Friday, 27 July 2018

Wujudkan Rumah Impian Zaman Now Dengan Pemilihan Material Bangunan Yang Tepat


Wujudkan Rumah Impian Zaman Now Dengan Pemilihan Material Bangunan Yang Tepat


Memiliki rumah impian yang nyaman tentunya menjadi impian semua orang. Bisa dibayangkan ketika kita habis lelah bekerja pasti nyaman banget ketika sampai dirumah kita bisa rileks dan leyeh-leyeh menikmati kenyaman dirumah sambil bercengkrama dengan keluarga tercinta. Duh itu impian saya banget.

Fungsi rumah di zaman now bukan hanya sekedar tempat untuk berlindung dari panas terik matahari dan hujan saja, tapi kini sudah luas maknanya. Rumah-rumah karya arsitektur Indonesia juga sudah semakin berkembang dengan banyak ragamnya dari yang mengikuti trend saat ini hingga sampai yang klasik sesuai keinginan sang penghuni.


Saya banyak mendapatkan informasi tentang rumah zaman now di acara Obsat diepisode ke-203 yang bertema tentang ‘Rumah Zaman Now’ dengan para narasumber yang berkompeten antara lain Fransisa Wungu Prasasti (arsitek & editor "iDEA"), Yudhi Puspa Tia (Creative Director @RumahDuaPohon), dan Ary Amry (Manager Product Management MortarUtama - Weber) dan dimoderasi oleh Lani Usagi.



Rumah zaman now atau zaman millenial ini lebih ekspresif pemiliknya atau istilahnya “rumah yang gue banget.” Orang zaman now tidak ragu lagi untuk memiliki rumah yang mencerminkan keinginannya, karena di zaman digital ini segala informasi ide bisa didapat melalui internet dan berbagai informasi di media sosial.

Rumah itu harus nyaman agar kita sebagai penghuninya jadi betah dirumah. Mulai dari sirkulasi udara yang baik, luas tanah juga  harus disesuaikan dengan kebutuhan. Merawat rumah itu tidak susah, jika kita mengetahui  tips dan triknya. Tidak perlu harus memiliki banyak uang dulu bila kita ingin mulai membangun rumah, buatlah rumah impian secara bertahap. Salah satu cara memaksimalkan budget yang ada bisa dengan pemilihan material yang berkualitas agar bangunan tahan lama dan tidak perlu sering melakukan renovasi.

Kebanyakan bangunan rumah zaman now banyak yang kurang ventilasi, biasanya karena takut akan banyak debu yang masuk. Kita hidup di negara beriklim tropis yang banyak panas dan hujannya, lebih baik bisa mengaplikasikan kearifan lokalnya seperti adanya cross ventilasi dan void agar sirkulasi udaranya lancar.



Fungsi Seorang Arsitek

Masih banyak orang awam yang mempunyai pikiran bahwa ketika mempunyai keinginan membangun atau merenovasi sebuah rumah agak segan memakai jasa seorang Arsitek, kesannya harganya mahal dan hanya buang-buang duit saja. Padahal bila dikaji lebih jauh peran jasa Arsitek cukup besar, ketika kita ingin mengaplikasikan atau mewujudkan ide kita. 

Manfaat lainnya fungsi seorang Arsitek sebagai konsultan kita yaitu antara lain:
Bisa menekan biaya yang sudah dikeluarkan dan tidak sia-sia karena sudah terkonsep.
Tidak salah dalam memilih material 
Tidak salah perencanaan rumah.

Saya jadi teringat salah satu percakapan dengan seorang klien sewaktu saya dulu bekerja disebuah biro konsultan Arsitektur dan interior design. Entah kenapa klien lebih suka berbicara ke saya bukan ke pimpinan saya langsung, sehingga saya jadi penyambung lidah deh haha..

“mba Ria tolong sampaikan ke ibu Lanny ya, saya cuma ingin bangun rumah yang ada pintu dan jendelanya saja, jadi gak perlu terlalu mahal deh biaya desainnya.”

Padahal itu cuma kode klien minta harga fee designnya dikurangin hehe, gak masuk akal bangetkan masa seorang pemilik pabrik cat ternama ingin bikin rumah hanya ada jendela dan pintu. Pada kenyataannya ketika rumah inti jadi, merembet jadi bangun rumah juga untuk anak-anaknya.

