Sunday 5 August 2018

Jakarta Modest Fashion Week, Langkah Awal Jakarta Menuju Pusat Mode Dunia


Jakarta Modest Fashion Week, Langkah Awal Jakarta Menuju Pusat Mode Dunia

Trend mode fashion selalu berputar dan perkembangannya setiap saat selalu beragam dengan semakin banyaknya kehadiran para desainer muda. Di Indonesia perkembangan fashion semakin maju, apalagi kini industri fashion muslim juga sedang maju pesat. 

Sebagai negara dengan mayoritas penduduk muslim terbesar, sudah selayaknya kalau Indonesia mempunyai keinginan menjadi kiblat dunia fashion di bidang busana muslim. Sudah banyak juga brand lokal yang mulai dilirik dunia. Desainer muda produktif seperti Dian Pelangi dan Zaskia Sungkar sering mengadakan fashion show koleksi rancangannya diluar negeri.

Kini banyak perempuan dari berbagai negara yang mulai menyukai gaya busana tertutup, dan ini bisa mengubah pandangan bahwa berpakaian tertutup itu terkesan konservatif. Dengan modest fashion tetap bisa koq tampil stylish dan terlihat lebih anggun. 

Foto:dokumen pribadi

Indonesia merupakan target pasar terbesar untuk trend ini. Trend busana tertutup dimanfaatkan Indonesia untuk mendongkrak industri fashion yang tentu saja berimbas pada kenaikan perekonomian lokal. 
Apalagi kini makin banyak para selebritis yang gaya busananya mulai tertutup sehingga membawa pengaruh besar juga pada masyarakat untuk mengikuti gaya busana para idolanya.

Indonesia khususnya Jakarta menjadi negara pertama di Asia Tenggara yang mendapatkan kesempatan menjadi tuan rumah gelaran pekan mode bertaraf internasional yaitu Jakarta Modest Fashion Week (JMFW) yang akan menghadirkan 18 desainer internasional serta 27 desainer lokal yang akan menghadirkan koleksi mereka. 


Foto:dokumen pribadi

Franka Soeria selaku founder Modest Fashion Week memberikan alasannya kenapa ia memilih Jakarta sebagai tuan rumah untuk ajang Jakarta Modest Fashion Week 2018, karena rasa nasionalismenya yang tinggi dan sangat mencintai Indonesia khususnya kota Jakarta. 
Inilah saat penting bagi Jakarta, momen dimana perhatian dunia akan tertuju pada Jakarta melalui Jakarta Modest Fashion Week. Impian Jakarta untuk menjadi salah satu pusat mode dunia mulai menapaki jalannya, tidak perlu menunggu hingga tahun 2020.

Gelaran modest fashion week bertaraf internasional pertama di Asia ini diadakan selama 4 hari pada tanggal 26 – 29 Juli 2018 lalu yang berlokasi di Gandaria City, Jakarta Selatan. Selain menghadirkan 18 desainer mancanegara dari Rusia, Kanada, Australia, Jepang , Turki, Jordan, Oman, Kyrgystan, Singapura, Malaysia, Austria dan Uni Emirat Arab tentu saja menampilkan ragam koleksi busana dari 27 desainer lokal serta 50 fashion brand booth dan para influencers modest fashion internasional yang membagikan informasi edukatif pada sesi talkshow. 

Think Fashion sebagai pemilik brand Modest Fashion Week bekerjasama dengan Markamarie Creative mewujudkan pagelaran internasional modest fashion pertama di Indonesia setelah sebelumnya telah sukses di Istanbul, London dan Dubai.

Saya berkesempatan hadir ke acara Jakarta Modest Fashion Week (JMFW) pada hari Jumat (27/07/2018) atas undangan Komunitas Blogger Cronny, dan ini merupakan kesempatan saya kedua kalinya mengikuti acara fashion bergengsi atas undangan Komunitas Blogger Cronny setelah sebelumnya pernah juga hadir di pagelaran Muslim Fashion Festival (Muffest) di tahun 2016.


Foto:dokumen pribadi

Saya sempat mengikuti beberapa acara. Ada chit-chat dengan para influencers dan desainer antara lain Dilyara Sadrieva dari Rusia, Yasmin Jay dari Australia dan Fathimath Shama dari Maldives. Dipandu moderator kece nan kocak yaitu mas Idfi Pancani. 
Pada intinya mereka mencoba memenuhi kebutuhan pasar, dan selalu update perkembangan fashion yang diinginkan para konsumen.

