Thursday, 2 November 2017

Tips Tampil Cantik dan Sehat, Kini & Nanti


Tips Tampil Cantik dan Sehat, Kini & Nanti


Ingin tampil cantik dan sempurna, pasti keinginan semua perempuan di dunia ini. Tapi tampil cantik juga harus diimbangi dengan pemilihan kosmetik yang benar, agar kulit kita bisa terawat dan tetap cantik hingga nanti. 
Sebagai perempuan kita harus jeli dalam memilih kosmetik yang baik untuk kulit kita, jangan mudah tergoda dan termakan iklan, yang bisa membuat kulit kita kinclong dalam waktu singkat tetapi tidak menjamin bagaimana kondisi kulit kita nantinya. 
Duh jangan sampai karena ingin  cantik secara instan, setelahnya kita harus menanggung akibatnya seumur hidup. 
Gak banget!


Saat ini marak bangetkan penjualan kosmetik yang gampang merubah warna kulit kita menjadi lebih putih dalam waktu singkat. 
Kita sebagai wanita asia yang hidup di daerah tropis indentik dengan kulit yang berwarna sawo matang, maka berlomba-lombalah para perempuan Indonesia ingin tampil dengan kulit putih secara instan, karena seolah sudah jadi paradigma tersendiri kalau perempuan yang cantik itu yang berkulit putih, padahal bila dikaji lebih jauh, kulit yang cantik itu ya kulit yang sehat apapun warnanya.


Para Narasumber (foto:dokpri)

Sabtu (28/10/2017) saya bersama rekan blogger lainnya diberikan kesempatan untuk menghadiri Beauty Gathering bersama Venus Cosmetic, yang bekerjasama dengan tabloid Bintang Indonesia, yang berlokasi di Hongkong Cafe. Turut hadir sebagai narasumber ibu Tri Tunggal selaku Marketing Manager Venus Cosmetics, dr. Asih Budi Utami seorang Pakar Kecantikan, dan tentu saja Atiqa Hasiholan, seorang selebritis tanah air dan ibu satu anak yang menjadi Brand Ambassador Venus Cosmetic.

Saya pribadi senang sekali bisa diberikan kesempatan hadir di acara ini, karena full banget happynya, bisa banyak dapat ilmu tentang kecantikan dan kesehatan kulit, dihibur juga dengan alunan musik yang kece banget, dan berkesempatan hadir bersama rekan beauty blogger lainnya.


Foto:dokpri

Menurut dr. Asih, kita harus jeli memilih kosmetik yang baik untuk kulit kita dan kita harus melihat manfaat dari kosmetik itu dalam jangka panjang untuk kulit kita. 
Jangan sampai karena ingin tampil cantik tapi nantinya kita menanggung segala resiko yang disebabkan pemilihan kosmetik yang salah. 
Pastikan produk kosmetik yang kita beli aman dari bahan-bahan berbahaya, seperti merkuri, hidrokinon, asam retinoat, Pigmen Rhodamin B dan Pigmen K1 dan K3. 
Hindari membeli produk kosmetik yang tidak jelas asal usulnya, belilah ditempat yang terpercaya dan bisa dipertanggung jawabkan.

Kenali pemilihan kosmetik yang aman dengan metode KIK, yaitu:
  • Kemasan, pastikan kemasan produk kosmetik yang kita beli masih baik, sehingga higienis.
  • Izin Edar, pastikan kosmetik yang kita beli ada tertera izin edarnya.
  • Kadaluarsa, pastikan kita cek secara teliti pada produk kosmetik yang kita beli, apakah ada tanggal kadaluarsanya, sehingga kita aman menggunakan kosmetik tersebut.


Ibu Tri Tunggal juga banyak menjelaskan tentang bahayanya kosmetik yang mengandung merkuri. Merkuri dapat terserap kedalam kulit, ketika masuk kedalam tubuh kita bisa merusak pembuluh darah dan merusak organ-organ tubuh lainnya. 
Merkuri itu racun bagi tubuh, dan sulit dikeluarkan dari dalam tubuh, prosesnya lamban sehingga menumpuk di otak, hati, ginjal, kulit dan lain-lain yang akhirnya bisa mengakibatkan penyakit kanker. Selain kanker merkuri juga bisa mengganggu syaraf sehingga bisa menyebabkan pikun (alzheimer), parkinson, depresi, insomia, dan gangguan penglihatan. 
Merkuri juga sangat berbahaya bagi ibu hamil karena bisa memperlambat pertumbuhan janin. Merkuri mengandung logam berat BA 200,6 dan NA 80 yang terdapat pada kerak bumi. Biasanya terdapat pada pencerah wajah (whitening) dengan efek kulit lebih cerah dalam hitungan 2 – 3 hari.