Ketika ingin membangun sebuah hunian, kita wajib juga melihat dari segi kesehatan antara lain dengan sirkulasi udaranya harus baik, pencahayaannya juga harus baik. Dengan desain yang baik sebuah rumah bisa mendapatkan pencahayaan alami sehingga bisa mengurangi pemakaian lampu sehingga bisa menghemat listrik. Selain itu juga perlu adanya tanaman-tanaman yang bisa membuat sejuk area rumah sehingga dapat sirkulasi udara yang segar. 

Sejak zaman dahulu orang-orang juga membangun rumah dengan banyak pohon dan tanaman di area rumah, sehingga bisa mengurangi polusi apalagi tinggal diperkotaan yang rentan dengan polusi udara. Untuk bangunan dengan banyak kaca triknya jangan mengarah ke barat atau timur agar arah matahari panasnya tidak langsung.

Rumah adalah investasi jangka panjang, jadi ada baiknya ketika kita membangun rumah kita harus terpikir ke jangka waktu 20 sampai 30 tahun mendatang. Kebanyakan pada masa produktif seperti saat ini kita belum berpikir terlalu jauh, tapi ketika kita berpikir ke 20 – 3o tahun mendatang dimana disaat masa tua atau disaat pensiun kita ingin menikmati suasana rumah kita dan menikmatinya. Misalkan kita ingin punya kebun, bisa dibuat konsep roof garden. Utamakan kebutuhan mendasar hidup kita.

Dengan berpikir jauh ke depan ketika ingin mengaplikasikan rumah impian kita dari awal dengan konsultan Arsitek, tentunya bisa mengurangi banyak perubahan di kemudian hari. Dan ini bisa berpengaruh ke budget. Lebih baik konsultasikan budget yang kita punya, dan sesuaikan dengan keinginan kita. Dengan adanya konsep bangunan bisa menghindari perubahan-perubahan pada bangunan yang nantinya bisa menambah budget pengeluaran. 
Punya rumah yang sehat, dan benar perencanaannya dan penempatan fungsi ruangnya bisa memaksimalkan hidup kita.


Pemilihan Material Yang Tepat

Dalam menggapai rumah impian yang nyaman juga kita harus bisa dapatkan melalui pemilihan material yang tepat. Dengan pemilihan material yang tepat selain menekan budget juga bisa menambah keindahan estetika rumah.

Dalam pemilihan keramik kini banyak ragamnya, dan cara memasangnya juga lebih mudah. Bisa diekspresikan dengan pemasangan keramik motif dan juga keramik bentuk hexagonal. Dalam memasang keramik juga harus diikuti caranya yang benar sehingga kekuatan dan pemasangan yang benar atau pemilihan material yang tepat bisa memaksimalka fungsi produk.

Cara pemasangan keramik pada tiap ruang seperti pada teras luar, dapur, garasi, kamar mandi dan area kolam renang berbeda tantangannya. Letak dan natnya harus diperhatikan celah-celahnya diantara antar keramik.

Pemilihan material yang baik tidak selalu harus impor produk luar, karena produk material dalam negeri sekarang juga sudah bagus-bagus. Cintailah produksi dalam negeri hehe. Pilihlah produk lokal:
  • Yang mudah didapat
  • Mudah diaplikasikan
  • Harga kompetitif
  • Dan hasilnya juga bagus.




Mortar Utama – Weber

Kini banyak kaum urban di zaman now yang ingin mempunyai rumah yang instagramable, nyaman, gampang dibersihkan, dan juga mudah perawatannya. Salah satu material lokal yang baik yaitu produk-produk produksi Mortar Utama - Weber. Mortar Utama – Weber adalah perusahaan manufaktur yang bergerak di bidang building material yaitu khususnya mortar instan.

Apa saja sih produk dari mortar instan?

Produk mortar instan banyak macamnya, mulai dari plester, aci, cutting ceramic, nat yaitu celahnya keramik. Fungsi dari mortar sendiri berbeda-beda pada tiap ruangnya. Fungsi mortar lebih rapih dan gampang digunakan.

