Sunday 14 January 2018

Hiperandrogen Penyebab Jerawat Bandel Pada Wanita


Hiperandrogen Penyebab Jerawat Bandel Pada Wanita


Penampilan yang cling merupakan impian buat semua kaum perempuan, apa lagi di dukung oleh berbagai iklan kosmetik yang menampilkan wajah cantik putih mulus nyaris sempurna sehingga membius para perempuan ingin selalu tampil sempurna bak model iklan atau artis pujaan.

Sebenarnya apapun warna kulit kita bila kita bisa merawatnya dengan baik pasti akan cantik. Kalau buat saya pribadi bersyukur saja sih memiliki kulit cokelat khas perempuan Indonesia. Cuma satu yang membuat saya resah dan gelisah yaitu bila ada si jerawat nakal yang nangkring di pipi chubby saya hehe..

Satu lagi yang membuat saya merasa beruntung walau kulit saya cokelat, kulit saya termasuk jenis normal dan sangat jarang sekali timbul jerawat, makanya ketika muncul jerawat satu saja di wajah saya bisa bikin saya uring-uringan gak jelas dan penyebabnya langsung bisa ditebak yaitu karena saya suka lupa membersihkan wajah ketika sudah kelelahan pulang malam. Jangan ditiru ya sifat malas saya membersihkan wajah, hiks.

Belum lama ini saya menghadiri acara talkshow mengenai penyebab jerawat membandel pada wanita, duh pastinya saya senang sekali karena saya butuh informasinya. Bertempat di Sinou Cafe Jakarta, saya bersama Komunitas Emak-Emak Blogger lainnya datang menghadiri gathering yang diadakan oleh Guesehat.com dan Bayer dengan tema Discover New Confidence.


dr. Triwiji Nurdiastuti, M.Biomed (AAM) dari Promec  Clinic 

Acara ini dihadiri oleh narasumber dr. Triwiji Nurdiastuti, M.Biomed (AAM) dari Promec  Clinic mengenai Waspadai Hyperandrogen, Penyebab Jerawat Membandel Pada Wanita dan juga ada Beauty Class Make Up Tutorial bersama Firman dari Ziandiova Make Up.

Apa sih Hiperandrogen itu?

hiperandrogen pada perempuan merupakan salah satu kelainan hormonal. Salah satunya dampaknya adalah timbulnya jerawat. Menurut penelitian pada perempuan dengan hiperandrogen akan mengalami gejala-gejala klinis hiperandrogen dengan karakteristik gejala seperti:
  • Acne (Jerawat)
  • Hirsutisme yaitu munculnya rambut pada bagian tubuh perempuan yang biasanya tidak ditumbuhi rambut, seperti kumis tipis.
  • Alopecia (Kebotakan)
  • Kulit Berminyak
  • Sirkulasi menstruasi tidak teratur
  • Berat badan berlebih
  • Dorongan seksual yang meningkat.



Jerawat Hiperandrogen    

Hormon yang tidak seimbang dalam tubuh perempuan dapat menimbulkan masalah, salah satunya adalah kelebihan hormon Androgen (hormon khas laki-laki) yang dikenal dengan hiperadrogen, dapat mempengaruhi 10 - 20% perempuan pada usia produktif. Dalam tubuh perempuan terdapat hanya 1 persen androgen bebas.  Salah satu dampak dari kelebihan dari hormon androgen ini adalah gangguan jerawat.

Jerawat dapat terbagi tiga tingkatan yaitu jerawat ringan, sedang dan berat atau parah. Jenis jerawat yang disebabkan oleh hiperandrogen dapat dikelompokkan sebagai jerawat dengan derajat sedang hingga berat atau parah dan berpotensi menimbukan bekas luka.

Jerawat merupakan permasalahan yang paling umum pada kulit, dengan ciri-ciri adanya komedo, kulit kemerahan karena iritasi, noda hitam, atau bintik merah membengkak hingga bernanah. Penyebab munculnya jerawat karena tersumbatnya folikel kulit yang disebabkan oleh produksi sebum atau minyak yang berlebih. 
Berlebihnya produksi minyak di kulit wajah dapat dipengaruhi oleh tingginya kadar androgen bebas yang akan memicu aktivitas kelenjar minyak dan sebum. Penyebab jerawat lainnya bisa juga karena pengaruh genetik, stress, ras, nutrisi, jenis kosmetik, obat- obat tertentu yang bisa mencetuskan jerawat, dan lain sebagainya.

Diperlukan penangan khusus pada jerawat hiperandrogen, sehingga perlu diketahui apa yang menjadi sumber masalahnya. Bila mengalami jerawat yang agak sulit sembuhnya bisa jadi itu jerawat hiperandrogen dan ada baiknya segera konsultasikan ke dokter spesialis.

Jerawat bagi kita khususnya perempuan pasti sangat menganggu, apalagi bila jerawat itu munculnya diwajah bisa  berdampak gangguan emosi pada perempuan seperti rasa malu, tidak percaya diri, kegelisahan, depresi serta dampak psikologis lainnya.


Make Up Tutorial bersama Firman dari Ziandiova Make Up

Sesi selanjutnya, Mas Firman memberikan demo make up kepada peserta yang hadir mengenai trend make up 2018 yaitu Flawless Make up. 



Make up tutorial 

Lewat seorang model mas Firman menjelaskan bagaimana cara mengaplikasikan kosmetik yang benar, serta menjelaskan tentang berbagai produk apa saja yang harus dimiliki, kuas yang wajib dimiliki, warna-warna yang harus dimiliki dan cara pengaplikasiannya pada wajah, sehingga wajah terlihat lebih natural, fresh dan tampil alami.






2 comments:

  1. Eh, kumis tipis di cewek itu kelainan tho ternyata? Kirain memang ada beberapa orang yg punya kumis, maksudnya wajar gitu. Hahahahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan kelainan Widia tapi kelebihan hormon androgen. Itupun kudu di periksa dulu buat mengetahui nya .

      Delete

Mohon jangan berkomentar SPAM, terimakasih.