Hidrokinon, sebenarnya kandungan hidrokinon masih aman jika dalam dosis yang sesuai namun tetap dalam pengawasan dokter, karena fungsi hidrokinon sendiri sebagai whitening untuk menghilangkan flek hitam yang biasanya terdapat pada cream untuk wajah. Hidrokinon bisa sangat berbahaya jika dipakai secara berlebihan sehingga bisa mengakibatkan iritasi kulit, kemerahan dan panas sehingga kulit terasa terbakar, kering, gatal-gatal, bengkak bahkan sakit kepala. 
Efek yang disebabkan dari hidrokinon yaitu jika kita menghentikan pemakaian kosmetik yang mengandung hidrokinon melebihi batas, maka flek yang ada pada wajah kita semakin melebar.

Bagaimana sih cara mengenali kosmetik yang mengandung merkuri, ini saya kasih bocorannya ya:
  1. Lengket
  2. Tidak Homogen, biasanya creamnya tidak smooth alias agak grenjel-grenjel gitu
  3. Berbau logam, namun biasanya sering ditutupi fragrance mencolok sehingga bau logamnya tersamar
  4. Mengkilap seperti mutiara
  5. Bila diaplikasikan ke kulit terasa panas, gatal dan kemerahan
  6. Efek dan reaksinya kurang dari satu minggu        
  7. Kulit menjadi putih pucat, bukan putih natural karena merkuri memberi efek putih pucat
  8. Bila pemakaian dihentikan akan timbul bintik-bintik hitam tidak merata.
Jadi mulai sekarang jangan gampang terkena bujuk rayu iklan-iklan kosmetik yang gak jelas ya, sayangi kulit kita.

Mba Atiqa Hasiholan sharing tentang bagaimana ia bisa mengenal Venus cosmetic disekitar tahun 2008 - 2009, ternyata berawal dari seorang artis FTV yang menggunakan Venus cosmetic, karena disekitar tahun tersebut mba Atiqa lagi banyak main di serial FTV. 
Mba Atiqa sempat berpikir, pasti kosmetik Venus bagus nih, karena untuk temannya yang seorang artis bisa saja dia membeli dan menggunakan kosmetik mahal yang harganya tinggi. 
Setelah dicoba ternyata memang produk Venus ringan banget, cocok untuk dipakai sehari-hari. Produk Venus favorit mba Atiqa adalah Body Milk ekstrak Bengkoang, yang ringan dan fresh.


Foto:dokpri


Venus Cosmetics Body Milk

Karena saya sudah pernah mengulas tentang basic make-up Venus, kali ini saya ingin mereview tentang body milk Venus cosmetic. Series body lotion Venus ini terdiri dari dua varian yaitu Marks Venus Body Milk Ekstrak Green Tea dan Marks Venus Body Milk Ekstrak Bengkoang.

Pilihan saya  ternyata sama loch dengan mba Atiqa Hasiholan, bukan ikut-ikutan ya tapi memang saya suka banget sama varian Marks Venus Body Milk Ekstrak Bengkoang. Secara ya kulit sayakan khas Indonesia banget nih yang cenderung kulit sawo matang jadi untuk penggunaan kosmetik saya suka menggunakan yang ekstra bengkoang, yang berbahan natural dan aman untuk kulit.  


Foto:dokpri

Saya memang suka berbagai kosmetik dengan kandungan bangkoang, alasannya sih biar kulit saya lebih cerah dikit hehe.. karena memang sari dari buah bangkoang diketahui bisa mencerahkan warna kulit secara alami serta membantu menyejukkan kulit dari terpaan sinar matahari. 
Selain itu berfungsi untuk melembutkan kulit kita. aromanya segar, berwarna putih, tekstur lotionnya juga ringan tidak lengket dan cepat meresap dalam kulit.


Foto:dokpri

Ingridients :
Aqua, Glyceryl stearate, Stearic acid, Cetyl Alcohol, Glycerine, Dimethicone, Isopropyl myristate, Cyclopentasiloxane, Phenoxyethanol, Fragrance, Triethanolamine,  Cyclohexasiloxane, Ethanol, Ethylhexyl methoxycinnamate, Pachyrrhizus erosus root extract, Acrylates/c10-30 alkyl acrylate crosspolymer, Metylparaben, Ethylparaben, Propylparaben, Butylparaben.


Kemasan Marcks Venus Body Milk Green Tea dan Marcks Venus Body Milk Bengkoang yang saya coba, menggunakan kemasan tube berwarna putih dengan volume 100ml, dengan sistem tutup flip top berwarna biru. Yang penting banget pastinya sudah ada  logo halalnya dari MUI. 


Foto:dokpri

Yang spesial dari setiap produk skincare-nya Marcks Venus dengan kemasan tube, selalu dilapisi dengan alumunium foil untuk menjaga isi produk agar tetap steril. Karena pastinya para konsumen ketika sebelum membeli suka membuka dan mencium isi produk dulu, sehingga takutnya bila tidak dikemas secara higienis produknya sudah terkontaminasi dahulu sebelum dipergunakan. 