Ada juga sharing season dari beberapa brand tentang harapan mereka ikut dalam ajang Jakarta Modest Fashion Week tahun ini, mereka terdiri dari S by Samar dari Jordania, Divinity Collection dari Australia, L Tru dan Fenita Arie dari Indonesia, Yours Truly dari Canada dan SAYEE dari Korea.

Foto:dokumen pribadi

Kehadiran Fenita Arie menarik perhatian saya, karena sejak mantan presenter cantik ini mulai berhijrah sudah mencuri perhatian saya. Style berbusana muslimnya saya suka. Cantik, serasi serta tidak neko-neko dan busananya juga bisa masuk keberbagai suasana. 
Di ajang Jakarta Modest Fashion Week ini pertama kalinya saya melihat koleksi brand fashionnya.

Disesi berikutnya saya juga sempat mengikuti beauty demo make-up bersama Wardah kosmetik. Sebuah brand lokal yang produknya bagus, dan saya juga termasuk konsumen yang banyak menggunakan produk Wardah. 


Foto:dokumen pribadi

Hadir juga Sabrina Salsabila selaku Brand Manager Wardah, Carolina Septerita selaku MUA yang mengaplikasikan produk kosmetik Wardah, dan juga hadir influencer Suhay Salim.

Talkshow bersama Wardah kosmetik membahas tentang seputar make up, corrective make up dan tren kosmetik. Carolina Septerita dan Suhay Salim banyak memberikan trik n tips, bagaimana caranya bermake-up yang benar. 
Alhamdulillah jadi nambah lagi deh ilmu resep cantik saya.

Foto:dokumen pribadi

Acara terakhir yang saya ikuti adalah fashion show di main atrium Gandaria City, yang diramaikan oleh berbagai koleksi para desainer antara lain S by Samar dari Jordan, Divinity Collection dari Australia, Ltru x Fenita Arie dari Indonesia, ours Truly dari Canada dan SAYEE dari Korea, dan show dari 2 madison Avenue dari Indonesia.

Jakarta Modest Fashion Week tahun ini mendapatkan dukungan penuh dari Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia, Ministry of Economy Turkey, Enjoy Jakarta, Indonesian Fashion Chamber (IFC), Ikatan Perancang Mode Indonesia (IPMI) – Exhibition Partner sebagai event yang membuka perhatian dunia kepada Indonesia, serta dukungan berbagai brand besar yakni Gandaria City – official venue partner, In Partnership with Wirausaha Muda Mandiri, Exclusive partner – Indonesia 2018 Asian Para Games, Wardah Beauty – Official Make Up, Metro Dept. Store – Official Department Store, Council of Modest Fashion, J.Corp – Official Cake, Chickko – Official Catering, ZUHRE dan 2Madison Avenue – Platinum Partners, Indonesian Fashion Chamber (IFC) – Fashion Show Partner, Salam – Official Registration, Cocowork – Official Coworking Space, Blue Bird – Official Transportation, Veranda Hotel – Official Hotel,dan Sofyan Hotel – Official Halal Hotel.




9 comments:

  1. Hari itu seru sekali melihat JMFW ya. Ditambah melihat langsung para influncers dunia yang hebat.

    ReplyDelete
  2. Bangga Indonesia bisa jdi bagian dr event ini ua

    ReplyDelete
  3. keren, busana muslim tidak menghalangi wanita untuk tetap tampil cantik

    ReplyDelete
  4. Fashion week itu ajang yg menarik bagi para designer karna menjadi kesempatan menunjukan rancangan terbaiknys

    ReplyDelete
  5. Keren banget ya Fashion Week itu aku dapat cerita dari kakakku yang ikut pameran di sana, jadi ikut pengen kesana dan dapat ilmu yang banyak apalagi ada acara kayak gini.

    ReplyDelete
  6. Seru banget ya bisa nonton fashion show

    ReplyDelete
  7. Wah, ada Suhay Salim mba? Serunyaaa. Acaranya kemarin tu kayanya kece sekali. Lihat updatean beberapa temen di IG story. Mupeeeng pen lihat langsung, tapi sayang jauh euy :(

    ReplyDelete
  8. asyikny bisa ikutan acara seperti ini
    memanjakan mata dan menambah wawasan
    btw saya malah belum kepoin gaya busana fenita arie
    penasaran..
    cuss meluncur ke IG nya

    ReplyDelete
  9. Wah pantes waktu itu ketemu fenita arie di mushola gandaria city.. ternyata dari acara ini ya... Aku sempet nonton Hari pertama Ria. Bagus2 talkshownya

    ReplyDelete

Mohon jangan berkomentar SPAM, terimakasih.