Mortar Utama - Weber meluncurkan 5 jenis untuk 5 area rumah:
  1. MU 408 Color Fill untuk pemakaian di area interior dan ekterior. Mortar instan untuk pengisi nat keramik yang mudah dibersihkan, memiliki banyak pilihan warna serta tidak mudah retak. Cocok sebagai pengisi nat pada pemasangan keramik, granite tile dan mozaik pada dinding dan lantai.
  2. MU 408 ColorKitchen, untuk area dapur. Mortar Instan pengisi nat keramik yang dirancang khusus dengan Formula Stain Repel membuat noda seperti tetesan kopi, teh, minyak goreng, dan sebagainya tidak mudah menempel pada nat sehingga dapat dibersihkan dengan mudah. Produk ini juga tahan terhadap suhu panas sehingga sangat cocok sebagai nat pada pemasangan keramik, granite tile dan mozaik di area dapur.
  3. MU 408 PowerBathroom, untuk area kamar mandi. Mortar Instan pengisi nat keramik khusus untuk area basah dan lembab. Dilengkapi dengan SmartShield Pro Technology sehingga memiliki keunggulan anti jamur, tahan terhadap cairan pembersih lantai dan tidak mudah retak. Sangat cocok sebagai pengisi nat pada pemasangan keramik, granite tile dan mozaik kamar mandi baik pada dinding atau lantai.
  4. MU 408 Powerpool, untuk area kolam renang. Mortar Instan untuk Pengisi Nat (Tile Grout) yang dirancang khusus untuk Area Terendam seperti Kolam Renang, Ground Water Tank, dll. Mengandung “SmartShield Plus” yang memperkuat nat terhadap tekanan air dan paparan Chemical Agent, memelihara warna lebih lama, membuat nat menjadi tidak mudah retak serta mampu menghambat pertumbuhan jamur. Cocok untuk pemasangan Mosaik, Keramik, Granite Tile dan Batu Alam dengan lebar nat 2-10 mm.
  5. MU 408 ColorOutDoor, untuk area garasi. Mortar Instan pengisi nat keramik yang dirancang khusus dengan Active Defense Technology yang membuatnya tahan terhadap perubahan cuaca dan paparan sinar UV serta tahan terhadap gesekan benda berat seperti ban kendaraan. Sangat cocok sebagai pengisi nat pada pemasangan keramik, granite tile dan batu alam di area luar ruang (outdoor) seperti garasi, balkon, dan teras.
Terkadang orang bingung membedakan semen dengan mortar. Semen itu bahannya, ketika semen ditambah dengan pasir jadilah mortar. Pemakain mortar instan sangat membantu pekerjaan dan bisa mengurangi penggunaan jasa tukang. Pengerjaannya sangat praktis hanya dengan ditambahi air bersih saja sudah langsung bisa diaplikasikan. Berbeda dengan pengerjaan secara konvensional yang memerlukan waktu pengadukan bahan, disitulah letak efisensinya menggunakan produk mortar instan.

Buat memenuhi keinginan rumah impian zaman now, nat keramik mortar instan hadir dengan berbagai pilihan warna yang bisa diaplikasikan sesuai keinginan. Material nat juga bisa dijadikan ornamen salah satu Arsitek di Bandung dengan penggunaan natnya lebih lebar, agar tidak ada pemotongan keramik.

Mortar utama – Weber sangat memperhatikan estetikanya, jadi bukan hanya fungsinya saja. Produk Mortar Utama – Weber sudah tersedia dipasaran, bisa dibeli di toko-toko biasa, toko modern bahan bangunan dan juga sudah bisa dibeli secara online.

Diakhir cerita Yudhi Puspa Tia memberikan tips cara mengaplikasikan ekspos dinding, antara lain:
Pakai produk Mortar Utama jika ingin mendapatkan tekstur yang bagus. Dan cara pengaplikasiannya harus langsung dalam satu bidang jangan ada jeda waktu agar bisa mendapatkan warna yang sama.
Nah rumah zaman now impian kalian seperti apa nih, yukk sharing disini :))


MORTAR UTAMA
Facebook: Mortar Utama
Twitter: @MortarUtamaID
Instagram: @mortarutama.weber
Youtube: Mortar Utama




11 comments:

  1. Ya, mortar sama semen emang beda sih, kadang orang menyamaratakan aja hihi. Efisien ya Penggunaan mortar ini.

    ReplyDelete
  2. Wah kalau bangun belakang rumah nanti termasuk dapur pakai mortar weber ini ah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bs dicoba nih mba Vita, aq jg penasaran

      Delete
  3. Kukira selama ini nat itu ya sama aja buat posisi semua keramik, ternyata beda ya, sesuai dgn kondisi. Mu-Weber memang selalu memberi solusi

    ReplyDelete
  4. Solusi baru buat material bangunan nih, hrus pintar memilih bahan bangunan sesuai kebutuhan

    ReplyDelete
  5. Bagus nih buat kondisi rumahku saat ini, bsa tak bisikin pak suami ah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayukk busikin paksunya mba biar renov lg rumahnya hehe

      Delete
  6. Kalau salah pasang keramik, bisa meledak sendiri seperti gempa bumi. Tukang harus yang benar

    ReplyDelete

Mohon jangan berkomentar SPAM, terimakasih.