Friday, 9 March 2018

MUVON, Aplikasi Muslim Digital Persembahan Dari Muhammadiyah


MUVON, Aplikasi Muslim Digital Persembahan Dari Muhammadiyah


Hidup di zaman serba digital membuat kita harus melek teknologi, dimana kini segala kebutuhan kita dalam melakukan kegiatan sehari-hari sudah banyak dilakukan melalui media digital. Internet bukan lagi sesuatu yang spesial atau aneh bagi masyarakat Indonesia khususnya masyarakat yang hidup di perkotaan, pengguna terbesar adalah masyarakat urban dan generasi millenial. 
Pemanfaatannya bukan hanya untuk berkomunikasi, tetapi juga untuk bekerja, berbelanja berbagai kebutuhan hidup, dan juga transportasi.

Melihat fenomena kemajuan zaman ini Muhammadiyah sebagai salah satu organisasi islam di Indonesia turut menghadirkan aplikasi Muvon, yang berasal dari singkatan Muslim Vision. Aplikasi Muvon ini dihadirkan oleh majelis Pustaka dan Informasi Muhammadiyah. 
Muvon adalah sebuah ekosistem aplikasi muslim terbesar berbasis digital, yang didalamnya memberikan banyak layanan dari umat untuk umat.


foto.dokpri

Kamis (08/03/2018) saya bersama rekan blogger lainnya mendapatkan kesempatan untuk hadir di acara sosialisasi Konvergensi Media dan Integrasi Digital Muvon Ekosistem di lingkungan Muhammadiyah, yang berlokasi di gedung Pusat Dakwah Muhammdiyah, Auditorium KH. Ahmad Dahlan, di daerah Menteng Raya 62 Jakarta Pusat.

Hadirnya aplikasi Muvon berdasarkan keputusan pada  Muktamar Muhammadiyah yang diadakan di Makassar. Muvon Ekosistem merupakan sebuah aplikasi yang bisa menjadi wadah integrasi media terutama media-media yang ada di Muhammadiyah dan umumnya untuk media-media muslim lainnya agar mampu bersatu.


Prof. Dr. H. Dadang Kahmad (foto:dokpri)

Dengan dibentuknya aplikasi digital ini bisa memberikan informasi yang baik dan benar,  sebagai media dakwah amar ma'ruf nahi munkar. Bisa sebagai media dakwah dengan prinsip ingin mencerdaskan dan mencerahkan segala informasi kita,ujar Prof. Dr. H. Dadang Kahmad. 
Kini sistem belajar para santri di pesantren juga mulai beralih lewat media digital. Lebih dari 50% mereka belajar lewat media digital melalui google, youtube dan lainnya.


Eddy Kuscahyanto perwakilan MPI (foto:dokpri)

Disesi selanjutnya Bapak Eddy Kuscahyanto perwakilan dari Majelis Pustaka dan Informasi (MPI) Muhammadiyah mengungkapkan cita-cita MPI yang mengenalkan lebih jauh tentang aplikasi Muvon dan mensosialisasikan. 
Aplikasi Muvon merupakan aplikasi yang dibuat Majelis Pustaka danInformasi Muhammadiyah bekerja sama dengan Digital Media Corp dan Digital Creative Asia.

Sosialisasi aplikasi Muvon (foto:dokpri)

Ada apa aja sih di aplikasi Muvon?

Aplikasi Muvon Ekosistem terdiri dari berbagai macam fitur yang isinya akan mengintegrasi semua aplikasi yang dimiliki Muhammadiyah, seperti TVMu, LazisMu, PustakaMu, RadioMu, SekolahMu, BankMu dan lainnya, yang semuanya ada 29 aplikasi yang semuanya bisa kita gunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup kita sehari-hari.


Aplikasi Muvon (foto:dokpri)

TVMu merupakan saluran acara televisi muslim dimana kita bisa menonton siaran televisi islam dari berbagai negara islam. 
CJMu merupakan fasilitas dimana kita bisa melakukan reportase tentang segala permasalahan dimana selama 24 jam kita bisa meaporkan informasi secara langsung. 
VideoMu sebuah fitur dimana kita bisa saling berkirim video.

RadioMu kita bisa mendengarkan siaran radio Muhammadiyah secara streaming. KabarMu Kita juga bisa mengetahui berita terbaru dari Suara Muhammadiyah. 
PustakaMu kita bisa membuka Perpustakaan Digital STIE Ahmad Dahlan Jakarta dan membaca koleksi e-booknya. 
FatwaMu adalah Himpunan Putusan Tarjih Berbasis Digital.

