Wednesday, 7 March 2018

Ayo Bangun Indonesia Melalui Sarapan Sehat


Ayo Bangun Indonesia Melalui Sarapan Sehat

Hi mom, punya pengalaman menarik dalam menyiapkan sarapan sehat untuk keluarga..

Tadinya sebelum berkeluarga saya suka mengabaikan peran penting dari sarapan, yang ada makannya jadi lebih kacau, dan kerjanya terkadang tidak konsentrasi. Ternyata pengaruh sarapan pagi itu banyak juga terutama untuk yang bekerja, selain bikin kerja tidak konsentrasi badan pun bisa lemas sehingga tidak semangat kerja. 
Itu dulu pengalaman saya ketika masih single yang pola hidupnya masih semaunya dan sering mengabaikan sarapan pagi sehingga saya jadi lumayan sering sakit.

Kini, sarapan merupakan prioritas saya untuk memberikan sarapan sehat untuk keluarga saya, bila ada yang gak sempat sarapan dirumah, pastinya saya gak lupa untuk menyiapkan bekal sarapan untuk suami saya. Tapi terkadang suami saya suka males nih kalau disuruh sarapan, pekerjaan rumah banget deh buat saya untuk menyajikan menu sarapan sehat yang menarik.

Dharnesh Gordhon, President Director Nestle Indonesia (foto:dokpri)

Membahas tentang sarapan, kebetulan banget nih pada hari Minggu (04/03/2018) Nestle Indonesia menggelar kampanye Ayo Bangun Indonesia dengan tema Sarapan Sehat, yang diadakan dalam rangka perayaan Pekan Sarapan Nasional (PESAN) 2018 yang diperingati setiap tanggal 14 – 20 Februari. 
Kampanye Ayo Bangun Indonesia ini merupakan tahun ke-2 yang diadakan Nestle Indonesia.

Kampanye Ayo Bangun Indonesia merupakan bentuk komitmen Nestle untuk terus mendukung masyarakat Indonesia dalam menerapkan perilaku atau kebiasaan sarapan sehat dan gizi seimbang serta gaya hidup aktif dalam rangka turut mewujudkan masyarakat yang sehat, cerdas dan produktif.


Apa sih Sarapan itu?

Sarapan adalah kegiatan makan dan minum yang kita lakukan dipagi hari sebelum kita melakukan aktivitas setiap harinya. Dan biasanya dilakukan sebelum jam 9 pagi.
Sarapan itu seharusnya memenuhi gizi seimbang dan memiliki kandungan energi, protein, vitamin dan mineral.

kotak sarapan (foto;dokpri)


Apa sih manfaat dari sarapan :
  • Bisa meningkatkan konsentrasi dan kecerdasan anak
  • Menanamkan kebiasaan disiplin
  • Mempertahankan status gizi normal
  • Menurunkan resiko penyakit tidak menular seperti diabetes, jantung koroner dan stroke.


PERGIZI PANGAN Indonesia menyarankan masyarakat untuk mengacu pada pedoman 6J ketika mempersiapkan sarapan sehat dengan gizi seimbang, yaitu:
  1. Jenis makanan dan minuman pada sarapan: karbohidrat, protein (lauk pauk), sayur, buah dengan minuman berupa antara lain air putih, susu, kopi. teh atau jus.
  2. Jumlah pangan sesuai anjuran memenuhi sekitar 1/4 kebutuhan gizi harian.
  3. Jadwal sarapan dalam kurun waktu dua jam setelah bangun tidur, dianjurkan sebelum jam 9 pagi.
  4. Jurus mengolah: dianjurkan pengolahan pangan tidak rumit dan menghemat waktu agar kandungan zat gizi pada makanan tidak banyak hilang.
  5. Jurus menyiapkan: penyajian yang menarik agar menggugah selera dan variasi makanan agar tidak bosan.
  6. Jurus mengonsumsi: tidak makan tergesa-gesa, sambil berjalan atau berlari.

Pada acara Ayo Bangun Indonesia ini pengunjung juga bisa membeli Box Sarapan dengan harga Rp. 20.000,- dengan pilihan Paket A terdiri dari menu Sandwich, Paket B terdiri dari menu Sereal dan Paket C terdiri dari menu Nasi Goreng. 
Booth yang hadir diantaranya ada dari MILO,  Nestle Cereal, Nescafe, Dancow, dan Cerelac.

Booth Cerelac (foto:dokpri)

foto:dokpri

Pada sesi talkshow juga turut hadir artis Meisya yang berbagi pengalamannya dalam menyiapkan sarapan pagi untuk keluarganya.

Pada Kampanye  Ayo Bangun Indonesia ini juga diramaikan dengan peluncuran buku ‘Mitos dan Fakta Sarapan’ yang disusun oleh PERGIZI PANGAN Indonesia bekerjasama dengan Nestle Indonesia. Buku ini dapat diunduh di www.sahabatnestle.co.id mulai tanggal 7 maret 2018. 



Peluncuran buku ‘Mitos & Fakta Sarapan’ (foto:dokpri)

Buku ini mengulas tentang sarapan dari berbagai sisi, mulai dari waktu yang tepat untuk sarapan, menu yang direkomendasikan hingga hubungan sarapan dengan berat badan. Selain itu melalui website ini kita juga bisa membaca berbagai artikel menarik, tips dan aneka resep sarapan.

Nah mom, yuk kita dukung kampanye Ayo Bangun Indonesia ini dengan mulai menerapkan sarapan sehat di keluarga.




7 comments:

  1. Setuju banget, aku juga makin sadar nih pentingnya sarapan. Soalnya memang banyak manfaat dari sarapan setiap pagi

    ReplyDelete
  2. Sarapan kan dilakukan sebelum pukul 9. Kalau di atas itu namanya sarapan ndak? Saya sarapan rapel makan siang, kadang makan malam. Wkwkk anak kos soalnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayoo ahh mulai diperbaiki pola makannya mba biar bs konsentrasi dalam beraktifitas hehe

      Delete
  3. Memang sarapan wajib, dan harus diperhatikan gizinya. Supaya anak-anak sehat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul bgt mba biar anak2 sehat terus dan kreatifitasnya makin berkembang

      Delete
  4. Sarapan itu wajib yah dan jgn sampai terlewat agar penghasilan ga turun 20 persen krn kurang konsentrasi

    ReplyDelete

Mohon jangan berkomentar SPAM, terimakasih.