Foto:dokpri

Untuk pemakaian produk basic make-up Venus cosmetic, saya menggunakan loose powder 02 natural beige. 

Tetapi bila hanya dirumah atau ingin keluar rumah menghadiri acara yang tidak formal saya biasanya hanya menggunakan loose powder saja, karena tekstur powder-nya lembut seperti talc dan aromanya harum dan saya suka aroma khasnya yang alami Saat dipakai, bedak ini mudah banget menyatu banget dikulit. 

Foto:dokpri

Kalau ingin menghadiri suatu acara saya baru menambahkan basic make-up two way cake-nya 02 yang natural, saya memang suka pemakaian kosmetik yang natural, sehingga bisa tampil flawless.


Foto:dokpri

Ingridients :
Talc, Zea Mays Starch, Zinc Oxide, Dry-Flo PC (Aliminium Starch Octanylsuccinate), Zinc Stearate, Salicylic Acid, Fragrance


Oiya ada tips menarik nih dari ibu Tri Tunggal untuk yang mempunyai kulit sensitif, mau tau caranya gimana?
Gampang banget, cukup oleskan kosmetik yang ingin kita pakai di belakang telinga, tunggu sekitar 30 menit, bila produk tersebut tidak menimbulkan reaksi panas atau gatal pada kulit berarti produk tersebut aman untuk kulit kita. 
Kerenkan tipsnya, jadi dipastikan ya kita tidak salah beli.



Sekilas Tentang Venus Cosmetic

Saya sudah mengenal Venus cosmetics semenjak dua tahun yang lalu. Berawalnya sih dari Marks’ cosmetic dulu, yang ternyata itu produk yang sama.
Siapa sih yang gak kenal bedak Marks’ yang sudah melegenda sejak dahulu kala.
Dari zaman dulu ibu saya sudah memakainya, dan saya jadi ikutan pakai semenjak sekolah menengah pertama alias SMP. Secara ya bedak Marks’ yang paling aman digunakan oleh  lintas generasi hehe..

Marks’ diproduksi oleh Kimia Farma semenjak  tahun 1917, sejak zaman penjajahan Belanda dulu. Wah record bangetkan bedak Marks’. 
Kimia Farma sebagai produsen farmasi tentu konsen dengan produk yang sehat, tidak diragukan lagi donk. 
Konsep dari Venus cosmetic adalah back to nature.

Marks’ dan Venus sama-sama produksi Kimia Farma, hanya beda segmen dan packaging saja. Venus cosmetics variannya lebih lengkap terdiri dari  basic make-up, skin care dan personal care.

Ditahun depan rencananya Venus cosmetic akan meluncurkan produk lainnya seperti day cream, night cream, fondation, lipstik cream dan matte serta pinsil alis, eyeliner dan lainnya. 
Kita tunggu saja, jadi gak sabar pengen nyoba lipstiknya hehe..

Produk Venus cosmetic bisa dibeli di semua apotik Kimia Farma, dan bisa dipesan online juga loch di Kimia Farma, lalu ada juga di Hypermat, Carrefour, Giant, Lotte mart, Century, Guardian, Dan+Dan, Tiptop dan supermarket lokal lainnya.


Akun media sosial Venus Cosmetic:

Facebook: Venus Cosmetic IND
Instagram: @venuscosmeticind
Twitter: @Venus_IND



9 comments:

  1. Aku suka smeia produknya Venus cocok di aku gak bikin breakouts mbak Ria...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyas sama teh kania, jadi gak sabar nunggu produk lainnya yg akan segera di launching :)

      Delete
  2. Two way cake-nya Venus jadi favorit ku nih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. tosss ahh aq juga pake yg no.2 natural :)

      Delete
  3. Terima kasih gan buat artikel yang bagus ini, update terus ya gan.. kami juga ada artikel yang gak kalah keren gan coba kunjungin aja gan di :
    - http://bit.ly/2gY25vc
    - http://bit.ly/2ljsEAe

    ReplyDelete
  4. Halo mba Ria. Aku baru tahu kalau produk kosmetik yang pakai merckuri itu agak lengket2 dan baunya kayaknya agak menyengat ya mba
    Belum nyoba venus two way cake tapi penasaran juga untuk mencoba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba itu slh satu cirinya..yukk coba mba alida, ada tipsnya bisa dicoba dulu kalau kulitnya sensitif :)

      Delete
  5. Lengkap banget mba ulasannya.. aku juga udah lama pakai venus kosmetik karena ga mengandung merkuri dan bahan berbahaya lainnya mba, harga nya juga terjangkau ^^ mba Atiqah Hasiholan aja pakai Venus :))

    ReplyDelete
  6. Aku suka banget sama handbody-nya, apalagi yang Green Tea Extract. Bikin kulit keringku lembab gitu, makanya ini aku juga lagi coba skincarenya venus^^

    ReplyDelete

Mohon jangan berkomentar SPAM, terimakasih.