KampusMu dan SekolahMu yang menjadi pusat informasi dari institusi pendidikan Muhammadiyah, disini bukan hanya kita bisa mencari informasi tentang universitas islam melalui layanan sistem digital masing-masing kampus dan dapat mencari alamat-alamat universitas. 
Lewat aplikasi SekolahMu para orang tua juga bisa turut serta memantau langsung kegiatan di sekolah. 
LazisMu untuk berdonasi melalui Lembaga Amil Zakat Nasional Terpercaya. 
Yang menarik melalui aplikasi MasjidMu kita bisa mengetahui jadwal sholat, arah kiblat, membaca Al-Qur'an serta mencari informasi masjid terdekat ketika dalam perjalanan.

MuvonPay merupakan dompet digital dari Muvon yang dapat digunakan untuk membayar tagihan, membeli pulsa dan membayar via QR Code. 
SembakoMu merupakan tempat berbelanja kebutuhan sehari-hari secara online. 
BankMu, bekerjasama dengan Bank Syariah Mandiri. 
Dan KoperasiMu merupakan koperasi syariah dari Muvon yang berbasis dari umat, oleh umat dan untuk umat.

PasarMu merupakan online store yang menjual berbagai macam barang, bahkan kita pun juga bisa menjual barang jualan kita lewat PasarMu. 
JobsMu, kita bisa mencari lowongan pekerjaan sesuai yang kita membutuhkan. 
TravelMu kita bisa menemukan paket perjalanan yang kita inginkan. 
Dan KasirMu merupakan aplikasi kasir berbasis android yang membantu kita dalam transaksi jual beli yang kita lakukan.

ELearningMu kita bisa bergabung dengan komunitas Muvon dan bisa belajar di mana saja. PromoMu merupakan solusi promosi dan program loyalty untuk pelanggannya. 
DonasiMu kita bisa memberikan donasi kita untuk yang membutuhkan. 
CinemaMu kita bisa menonton film yang kita inginkan. 

MapsMu membantu kita mendapatkan petunjuk arah melalui Google Maps. 
SiagaMu kita dapat melaporkan kejadian bencana, kecelakaan maupun insiden lainnya. 
HospitalMu merupakan layanan kesehatan dari Muvon. 
Dan MessengerMu merupakan fitur khusus messenger dari Muvon.

Transaksi melalui Muvon kita bisa melakukan dimanapun tanpa harus membawa uang cash, sehingga dapat menghindari peredaran uang palsu, dan melalui aplikasi Muvon kita juga dapat melakukan transaksi sekalian beramal. 
Partner yang telah bergabung dengan Muvon antara lain Paypro, TMB, Mandiri syariah, Adira, Indosat, Telkomsel, Sismart , BNI Syariah, Finnet, dan lainnya.

Smartphone yang sudah terintegrasi dengan aplikasi Muvon (foto:dokpri)

Diakhir acara dilanjut dengan pemberian Smartphone kepada masing-masing perwakilan majelis yang telah hadir. Smartphone ini  sudah memiliki semua aplikasi Muvon yang terintegrasi ke aplikasi-aplikasi miliki Muhammadiyah. 
Jadi dengan Smartphone ini, pengguna tidak perlu lagi mendownload aplikasi Muvon dan aplikasi lainnya.

Aplikasi Muvon Ecosystem (foto:dokpri)

Yuuk jangan lupa untuk download aplikasinya di smartphone kalian melalui Playstore dan Appstore. Muvon memudahkan kita dalam memenuhi beragam kebutuhan hidup hanya dengan jentikan jari.




13 comments:

  1. Zaman makin canggih, makin banyak aplikasi yang bermunculan. Muvon ini terobosan baru yang pastinya layak ditiru

    ReplyDelete
    Replies
    1. layak banget ka,,ayo jgn lupa download ka aplikasinya :)

      Delete
  2. Fitur didalam Muvon lumayan lengkap ya dan ngebantu banget.

    ReplyDelete
  3. aku udah download juga aplikasi Muvon ini. Lengkp banget yaa, semua adaaaaa

    ReplyDelete
  4. Alhamdulillah, makin memudahkan dalam bermuamalah ya kak, salut dgn MU.inovatif!

    ReplyDelete
  5. Semakin mempermudah ini mau dpt info tinggal klik, keren inovasinya,

    ReplyDelete
  6. keren keren jadi kepo sama aplikasi muvon. mau aku dwonload ah... tks informasinya..

    ReplyDelete
  7. Lengkap juga ya ituuuh... Keren 👍😍

    ReplyDelete

Mohon jangan berkomentar SPAM, terimakasih.