika Kartika memang seorang yang pantang menyerah dalam menjalankan bisnisnya. Meskipun pada awalnya sang ayah kurang menyetujui pilihan bunda Ika dalam berbisnis pakaian, namun ketika melihat kegigihan sang puteri dalam menjalankan bisnisnya yang pantang menyerah pada akhirnya keluarga memberikan support.

Keputusan bunda Ika untuk resign dari pekerjaan merupakan sebuah keputusan besar, perjuangannya menjalani bisnis di desa Bojong Gede semata-mata demi bisa memberikan kehidupan yang lebih baik untuk keluarganya terutama untuk pendidikan ketiga putrinya. Bunda Ika mempunyai ambisi menuntut ilmu hingga keluar negeri namun karena halangan dari sang ayah yang pada zamannya selalu mengatakan kalau perempuan gak perlu sekolah jauh-jauh. Dengan kejadian itu semakin membuatnya bertekad untuk kemajuan anak-anaknya agar bisa bersekolah lebih tinggi dan mendapatkan pendidikan terbaik hingga ke luar negeri.

Bunda Ika bersama Suami dan ketiga puterinya (dok.Pribadi)

Bunda Ika bercerita perjuangannya bersama suami dalam menjalankan bisnis yang hanya berawal dari dua kodi pakaian, lalu berkembang menjadi supplier dan akhirnya bisa menjadi distributor besar hingga saat ini yang mampu memproduksi hingga ribuan kodi pertahunnya. Dalam film ini menyajikan realita kehidupan sehari-hari bunda Ika dalam menjalankan bisnisnya. Dalam film dokumenter ini dikupas kehidupan pribadi bunda Ika dan semua orang yang terlibat dalam bisnis Keke Busana.

Yang menjadi konflik dalam film ini yaitu ketika tokoh ibu Rus, orang pertama yang menjadi inspirasi bunda Ika dalam menjalankan bisnis Keke Busana merasa tersaingi dengan kehadiran Rendy Saputra, seorang anak muda yang diminta bunda Ika untuk membantunya memajukan Keke Busana. Kehadiran Rendy Saputra yang didaulat Bunda Ika berawal sebagai Manager Marketing hingga mampu membawa perubahan besar pada bisnis Keke Busana hingga akhirnya Kang Rendy biasa pria ini disapa diangkat bunda Ika sebagai CEO Keke Busana hingga saat ini.

Foto bersama rekan Bloggers (dok.Cahyanto)


Kegigihan bunda Ika dalam menjalankan bisnisnya sangat menginspirasi kaum muda terutama para wanita yang ingin mempunyai bisnis sendiri. Bunda Ika mampu meyakinkan semua orang bahwa bila kita ada niat dan serius kita bisa koq menjadi orang sukses. Semua berawal dari niat, dengan tekad yang kuat dan usaha yang gigih dan pantang menyerah diiringi dengan doa, insya allah akan mempermudah setiap langkah kita dalam mencari rezeki. Bunda Ika sangat menginspirasi untuk saya pribadi, dan mampu membangkitkan semangat bisnis saya yang telah lama vakum.
Sukses terus ya bunda..



Judul Film: Dua Kodi Kartika The Heritage of Love
Genre: Dokumenter
Produksi: Inspira Pictures
Sutradara: Ali Eunoia & Miftahuddin
Pemain:
Ika Kartika
Fahrul Farid
Rendy Saputra
Rustiah
Dll

Welfie bareng rekan Blogger Alina (dok.Alina)



8 comments:

  1. 18 tahun menekuni sebuah usaha, bukan waktu yg sebentar. Dari perjalanan panjang menghasilkan kualitas dan pengalaman yng bukan sembarangan. Salut sama sosom ibu ika :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bang Lius,,inspiratif bgt sosok bunda Ika :)

      Delete
    2. iya bang Lius,,inspiratif bgt sosok bunda Ika :)

      Delete
  2. Memang yah selalu terbukti, pengusaha yang sukses pasti pernah dan akan melewati masa-masa sulit dan terus secara konsisten membangun usahanya selama bertahun-tahun, gak hanya setahun, dua tahun.

    Semoga bisa belajar banyak hal dari Bu Kartika dan Kang Rendy. :"D

    ReplyDelete
  3. kirain saya itu yang mendirikan keke itu kang Rendy .

    ReplyDelete
  4. Salah satu merek kesukaan nih. Ternyata ada jerih payah ya disetiap kesuksesan, salah satunya keke ini.

    ReplyDelete

Mohon jangan berkomentar SPAM, terimakasih.